Minyak tawon

Minyak tawon berkhasiat dalam mengobati sakit bengkak atau pun kaki yang terkilir. Namun di sisi lain juga bisa bermanfaat mengobati masuk angin  datang kapan saja. Banyaknya manfaat yang bisa didapat dari minyak ini, menjadikan minyak tawon sebagai obat herbal alami yang rendah akan efek sampingnya.

Ramuan minyak ini berasal dari minyak kelapa, minyak kayu putih, cengkeh, daun lada, jahe, kunyit dan bawang. Karena bahan pembuatannya yang masih alami dan tidak menimbulkan efek samping, maka, minyak gosok cap tawon ini telah menjadi salah satu komoditas ekspor yang besar di Sulawesi Selatan.

Perusahaan yang menciptakan minyak herbal ini adalah PT Tawon Jaya Makassar yang berasal dari Sulawesi Selatan. Lantas selain digunakan sebagai obat kaki bengkak lantas selanjutnya apa lagi? Nah berikut ulasan mengenai manfaat minyak tawon

BACA JUGA : 15 Cara Memutihkan Ketiak Hitam Secara Alami & Aman

-->

Manfaat Minyak Tawon untuk Kesehatan

1. Obat keseleo

Wajib Tahu, Ini Manfaat Minyak Tawon untuk Kesehatan
pexels

Salah satu fungsi utama dari minyak ini adalah sebagai obat untuk menyembuhkan kaki keseleo akibat seharian menjalani aktivitas yang berat. Selain itu manfaat minyak tawon untuk bengkak. Apabila Sedulur mengalami kaki terkilir, keseleo setelah mengangkat beban berat dan akibat hal lainnya, maka tidak ada salahnya menggunakan minyak tawon. Cara penggunaannya sangat mudah. Cukup dibalurkan dan digunakan sebagai minyak pijat untuk mengatasi keseleo, pegal, otot yang kaku dan sakit punggung.

2. Mengobati luka bakar

Wajib Tahu, Ini Manfaat Minyak Tawon untuk Kesehatan
pexels

Biasanya ketika badan kita ada yang terkena luka bakar, pasti akan langsung menggunakan obat-obatan kimia. Namun sebenarnya, penggunaan obat herbal juga akan jauh lebih baik, apabila tidak ada obat kimia. Dan minyak herbal ini bisa menjadi salah satu solusinya. Sedulur dapat menuangkan minyak tawon pada kapas dan meletakkannya untuk selanjutnya dijadikan sebagai kompres pada area yang terluka untuk mempercepat proses penyembuhannya.

BACA JUGA : Mengenal Suntik Putih, Manfaat & Efek Sampingnya, Amankah?

3. Obat sakit kepala

Wajib Tahu, Ini Manfaat Minyak Tawon untuk Kesehatan
pexels

Tentu siapa pun pasti pernah merasakan yang namanya sakit kepala. Sakit kepala bisa terjadi kapan saja dan tidak pernah mengenal usia atau jenis kelamin.  Penanganan yang kurang tepat, bisa memunculkan berbagai hal yang tak terduga. Nah, sebelum menjadi parah, maka tidak ada salahnya untuk menggunakan minyak tawon. Minyak ini merupakan minyak herbal yang dibuat dari bahan-bahan pilihan.Minyak ini dapat dioleskan di bagian tubuh bagian luar manapun yang sedang sakit dan Sedulur pasti akan langsung mendapatkan khasiatnya.

4. Menghangatkan tubuh

Wajib Tahu, Ini Manfaat Minyak Tawon untuk Kesehatan
pexels

Satu fungsi selanjutnya dari minyak ini adalah, bisa menghangatkan tubuh. Saat memasuki musim hujan seperti saat ini, virus dan bakteri dapat berkembang dengan cepat dan berpotensi menimbulkan beragam macam penyakit. Tidak hanya itu, hujan yang terus menerus mengguyur di beberapa wilayah di Indonesia ini, juga membuat udara semakin dingin dan penyakit flu serta batuk bisa menyerang sistem kekebalan tubuh. Minyak tawon bisa menjadi penghangat tubuh agar terhindar dari batuk dan pilek.

Sensasi hangat dari minyak ini berasal dari Cajuput oil. Cajuput oil adalah minyak kayu putih yang berasal dari penyulingan uap daun segar pohon kayu putih. Cara penggunaannya cukup mudah, cukup dengan mengoleskan dan menggosokkan minyak ini pada bagian punggung, leher, dan perut.

BACA JUGA : 12+ Penyebab dan Cara Mempercepat Haid yang Lebih dari Tujuh Hari

5. Melancarkan sirkulasi darah

Wajib Tahu, Ini Manfaat Minyak Tawon untuk Kesehatan
pexels

Fungsi ketiga adalah, minyak ini bisa dipakai dalam melancarkan sirkulasi darah. Saat badan terasa pegal dan nyeri sendi menyerang, setelah melakukan aktivitas olahraga, maka tidak usah perlu khawatir untuk mengobatinya. Cukup oleskan ramuan minyak herbal ini di sekitar tubuh yang mengalami pegal-pegal atau nyeri sendi, maka semuanya akan langsung sirna. Oleh karena itu, minya ini selain berguna untuk menghangatkan tubuh, juga bisa menjadi obat pegal-pegal.

6. Mencegah gigitan nyamuk

Wajib Tahu, Ini Manfaat Minyak Tawon untuk Kesehatan
pexels

Digigit nyamuk bisa menimbulkan rasa gatal yang sangat mengganggu. Namun,  bisa juga menimbulkan penyakit baru seperti malaria.Malaria bisa disebabkan oleh gigitan nyamuk aedes aegypti.  Nah, pasti repotkan kalau sudah seperti itu. Minyak tawon pun bisa menjadi salah satu obat alternatif supaya terbebas dari gigitan nyamuk.

Cara penggunaanya sangat mudah. Cukup dengan mengoleskan minyak tawon pada bagian tubuh yang sering digigit nyamuk secara tipis-tipis.Nyamuk nyatanya tidak menyukai bau minyak tawon yang menyengat dan akan cenderung menjauhi bau tersebut. Sedulur dan keluarga bisa beraktivitas di luar rumah tanpa takut digigit nyamuk.

7. Mengurangi peradangan kulit

Wajib Tahu, Ini Manfaat Minyak Tawon untuk Kesehatan
pexels

Fungsi yang tidak kalah penting selanjutnya adalah, untu mengurangi peradangan kulit. Peradangan kulit ditimbulkan akibat, kulit baru saja digigit nyamuk, sehingga membuat Si Kecil atau diri kita tidak tahan untuk segera menggaruknya. Nah, jangan bingung karena sudah ada solusinnya dalam mengatasi persoalan ini.

Dengan mengoleskan minyak tawon, maka kulit yang mengalami peradangan bisa sembuh dengan bertahap.Bukan tanpa sebab, mengapa minyak ini bisa dipakai untuk mengobati peradangan. Sebab, dalam kandungan minyak tawon terdapat ekstrak kunyit yang mengandung senyawa aktif curcumin.

BACA JUGA : Waspada! Ini Bahaya Dari Suntik Putih yang Menyesatkan

8. Mengatasi susah BAB

liputan6

Masalah sembelit bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Suasana tidak nyaman pasti akan dirasakan. Saat ini ada banyak obat herbal ataupun obat kimia yang bisa mengatasinya. Apabila Sedulur kesulitan dalam mencari obat-obatan kimia, maka tidak ada salahnya menggunakan obat herbal. Obat herbal di sini adalah minyak tawon. Minyak ini sangat dipercaya ampuh dalam mengatasi masalah Buang Air Besar (BAB), Diare hingga yang berkaitan dengan masalah pencernaan lainnya yang tidak kunjung sembuh.  

Rasa hangat yang dihasilkan minyak tersebut, dapat membuat perut lebih nyaman ketika kita sedang BAB. Sedulur hanya cukup mengoleskan minyak ini pada bagian perut secara perlahan. Kandungan herbal-herbal di dalamnya akan membuat pencernaan terasa lebih baik dan lebih lancar.

9. Melegakan pernapasan

halodoc

Mengalami persoalan di pernapasan akibat hidung tersumbat, flu atau lain sebagainya, sebenarnya masalah tersebut bisa lho diatasi. Lantas, pernahkan Sedulur mencium aroma therapi dengan menggunakan minyak tawon? Jika sudah maka Sedulur sangat beruntung. Sebab, minyak ini bisa melegakan hidung yang tersumbat serta bisa melegakan saluran pernapasan

Kandungan minyak kayu putih di minya ini bisa memberikan rasa rilek di saluran pernapasan lho Sedulur. Ditambah dengan bau yang khas bawang, minyak serai, dan kunyit, yang melancarkan sirkulasi udara di hidung.Cara menggunakannya pun sangat mudah. Cukup oleskan minyak ini di bawah atau sekitar hidung hingga aromanya tercium. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan napas yang lebih lega, Moms.

BACA JUGA : 12+ Manfaat Buah Matoa Asal Papua Untuk Kesehatan Tubuh & Kulit

10. Mengempeskan bisul pada kulit

pexels

Mempunyai persoalan bisul di kulit wajah, tentu sangat mengganggu bukan. Selain menimbulkan rasa perih dan gatal, muncunya bisul atau jerawat di kulit bisa menurunkan rasa percaya diri seseorang lho Sedulur. Meski demikian, bukan berati tidak ada obat yang bisa mengatasinya.

Ya, Sedulur bisa mencoba menggunakan ramuan herbal seperti minyak tawon. Sebab, manfaat minyak tawon untuk wajah yang sering ditumbuhi jerawat. Minyak sereh yang terkandung dipercaya bisa mengatasi infeksi akibat bakteri Staphylococcus aureus. Bakteri ini salah satu penyebab timbulnya bisul pada kulit.Cara menggunakannya sangat mudah Sedulut, cukup oleskan tipis-tipis minyak pada area bisul dan tunggu hingga mengering. Lakukan ini di malam hari sebelum tidur, Moms.

Demikian ulasan mengenai manfaat minyak tawon untuk kesehatan tubuh. Pastikan selalu menjaga kesehatan tubuh kita ya Sedulur karena saat ini sudah memasuki musim penghujan.  Nah, Sedulur bisa lho mencari produk ini di Aplikasi Super. Yuk install Aplikasi Super sekarang juga!