doa minum air zamzam

Dikenal dengan banyaknya kandungan di dalamnya yang sangat bermanfaat bagi kesehatan, sangat disarankan untuk membaca doa minum air zamzam. Selain untuk mendapatkan manfaat dan khasiatnya, pembacaan doa ini juga dilakukan untuk mendatangkan pahala usai meminumnya.

Terkait dengan kandungan yang ada pada air zam-zam, sebuah penelitian berhasil menunjukkan jika molekul dan zat yang tersusun di dalam air zam-zam itu jauh lebih baik dibandingkan dengan jenis air yang lainnya. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika kita membaca doa sebelum dan sesudah minum air zam-zam. Nah, untuk penjelasan secara lebih lanjut, mari simak informasi yang ada di bawah ini.

BACA JUGA: Tata Cara Sujud Syahwi Beserta Bacaan & Sebab Diamalkannya

Doa minum air zam zam latin arab dan artinya

doa minum air zamzam
pexels

Berikut ini adalah doa minum air zam zam bahasa arab, latin, serta artinya yang perlu Sedulur ketahui.

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا وَاسِعًا وَشِفَاءً مِنْ كُلِّ دَاءٍ وَسَقَامٍ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

“Allahumma innii as’aluka ilman naafian wa rizqan waasi’an wa syifaa’an min kulli daa’in wa saqomin birahmatika ya arhamarrahimin.”

Artinya: ”Ya Allah aku mohon kepada-Mu ilmu pengetahuan yang bermanfaat, rezeki yang luas dan sembuh dari segala penyakit.”

Cara minum air zam zam sesuai sunnah

doa minum air zamzam
pexels

Selain membaca doa minum air zamzam, cara meminumnya juga tidak bisa dilakukan sembarangan. Untuk mendapat manfaat dari air zam zam, alangkah baiknya jika Sedulur tahu adab yang harus dilakukan seperti berikut.

  • Diawali dengan bacaan basmallah.
  • Minum dengan menggunakan tangan kanan.
  • Hindari meminum segelas air zam zam dengan sekali teguk.
  • Minum sampai terasa kenyang.
  • Minum dengan posisi duduk.
  • Memperbanyak doa pada saat meminumnya.

Manfaat dari air zam zam

cara meminum air zamzam
pexels

Seperti yang tadi sudah dikatakan, jika air zam zam ini memiliki banyak sekali manfaat. Tidak hanya untuk kesehatan saja, namun banyak yang percaya adanya manfaat air zam zam untuk hajat. Lalu apa saja manfaat dari air suci ini? Berikut ini penjelasannya.

BACA JUGA: Bacan Doa Sapu Jagat Lengkap, Keutamaannya & Waktu Membacanya

1. Regenerasi kulit

doa minum air zamzam
pexels

Yang pertama dalam bidang kecantikan, air zam zam dipercaya mampu membantu wajah menjadi lebih sehat. Ini dilakukan dengan mengubah sel-sel kulit menjadi baru. Nah, perubahan sel kulit mati ini akan membuat wajah kita tampak lebih cerah dan juga kenyal layaknya kulit bayi.

Sedulur hanya perlu membasuh muka dengan air zam zam atau wudhu dengan air suci tersebut. Nantinya sel kulit mati akan melakukan regenerasi secara alami dalam kurung waktu 28 hari sekali. Tidak hanya itu, air zam zam ini juga akan membantu mengatasi masalah kulit berjerawat, lho.

2. Melancarkan sirkulasi darah

doa minum air zamzam
pexels

Manfaat yang berikutnya adalah untuk kesehatan, lebih tepatnya membantu memperlancar sirkulasi darah dalam tubuh. Adanya lemak yang tertimbun pada pembuluh darah, biasanya akan mengganggu sirkulasi darah.

Jika dibiarkan, penimbunan lemak di pembuluh darah ini bisa berakibat fatal. Bahkan sampai menyebabkan kematian. Nah, air zam zam ini ternyata mampu menghancurkan lemak yang menimbun pada pembuluh darah, sehingga sirkulasi darah bisa menjadi lancar kembali.

3. Menjaga kesehatan gigi dan tulang

doa minum air zamzam
pexels

Kandungan fluoride yang ada dalam air zamzam, dinilai mampu mencegah gigi berlubang dan menjaga kesehatannya. Fluoride ini merupakan mineral yang bermanfaat agar keutuhan permukaan gigi tetap terjaga.

Selain itu, air zam zam juga berguna untuk mencegah osteoporosis alias pengeroposan tulang. Manfaat yang satu ini berasal dari kandungan kalsium yang tinggi pada air zam zam. Perlu untuk Sedulur ketahui, bahwa kalsium yang terkandung pada air zamzam itu sangat berlimpah.

4. Menambah kepintaran

pexels

Manfaat air zam zam untuk kepintaran otak ini diperoleh dari Imam Syafi’i. Beliau pernah meminum air zam zam dengan tujuan dan niat agar pintar dalam memanah. Usai 10 kali meminum air zam zam, keahlian memanah beliau benar-benar meningkat, dengan total sembilan kali tepat sasaran.

Dalam riwayat yang lain, beliau berkata:

“Saya minum air zamzam untuk tiga hal: (1) pintar memanah maka dalam sepuluh kali saya tepat semua mengenai sasaran, (2) pandai dalam agama maka sebagaimana kalian lihat sendiri sekarang, (3) untuk masuk surga maka saya berharap untuk mendapatkannya kelak.”

5. Menyembuhkan berbagai penyakit

pexels

Manfaat dari air zam zam yang lain adalah dapat mengobati berbagai jenis penyakit. Hal ini juga dimuat dalam hadis riwayat Ibu ‘Abbas yang mengatakan bahwa:

Rasulullah Saw pernah bersabda: ”Sebaik-baik air yang terdapat di muka bumi adalah Zam-Zam. Di dalamnya terdapat makanan yang mengenyangkan dan penawar penyakit.”

Selain membaca minum air zam zam, Sedulur juga perlu membaca doa air minum untuk orang sakit berikut:

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَاسَ، اشْفِهِ وَأَنْتَ الشَّافِي، لاَ شِفَاءَ إِلاَّ شِفَاؤُكَ، شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

Allāhumma rabban nāsi, adzhibil ba’sa. Isyfi. Antas syāfi. Lā syāfiya illā anta syifā’an lā yughādiru saqaman
Artinya: “Tuhanku, Tuhan manusia, hilangkanlah penyakit. Berikanlah kesembuhan karena Kau adalah penyembuh. Tiada yang dapat menyembuhkan penyakit kecuali Kau dengan kesembuhan yang tidak menyisakan rasa nyeri.” (HR Bukhori).

6. Mendapatkan momongan

pexels

Banyak orang yang mengatakan jika meminum air zam zam itu bisa membuat keinginan kita cepat terjuwud, salah satunya untuk mendapatkan momongan. Ya, itu memang benar. Menurut pengalaman seseorang, ia selalu rutin minum air zam zam dan berdoa agar cepat hamil.

Setelah menunggu kurang lebih 4 tahun, akhirnya ia diberkahi momongan juga. Jika Sedulur memiliki keinginan yang sama, maka jangan lupa membaca niat dan doa minum air zam zam agar cepat hamil.

Untuk doanya, seperti yang tadi sudah dijelaskan. Sedangkan untuk niatnya, Sedulur bisa mengucap dalam hati kalimat berikut dalam hati.

“Ya Allah, sesungguhnya saya minum air zam zam dengan harapan mendapatkan momongan, maka perbaikilah organ tubuhku dan berilah keturunan yang sholeh dan sholehah sesuai kehendak-Mu, Aamiin Ya Robbal Alamin.”

7. Membuat haji jadi mabrur

pexel

Mungkin Sedulur pernah menemui pertanyaan seperti “apa yang dimaksud haji mabrur serta hubungannya dengan doa minum air zam-zam?”. Nah, haji mabrur yakni ibadah haji yang diterima serta dikhlaskan Allah SWT.

Dan doa yang dipanjatkan saat meminum air zam zam ini adalah doa yang sangat manjur. Hal tersebut bisa membuka pintu peluang untuk ibadah hadi jadi mabrur. Jadi tidak heran jika air ini sering dijadikan sebagai oleh-oleh wajib setelah melaksanakan ibadah haji.

8. Menemukan jodoh

pexels

Ternyata ada juga manfaat air zam zam untuk menemukan jodoh yang bisa Sedulur dapatkan di dalamya. Hal ini seperti yang dikatakan pada hadis riwayat Ibnu Majah seperti berikut:

Rasulullah SAW pernah bersabda, “Air zamzam itu berkhasiat sesuai dengan apa yang diniatkan.” (H.R Ibnu Majah).

Untuk itu, Sedulur bisa niat dalam hati agar ditemukan dengan jodoh pada saat meminum air zam zam.

Nah, itulah informasi mengenai doa minum air zamzam, cara minum sesuai sunnah, dan juga beberapa manfaat yang akan kita peroleh. Setelah mengetahui informasi di atas, tentunya Sedulur sudah paham jika air suci ini sangat bermanfaat bagi kehidupan.

Air zam zam memang bukan air mineral biasa. Air ini mendapatkan keistimewaan dari Allah SWT. Mata airnya tidak akan pernah kering sampai kapanpun.