manfaat timun

Timun adalah salah satu sayuran yang memiliki banyak kandungan. Berbagai jenis vitamin, kalsium, serat, serta protein dapat Sedulur jumpai dalam buah ini. Dengan kandungan nutrisi tersebut, tentunya manfaat timun baik untuk kesehatan tubuh maupun kesehatan wajah.

Tak hanya untuk menjaga kesehatan tubuh, sayuran yang satu ini juga bisa untuk menurunkan berat badan, lho. Hal ini dikarenakan adanya kandungan air serta serat pada mentimun. Selain itu, kira-kira apa saja ya manfaatnya untuk menjaga kesehatan tubuh dan wajah? Simak penjelasannya berikut ini, yuk!

BACA JUGA: 15 Vitamin Daya Tahan Tubuh Terbaik Agar Tidak Mudah Sakit

1. Menurunkan berat badan

manfaat timun
pexels

Khasiat yang diperoleh dengan memakan mentimun yang pertama adalah untuk menurunkan berat badan. Hal ini disebabkan tumbuhan ini mengandung kalori yang tidak banyak. Sehingga, Sedulur bisa memperoleh manfaat timun dimakan mentah atau matang ini setiap hari tanpa takut akan penambahan berat badan.

-->

Selain dimakan mentah, Sedulur juga bisa mengonsumsinya dalam bentuk makanan seperti sandwich ataupun salad. Selain membuat kenyang lebih cepat, Sedulur juga bisa memperoleh sumber energi dari tanaman ini ketika sedang lelah berolahraga atau melakukan aktivitas berat lainnya. Kandungan air dalam buah ini membuatnya menjadi salah satu makanan yang memiliki kandungan serat cukup seimbang.

2. Menjaga kesehatan tulang

manfaat timun
pexels

Untuk menjaga agar tulang tetap sehat adalah salah satu manfaat timun mini untuk kesehatan. Hal ini dikarenakan adanya kandungan vitamin K dalam mentimun mentah yang tidak dikupas yang berfungsi untuk membantu menjaga kesehatan tulang serta pembekuan darah. Kalsium sebesar 19,9 mg dalam tumbuhan ini juga membantu penyerapan kalsium lebih tinggi untuk nutrisi tulang yang sehat serta kuat. 

Untuk wanita yang sudah mengalami menopause, dengan rutin mengonsumsi vitamin K sebanyak 5 mg setiap hari selama 2 tahun akan membantu mengurangi risiko patah tulang dibandingkan dengan yang tidak menyantapnya secara rutin.

BACA JUGA: 7 Aplikasi Belanja Sayur Online Terbaik & Murah

3. Mengontrol tekanan darah

manfaat timun
klikdokter

Mengontrol tekanan darah dalam tubuh merupakan manfaat timun untuk darah tinggi yang tidak perlu Sedulur ragukan lagi. Adanya berbagai kandungan gizi serta nutrisi yang melimpah di dalamnya membuat khasiat buah ini untuk kesehatan yaitu mengontrol tekanan darah bisa tetap dalam keadaan stabil.

Lemak dan zat lain yang memupuk dalam dinding arteri dapat dicegah dengan rutin mengkonsumsi ketimun. Nutrisi yang terkandung dalam buah ini di antaranya adalah serat, kalium, serta magnesium dapat menstabilkan tekanan darah serta menjaganya agar tidak tinggi maupun tidak terlalu rendah.

Menurut situs medicalnewstoday.com, buah ini mengandung serat yang berfungsi untuk mencegah penyakit jantung atau kardiovaskular. The American Heart Association (AHA) mengatakan bahwa serat yang terkandung dalam tumbuhan ini bisa mengontrol kolesterol serta baik untuk kesehatan jantung. Tak hanya serat, kandungan potassium serta magnesiumnya juga membuat jantung bisa terjaga kesehatannya.

4. Mengatasi mata panda

manfaat timun
indozone

Selain kesehatan pada tubuh, manfaat mentimun untuk mata juga bisa Sedulur dapatkan. Khasiatnya untuk mata adalah untuk meringankan bengkak yang ada di bawah mata, serta untuk mengatasi mata hitam atau mata panda. Cara penggunaannya cukup mudah untuk dilakukan, yaitu dengan mencuci dan mengiris mentimun, lalu gunakan irisan tersebut di mata untuk dijadikan masker.

Sensasi dingin dan segar pada mata akan membuat mata akan tampak lebih cerah dan terhidrasi. Hal ini dikarenakan adanya beberapa kandungan asam caffeic yang bersifat anti inflamasi, vitamin C, serta tingginya kandungan air pada buah ini. Sehingga, mata bengkak dan hitam yang diakibatkan dari terlalu larut dalam tidur dan kelelahan akibat bekerja akan teratasi dengan rutin menggunakannya sambil berberine selama 15 menit setiap hari.

BACA JUGA: Mengenal Pakcoy, Sayuran yang Kaya Manfaat Untuk Kesehatan

5. Meredakan nyeri sendi

manfaat timun
klikdokter

Manfaat timun bagi wanita dan pria selanjutnya adalah sebagai pereda nyeri sendi dan encok. Hal ini dikarenakan adanya sumber silika yang bisa digunakan untuk menguatkan jaringan sendi pada tubuh. Jika mengonsumsinya secara rutin, maka selain mengurangi nyeri sendi dan encok, juga dapat menurunkan asam urat.

Cara mengonsumsinya adalah dalam bentuk minuman jus yang menyegarkan. Jus mentimun mengandung mineral dan vitamin yang berfungsi untuk menjaga kesehatan sendi dan tulang dengan baik.

6. Membantu tubuh agar tetap terhidrasi

manfaat timun
detikfood

Menjaga tubuh agar tetap terhidrasi adalah manfaat timun yang bisa Sedulur dapatkan berikutnya. Hal ini dikarenakan mentimun kaya akan kandungan air sebesar 95,2 persen yang berarti sudah sekitar 26 persen kebutuhan harian air Sedulur terpenuhi dengan buah ini.

Apabila Sedulur sedang bosan minum air putih dan butuh kesegaran lain, buah ini bisa dijadikan sebagai infused water. Cara yang dapat dilakukan adalah dengan memasukkan potongan buah di dalam botol minuman yang biasa Sedulur pakai saja. Sehingga, kebutuhan cairan harian dalam tubuh akan terbantu untuk terpenuhi.

BACA JUGA: Tips Super Memilih Sayur & Buah, Sedulur Wajib Tahu!

7. Sebagai detoks untuk tubuh

manfaat timun
jawapos

Karena sifat dari mentimun bisa memicu produksi air seni, hal ini bisa dijadikan manfaat timun untuk mendorong racun, pertumbuhan bakteri, serta berbagai zat lain hasil dari metabolisme tubuh keluar dan terdorong melalui urine. Sehingga, tubuh akan menjadi lebih sehat, segar, dan bugar karena racun dalam tubuh dikeluarkan melalui detoksifikasi.

Selain sebagai detoks, buah ini juga memiliki kandungan yang mampu untuk melawan radikal bebas. Sehingga, tubuh dapat terhindar dari berbagai penyakit serius seperti jantung, alzheimer, diabetes, bahkan menurunnya daya penglihatan.

8. Mencegah diabetes

medicalnewstoday

Mencegah penyakit diabetes adalah salah satu manfaat timun suri dan jenis timun lainnya. Hal ini disebabkan oleh kulit mentimun yang mengandung antioksidan yang diperlukan tubuh. Sehingga, metabolisme glikogen hati ketika pemrosesan gula darah bisa diatur. Tak hanya itu, pelepasan insulin juga bisa diatur karena adanya zat cucurbitacin.

Mentimun mengandung senyawa yang bisa menurunkan gula darah dan membantu menghentikan gula agar tidak melonjak tinggi. Tak hanya itu, buah ini juga bisa mencegah serta menurunkan diabetes tipe 2 karena adanya kandungan serat yang diperlukan di dalam tubuh.

BACA JUGA: Manfaat Buah Bidara & Kandungan Nutrisi untuk Kesehatan Tubuh

9. Sebagai toner alami

klikdokter

Tak hanya untuk kesehatan tubuh, ada juga manfaat timun untuk wajah yang harus Sedulur ketahui. Buah ini biasa menenangkan, mendinginkan, serta meredakan kulit dari paparan sinar matahari yang menyengat dan berbahaya. Selain itu, sifat astringen dalam mentimun juga bisa dipakai untuk toner karena bisa membantu membersihkan pori-pori.

Cara menggunakan timun untuk toner cukup mudah, yaitu dengan memotongnya menjadi kecil dan blender sampai teksturnya berupa jus. Kemudian, saring sari jusnya dan dinginkan di dalam kulkas sebelum memakainya. Saat sudah dingin, oleskan selama 30 menit pada wajah dan bilas menggunakan air yang bersih.

10. Mengurangi risiko penuaan pada wajah

kawaiibeautyjapan

Manfaat timun untuk wajah selanjutnya adalah untuk mengurangi resiko penuaan, baik penuaan dini atau tidak pada wajah. Hal ini dikarenakan adanya kandungan antioksidan yang bisa membantu mencegah penuaan dini pada kulit Sedulur.

Selain itu, asam folat serta vitamin C yang terkandung juga bisa membuat sel kulit baru dapat tumbuh serta membuat kulit menjadi halus. Asam folat yang menjadi nutrisi pada buah ini juga bisa mengurangi racun yang ada pada kulit, sehingga kulit menjadi sehat dan kencang kembali. 

BACA JUGA: 17 Manfaat Belimbing Wuluh, Buah Kecil Banyak Khasiat

11. Mengurangi komedo pada wajah

cairowestmag

Komedo pada wajah yang berkurang bisa menjadi salah satu manfaat masker timun yang rutin diaplikasikan pada wajah. Selain mengurangi komedo, masker ini juga bisa melembabkan kulit, mencegah pembengkakan, mencegah iritasi, serta mengurangi pembengkakan pada mata akibat kelelahan atau tidur yang kurang.

Campurkan mentimun dengan yogurt yang berwarna putih dan tidak ada perasanya. Kemudian, oleskan pada wajah dan diamkan sampai kering. Setelah itu, cuci muka dengan air yang bersih dan lakukan secara rutin kurang lebih seminggu dua kali agar hasil maksimal.

12. Melancarkan pencernaan

pexels

Pencernaan dapat menjadi lancar karena manfaat jus timun yang memiliki kandungan serat dan air. Sehingga, sembelit dan masalah pada perut lainnya bisa teratasi. Pergerakan usus dapat diatur dan frekuensi buang air besar dapat meningkat berkat kandungan serat berupa pektin pada buah ini.

Demikian beberapa penjelasan mengenai manfaat buah mentimun yang bisa Sedulur dapatkan, baik untuk kesehatan tubuh ataupun perawatan kulit. Buah ini memiliki manfaat dengan cara dikonsumsi maupun diolah sebagai masker untuk perawatan wajah dan kulit. Jadi, apakah kamu sudah tertarik untuk menjadikan buah ini sebagai salah satu andalan untuk menjaga kesehatan?

Selain mentimun, berbagai macam makanan dan minuman lain bisa membuat Sedulur terjaga kesehatannya. Sedulur bisa mendapatkan berbagai macam pilihan tersebut hanya di Aplikasi Super. Unduh sekarang dan dapatkan manfaatnya.