sawi putih

Sawi putih selama ini kita ketahui sebagai salah satu sayuran yang bisa diolah menjadi beragam masakan lezat. Terutama di Indonesia, terdapat beragam jenis masakan yang terbuat dari sayuran satu ini. Tak hanya di Indonesia, sayuran ini juga jadi bahan utama bagi makanan tradisional Korea, yakni kimchi. Namun tahukah Sedulur, sayuran yang satu ini ternyata mempunyai segudang manfaat besar lho. 

Kandungan gizi dalam sawi putih

Seperti diketahui, kebanyakan sayuran seperti sawi putih adalah sebuah bahan makanan yang rendah kalori dan kaya akan kandungan gizi serta nutrisi. Nah, berbicara mengenai kandungan  gizi dalam sayuran putih berikut adalah ulasan lengkapnnya.

Berbicara mengenai manfaat sawi putih yang mempunyai segudang hal positif, berikut adalah ulasan selengkapnya dari tim Aplikasi Super.

BACA JUGA : 15 Produk Salep Luka Bakar Terbaik yang Aman dan Ampuh

-->

Manfaat sawi putih untuk kesehatan

1. Mengurangi risiko penyakit jantung

Manfaat Sawi Putih yang Sayang untuk Dilewatkan
Grid

Bagi Sedulur yang mengalami masalah penyakit jantung, memang sangat mengganggu sekali dalam menjalankan aktivitas sehari-sehari. Nah, masalah ini sebenarnya bisa diatasi dengan  mengonsumsi sawi putih. Sebab, dalam sawi jenis ini, mengandung mineral seperti kalium yang diketahui memiliki manfaat dalam menurunkan tekanan darah sehingga cukup membantu dalam mencegah penyakit jantung.

Selain itu, adapula kandungan lain yang ada pada sawi putih. Seperti vitamin C, folat serta juga vitamin B2 yang juga dapat membantu dalam menjaga kesehatan jantung. Diketahui, apabila Sedulur mengalami penyakit jantung, maka bisa dikatan sebagai kekurangan asupan kalium.  Manfaat lain dari vitamin B serta folat adalah bisa mencegah penumpukkan homosistein (asam amino alami)

BACA JUGA : 12 Camilan untuk Diet yang Sehat Enak & Mudah Dicari

2. Menjaga tubuh dari inflamasi

Manfaat Sawi Putih yang Sayang untuk Dilewatkan
Halodoc

Kandungan pada sawi putih mempunyai manfaat atau khasiat yang dapat membantu tubuh melawan inflamasi (peradangan) sekaligus juga kerusakan sel.Apalagi, kalau Sedulur memilih sawi putih dengan warna daun yang sedikit agak berwarna gelap karena merupakan sumber flavonoid yang cukup baik untuk tubuh.

Lalu selanjutnya ada pula senyawa kolin pada sawi jenis ini yang dipercaya mempunyai khasiat dalam mempertahankan sel, membantu menyerap lemak, serta bisa mengurangi peradangan kronis.Nah, apabila Sedulur ingin menikmati sayuran ini, caranya cukup mudah. Cukup mengolahnya menjadi tumisan sawi putih.

BACA JUGA : 15 Vitamin Daya Tahan Tubuh Terbaik Agar Tidak Mudah Sakit

3. Menjaga kesehatan dan kekuatan tulang

Manfaat Sawi Putih yang Sayang untuk Dilewatkan
sehatq

Manfaat  selanjutnya adalah menjaga kesehatan dan kekuatan tulang. Selama ini mungkin sebagian dari Sedulur mengetahui jika jenis mineral seperti kalsium saja yang bermanfaat untuk kesehatan tulang. Di dalam sayuran ini, ada beberapa kandungan  penting seperti zat besi, fosfor, zinc, dan vitamin K yang fungsinya untuk memelihara struktur serta kekuatan tulang.

Fungsi lain dari vitamin K juga berfungsi dalam menjaga keseimbangan kalsium dalam tulang. Maka dari itu, vitamin K mempunyai khasiat dalam membantu mengurangi resiko patah tulang.

BACA JUGA : 24+ Makanan Penyebab Asam Urat Tinggi, Perlu Dihindari

4. Membantu menurunkan tekanan darah

Manfaat Sawi Putih yang Sayang untuk Dilewatkan
Suara

Tekanan darah tinggi atau hipertensi bisa mengintai siapa saja. Penyakit ini bahkan bisa memicu munculnya penyakit kronis seperti kanker, stroke hingga penyakit jantung. Salah satu cara menurunkan tekanan darah tinggi adalah, dengan mengonsumsi sawi warna putih.

Ada beberapa jenis mineral yang terkandung di dalam sayuran ini atau bok choy. Jenis mineral tersebut antara lain adalah kalium, kalsium, serta magnesium.Kandungan mineral ini menjadikan sayuran sawi jenis ini mempunyai manfaat dalam menurunkan tekanan darah secara alami.

Selain itu, Sedulur yang mengalami hipertensi juga harus perlu meningkatkan asupan kadar kalium apabila asupan natrium tergolong tinggi. Kalium mempunyai banyak manfaat lainnya, yaitu membantu meredakan ketegangan di dinding pembuluh darah. Jadi, tidak ada salahnya bukan untuk mulai mengonsumsi makanan ini.

BACA JUGA : 15 Jajanan Korea Paling Enak & Populer, Saosnya Bikin Ngiler!

5. Menjaga saluran pencernaan

Manfaat Sawi Putih yang Sayang untuk Dilewatkan
Megainsurance

Manfaat sawi ini selanjutnya adalah, bisa menjaga saluran pencernaan. Masalah penceranaan bisa beragam jenisnya. Ada wasir, sembelit, atau  penyakit diare. Penyakit ini selalu menyerang organ pencernaan kita jika aah menjaga pola makan.

Khusus sembelit, adalah kondisi yang bisa terjadi di tubuh kita akibat dari kekurangan asupan serat serta juga cairan. Maka dari itu, Sedulur bisa memanfaatkan sawi warna putih . Jangan lupakan juga, untuk selalu meningkatkan juga asupan cairan. Karena serat sifatnya menyerap air.

BACA JUGA : 8 Vitamin Penggemuk Badan untuk Dewasa, Aman!

6. Mengatur kadar gula dalam darah

Manfaat Sawi Putih yang Sayang untuk Dilewatkan
Thegorbalsla

Satu lagi manfaat sawi putih untuk kesehatan adalah untuk mengatur kadar gula dalam darah. Bagi Sedulur yang menderita diabetes tidak boleh asal sembarangan dalam mengonsumsi makanan termasuk jenis sayuran dan buah. Nah, untuk mengatasi persoalan tersebut, maka dianjurkan untuk mengonsumsi sawi putih.

Seperti diketahui, Sawi putih atau pak choi ini mempunyai pengaruh yang tergolong rendah terhadap gula darah. Pada 1 cup sawi putih, kandungan glikemiknya adalah 1. Selain itu, vitamin C, zinc, vitamin B1, dan mineral merupakan kandungan lain dalam sawi jenis ini yang juga bermanfaat untuk mengontrol kadar gula dalam darah.

BACA JUGA : Fakta Kucing Munckin Kaki Pendek, Harga & Cara Merawatnya

7. Mencegah anemia

Manfaat Sawi Putih yang Sayang untuk Dilewatkan
Jovee

Anemia atau kekurangan darah adalah gejala yang bisa dialami oleh banyak orang. Maka dari itu, Sedulur perlu memerlukan asupa zat besi yang cukup. Sebab, senyawa tersebut merupakan senyawa penting di dalam hemoglobin. Supaya tercukupi, Sedulur bisa mengolah sayuran ini menjadi sebuah tumisan sawi putih.

Ya, sawi putih memang sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya gejala anemia. Sehingga, kadar hemoglobin dalam tubuh pun bisa tercukupi. Maka dari itu, jika kekurangan zat besi,  maka yang bisa terjadi adalah, oksigen di dalam darah tidak akan sampai ke seluruh bagian dalam tubuh. Perlu Sedulur ketahui, bahwa sel di dalam tubuh pun sangat membutuhkan sebuah zat besi lho.

BACA JUGA : Syarat Hewan Kurban yang Wajib di Ketahui dan Cara Memilihnya

8. Menjaga hidrasi tubuh

Guesehat

Kegunaan sayuran sawi putih selanjutnya adalah untuk menjaga hidrasi tubuh. Perlu diketahui, dalam sayuran sawi warna putih, memiliki kandungan air yang cukup tinggi.  Sehingga bisa menjadi salah satu asupan cairan yang dibutuhkan di dalam  tubuh. Jadi, apabila Sedulur mengalami masalah dehidrasi, maka sebaiknya mengonsumsi sayuran seperti sawi  ini.

BACA JUGA : 8 Cara Menanam Bunga Mawar yang Baik & Benar

9. Menjaga kesehatan mata

Alodokter

Manfaat  sawi selanjutnya adalah,  untuk menjaga kesehatan mata. Sedulur mungkin sudah mengetahui mengenai kandungan beta karoten dan vitamin A pada jenis sayuran ini. Nah, tahukah Sedulur alfa karoten ternyata sama pentingnya dengan beta karoten. Sebab, keduanya adalah senyawa yang berasal dari vitamin A dan sangat penting dalam memelihara kesehatan mata.

Sebenarnya, sumber alfa-karoten terbaik bisa Sedulur dapatkan di buah labu, wortel, ubi, alpukat dan terakhir adalah sawi berwarna putih. Jadi, bagi Sedulur yang mengalami masalah di indra penglihatan, maka tidak ada salahnya untuk mengonsumsi sayuran sawi putih.

10. Menjaga kesehatan ginjal

Herminahospital

Apabila Sedulur mengalami persoalan di organ tubuh khususnya ginjal,  maka tidak ada salahnya mengonsumsi sayuran seperti sawi ini. Seperti diketahui, sebagian besar sayuran mengandung kalium dalam jumlah tinggi. Padahal penderita penyakit ginjal sangat dianjurkan untuk membatasi makanan yang tinggi kalium. Sebab bisa mempengaruhi cairan di dalam tubuh.

Tahukah kamu Sedulur, dalam 100 gram sayuran sawi jenis ini, mengandung setidaknya 95 mg kalium, atau hanya sekitar 2% dari kebutuhan kalium harian. Bisa dikatakan, jumlah ini lebih rendah dari kol, terung, mentimun hingga sayuran bayam.

11. Membantu menurunkan berat badan berlebih

Alodokter

Masalah berat badan berlebih bisa menimbulkan beragam penyakit kronis. Di antaranya adalah, diabetes, hipertensi dan lain sebagainya. Nah, cara mengatasi masalah berat badan memang yang harus dilakukan adalah melakukan olahraga secara rutin dan jangan lupa untuk selalu mengatur pola makan.

Untuk urusan makanan bisa mencoba mengonsumsi sayur sawi putih. Sayuran jenis ini diketahui sangat baik untuk menurunkan berat badan. Sebab, di dalam sayuran  ini, terdapat kandungan air yang cukup tinggi dan juga serat. Sehingga sangat bermanfaat untuk membantu Sedulur merasa kenyang lebih lama.

12. Menguatkan gigi dan tulang

Alodokter

Manfaat sawi putih yang terakhir adalah, bisa menguatkan gigi dan tulang. Ya di dalam sayuran  ini, terkandung unsur vitamin  K dan kalsium. Kedua nutrisi ini memberikan peranan penting untuk menjaga kesehatan gigi dan tulang supaya  kuat.

Kalsium juga membantu meningkatkan fungsi saraf  sementara vitamin K meningkatkan pemecahan lemak dan pembekuan darah. Satu ikat sawi jenis ini mengandung 64% vitamin K dan 16 % kalsium

Tips mengolah sawi putih

Banyak sekali cara mengolah sawi jenis ini, untuk bisa selanjutnya dikonsumsi. Biasanya sayur sawi putih bisa diolah dalam bentuk tumisan, ca, atau lain sebagainya. Nah meski demikian,  tim Aplikasi Super akan memberikan resep sawi putih untuk para Sedulur yuk disimak.

Tumis sawi putih orak-arik

Bahan-bahan

  • 1 buah sawi putih
  • 1 telur orak arik
  • 1 tomat merah
  • 2 cabai merah
  • 3 bawang merah iris
  • 3 bawang putih iris
  • 4 cabai rawit
  • kecap asin
  • lada hitam
  • penyedap rasa
  • saus tiram

Cara memasaknya

  1. Langkah pertama adalah, tumi bawang merah dan bawang putih. Kemudian masukkan irisan cabe dan tomat.
  2. Langkah kedua, masukkan telur kemudian di orak-arik
  3. Langkah ketiga adalah, masukan sawi putih, kemudian aduk rata
  4. Terakhir, tuangkan Beri lada hitam, penyedap rasa, kecap asin dan saus tiram
  5. Tumas sawi putih orak-arik siap dihidangkan.

Demikian ulasan manfaat sawi putih untuk kesehatan tubuh kita ya Sedulur.  Nah, mau mengingatkan lagi nih, jika Sedulur ingin mencari kebutuhan bumbu penyedap dapur bisa banget  langsung menginstal Aplikasi Super.