Categories
kesehatan Lifestyle

9 Cara Mengatasi Stress Ibu Rumah Tangga

Tenang. Stress itu bisa diatasi, kok!

Ibu memiliki peran dan tanggung jawab yang sangat penting dalam keluarga. Mengerjakan tugas domestik, rutinitas yang itu-itu saja, tidak ada variasi atau kegiatan lain yang mendukung produktivitas seorang ibu rumah tangga serta peran serta tanggung jawab inilah yang tidak jarang membuat ibu merasa stres, terutama anda sebagai ibu rumah tangga.  Inilah beberapa tips untuk mengatasi rasa stres.

 

1. Mengenali Pemicu Stres

Seringkali kita meremehkan hal-hal kecil, padahal bisa saja hal kecil itu berdampak pada mental kita, dan itu yang menjadi pemicu terjadinya stres.  Pikirkanlah kembali mengenai kegiatan Anda dalam satu hari. Apakah ada waktu ketika Anda selalu merasa tingkat stres mulai meningkat? Mungkin sewaktu memandikan anak, kerusuhan di pagi hari, atau saat lainnya. Jika anda telah menemukan situasi yang paling membuat stres, hal itu akan membantu anda untuk mengelola stres tersebut ketika akan muncul dan memungkinkan untuk mencari cara mencegahnya. Mengenali pemicu stres untuk dapat mencari cara mengatasi stres berat akan membawa efek yang besar pada tingkat stres Anda.

 

2. Menekuni Hobi

Mungkin Anda berpikir bahwa hobi adalah hal terakhir yang dapat dilakukan dengan semua kesibukan mengurus rumah dan anak, namun memiliki aktivitas yang mengalihkan perhatian dan pikiran Anda dari pekerjaan rumah tangga yang membuat stres dan dapat menenangkan pikiran adalah kuncinya. Meluangkan waktu untuk menekuni hobi adalah hal yang sebaiknya dilakukan oleh ibu rumah tangga, agar bakat yang telah dipunya tidak hilang begitu saja. Temukanlah kegiatan apapun yang dapat membantu anda untuk menenangkan mental, mengatasi stres serta memberikan Anda suasana yang berbeda ketika berada di rumah. Misalnya hobimu adalah menulis, kamu bisa menulis artikel atau catatan harian yang berkaitan dengan aktivitas atau pengalamanmu sehari-hari.

 

3. Mendengarkan Musik

Cara mengatasi stres pada ibu rumah tangga berikutnya adalah dengan mendengarkan musik. Musik dapat mengubah suasana hati kita, seperti yang telah diketahui banyak orang. Susunlah beberapa daftar putar pada alat pemutar musik Anda yang dapat Anda dengarkan ketika sedang melakukan pekerjaan rumah tangga. Anda bisa mendengarkan musik di radio, MP3, maupun di gadget yang anda punya.

 

4. Libatkan Rutinitas Bersama Anak

Kita seringkali mampu mengerjakan segala pekerjaan rumah sendirian. Memasak, mengurus anak, membersihkan rumah, berbelanja, semuanya. Namun ada kalanya pekerjaan rumah juga dibantu oleh sang anak. Selain pekerjaan menjadi cepat selesai, melibatkan aktivitas bersama si anak akan melatih mereka tentang kedisplinan serta hubungan antara ibu dan anak menjadi semakin dekat. Buatlah anak menjadi bagian dari kegiatan Anda sehari – hari di rumah untuk membantu mengerjakan pekerjaan rumah, tentunya disesuaikan dengan usia mereka. Misalnya membereskan mainan, meletakkan mainan pada tempatnya, mencuci piring dan menyiram tanaman. Dengan begitu, anda sudah mengajarkan mereka akan sikap tanggung jawab, rapi dan taat dengan aturan.

 

5. Hilangkan Pikiran Negatif

Kita sebagai ibu rumah tangga terkadang berpikir bahwa mereka tidak cukup melakukan sesuatu yang berguna bagi dirinya sendiri dan orang lain. Pikiran negatif tersebut tidak akan membantu dalam usaha mengatasi stres dan justru membuatnya semakin buruk. Menghilangkan pikiran negatif memang bukanlah sesuatu yang mudah karena Anda harus mengekang pikiran tersebut terus menerus sebagai cara menghilangkan beban pikiran hingga Anda terbiasa untuk berpikiran positif.

Pikiran negatif terkadang berhubungan dengan cara Anda menjalani hidup dari hari ke hari. Berikut beberapa cara menghilangkan pikiran negatif yang bisa dipraktikkan agar hidup semakin penuh warna dan membantu Anda melihat hidup dari sisi terangnya. Ketahui pikiran negatif apa yang suka memenuhi kepala Anda, kemudian mengubahnya menjadi pikiran positif. Misalnya, ubah pikiran “Saya tidak pernah melakukan segala sesuatu dengan benar” menjadi “Kadang-kadang memang saya suka berbuat salah. Tapi saya janji akan berbuat yang lebih baik lagi nanti.”

 

Ada banyak hal yang bisa Anda syukuri dan masih bisa nikmati dalam hidup ini.

Bersedih memang sah-sah saja dan tidak dilarang. Tapi, jangan biarkan rasa sedih dan pikiran negatif bersarang lama-lama di kepala. Berikut ini adalah beberapa tips agar anda tidak berpikir negatif:

 

  • ‘Curhatlah’ dengan seseorang yang dekat dengan Anda. Hal tersebut dapat membantu Anda melihat sesuatu dari cara pandang yang berbeda.
  • Melakukan sesuatu yang membuat diri sendiri senang dan bahagia, misalnya jalan-jalan. Atau temukan sesuatu yang membuat Anda tertawa.
  • Konsumsi makanan sehat, tidur dengan nyenyak, dan rajin berolahraga.
  • Luangkan waktu dengan keluarga dan teman-teman, bergabung dengan komunitas, tim, atau klub yang Anda sukai, atau temukan hobi baru.
  • Mengenal diri sendiri dan mulai memperhatikan kehidupan dan situasi diri sendiri.
  • Mulai berpikir lebih positif, berkata-kata positif, dan berada di dekat orang-orang yang positif dan melakukan hal-hal positif.
  • Cobalah meditasi atau yoga untuk menenangkan fisik dan spiritual.
  • Sebelum memulai aktivitas rumah tangga, bacalah pesan-pesan positif dari suami, keluarga maupun teman dekat atau mendengarkan musik favorit Anda.

 

6. Jangan Memaksakan Diri

Jika Anda sudah merasakan bahwa ambang batas stres mendekat, jangan terus memaksa diri untuk melakukan hal – hal yang membuat Anda stres tersebut hanya agar kegiatan tersebut cepat selesai. Jauhi pemicunya untuk sementara dengan mengambil sedikit waktu untuk menenangkan diri. Lakukan sesuatu yang menyenangkan untuk menurunkan tingkat ketegangan dan mencegah stres memuncak, lalu kembalilah mengerjakan tugas Anda setelah perasaan menjadi tenang.

 

7. Mengikuti Beberapa Komunitas

Salah satu hal yang bikin jenuh saat kita menjadi ibu rumah tangga adalah tidak bisa bertemu orang dewasa yang bisa diajak ngobrol dan berdiskusi kapanpun. Penelitian yang dilakukan di University of Washington mengungkapkan bahwa ibu yang tidak mendapat dukungan dari komunitas maka dia akan memiliki tingkat stres yang tinggi. Kalau itu yang menjadi masalah, carilah komunitas di sekitar tempat Anda tinggal. Ibu rumah tangga bisa mencari komunitas sesama ibu, komunitas ibu menyusui, parenting, dan lain sebagainya. Dengan mengikuti komunitas, akan membantu ibu rumah tangga bersosialisasi, dan memberi anda kesempatan untuk berbincang dan berbicara dengan orang lain seperti orang dewasa.

 

8. Membuka Bisnis Online

Meskipun pekerjaan rumah sangat banyak, namun tidak ada salahnya untuk istirahat sejenak dan mencoba untuk membuka bisnis online, yang bisa dikerjakan kapanpun dan dimanapun. Sama halnya dengan hobi, dengan membuka bisnis online ini, anda bisa mengisi waktu luang dengan penuh manfaat. Selain mudah, Modal yang dikeluarkan untuk berbisnis online pun juga kecil, bahkan ada yang tidak keluar modal sedikitpun.

 

Nah, itulah beberapa tips untuk mengatasi stress. Biar bagaimanapun, Anda harus mengelola stress dengan baik agar tidak merusak produktivitas. Semangat ya, Sedulur! Semoga artikel ini bermanfaat.

Categories
Lifestyle

Tips Mengolah Daging Agar Empuk. Dijamin Berhasil!

Seringkali kita enggan memasak daging karena terkadang daging yang kita makan sangat alot dan susah dikunyah. Apalagi membuat daging menjadi empuk juga membutuhkan waktu yang cukup lama. Namun, Sedulur tidak perlu khawatir karena Sedulur pun bisa memanfaatkan bahan di dapur dan bahan-bahan alami untuk mengolah daging agar empuk dan mudah dikunyah. Apa saja kah bahan-bahan itu? Mari simak penjelasannya di bawah ini!

 

1. Ubah Bentuk Daging

raw-fresh-beef_1232-2542
photo by freepik.com

Mengubah bentuk daging adalah cara cepat membuat daging lebih cepat empuk saat dimasak. Daripada memasak dalam bentuk potongan tebal, lebih baik iris atau cincang saja daging. Daging yang tipis dan berukuran kecil lebih cepat matang dan empuk. Bumbu juga lebih mudah meresap tanpa perlu dimasak terlalu lama.

 

2. Daun Pepaya

papaya-fruit-isolated_1203-6805
photo by freepik.com

Daun pepaya memiliki enzim yang disebut dengan enzim papain, dimana enzim ini sangat bermanfaat untuk mengempukan daging. Cara mengempukan daging dengan pepaya sangat mudah, anda cukup meremas-remas daun pepaya muda sampai getahnya benar-benar keluar. Jika sudah, anda bisa menggunakan daun pepaya tersebut untuk membungkus daging. Lalu diamkan selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu, cuci daging sampai bersih, tiriskan dan anda bisa mengolahnya. Cara ini cocok untuk daging yang akan diolah menjadi sate dan steak. Selain daunnya, buahnya pun dipercaya efektif membuat daging empuk. Dimana anda bisa menggunakan buah pepaya muda untuk direbus bersama dengan daging.

 

3. Jahe

fresh-organic-ginger_23-2147916131
photo by freepik.com

Enzim proteolitik alami yang terkandung dalam jahe berfungsi untuk mengurai ikatan protein dalam daging sehingga jadi lebih empuk. Lumuri daging dengan jahe yang sudah diparut selama beberapa menit sebelum mengolahnya.

 

4. Kiwi

close-up-green-kiwi-fruit-slices_53876-33622
photo by freepik.com

Kiwi juga ternyata mampu membantu mengempukan daging yang akan diolah. Buah kiwi mengandung enzim yang disebut dengan enzim actinidin. Cara mengolah daging agar cepat empuk dengan buah kiwi cukup mudah, anda bisa meremas-remas buah kiwi yang sudah disiapkan, lalu oleskan ke seluruh permukaan daging. Untuk 1 kg daging, diperlukan 1 sampai 1 1/2 butir kiwi. Kemudian, diamkan selama 1-2 jam sebelum diolah.

 

5. Lemon dan Jeruk Nipis

photo by freepik.com

Perasan air lemon ternyata juga bisa membuat daging lebih empuk lho! karena kandungan asam pada lemon maupun jeruk nipis dapat memecah struktur protein pada daging. Anda tinggal membalurkan perasan air lemon / jeruk nipis pada seluruh permukaan daging, lalu simpan selama beberapa jam sebelum dimasak ke dalam kulkas.

 

6. Nanas

raw-fresh-texture-vitamin-fruit_1172-220
photo by freepik.com

Nanas merupakan salah satu buah yang banyak disukai karena memiliki rasa yang enak dan menyegarkan. Buah berwarna kuning ini mengandung enzim bromelin di dalamnya, yang mana cara kerja enzim tersebut sama dengan enzim papain pada pepaya. Enzim ini dapat menghasilkan serat yang ada pada daging, sehingga dengan begitu daging akan menjadi lebih empuk dan lunak ketika diolah.

Pada dasarnya kulit nanas merupakan bagian yang terbukti efektif untuk membuat daging cepat empuk, namun jika Anda ragu karena kehegienisannya maka Anda bisa menggunakan parutan nanas muda saja. Jika Anda memasak daging sebanyak 1 kg, maka Anda hanya cukup menggunakan parutan nanas sebanyak 250 gram. Caranya cukup mudah, Anda hanya tinggal memarut nanas lalu membalurkannya ke seluruh bagian daging. Setelah itu, diamkan selama kurang lebih 45 menit. Baru setelah itu, Anda bisa langsung mencucinya di bawah air mengalir sampai bersih, tiriskan dan Anda bisa langsung mengolahnya. Cara yang satu ini cocok untuk daging yang akan diolah dengan cara ditumis atau disayur.

 

7. Kulit Pisang

banana-yellow-background_23-2148145093
photo by freepik.com

Cara lain yang bisa digunakan untuk membuat daging empuk yaitu dengan menggunakan kulit pisang. Kandungan di dalam kulit pisang ini mampu membantu mengurangi protein di dalam daging itu sendiri sehingga dengan begitu daging akan bisa lebih cepat empuk. Tidak hanya itu, kulit pisang juga mampu membuat daging yang diolah tidak mudah kering.

 

8. Rendam dengan Teh

dessert-tasty-liquid-dinnerware-saucer_1172-459
photo by freepik.com

Untuk membuat rendaman daging dari teh, buatlah 1 atau 2 cangkir teh hitam pekat, kemudian diamkan hingga suhu air menjadi lebih dingin. Setelah itu rendamlah daging yang hendak diolah kedalam teh tersebut. Setelah direndam beberapa menit barulah daging dapat diolah menjadi hidangan istimewa. Air teh juga dapat digunakan untuk mengasinkan daging sehingga daging terasa lebih enak.

 

9. Rendam dengan Baking Powder

bowl-with-white-flour_23-2147758427
photo by freepik.com

Jika daging tidak segera dimasak, sebaiknya setelah dicuci bersih dan ditiriskan, daging langsung dilumuri dengan soda kue. Kemudian, simpan dalam lemari es. Soda kue di sini berfungsi mempertahankan kandungan protein dalam daging. Jika daging langsung dimasak, lumuri dulu dengan soda kue. Diamkan selama satu jam. Fungsinya adalah memecah kolagen, sehingga tekstur daging menjadi lebih lunak. Lanjutkan dengan merendam daging dalam air dingin selama 15 menit. Hal ini juga berlaku untuk daging yang sudah dilumuri soda kue dan disimpan dalam lemari es.

 

Itulah beberapa bahan dapur yang bisa Anda manfaatkan untuk mengolah daging agar mudah dikunyah dan tidak keras. Selamat mencoba ya, Sedulur Super!

Categories
kuliner Lifestyle

6 Ide Resep Jajanan Unik di Bulan Puasa

Jaman sekarang, tidak bisa dipungkiri bahwa orang Indonesia selalu saja menemukan hal-hal kreatif. Apalagi urusan makanan, mereka seakan tidak kehabisan ide resep jajanan unik yang bisa dijual di bulan puasa. Berkreasi dalam hal memasak inilah yang membuat bisnis kuliner semakin banyak diminati, apalagi bulan puasa identik dengan aneka ragam makanan yang menggugah selera. Jadi, buat Sedulur yang ingin berbisnis kuliner, ada baiknya mulai mencoba memikirkan menu-menu kreatif dan unik untuk menarik minat pembeli. Bingung ya mau bikin menu yang seperti apa? Coba deh, simak ide-ide resep jajanan unik di bawah ini!

 

1. Bitter Ballen Keju

https://img-global.cpcdn.com/recipes/ef9f96ff7311b9bd/751x532cq70/bitterballen-kentang-ayam-keju-foto-resep-utama.jpg
bitter ballen lezat | cookpad

Bahan:

  • 3 sdm tepung terigu
  • 300 ml susu segar
  • 100 gr Kornet sapi
  • 1 buah wortel, parut
  • 50 gr keju cheddar, parut
  • 1 sdm margarin
  • 1 siung bawang putih, cincang halus
  • 1 sdt lada bubuk
  • ½ sdt garam
  • Keju mozarella, potong kotak kecil secukupnya
  • 1 butir telur, kocok
  • Tepung panir kasar secukupnya

Cara membuat:

  • Panaskan margarin dan tumis bawang putih hingga harum
  • Masukkan tepung terigu, aduk hingga tepung berbutir
  • Tuang susu sedikit demi sedikit dan terus diaduk
  • Masukkan kornet, wortel, lada dan garam. Aduk adonan hingga menjadi kalis
  • Masukkan keju cheddar dan aduk hingga adonan tercampur secara rata
  • Angkat dan dinginkan
  • Setelah adonan dingin, ambil sedikit adonan lalu letakkan satu kotak keju mozarella ditengahnya. Bulatkan adonan kemudian sisihkan. Ulang langkah ini hingga adonan habis.
  • Panaskan minyak di wajan dengan api sedang.
  • Celupkan bola-bola ke dalam kocokan telur lalu gulingkan ke tepung panir
  • Goreng dalam minyak panashingga matang dan berubah warna menjadi kuning keemasan. Angkat dan tiriskan.
  • Butterbullen siap disajikan

 

2. Dadar Gulung Coklat

https://cookpad.com/id/recipe/images/fe4bb93706646293
Dadar Gulung Coklat | cookpad

Bahan:

  • 150 gr tepung protein sedang
  • 300 ml susu cair tawar
  • 55 gr gula halus
  • Garam
  • 1 ½ sdm cokelat bubuk
  • ¼ sdt vanili bubuk
  • 2 butir telur
  • 1 sdt baking powder
  • 2 buah pisang, dibagi menjadi 2
  • 1 sdm margarin
  • Gula pasir
  • Meses Cokelat

Cara membuat:

  • Panggang pisang dengan margarin di dalam pan dengan api sedang, sisihkan.
  • Aduk tepung terigu dan cokelat bubuk. Tambahkan gula halus, susu cair, cokelat pasta, telur, baking powder dan vanili bubuk, kocok rata. Tambahkan susu cair dan telur lalu kocok hingga rata.
  • Dadar adonan tipis-tipis
  • Setelah matang, angkat adonan lalu masukkan pisang yang telah dipanggang tadi. Taburkan meses di atas pisang lalu lipat adonan yang telah didadar.
  • Hias sesuai selera dan sajikan.

 

3. Martabak Bolu

https://api.omiyago.com/webroot/img/p/3/1/3/3/3133.jpg
Martabak Bolu | omigayo.com

Bahan:

  • 250 gr tepung terigu (segitiga biru)
  • 50 gr gula pasir
  • ¼ sdt baking powder
  • ¼ sdt garam
  • 300 cc susu cair
  • 3 butir telur
  • 30 gr gula
  • ½ sdt fermipan/ragi instan
  • 50 gr mentega dicairkan

Topping:

  • Butter
  • Gula pasir
  • Susu kental manis
  • Keju parut
  • Mesis

Cara membuat:

  • Campur terigu, gula baking powder dan garam jadi satu.
  • Masukkan susu sedikit demi sedikit sambil diaduk.
  • Setelah tercampur rata masukkan fermipan dan diamkan selama 30 menit.
  • Kocok telur dan gula, kemudian masukkan ke dalam adonan yang telah didiamkan selama 30 menit.
  • Panaskan cetakan, ambil 1 sendok sayur cetakan, biarkan sampai adonan mengembang dan berlubang. Taburi dengan gula lalu tutup dengan matang.
  • Angkat martabak dari cetakan dan beri olesan butter, lalu beri susu kental manis dan keju atau meses atau topping sesuai selera

 

4. Kue Cubit

https://selerasa.com/wp-content/uploads/2016/11/images_Kue_cubit_Resep-kue-cubit-green-tea-tanpa-mixer.JPG
kue cubit | selerasa.com

Bahan:

  • 3 butir telur
  • 100 gr tepung terigu
  • 100 gr margarin (blue band cake and cookie)
  • 100 ml susu cair
  • 1 sdt vanilla extract atau vanilla bubuk
  • ¼ sdt soda kue
  • ½ sdt baking powder
  • Pewarna makanan
  • Meses secukupnya

Cara membuat:

  • Siapkan wadah lalu masukkan telur dan gula halus, kocok hingga mengembang serta gulanya menjadi larut. Gunakan mixer untuk lebih mudah dan cepat mengembang.
  • Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit dan susu cair, aduk hingga rata. Tuang blue band cake & cookie cair, aduk rata dan kemudian masukkan soda kue, baking powder dan vanilla extract atau vanilla bubuk.
  • Setelah adonan rata, masukkan adonan ke dalam wadah yang ada mulutnya seperti teko atau gelas takar agar adonan lebih mudah saat dituangkan ke dalam cetakan. Tambahkan pewarna ke adonan sesuai selera.
  • Panaskan cetakan kue cubit di atas api kecil yang terlbih dulu diolesi sedikit blue band cake and cookie. Setelah panas, tuang adonan dengan volume setengah cetakan lalu tutup.
  • Saat adonan sudah setengah matang dan mengembang, taburi dengan coklat meses, remahan biskuit, chocolate chips, marshmallow dan teruskan memanggang hingga matang serta bagian bawah kuenya sedikit berwarna kecoklatan.
  • Keluarkan dari cetakan lalu sajikan.

 

5. Cake in Jar

https://i.pinimg.com/originals/69/83/c5/6983c5653b1f16b607ace2e852b34732.jpg
cake in jar | pinterest.com

Bahan Chocolate Cake:

  • Kuning telur 9 buah
  • Putih telur 4 buah
  • Gula pasir 130 gram
  • Tepung terigu protein sedang 100 gram
  • Coklat bubuk 25 gram
  • Baking powder ¼ sendok teh
  • Margarin 125 gram ( lelehkan)
  • Pasta coklat 1 sendok teh
  • Garam ¼ sendok teh

Bahan Butter Cream:

  • Merry whip 250 gram
  • Shortening (mentega putih) 250 gram
  • Gula cair/simple syrup 250 gram
  • Susu full cream bubuk 15 gram
  • Pasta mocca 2 sendok makan.

Cara membuat:

Butter cream:

  • Langkah awal kocok semua bahan hingga lembut, mengembang dan berjejak, sisihkan.
  • Langkah selanjutnya ayak tepung terigu, coklat bubuk, dan baking powder, sisihkan.

Cake Chocolate:

  • Kocok telur, gula dan garam hingga mengembang dan kental.
  • Tambahkan ayakan tepung, aduk rata dengan spatula.
  • Tambahkan margarin cair dan pasta coklat, aduk perlahan hingga semua bahan tercampur dengan rata.
  • Aduk balik dari bawah keatas agar margarin cair tidak turun kebawah sehingga margarin cair dapat tercampur rata.
  • Selanjutnya tuang adonan ke dalam 2 loyang 20x20x4 centi meter yang sudah diolesi dengan sedikit margarin dan dialasi dengan kertas roti. (bisa juga langsung dimasukkan ke dalam jar, sesuai selera)
  • Kemudian oven adonan cake dengan suhu 190 derajat celcius kurang lebih selama 15 menit, hingga matang. lakukan tes tusuk ya agar kue bisa diketahui kematangannya dengan sempurna.
  • Setelah matang, keluarkan cake dari loyang, potong bentuk bundar sesuai ukuran jar. lakukan hingga semua cake terpotong bundar seukuran jar.
  • Susun cake ke dalam jar yang diselingi dengan butter cream dan beri sedikit hiasan buah strobeery atau cherry.
  • Cake In Jar, Chocolate Cake siap disajikan

 

6. Banoffee

https://asset-a.grid.id/crop/0x0:0x0/700x465/photo/2020/04/12/2315035311.jpg
banoffee | sonora.id

Bahan Crust Banoffee:

  • 5-6 buah pisang, iris sesuai selera
  • 250 gr biskuit, haluskan

Bahan karamel:

  • 350 gr susu kental manis
  • 70 gr gula merah
  • 50 gr mentega
  • Garam secukupnya

Bahan cream:

  • 100 ml whip cream, kocok kental
  • 250 gr unsalted butter
  • 100 gr cream cheese
  • Susu kental manis secukupnya

Bahan topping:

  • 30 ml sirup vanilla
  • Dark chocolate parut

Cara membuat:

  • Buat adonan karamel terlebih dulu, dengan mencairkan mentega dan gula merah.
  • Setelah campuran gula dan mentega meleleh tambahkan susu kental manis dan garam agar adonan karamel tidak terlalu manis, kocok hingga merata.
  • Sementara itu, hancurkan dan haluskan biskuit untuk membuat adonan kulit Banoffee
  • Lalu tuangkan adonan karamel di atas adonan biskuit.
  • Susun irisan pisang di atas adonan karamel yang telah mendingin
  • Tambahkan adonan filling cream yang sebelumnya telah dikocok, di atas susunan irisan pisang
  • Tambahkan topping berupa parutan dark chocolate lalu siram dengan sirup vanila
  • Pie Banoffee siap disajikan.

 

Nah itulah beberapa ide resep jajanan unik dan kreatif yang bisa Sedulur coba untuk dijual saat bulan puasa. Sedulur bisa dapatkan bahan-bahan untuk membuat resep di atas melalui Aplikasi Super.

Categories
Lifestyle

Silaturahmi Tanpa Harus Mudik, Begini Caranya!

Mudik memang sudah menjadi tradisi tahunan masyarakat Indonesia yang dilakukan menjelang lebaran idulfitri. Mudik menjadi momen yang paling dinanti untuk menjalin silaturahmi dan melepas rindu dengan keluarga di kampung halaman.

Tetapi apa jadinya jika Sedulur tidak bisa mudik tahun ini karena berbagai alasan, salah satunya karena pandemi virus corona yang penyebarannya semakin hari semakin meningkat. Tentu hal seperti ini memaksa Sedulur untuk menjalin silaturahmi tanpa mudik. Memang tidak mudah dan tidak afdol rasanya jika tidak bertemu dengan sanak saudara di kampung halaman, tetapi Sedulur harus patuh dengan anjuran pemerintah agar penyebaran virus corona semakin berkurang.

Sedulur tidak perlu khawatir, karena Sedulur tetap bisa menjalin silaturahmi tanpa harus mudik, kok! Berikut tips silaturahmi tanpa mudik yang bisa Sedulur lakukan:

 

1. Manfaatkan Fitur Video Call

Dengan teknologi yang berkembang dengan pesat seperti sekarang ini, banyak orang yang menggunakan smartphone. Tidak sekadar bertukar informasi, smarphone juga bisa Sedulur gunakan untuk bercengkrama dan bertatap muka dengan orang-orang terdekat melalui fitur video call. Memanfaatkan fitur ini bisa jadi pilihan Sedulur yang ingin silaturahmi tanpa mudik. Sedulur bisa menggunakannya kapan pun dan dimana pun selama masih tersambung dengan internet. Apalagi, sekarang ini banyak sekali aplikasi video call yang bisa Sedulur unduh di internet, playstore bagi pengguna Android, maupun appstore bagi pengguna Apple

 

2. Manfaatkan Media Sosial

Cara kedua adalah memanfaatkan media sosial. Masih ingat dengan slogan “media sosial mendekatkan yang jauh”? Yap! Sedulur bisa mengirim pesan kepada keluarga melalui media sosial seperti Instagram, facebook, twitter, whatsapp, dan media sosial lainnya. Meski tidak bisa bertatap muka secara langsung, setidaknya dengan menggunakan media sosial, Sedulur bisa bebas melepas rindu dengan keluarga di kampung halaman, bukan?

Seperti yang Sedulur ketahui, beberapa media sosial juga memiliki fitur menarik bagi penggunanya, di Instagram dan Facebook misalnya, kedua platform ini menyediakan fitur story yang bisa Sedulur unggah ke teman-teman atau keluarga. Tidak hanya itu, Instagram juga memiliki fitur video yang bisa Sedulur kirim ke kerabat dekat melalui direct message (DM). Mudah, bukan?

 

3. Berkirim Parsel Lebaran

Meskipun cara ini sudah lumayan lama dilakukan, mengirim parsel bisa setidaknya menggantikan anda yang tidak dapat berada di kampung halaman ketika lebaran tiba. Sedikit buah mata dengan surat yang anda tulis dengan tangan dapat menambah kesan dekat dengan keluarga. Sehingga, anda dapat mencurahkan semua perasan anda di dalamnya.

Selain itu, anda pun bisa menyelipkan foto elektronik dan video di dalamnya. Saat ini sudah banyak tersedia bingkai foto yang dapat ditancapkan dengan memory card untuk menampilkan foto dan video. Manfaatkan teknologi tersebut untuk mendekatkan anda dengan keluarga di hari yang fitri ini.

Walaupun silaturahmi tanpa mudik tidak bisa menggantikan kehadiran anda seutuhnya, setidaknya beberapa cara di atas dapat mengobati rasa rindu keluarga yang berada di kampung halaman. Sehingga, anda bersama mereka tetap dapat merasakan hari lebaran dengan lebih bermakna.

 

4. Berkirim Kartu Ucapan Virtual

Cara lainnya yaitu berkirim kartu ucapan virtual. Cara ini sebenarnya sudah ada sejak lama tapi jarang digunakan oleh beberapa orang. Dengan menggunakan cara ini, Sedulur bisa bersilaturahmi tanpa harus mudik, lho! Buatlah kartu ucapan yang menarik sebelum mengirimkannya pada teman maupun keluarga. Tidak hanya berupa tulisan, Sedulur juga bisa menyelipkan pesan suara agar memberikan kesan yang hangat untuk keluarga Anda.

Sekarang ini banyak juga aplikasi untuk membuat kartu ucapan yang menarik. Tidak membutuhkan keahlian yang khusus, Sedulur bisa menemukan template kartu ucapan yang tersebar di internet. Pastikan perangkat internet Anda terhubung dengan perangkat keluarga Anda di kampung halaman, ya!

 

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Sedulur coba. Meski tidak bertemu dengan sakan saudara di kampung, bukan berarti putus silaturahmi begitu saja, bukan? Momen lebaran tidak akan pernah terhalang meski hanya sebatas media sosial, kok, Sedulur! Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda, ya!

Categories
Service

Voucher DISKON untuk Sedulur Super

Halo, Sedulur Super! Kini, Sedulur bisa menikmati voucher diskon senilai Rp. 20.000 dengan belanja di Aplikasi Super, lho!

Voucher ini akan Sedulur dapatkan ketika Sedulur sudah melakukan 1x transaksi pembelian di Aplikasi Super. Voucher diskon ini hanya berlaku untuk pengguna aplikasi di Surabaya dan Sidoarjo saja.

 

Apakah ada persyaratan khusus lainnya?

Tidak ada persyaratan khusus kok, Sedulur. Cukup melakukan 1x pembelian, Sedulur bisa mendapatkan voucher ini.

Kalau sudah melakukan pembelian dan mendapat kode voucher, bagaimana cara masukkan kode vouchernya?

Berikut petunjuk penggunaan kode voucher, yuk simak!

1. Pilih logo voucher di pojok kanan atas

2. Pilih tombol “Gunakan”

3. Mulai Belanja

4. Pilih tombol “Bayar”

5. Pilih tombol “Benar, lanjutkan”

6. Selamat, potongan Rp20.000 telah digunakan dari total transaksi!

 

Tunggu apa lagi? Segera belanja di Aplikasi Super dan nikmati voucher diskonnya sekarang juga!

Categories
Lifestyle Sembako

6 Daftar Sembako Terlaris di Bulan Puasa

Tidak terasa, bulan puasa kembali hadir di tengah kita, meski dengan situasi berbeda karena adanya wabah virus corona. Namun, produk sembako tetap saja dibutuhkan masyarakat Indonesia, apalagi di bulan puasa seperti ini masyarakat yang beragama Muslim berbondong-bondong membeli sembako untuk kebutuhan sahur dan berbuka. Untuk itulah, Sedulur Super yang memiliki toko kelontong, sebaiknya mempersiapkan sembako agar laris diborong oleh pelanggan. Sembako tersebut seperti beras, telur, kecap, dan daging.

Tidak hanya barang tersebut, Sedulur Super juga perlu mempersiapkan barang lain yang dibutuhkan oleh pelanggan sebagai pelengkap menu sahur dan buka puasa. Nah, kali ini Super akan membagikan beberapa barang kebutuhan yang laris di bulan puasa, yang dibutuhkan oleh pelanggan. Apa saja kah barang itu? Yuk, simak jawabannya berikut ini!

 

1. Gula Putih

Tahukah Sedulur Super? Gula merupakan barang kebutuhan yang paling diminati pelanggan saat bulan puasa. Terdapat berbagai jenis gula yaitu gula pasir, gula batu dan gula Kristal. Permintaan gula di pasaran semakin tinggi lho, Sedulur Super. Gula dimanfaatkan oleh mereka untuk membuat minuman segar, juga bumbu makanan. Untuk itu, Anda perlu menyediakan stok gula di toko kelontong dengan merek terkenal dan kualitas yang baik. Jika perlu, berikan diskon agar laris diserbu pelanggan!

 

2. Gula Merah

Tidak hanya gula putih, gula merah juga sangat laris di bulan puasa ini lho, Sedulur Super. Meski sama-sama gula, tetapi terdapat perbedaan di antara keduanya. Gula merah cenderung digunakan untuk campuran makanan lainnya. Gula merah seringkali digunakan untuk membuat kolak labu pisang, putu bambu, klepon dan makanan khas bulan puasan lainnya. Nah, menyediakan gula merah di toko kelontong Anda juga sangat penting, Sedulur Super. Jangan sampai produk ini terlewati begitu saja, ya!

 

3. Sirup

Produk kedua adalah sirup. Jangan sampai Anda melewatkan produk ini ya, Sedulur Super! Sirup merupakan produk terlaris saat bulan puasa dan lebaran. Biasanya, sirup disajikan sebagai pelengkap es buah atau disajikan langsung dengan es batu. Tidak jarang banyak masyarakat yang mencari sirup untuk pelengkap hidangan buka puasa. Nah, Sedulur Super juga perlu menyediakan produk sirup ini di toko! Sediakn sirup dengan berbagia varian rasa seperti rasa jeruk, melon, dan lain sebagainya. Pastikan produk sirup yang Anda tawarkan memiliki kualitas yang baik dan harga terjangkau, pasti pelanggan semakin suka belanja di toko Sedulur!

 

4. Susu Kental Manis

Produk ketiga yaitu susu kental manis. Selain sirup, susu kental manis juga banyak diminati pada saat bulan puasa. Dengan harganya yang murah, , selain diminum langsung dengan menggunakan air dingin, kental manis seringkali dijadikan pilihan sebagai pelengkap es buah atau makanan manis lainnya. Untuk itu, jangan lupa untuk sediakan stok susu kental manis di toko Anda ya, Sedulur Super!

5. Teh Manis

Kelima yaitu teh manis. Tidak hanya laris di bulan puasa saja, teh juga sangat diminati masyarakat dari waktu ke waktu. Penjualannya pun juga semakin meningkat. Hal ini disebabkan oleh rutinitas masyarakat Indonesia yang minum teh baik pagi hingga malam hari. Apalagi di bulan puasa seperti ini, teh manis menjadi pilihan terbaik untuk meningkatkan kekuatan tubuh saat berpuasa agar tidak mudah lemas dan lapar. Selain itu kandungan kafein yang lebih rendah membuatnya tidak akan membahayakan bila dikonsumsi dalam jumlah normal.

6. Obat Maag

Terakhir yaitu obat maag. Jangan salah, jenis obat ini juga sangat laris di bulan puasa. Biasanya, pelanggan yang membeli obat ini adalah penderita maag atau lambung. Mereka mengonsumsi obat maag, agar ibadah puasa mereka berjalan dengan lancar, agar tetap sehat dan mencegah sakit secara mendadak karena perut kosong. Jangan lupa untuk sediakan obat-obatan maag di toko Anda ya, Sedulur Super!

 

Nah, itulah beberapa produk sembako yang laris saat bulan puasa. Sedulur Super bisa dapatkan produknya di Aplikasi Super. Aplikasi Super adalah aplikasi sembako, dirancang khusus bagi Sedulur Super yang memiliki toko kelontong untuk memudahkan Sedulur menyetok barang tanpa perlu keluar rumah, harganya pun dijamin murah. Sedulur Super bisa download aplikasinya di sini.

Categories
Lifestyle

Ngabuburit Seru Bareng Keluarga di Tengah Wabah Corona

Ngabuburit adalah momen dimana Sedulur Super berkumpul dengan keluarga maupun teman-teman menjelang berbuka puasa. Kegiatan ini telah menjadi tradisi kita dan masyarakat Indonesia. Umumnya masyarakat mengisi waktu luang ini dengan berbagai macam kegiatan contohnya berjalan-jalan keluar rumah sembari membeli jajanan untuk berbuka.

Tidak heran, banyak sekali pedagang yang Sedulur temui di jalanan sewaktu ngabuburit. Namun, di tengah wabah corona seperti ini, tidak memungkinkan Sedulur Super untuk ngabuburit di luar rumah. Apalagi pemerintah Indonesia sudah mengimbau kita untuk physical distancing dan beraktivitas di rumah saja. Namun Sedulur Super tidak perlu khawatir jika harus ngabuburit di rumah.

Ada banyak kegiatan positif yang bisa Sedulur Super lakukan untuk mengisi waktu luang dan ngabuburit di rumah sembari menunggu waktu berbuka puasa. Ingin ngabuburit bareng keluarga tetap seru meski di tengah wabah virus corona? Yuk Sedulur Super, ikuti tips bawah ini!

 

1. Memasak

 

Daripada membeli makanan atau takjil di luar, lebih baik Anda memasak sendiri makanan buka puasa bersama keluarga. Selain hemat dan kreatif, pastinya ada kesenangan tersendiri jika bisa menyajikan makanan yang di masak sendiri. Ajak kakak atau adik untuk memasak bersama untuk mengakrabkan semua anggota keluarga.

 

2. Menonton Serial TV

 

Bagi Anda yang suka kegiatan ringan dan menyenangkan, menyaksikan serial televisi atau film favorit bisa menjadi pilihan. Kumpulkan dulu film apa yang akan ditonton sebelum waktu ngabuburit tiba. Jika ingin menyaksikan tayangan singkat, Anda juga bisa menonton acara-acara religi atau kultum (kuliah tujuh menit) yang seringkali ditayangkan oleh stasiun televisi lokal.

 

3. Berkebun

 

Pekarangan rumah yang rapi tidak hanya enak dipandang namun juga membuat hati Anda senang. Nah jika biasanya Anda tidak punya waktu untuk merapikan kebun, maka ngabuburit adalah waktu yang tepat untuk berkebun! Tidak perlu melakukan kegiatan angkat-angkat pot yang berat, Anda bisa cukup merapikan rumput liar dan menyiram tanaman di pot.

 

4. Bersih-bersih Toko

 

Merasa lemas saat sedang puasa? Bersih-bersih toko bisa jadi pilihan lho, Sedulur Super! Pilih kegiatan ringan seperti menyapu dan mengepel, atau merapikan laci dan meja makan agar rumah dan toko Sedulur tampak bersih. Tata rak yang ada di toko Sedulur dengan rapi dan jangan biarkan rak tersebut kosong. Sedulur Super bisa perbanyak stok untuk mengisi rak pakai #AplikasiSuper.

 

Nah, itulah beberapa tips ngabuburit seru yang bisa Sedulur lakukan bersama keluarga. Dengan situasi seperti ini, hindari untuk bepergian sementara waktu, ya! Pastika barang kebutuhan Sedulur terpenuhi. Jika ingin belanja di bulan puasa, Sedulur Super bisa pesan barang kebutuhan pokok pakai Aplikasi Super. Sedulur Super jadi tidak perlu lagi repot keluar rumah buat nyetok barang, apalagi barang akan diantar sampai rumah dan gratis ongkos kirim! Ngabuburit di rumah saja? Siapa takut!

Sedulur Super bisa download aplikasinya di sini.

Categories
Bisnis Lifestyle Sembako

Pengen Toko Kelontongmu Jadi Modern? Intip 3 Tips Jitu Ini!

Bisnis toko kelontong saat ini sangat diminati oleh beberapa orang untuk berbisnis. Tidak hanya dijadikan sebagai bisnis utama, toko kelontong juga bisa dijadikan bisnis sampingan lho, Sedulur Super! Toko kelontong bisa jadi pilihan Anda untuk berbisnis, karena keuntungan yang didapatkan sangat melimpah. Jangan anggap remeh, meskipun hanya mendirikan toko kelontong, saat ini para pebisnis saling bersaing untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan produknya lho, Sedulur! Salah satu cara mereka bersaing adalah membuat toko kelontongnya jadi tampil modern.

Tahukah Sedulur Super? Dengan menjadikan toko kelontong jadi modern akan mendapatkan kesan yang baik dan positif dari pelanggan, lho. Hmm, apa cuma itu? Tentu saja tidak! Nah, kali ini Super akan membagikan tiga tips utama agar toko kelontong jadi modern yang dilansir dari fastpay. Yuk, simak tips di bawah ini!

 

1. Perbarui Produk

 

Tips pertama yang perlu Anda lakukan adalah memperbarui produk secara berkala. Sebagai pemilik toko kelontong, tentu Anda tidak melewati hal ini begitu saja, karena jika tidak, rak barang yang ada di toko Anda jadi kosong, pelanggan pun jadi enggan berbelanja karena barang yang Anda jual tidak lengkap. Perbarui barang di rak toko Anda dengan produk yang sedang booming atau bisa juga varian terbaru. Hal ini dilakukan karena beberapa masyarakat senang berbelanja produk-produk baru.

 

2. Tambah Jenis Produk

 

Tips kedua yang perlu Anda lakukan untuk membuat toko kelontong modern adalah dengan menambahkan produk yang belum Anda jual sebelumnya. Jika barang yang Anda tawarkan kebanyakan adalah barang kebutuhan pokok, maka Anda perlu menambahkan jenis barang atau produk lainnya, seperti koran, vas bunga, aksesoris badan, mainan untuk anak-anak dan barang unik lainnya. Dengan begitu, Anda sudah membuat pelanggan merasa senang dan peluang mereka untuk membeli barang akan semakin besar. Tentu Anda juga perlu memperhatikan budget yang Anda punya, ya!

 

3. Hias Toko

 

Membuat desain toko lebih menarik perlu Anda lakukan.Sedulur Super perlu menghias toko kelontong semenarik dan senyaman mungkin.  Hal ini bertujuan agar pelanggan atau calon pelanggan bisa betah mengunjungi toko Sedulur. Selain itu, desain toko yang menarik akan memberi nilai plus bagi toko kelontong Anda. Buatlah desain yang inovatif dan berbeda dengan toko yang lain.

Selain membuat desain toko yang menarik, Sedulur Super perlu memperbarui barang secara berkala, baik di toko online maupun offline miliki Anda. Agar toko Anda menarik, Anda perlu memperhatikan warna dinding toko, pencahayaan ruangan, lalu pisahkan barang berdasarkan jenisnya agar tampak rapi. Hal ini bertujuan agar para pelanggan bisa dengan bebas memilih produk-produk Anda sesuai dengan jenisnya. Apalagi jika Anda berbisnis sembako, memperbarui barang wajib untuk Anda lakukan. Jangan sampai rak barang di toko Anda kosong, ya!

 

4. Beri Pelayanan Terbaik

 

Sebagai penjual, Anda perlu memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggan Anda. Meski pelanggan Anda memiliki berbagai karakter yang berbeda, Anda perlu memperlakukan mereka dengan baik agar memberikan kesan yang positif terhadap produk maupun bisnis Anda sendiri. Pelayanan yang baik seperti memberikan kartu member untuk pelanggan yang sering berbelanja di toko Anda.

 

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk membuat toko kelontong Anda tampil modern. Anda hanya perlu konsisten dalam memberikan pelayanan pada pelanggan, agar pelanggan betah dan nyaman berbelanja di toko kelontong Anda. Buatlah pelanggan merasa bahwa mereka sedang berbelanja di minimarket. Membuat nyaman pelanggan adalah kunci utama yang perlu Anda ketahui.

Kini Sedulur Super bisa memperbarui stok barang di toko pakai aplikasi Super. Harga murah, jualan pun mudah!

Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda, ya!

Categories
Lifestyle

Intip Tips Persiapan Bulan Ramadhan di Tengah Pandemi Corona

Sebentar lagi, bulan suci Ramadhan akan hadir di tengah kita. Pemerintah akan menggelar siding isbat pada 23 April 2020. Situasi Ramadhan tahun 2020 ini akan terasa berbeda dibandingkan tahun sebelumnya yang sudah dijalani oleh umat Muslim karena berada di situasi pandemi virus corona. Pemerintah pun mengimbau masyarakat untuk menjalankan aktivitas ibadah di rumah. Meski begitu, kita perlu mempersiapkan diri menyambut bulan suci ini dengan baik. Nah, ada beberapa tips persiapan bulan Ramadhan untuk Sedulur Super, lho. Coba simak tips berikut!

 

1. Membatasi Porsi Makanan

Mengurangi porsi makanan bisa membantu Sedulur agar pencernaan terbiasa saat Sedulur menjalani puasa. Jika tidak, maka Sedulur akan sering merasakan lapar, apalagi jika harus menjalani aktivitas lainnya.

 

2. Kurangi Konsumsi Kopi

Meski kopi memiliki manfaat yang baik bagi tubuh, Sedulur akan kesulitan untuk lepas dari kopi karena telah merasa kecanduan. Mengurangi minum kopi saat berpuasa adalah sikap bijak yang Sedulur Super lakukan karena perut akan kosong. Jika tetap minum kopi saat berbuka akan menyebabkan lambung produksi asam klorida dan cairan lambung di perut. Ini akan berdampak buruk bagi kesehatan Sedulur Super. Jadi, sebisa mungkin kurangi konsumsi kopi ya, Sedulur Super!

 

3. Promosi Jualan Melalui Media Sosial

Saat ini berjualan online sedang gencar-gencarnya. Berjualan online akan mmebantu Sedulur karena lebih mudah dan praktis, apalagi di bulan Ramadhan dan pandemi seperti ini, belanja di toko online menjadi pilihan banyak pelanggan. Sedulur Super bisa memanfaatkan media sosial untuk bisa memaksimalkan penjualan, lho!

 

4. Sortir dan Variasikan Produk Sesuai Kebutuhan Bulan Ramadhan

Tentukan produk apa yang diprioritaskan dan menjadi kebutuhan pelanggan menjelang bulan Ramadhan. Pastikan barang yang dijual haruslah relevan dengan momen Ramadhan. Misalnya berjualan sarung dan mukenah. Jangan lupa untuk menambah variasi produk yang akan ditawarkan. Buatlah kategori produk Ramadan pada tokomu untuk mempermudah pelanggan mencari apa yang mereka butuhkan.

 

5. Menyiapkan Persediaan Makanan

Saat berpuasa, seringkali tubuh Sedulur menjadi kekurangan energi dan membuat lemas. Untuk itu, menyiapkan persediaan bahan makanan untuk beberapa hari merupakan langkah yang tepat untuk menghemat energi saat berpuasa. Belanja lah kebutuhan dalam jumlah banyak. Namun bukan berarti harus menimbun, ya Sedulur Super. Untuk Sedulur Super yang memiliki toko kelontong,  Sedulur bisa juga belanja dan memesan barang melalui Aplikasi Super. Aplikasi Super dirancang khusus bagi Sedulur Super yang butuh menyetok barang tanpa harus pergi ke supermarket. Sedulur Super bisa download aplikasinya di sini.

 

Nah itulah beberapa tips yang bisa Sedulur Super coba untuk mempersiapkan bulan Ramadhan. Persiapkanlah bulan Ramadhan tahun ini dengan sebaik mungkin, meski harus menjalaninya di tengah pandemi virus corona. Tetaplah berdoa dan yakin bahwa situasi ini akan segera berakhir. Salam, Super!

Categories
Bisnis Keuangan

Ini Dia, Jenis Laporan Keuangan. Pebisnis Wajib Tahu!

Sebagai seorang pebisnis, baik bisnis kecil maupun besar, tentu tidak akan lepas dari berbagai macam laporan keuangan. Laporan keuangan inilah yang dapat memudahkan Anda mengetahui kondisi keuangan bisnis, sejauh mana untung dan rugi yang telah Anda dapatkan. Dengan adanya laporan ini, Anda bisa mengevaluasi, membuat strategi dan membuat keputusan.

Kondisi keuangan yang baik, tentu akan berpengaruh terhadap kelangsungan bisnis yang Sedulur jalani. Tetapi, sebagian pebisnis masih belum bisa mengelola keuangan dengan baik. Laporan keuangan memang perlu dikerjakan oleh orang yang ahli dibidangnya, namun tidak ada salahnya jika Anda bisa mengerjakan laporan sendiri. Laporan ini tentunya memiliki peran penting demi kemajuan bisnis. Ada berbagai jenis laporan keuangan dalam mengelola bisnis. Apa saja kah jenis laporan itu? Coba deh Sedulur Super simak penjelasan di bawah yang dilansir dari berbagai sumber!

 

1. Laporan Laba & Rugi

Laporan laba & rugi, yang biasa disebut income statement adalah laporan yang menjabarkan mengenai unsur pendapatan dan beban bisnis untuk mengetahui laba atau rugi bersih yang dihasilkan oleh bisnis atau brand Anda. Laporan ini berfungsi untuk memberikan informasi performa bisnis, yang diperlukan untuk melihat kondisi ekonomi internal bisnis Anda di masa depan. Informasi tersebut juga bisa digunakan untuk memprediksi kapasitas bisnis dalam menghasilkan arus kas dari sumber daya yang sudah ada.

 

2. Laporan Perubahan Modal

Membuat laporan perubahan modal ini sangat penting untuk bisnis Anda. Tetapi, sebelum menyusun laporannya, Anda perlu menyelesaikan laporan keuangan laba rugi terlebih dahulu untuk mengetahui apakah bisnis Anda mendapatkan keuntungan atau malah mengalami kerugian.

 

Setelah itu, Anda baru bisa membuat laporan perubahan modal, di mana Anda bisa menganalisis apa yang menyebabkan modal yang dikeluarkan jadi lebih banyak. Jika terjadi penyusutan modal, sebaiknya segera cari penyebabnya untuk menghindari hal tersebut agar sedikit modal yang Anda keluarkan. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menyusun laporan perubahan modal adalah model pada awal periode, pengambilan pribadi, beban pajak dan laporan laba rugi.

 

3. Laporan Neraca

Laporan neraca adalah laporan terpenting yang harus dimiliki oleh suatu perusahaan. Isi dari laporan ini adalah kewajiban, aset, dan ekuibilitas.  Aset biasanya hasil penjumlahan dari liabilitas dan ekuibilitas. Dari laporan ini, Anda juga bisa melihat saldo kas, jumlah investasi properti, deposit pelanggan, dan jumlah utang. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan rincian detail mengenai status baik atau buruknya bisnis Anda dengan kondisi sebelumnya.

 

4. Laporan Arus Kas

Laporan yang tidak kalah pentingnya, yang diperlukan dalam suatu usaha yaitu cash flow atau arus kas. Pada dasarnya, laporan ini berisikan transaksi atau biaya keluar atau masuk. Dengan laporan ini, Anda bisa mengetahui arus kas yang terjadi di masa sebelumnya. Selain itu, laporan ini  juga bisa menjadi penentu untuk perencanaan keuangan di masa mendatang.

 

5. Catatan Laporan Keuangan

Terakhir, jenis laporan yang juga  tidak kalah pentingnya untuk Anda lakukan yaitu catatan atas laporan keuangan. Catatan ini berfungsi untuk me-review laporan-laporan lainnya. Catatan atau laporan keuangan berisi analisis data atau daftar yang lebih rinci terkait neraca, laporan laba rugi, dan juga laporan arus kas sebagai bahan ulasan dan pembuktian.

 

Nah, itulah beberapa laporang keuangan yang perlu Anda perhatikan dan lakukan dalam mengelola bisnis. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Semangat berbisnis, Sedulur Super!