manfaat buah semangka

Buah semangka bukanlah kiwi, alpukat atau buah manggis yang selama ini dipercaya sebagai superfood dan harganya bisa melambung tinggi. Buah ini nyaris selalu dipatok dengan harga yang stabil dan cenderung terjangkau namun memiliki manfaat buah semangka segudang.

Padahal di balik kesederhanaannya, buah yang sering jadi santapan favorit di kala musim panas atau kemarau ini punya banyak khasiat untuk kesehatan. Apa sih kelebihannya? Mari simak ulasan lengkap tentang manfaat buah semangka berikut ini. 

BACA JUGA: 17 Manfaat Belimbing Wuluh, Buah Kecil Banyak Khasiat

Kandungan nutrisi semangka 

manfaat buah semangka
pexels

Melansir dari BBC Good Food, berikut setidaknya kandungan nutrisi 80 gram semangka yang esensial untuk kesehatan secara umum. Simak dan hitung dengan cermat, ya.

-->
  • 25 Kcal 
  • 0,2 gr lemak 
  • 0,4 gr protein 
  • 5,7 gr karbohidrat 
  • 0,1 gr serat 
  • 80 mg kalium 
  • 93 mcg karoten (vitamin A)
  • 6 mg vitamin C 
  • Vitamin B1 dan B 6 
  • Magnesium

Intinya, buah ini rendah lemak, bebas kolesterol, dan kalorinya rendah. Sehingga tak heran jika buah ini banyak disarankan untuk menu orang yang sedang dalam program penurunan berat badan. 

1. Membantu melawan dehidrasi 

melawan dehidrasi
pexels

Semangka mengandung banyak air di dalamnya. Ia cocok untuk orang-orang yang malas atau kesulitan membiasakan diri untuk minum air putih dalam jumlah cukup seharinya. Seperti yang Sedulur sudah ketahui, tiap harinya seseorang membutuhkan setidaknya 1-2 liter air putih untuk aktivitas harian. Jika kurang, dampak kesehatan lain bisa menyertai.

Selain semangka, timun, dan dan manfaat buah nanas juga memiliki kandungan air yang banyak dan bisa membantu mencukupi kebutuhan air harian. Jaga asupan air dengan meminum banyak air putih juga, ya.

2. Alternatif camilan sehat 

manfaat buah semangka untuk kesehatan
pexels

Daripada mengonsumsi biskuit atau kue kering, Sedulur bisa menjadikan semangka sebagai camilan sehat. Menurut studi dari Tiffany Lum, dkk, semangka bisa membantu tubuh merasa kenyang lebih lama dibanding camilan lainnya yang mengandung gluten.

Buah ini juga terbukti bisa mengurangi berat badan, body mass index (BMI), tekanan darah tinggi sistolik. Jadi, cocok untuk pengidap obesitas yang ingin berhijrah ke gaya hidup sehat. 

3. Kaya vitamin A dan C

Kaya vitamin A dan C
pexels

Kandungannya sangat kaya, bahkan cukup untuk membantu mencukupi kebutuhan harian. Melansir dari Greatist, 1 cangkir buah semangka atau sekitar 150 gram bisa menyediakan 21 persen kebutuhan vitamin C dan 18 persen kebutuhan vitamin A. 

BACA JUGA: Manfaat Empon-empon Bisa Menangkal Covid, Benarkah?

4. Membantu menjaga kesehatan kulit 

manfaat buah semangka untuk kulit
pexels

Melansir dari publikasi Juliet M. Pullar, dkk., vitamin C memiliki banyak pengaruh baik untuk kulit. Keberadaannya penting untuk menjaga kesehatan sel. Ditemukan bahwa sel yang menua atau rusak kehilangan kadar vitamin C dalam jumlah yang besar atau mengalami defisiensi. Vitamin C terbukti membantu pembentukan kolagen dan melawan racun dan radikal bebas. 

Ia bahkan dipercaya mampu melawan melanogenesis yaitu perubahan warna akibat munculnya zat melanin yang biasanya terbentuk karena kulit melindungi diri dari paparan sinar UV. Selain itu, jangan lupakan vitamin A yang juga banyak ditemukan pada produk perawatan kulit. Terutama yang bertipe anti-aging atau penuaan. 

5. Baik untuk kesehatan mata 

manfaat buah semangka untuk mata
pexels

Vitamin A dalam semangka ditemukan dalam bentuk karoten. Karoten ini yang berguna membantu mata menangkap cahaya dan menyalurkan apa yang kita lihat ke otak. Ia pun banyak dipercaya bisa mencegah kelainan mata yang disebabkan oleh faktor usia seperti rabun, katarak, dan lain sebagainya. 

6. Mengandung lycopene yang punya fungsi antikanker 

antikanker
pexels

Manfaat buah semangka untuk kesehatan lainnya adalah agen antikanker. Ini karena kandungan lycopene di dalamnya. Menurut publikasi Ambreen Naz, dkk, lycopene dalam semangka ini bisa langsung diserap tubuh manusia tanpa harus melalui proses pemasakan seperti tomat. Tomat yang juga kaya lycopene membutuhkan proses pemanasan untuk membuat kandungan tersebut siap diterima tubuh pengonsumsinya. 

Masih merujuk sumber yang sama, lycopene ini dipercaya bisa melindungi manusia dari serangan patogenik atau penyakit karena kemampuannya untuk mencegah terjadinya stres oksidatif akibat zat radikal yang melebihi kapasitas tubuh untuk melawannya. Stres oksidatif ini yang seringkali menyebabkan munculnya penyakit kronis seperti diabetes, komplikasi jantung, osteoporosis, gangguan pada mata seperti katarak, warna mata kekuningan, hingga kanker. 

7. Manfaat buah semangka untuk penyakit diabetes 

manfaat buah semangka untuk penyakit diabetes
pexels

Umumnya, pengidap diabetes dianjurkan untuk menghindari konsumsi buah dalam jumlah banyak. Terutama yang kadar gulanya tinggi seperti mangga, nangka, durian, rambutan. Menariknya, semangka justru dianggap aman untuk penderita diabetes.

Merilis Medical News Today, indeks glikemik semangka cenderung rendah, sehingga tidak akan memicu pergerakan naik kadar gula darah secara drastis. Namun, tetap dianjurkan untuk makan dalam porsi yang secukupnya. Selain semangka, pisang juga diperbolehkan asalkan jumlahnya tidak berlebih. 

BACA JUGA: 12+ Manfaat Telur Rebus Bagi Kesehatan Tubuh, Wajib Tau!

8. Mencegah preeklampsia pada ibu hamil 

manfaat buah semangka untuk ibu hamil
pexels

Mengutip liputan Healthline, manfaat buah semangka untuk ibu hamil antara lain mencegah preeklampsia. Kondisi ini terjadi ketika tekanan darah bumil naik dan protein dalam darah berkurang karena terbuang lewat urin. Biasanya bumil yang mendapati kondisi klinis ini harus segera melahirkan karena situasinya berbahaya bagi bayi.

Semangka bisa jadi salah satu cara mencegah preeklampsia karena terbukti bisa menstabilkan tekanan darah serta mengandung lycopene yang melindungi ibu hamil dari komplikasi tersebut. Bukan tanpa alasan jika manfaat buah semangka untuk wanita ada banyak.

9. Melancarkan pencernaan 

Melancarkan pencernaan
pexels

Sedulur yang mengalami sembelit bisa mencoba terapi alami dengan semangka. Manfaat buah semangka merah ternyata sampai pada poin pencernaan. Organ pencernaan sendiri bergantung pada air dan serat yang kita konsumsi tiap harinya. Kedua hal itu dimiliki oleh semangka yang 92 persennya merupakan air.  

10. Meredakan nyeri otot 

Meredakan nyeri otot
pexels

Ini karena kandungan citrulline yang juga kaya dalam sepotong buah semangka. Citrulline merujuk pada jurnal yang diterbitkan Rimando dan Perkins-Veazie pada tahun 2005 memiliki fungsi vasodilatation, yaitu kemampuan untuk melebarkan pembuluh darah dan mengirim oksigen dan nutrisi pada bagian-bagian tubuh yang membutuhkan.

Proses ini akan membuat seseorang merasa rileks dan nyaman. Vasodilatation ini bisa kita capai dengan berolahraga. Proses tersebut berdampak baik untuk bagian-bagian otot yang lelah atau nyeri serta dapat menurunkan tekanan darah yang kelewat tinggi. 

11. Dipercaya bisa membantu meningkatkan stamina bagi pria 

manfaat buah semangka untuk pria
pexels

Citrulline ini pula yang dianggap jadi manfaat buah semangka untuk pria. Situs kesehatan WebMD bahkan sempat membahas efek semangka dalam membantu mencegah ejakulasi dini pada pria dan meningkatkan kemampuan ereksi. Bhimu Patil, ahli yang diwawancari menyatakan bahwa citrulline memang bisa memperlebar pembuluh darah dan membantu seseorang merasa rileks.

Fungsi ini banyak dipakai oleh obat-obat kuat yang ditujukan untuk mengatasi masalah disfungsi ereksi. Namun, ia tidak serta merta membenarkan bahwa mengonsumsi semangka dalam jumlah tertentu bakal menjamin seseorang mencapai tujuan tersebut. Semangka hanya salah satu sumber nutrisi yang bisa dicoba, tetapi bukan satu-satunya faktor keberhasilan untuk sebuah terapi disfungsi ereksi. 

BACA JUGA: 10 Fakta Apel Fuji Untuk Kesehatan, Baik Dikonsumsi Tiap Hari

12. Bisa dikonsumsi setelah olahraga untuk mengembalikan energi 

mengembalikan energi 
pexels

Energi kita butuhkan untuk melakoni aktivitas sehari-hari. Nah, semangka ini bisa jadi salah satu makanan yang cocok dimakan setelah olahraga. Ia bisa mengembalikan hidrasi tubuh yang hilang karena pengeluaran keringat. Serta mampu meredakan nyeri otot. Jadi, boleh nih Sedulur minum jus semangka pasca olahraga.

13. Membantu meredakan gejala kesulitan bernapas 

meredakan gejala kesulitan bernapas 
pexels

Salah satu jurnal Cochrane Database System Review menyebut bahwa vitamin C memiliki efek meredakan gejala kesulitan bernapas. Studi tersebut sebenarnya hendak menemukan korelasi vitamin C dengan asma, tetapi tidak berhasil menemukan dampak langsungnya. Mereka juga menggarisbawahi keterbatasan jumlah responden, sehingga tidak bisa dijadikan patokan yang bisa dipertanggungjawabkan. 

14. Tidak disarankan dimakan saat perut kembung 

perut kembung
pexels

Saat Sedulur merasa perut kembung dan melilit, semangka justru harus dihindari. Memicu pembentukn gas di perut adalah salah satu bahaya buah semangka. Ini karena kandungan fruktosa yang cukup tinggi dalam buah tersebut. Sebagai gantinya, Sedulur bisa mencoba makan pepaya atau dan manfaat buah melon yang sama-sama manis, tetapi tidak memicu pembentukan gas.

Selain itu, tidak ada manfaat semangka pada lambung atau dampak langsungnya. Tetapi lebih baik untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan. 

15. Kalium memiliki fungsi menurunkan risiko penyakit kronis 

manfaat buah semangka untuk penyakit kronis
pexels

Selain itu, kandungan kalium pada semangka juga terbukti bisa menurunkan beberapa risiko penyakit kronis. Dikutip dari National Institutes of Health Amerika Serikat, kalium bisa mengurangi risiko penyakit jantung akibat tekanan darah tinggi, gagal ginjal, dan diabetes tipe 2. Ia juga bisa membantu menjaga kesehatan tulang dengan menambah kepadatan mineralnya. 

Cara mengonsumsi semangka yang benar 

Ada baiknya Sedulur mengonsumsi semangka dalam keadaan utuh ketimbang membeli produk olahan pangan buah semangka seperti jus, minuman kemasan, atau keripik. Produk olahan biasanya sudah dicampuri dengan berbagai bahan tambahan macam gula dan garam. Tentunya ini akan mengurangi khasiat semangka yang sebenarnya.  

Setelah menelisik lebih dalam tentang berbagai fungsi dan kandungan dari mengonsumsi buah ini, kamu akan bahagia mengetahui manfaat buah semangka untuk kesehatan. Tak perlu ragu lagi untuk memasukkannya dalam menu harianmu. Tentu saja dengan porsi yang normal. Maksimal 300 gram per hari saja sudah cukup.

Selain menyantapnya dengan porsi yang disarankan dalam jumlah harian, jangan lupa imbangi dengan nutrisi dari bahan makanan lainnya. Pastikan untuk selalu menyantap makanan dan minuman sehat yang dibuat dari berbagai sembako berkualitas. Selain bagus, kamu juga ingin mendapatkan bahan pangan dengan harga terjangkau, bukan? Maka dari itu, selalu setia pakai Aplikasi Super untuk memenuhi kebutuhan belanjamu.

Harganya dijamin murah dan pilihan barangnya sangat beragam. Rasakan kemudahan pengalaman belanja praktis tanpa perlu keluar rumah. Tinggal download Aplikasi Super di gawai Android-mu, daftar, dan belanja. Kamu bisa checkout dengan pembayaran lewat Virtual Account maupun COD atau Cash on Delivery. Setelah itu, kamu tinggal duduk di rumah dan menunggu pesananmu diantar sampai depan rumah. Pssst, masih ada banyak diskon dan voucher belanja yang bisa Sedulur manfaatkan juga. Nantikan promonya dan belanja segera. Ini hanyalah beberapa alasan yang bikin kamu senang belanja lewat Aplikasi Super setiap saat.