Bekam merupakan salah satu pengobatan yang terdapat dalam sunna Rosul, terdapat beberapa titik bekam yang menjadi patokan. Pengobatan bekam adalah pengobatan alternatif selain rukiyah yang diajarkan oleh Rosul dan disampaikan melalui Sunnah Rosul.

Cara pengobatannya adalah dengan memberi sayatan halus pada kulit di beberapa titik tertentu, lalu dihisap menggunakan alat khusus. Akan keluar darah kental yang berwarna merah pekat dan hampir hitam. Darah tersebut merupakan darah yang dapat menyebabkan penyakit, namun menghisap darah harus berada di titik bekam yang tepat.

Berikut ini adalah beberapa titik yang berdasarkan sunnah Rosul, yuk mari kita cek!

BACA JUGA: 10 Manfaat Minyak Tawon Untuk Kesehatan Tubuh, Wajib Tau!

1. Titik Ummu Mughits

titik bekam
kafedonat

Titik bekam sunnah yang pertama adalah titik ummu mughits, titik ini yang seringkali digunakan oleh Rosul untuk mengobati berbagai penyakit. Titik ini berada tepat di atas kepala, tepatnya bagian ubun-ubun. Titik ini ditutupi oleh rambut, maka untuk melakukan bekam di titik ini, Sedulur disarankan untuk memotong rambut terlebih dahulu.

Titik ini memiliki khasiat yang luar biasa seperti dapat menyembuhkan hipertensi, stroke, vertigo dan migrain yang memang semua penyakit tersebut berhubungan langsung dengan kepala serta penyakit non medis seperti sihir. Untuk pengobatan stroke bukan hanya titik ini yang akan dibekam tapi titik yang ada di tangan dan di kaki juga akan dibekam.

2. Titik Qumah Duwah

bekamasysyifaholistik

Titik bekam yang benar terletak pada titik qumah duwah. Titik ini berada di sekitar tonjolan tulang belakang tepatnya di kepala bagian bawah. Titik ini mampu mengobati berbagai penyakit ringan dan berat seperti:

  • Pandangan kabur karena syaraf mata juga ada di bekam pada titik tersebut
  • Sakit kepala karena masih sangat erat hubunganya dengan kepala jadi titik ini juga mampu mengatasi sakit kepala
  • Vertigo atau yang sering disebut kebingungan otak ini akan diobati dengan melakukan terapi bekam ini
  • Sakit bahu
  • Sakit tenggorokan atau radang tenggorokan

BACA JUGA: 6 Manfaat Ikan Betok Untuk Kesehatan, Baik untuk Tulang

3. Titik Al-Akhdain

titik bekam
tribunnews

Titik bekam yang satu ini sedikit sulit ditemukan karena letaknya tersembunyi disekitar internal jugular vein di bawah garis batas rambut kepala belakang tepatnya diantara urat samping kiri dan kanan leher. Titik ini juga sangat penting karena merupakan titik pusat usus besar dan usus kecil dimana pusat dari perjalanan dan kegiatan kedua usus tersebut.

Melakukan bekam di titik ini akan mengobati penyakit disebabkan kelebihan darah atau kerusakan pada jaringan darah disekitar kepala. Selain itu titik bekam al-akhdain ini dapat mencegah sakit kepala, wajah, telinga, hidung dan kerongkongan. Titik al-akhdain merupakan titik bekam yang disunnahkan yang tertelak di bagian kepala.

4. Titik Al-Kaahil

pelontar

Titik Al-Kaahil merupakan bagian titik bekam untuk semua penyakit yang terletak di bagian punuk atau di ujung atas tulang belakang yang terletak di antara dua pundak. Titik bekam ini dapat digunakan untuk mengobati berbagai penyakit yang terdapat di sekitar kepala. Seperti untuk gangguan syaraf, yaitu sakit stres dan depresi.

Titik bagian ini juga dapat digunakan sebagai terapi bagi yang sering mengalami stress dan depresi. Kendati kedua penyakit tersebut berkaitan denagn kesehatan dan gangguan kejiwaan, namun aliran darah juga turut berperan penting agar terhindar dari penyakit yang berikaitan dengan kepala dan syarat yaitu salah satunya penyakit stres dan depresi.

BACA JUGA: 12 Manfaat Timun yang Baik untuk Kesehatan Tubuh & Kulit

5. Titik Al-Hammah

titik bekam
masfikr

Titik bekam ini berada di antara pertemuan antara rambut bagian atas dengan rambut bagian belakang yang berada di kepala bagian atas. Pembekaman yang dilakukan pada titik al-hammah akan mengobati masalah ingatan yang Sedulur alami akibat kerusakan syaraf. Selain itu titik bekam ini juga mampu mengobati gangguan penglihatan dan stroke atau kekakuan.

Untuk mencegah penyakit alzhemeir, atau penyakit pikun di masa tua, Sedulur bisa menggunakan titik bekam ini untuk menghindari penyakit tersebut. Namun, melakukan pembekaman pada titik ini juga harus dilakukan sesuai dengan ketentuan dan syarat yang berlaku. Maka disarankan untuk dilakukan dengan pengawasan ahli.

6. Titik Punggung

daya

Titik bekam di bagian punggung merupakan titik yang paling sering dibekam, terutama titik yang berada di bagian kiri dan kanan punggung. Karena titik pada bagian punggung ini memiliki titik untuk dibekam yang sama.

Titik ini sangat efektif untuk menyembuhkan berbagai penyakit seperti gangguan saluran pernapasan, seperti penyakit asma, paru-paru, dan bronkitis. Selain melakukan pengobatan secara medis, Sedulur juga bisa melakukan bekam agar bisa mendapatkan kesembuhan dengan cepat.

BACA JUGA: 12 Manfaat Sawi Putih Untuk Kesehatan & Tips Mengolahnya

7. Titik Pinggang atau Ala Warik

titik bekam
ruqyahaswaja

Nabi Muhammad SAW pernah dibekam bagian pinggangnya. Letak titik bekam ini berada di 2 jari lateral dari tulang belakang atau berada di belakang pusar. Titik ini terletak pada pinggang bermanfaat mengobati gangguan pada ginjal serta susah buang air kecil, bagian yang mengatasi racun dalam tubuh. Merupakan salah satu bagian titik untuk bekam yang pernah dilakukan oleh Rasulullah SAW.

8. Titik Pinggul

klikdokter

Titik bekam selanjutnya ada di bagian pinggul. Titik bekam ini bermanfaat untuk meredakan rasa nyeri akibat jatuh. Biasanya, ketika jauh, bagian pinggul merupakan bagian paling awal yang terkena sakit. Meski tidak bisa mengobati penyakit akibat racun namun keberadaannya juga sangat penting untuk mengobati penyakit yang berasal dari luar atau benturan.

BACA JUGA: 10 Fakta Apel Fuji Untuk Kesehatan, Baik Dikonsumsi Tiap Hari

9. Titik Pangkal Paha

titik bekam
bekammedik

Selanjutnya adalah titik pangkal paha. Titik ini bisa menyembuhkan kaki yang lemas atau memar akibat terjatuh atau dipukul. Selain itu, pangkal paha juga merupakan titik bekam kejantanan yang bisa memperbaiki fungsi alat vital pria. Bukan hanya itu, titik pangkal paha juga dapat menghilangkan rasa nyeri yang diakibatkan oleh benturan benda keras di bagian pangkal paha.

10. Titik Betis atau Lipatan Lutut

bisnis

Titik bekam ini terletak di lipatan lutut. Saat Sedulur akan melakukan pembekaman di area ini akan membantu mengobati gangguan kandung kemih, asam urat dan pegal linu. Bagi Sedulur yang memiliki ganggunan asam urat dan pegal linu, boleh mencoba bekam di bagian titik ini. Lakukan beberapa kali, dijamin ada perubahan pada sakit yang Sedulur alami.

BACA JUGA: 12+ Manfaat Telur Rebus Bagi Kesehatan Tubuh, Wajib Tau!

11. Titik Telapak Kaki

titik bekam
rumahsehatherbaholistic

Telapak kaki merupakan letak beberapa syarat yang bisa menjadi titik refleksi untuk mengobati berbagai penyakit. Telapak kaki juga termasuk sebagai titik bekam kejantanan. Karena, khasiat dari titik ini yait untuk mengobati gangguan pada bagian zakar, serta mengobati luka pada bagian betis dan luka pada bagian paha yang dialami. Titik bekam kaki ini sangat penting, karena beberapa syaraf organ dalam menjalur hingga ke bagian kaki.

12. Titik An Naais/Al Kalifayn

kompas

Titik bekam ini terletak pada bagian bahu dan pernah digunakan oleh Rosulullah SAW yang terkena racun saat menaklukkan khaibar. Titik dapat menyehatkan jantung yang terdapat banyak racun akibat keracunan atau racun makanan dan polusi yang menumpuk di jantung. Merupakan salah satu titik yang sering diajarkan oleh Rosul kepada sahabat dan juga ditulis dan disampaikan di As-Sunnah.

BACA JUGA: Doa Minum Air Zamzam dan 8 Manfaatnya Untuk Kesehatan

13. Titik Belikat Kiri dan Kanan

titik bekam
detik

Jika Sedulur meletakkan alat bekam pada titik ini, titik ini akan membantu mengobati berbagai penyakit berat dan ringan. Mulai dari penyakit gangguan jantung, paru-laru, saluran pernapasan, masuk angin dan menjadi salah satu dari sekian banyak titik yang mampu mengobati penyakit stroke yang diderita

Selain titik bekam di atas yang berdasarkan sunnah Rosul, terdapat juga beberapa titik bekam yang dilarang oleh Rosul merujuk pada sunnah Rosul. Berikut ini beberapa titik yang dimaksud:

1. Titik yang Memiliki Banyak Simpul Limpa

titik bekam
kompas

Titik bekam yang pertama yang dilarang dan tidak boleh digunakan adalah titik yang memiliki banyak simpul limpa. Karena dalam titik tersebut menghasilkan antibodi yang dibutuhkan oleh tubuh. Titik tersebut seperti di area pipi, tonsil, bawah rangang, dada, ulu hati, selangkangan dan ketiak.

Karena jika titik ini dibekam, antibodi yang dihasilkan akan keluar sementara antibodi sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga keseimbangan tubuh bagian dalam.

BACA JUGA: 15 Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan, Penuh Nutrisi

2. Lubang Alamiah Tubuh

klikdokter

Titik bekam yang dilarang selanjutnya adalah lubang alamiah yang ada pada tubuh. Dalam tubuh manusia terdapat beberapa lubang yang merupakan bawaan dari lahir dengan fungsinya yang sangat penting. Seperti mulu, telinga, hidung, dubur, kemaluan dan puting susu. Sesuai dengan sunnah Rosul, lubang alamiah tubuh dilarang untuk dibekam.

3. Lipatan Tubuh

titik bekam
kabarjogja

Titik bekam yang dilarang selanjutnya adalah bagian lipatan tubuh. Bagian lipatan tubuh tidak boleh menjadi titik bekam. Karena bagian-bagian tersebut memiliki sifat elastis seperti bagian ketiak, selangkangan, dan siku bagian dalam. Bagian ini tidak boleh dibekam karena sifat elastisnya tersebut.

BACA JUGA: 13 Manfaat Daun Bawang Untuk Kesehatan yang Tak Terduga!

4. Serat Bagian Tubuh Lain

tribunnews

Terdapat juga beberapa titik bekam yang dilarang yaitu serat bagian tubuh lain. Seperti titik varises, jaringan luka, kanker, tulang punggung, tempurung lutut, pusat kelenjar limfa atau getah bening, serta bagian tubuh yang memiliki syaraf-syaraf halus seperti tangan bagian dalam. Semua titik bekam tersebut memiliki manfaatnya tersendiri serta memiliki bahayanya tersendiri, maka dari itu harus melakukan bekam oleh para ahli.

Sekian penjelasan terkait titik bekam yang disunnahkan oleh Rosulullah SAW. Semoga penjelasan di atas bisa menambah wawasan Sedulur, terutama bagi Sedulur yang berniat untuk mempelajari pengobatan bekam. Semoga penjelasan di atas bisa membantu Sedulur untuk tetap lebih sehat dan lebih bugar lagi.