Semarang duathlon x Pirlo

Siapa nih yang hobi mengikuti kompetisi multi-sport? Kamu akan cocok untuk mengikuti kompetisi duathlon. Event olahraga satu ini sudah cukup lama sering diselenggarakan, dan peminatnya pun meningkat dari waktu ke waktu. Duathlon adalah jenis olahraga atletik yang memiliki multicabang atau menggabungkan dua jenis olahraga, yakni lari dan bersepeda. Format lomba yang digunakan biasanya lari – bersepeda – lari.

Salah satu event duathlon yang memiliki banyak peserta adalah Semarang Duathlon. Event yang telah diselenggarakan pada tanggal 3 Desember 2023 kemarin ini menjadi event yang paling ramai diikuti di wilayah Semarang. Jarak yang ditempuh dalam Semarang Duathlon mencapai 26 kilometer. Sehingga tak heran, kamu yang ingin mengikuti event serupa harus memiliki persiapan mental dan fisik yang matang.

Kira-kira persiapan apa saja sih yang harus dilakukan sebelum mengikuti event duathlon? Yuk simak!

BACA JUGA: 10 Jenis Olahraga Orang Kurus untuk Pria Agar Berotot!

-->

1. Lakukan pemanasan sebelum memulai lomba duathlon

duathlon

Hal pertama yang harus dipersiapkan sebelum memulai lomba duathlon adalah pemanasan alias warming up. Pemanasan merupakan langkah untuk menyiapkan otot yang semula kaku dan dingin sebelum melakukan aktivitas fisik sehingga dapat terhindar dari risiko cedera. Hal ini mengingat saat melakukan olahraga duathlon, akan ada banyak otot yang terlibat. Jika tidak disiapkan dengan baik, otot akan mengalami kaget hingga bisa berakibat cedera seperti nyeri otot.

Pemanasan sendiri dapat membantu meregangkan otot-otot tubuh yang kaku. Dengan begitu, otot menjadi lebih siap untuk melakukan aktivitas fisik bahkan yang berat sekalipun. Selain itu, pemanasan juga dapat membantu meningkatkan suhu tubuh sebelum olahraga yang juga berdampak pada elastisitas otot.

2. Istirahat yang cukup sebelum event

duathlon

Tidur yang cukup adakah hal penting yang harus diperhatikan setiap harinya, terlebih ketika akan melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga multicabang. Tidur sendiri merupakan aktivitas yang memiliki pengaruh besar terhadap produktivitas, kestabilan emosi, imun tubuh, hingga kesehatan jantung dan otak. Namun hal-hal tersebut hanya bisa diperoleh secara maksimal apabila kamu memiliki waktu tidur yang cukup. Sebaliknya, kurang tidur bisa memberikan dampak yang kurang baik terhadap kesehatan tubuh.

Demikian juga ketika kamu melakukan persiapan mengikuti event duathlon. Kurang tidur bisa menyebabkan kurangnya energi yang berperan penting untuk dapat berolahraga secara maksimal. Selain mempengaruhi performa saat melakukan olahraga duathlon, kurang tidur juga disebut dapat meningkatkan risiko cedera karena reaksi dari tubuh lebih lambat dan kemampuan untuk menilai sesuatu terganggu karena rasa lelah.

Tak hanya memperhatikan kualitas tidur sebelum berolahraga, tidur yang cukup setelah olahraga juga penting menjadi perhatian. Karena hal ini bisa membantu otot-otot tubuh kembali pulih setelah melakukan aktivitas fisik yang membuat otot tegang.

3. Siapkan pakaian dan sepatu yang sesuai

Semarang duathlon

Hal yang harus dipersiapkan sebelum olahraga berikutnya adalah pakaian. Mengingat duathlon adalah olahraga yang sangat menguras tenaga, pastikan kamu memilih pakaian olahraga yang tepat dan nyaman. Pakaian yang nyaman akan membantu performa kamu tetap stabil.

Pilih pakaian yang memang didesain untuk mendukung aktivitas selama duathlon. Hal ini dikarenakan pakaian tersebut memiliki bahan dan model yang dapat menunjang aktivitas sehingga olahraga menjadi lebih nyaman. Selain itu, perhatikan pula sepatu yang digunakan. Karena melibatkan dua jenis olahraga, sepatu yang digunakan pun berbeda, yakni sepatu khusus sepeda dan lari.

BACA JUGA: 10 Olahraga Peninggi Badan, Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah!

4. Pastikan tubuh terhidrasi dengan baik

Pirlo

Saat melakukan aktivitas fisik seperti workout, tubuh akan berkeringat yang bisa berdampak pada terjadinya dehidrasi. Hal ini dikarenakan tubuh berusaha menurunkan suhu tubuh yang panas akibat berolahraga dengan cara mengeluarkan keringat secara terus menerus. Oleh karenanya penting untuk memastikan tubuh terhidrasi dengan baik sebelum mulai melakukan aktivitas fisik.

Namun perlu diperhatikan juga jenis minuman yang dikonsumsi dan waktu minum sebelum berolahraga. Ada baiknya Sedulur minum air putih sebanyak 250-300 ml sekitar 10 menit sebelum mulai olahraga. Berikutnya Sedulur juga bisa menyiapkan air mineral untuk dikonsumsi di tengah aktivitas. Jangan lupa berikan jeda setelah minum sebelum melanjutkan aktivitas.

Nah, untuk mencukupi kebutuhan air putih harian, ada Pirlo yang siap menemani kamu agar tak dehidrasi. Dalam event Semarang Duathlon, Pirlo menjadi official mineral water yang siap menemani para peserta memenuhi kebutuhan cairan setelah berolahraga berat. Hal ini sebagai salah satu wujud komitmen Pirlo untuk turut berpartisipasi dalam mengembangkan beragam acara kreatif dan juga bermanfaat.

Pirlo merupakan air minum dalam kemasan yang memiliki kualitas dari air mineral murni yang menyegarkan. Sehingga cocok dikonsumsi para peserta Semarang Duathlon yang mengeluarkan banyak keringat setelah berolahraga. Pirlo akan menghilangkan dahaga dan membuat para peserta Semarang Duathlon merasa segar kembali.

5. Cukupi kebutuhan energi dengan makanan bernutrisi

Selain memastikan tubuh terhidrasi dengan mengonsumsi air mineral, kamu juga dianjurkan untuk mencukupi kebutuhan energi sebelum mengikuti event duathlon. Namun penting diperhatikan untuk tidak mengonsumsi makanan berat dan dalam porsi besar. Melainkan cukup konsumsi sarapan seperti roti dan buah ataupun oatmeal sebagai sumber energi. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan energi yang cukup untuk beraktivitas fisik tanpa membuat tubuh merasa begah atau bahkan sakit perut. 

BACA JUGA: Senam Ritmik: Pengertian, Sejarah, Unsur, Manfaat dan Jenisnya

6. Siapkan alat olahraga sesuai kebutuhan

Semarang duathlon

Hal yang paling penting harus dipersiapkan sebelum mengikuti event duathlon adalah alat olahraga, yakni sepeda. Pastikan Sedulur sudah terbiasa dengan sepeda yang digunakan saat mengikuti ajang duathlonagar meminimalisir kendala yang terjadi saat event berlangsung.

7. Siapkan handuk & pakaian untuk ganti setelah olahraga

Semarang duathlon

Hal yang harus dipersiapkan sebelum workout yang terakhir adalah handuk dan pakaian ganti. Mengeringkan tubuh setelah banyak berkeringat bisa menghindarkan dari risiko iritasi kulit dan infeksi jamur. Selain itu, menyiapkan pakaian ganti juga berguna menjaga suasana hati tetap baik karena pakaian yang dikenakan juga nyaman.

Pirlo Air Mineral Penuh Kemurnian, Berikan Seteguk Kesegaran

Semarang Duathlon x Pirlo

Demikian tadi beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum mengikuti ajang duathlon. Event Semarang Duathlon menjadi salah satu event duathlon paling ramai diikuti di Kota Semarang, Jawa Tengah. Event kali ini terasa menantang sekaligus menyenangkan karena peserta harus menempuh rute dengan jarak 26 kilometer mengelilingi Kota Semarang.

Dengan rute berjarak 26km mengelilingi Kota Semarang dengan lari dan bersepeda jadi tantangan sekaligus keseruan tersendiri bagi para peserta. Pirlo sebagai official mineral water dari Semarang Duathlon memberikan semangat penuh dengan memenuhi asupan energi dan kesegaran dari Pirlo.

Untuk informasi lebih lanjut tentang Pirlo, kamu bisa cek selengkapnya di akun Instagram Pirlo. Air minum Pirlo kini sudah tersedia di warung dan toko kelontong terdekat. Selain itu, Pirlo juga tersedia di SuperApp lho. SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako bisa dimana saja dan kapan saja. SuperApp menyediakan berbagai macam kebutuhan pokok dengan harga kompetitif dan pasti gratis ongkir