Sudahkah tahu Sedulur akan manfaat telur rebus bagi kesehatan tubuh? Jangan sampai Sedulur memakan dan menikmatinya, tanpa mengetahui sama sekali manfaatnya. Telur merupakan salah satu makanan yang mengandung banyak protein untuk tubuh. Tentu saja terdapat banyak manfaat dari telur rebus itu sendiri.

Agar Sedulur semakin paham atas setiap kandungan makanan dan dapat memberikan banyak manfaat untuk tubuh, berikut ini akan dijelaskan manfaat telur rebus yang wajib Sedulur ketahui, agar Sedulur bisa senantiasa memilih makanan yang sehat untuk dikonsumsi. Yuk, mari langsung kita simak pembahasannya di bawah ini.

BACA JUGA: 11 Manfaat Olive Oil Extra Virgin Untuk Kulit & Tubuh

1. Baik untuk ibu hamil

1. manfaat telur rebus
freepik

Pertama adalah manfaat telur rebus untuk ibu hamil. Ibu hamil membutuhkan 2 kali nutrisi dalam setiap makanan yang dikonsumsi. Hal tersebut ditujukan untuk ibu hamil itu sendiri dan untuk janinnya. Telur rebus dapat membantu ibu hamil dapat memproduksi molekul syarat pada otak janin. Hal tersebut disebabkan dalam telur rebus terkandung protein dan omega 3 yang bagus untuk perkembangan otak bayi.

-->

2. Baik untuk kesehatan rambut dan kuku

2. kesehatan rambut dan kuku
freepik

Terdapat juga manfaat putih telur rebus untuk kesehatan rambut dan kuku. Telur rebus mengandung belerang yang tinggi dan juga merupakan sumber vitamin D. Hal tersebut baik untuk kesehatan tubuh, selain itu juga terdapat kandungan mineral dan antioksidan dalam makanan yang dapat menumbuhkan rambut dan kuku agar lebih cepat tumbuh. Bagi Sedulur yang ingin mendapatkan kesehatan rambut dan kulu yang baik, Sedulur bisa mulai menggunakan telur sebagai perawatannya.

BACA JUGA: 12 Manfaat Bawang Dayak bisa Jadi Obat Berbagai Penyakit

3. Membuat badan lebih berotot

3. manfaat telur rebus
freepik

Selanjutnya adalah manfaat telur rebus untuk menambah berat badan, lebih tepatnya untuk membuat badan lebih berotot. Bagi Sedulur yang tengah gym dan mengembangkan otot, Sedulur bisa sambil mengkonsumsi telur rebus, karena terlur rebus mengandung banyak protein yang dapat meningkatkan massa otot Sedulur. Sehingga Sedulur saat nge-gym protein dari telur akan membentuk massa otot lebih cepat.

4. Meningkatkan kesuburan

4. meningkatkan kesuburan
freepik

Terdapat juga manfaat telur rebus setengah matang yang dapat meningkatkan kesuburan Sedulur. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan dari telur rebus yang mengandung vitamin B yang dapat mendorong pembentukan hormon seks. Selain itu, terdapat juga kandungan asam folat yang dikenal dengan vitamin B9. Vitamin B9 dapat mendorong sel darah merah dan tabung saraf janin. Oleh karena itu, telur rebus dapat meningkatkan kesuburan.

BACA JUGA: 5 Manfaat Infused Water Untuk Kesehatan dan Cara Membuatnya

5. Dapat menjaga kesehatan tulang

5. manfaat telur rebus
freepik

Telur juga mengandung vitamin D yang dapat meningkatkan penyerapan kalsium serta mengatur kadar kalsium dalam darah. Hal ini menghasilkan manfaat makan telur rebus untuk menjaga kesehatan tulang. Proses membuat kerangkat tulang mendapatkan kalsium yang dibutuhkan. Protein dalam telur juga bisa menjaga kesehatan tulang agar tetap kuat untuk beraktivitas seharian.

6. Untuk kesehatan lambung

6. untuk kesehatan lambung
freepik

Manfaat telur rebus untuk asam lambung ini didapatkan dari kandungan putih telur itu sendiri. Karena dalam telur terdapat protein yang dapat menurunkan asam lambung saat tinggi. Namun kembali lagi, untuk meningkatkan kesehatan lambung, yang berperan adalah putih telurnya. Maka dari itu, Sedulur bisa mengkonsumsi putih telur tanpa kuning telurnya. Hal tersebut untuk kebaikan dan kesehatan lambung Sedulur.

BACA JUGA: 12 Manfaat Sawi Putih Untuk Kesehatan & Tips Mengolahnya

7. Membuat mata lebih sehat

7. manfaat telur rebus
freepik

Sedulur bisa mendapatkan manfaat telur rebus untuk membuat indra penglihatan Sedulur menjadi lebih baik. Hal tersebut disebabkan bahwa telur rebus mengandung lutein yang tinggi. Lutein merupakan zat yang dapat membuat penglihatan menjadi lebih jelas dan lebih tajam. Selain itu, lutein juga merupakan vitamin karotenoid yang dapat membantu mencegah penyakit mata di masa tua, seperti katarak dan degenerasi.

8. Membuat wajah lebih sehat

8. membuat wajah lebih sehat
freepik

Sedulur juga bisa mendapatkan manfaat telur rebus untuk wajah. Selain dapat dikonsumsi sebagai makanan, telur juga dapat Sedulur olah sebagai masker untuk wajah. Karena telur mengandung protein yang sangat tinggi yang dapat menutrisi wajah dan juga tubuh.

Terdapat beberapa manfaat telur bagi kesehatan wajah yang bisa Sedulur dapatkan, mulai dari dapat mengencangkan kulit, dapat mengatasi komedo putih, dapatmenyerap minyak berlebih yang diproduksi wajah, dan dapat membersihkan kotoran yang terdapat pada pori-pori wajah. Bukan hanya beberapa manfaat di atas, terdapat juga banyak manfaat lain yang bisa Sedulur dapatkan untuk kesehatan wajah Sedulur.

BACA JUGA: Ini 10 Manfaat Jus Seledri yang Baik Untuk Konsumsi Tiap Hari

9. Sebagai menu diet

9. manfaat telur rebus
freepik

Terdapat juga manfaat telur rebus untuk diet. Hal tersebut disebabkan karena kalori dalam telur sangat rendah. Dalam satu butir telur rebus, terdapat 77 kalori dan 5 gram lemak. Maka tidak heran jika Sedulur mencari tahu salah satu menu diet, telur rebus merupakan salah satu panganan wajib saat Sedulur diet.

Bukan hanya itu, telur rebus merupakan makanan yang diproses dengan cara direbus, tidak mengandung minyak ataupun lemak yang dapat memberikan kalori ekstra. Jika Sedulur ingin asupan lebih baik lagi, Sedulur bisa menyantap telur rebus dengan sayur kangkung, kentang dan wortel. Diet Sedulur akan lebih sempurna.

10. Menjaga kesehatan otak

10. menjaga kesehatan otak
freepik

Selanjutnya terdapat juga manfaat telur rebus untuk kesehatan otak. Hal tersebut disebabkan telur rebus mengandung kolin. Kolin sendiri merupakan salah satu nutrisi yang masuk dalam vitamin B yang dapat secara efektif menjaga kesehatan otak dan membangun membrane sel serta membantu memproduksi molekul sinyal dalam otak.

Tidak berhenti sampai disitu, kolin juga berperan penting untuk dapat memecahkan asam amino homosistein yang berhubungan langsung dengan perkembangan jantung. Jadi selain dapat menjaga kesehatan otak, Sedulur juga bisa membantu jantung lebih sehat lagi.

BACA JUGA: 10 Manfaat Chia Sheed yang Dapat Menangkal Berbagai Penyakit

11. Mengurangi risiko penyakit jantung

11. manfaat telur rebus
freepik

Sebaimana yang telah disinggung di atas, bahwa manfaat telur rebus dapat memecahkan asam amino homosistein yang berhubungan langsung dengan perkembangan jantung. Selain itu, telur rebus juga mengandung partikel LDL besar yang dapat mengurangi kita untuk terkena penyakit jantung.

Meskipun kolesterol LDL dikenal sebagai kolesterol jahat, namun partikel LDL kecil dapat membuat kita terkena risiko penyakit jantung lebih besar daripada partikel LDL besar. Oleh karena itu aman mengkonsumsi telur rebus untuk kesehatan jantung dengan catatan dengan mengkonsumsi dalam jumlah yang sesuai dengan batas normal.

`12. Menambah energi

12. menambah energi
freepik

Manfaat telur rebus yang terakhir yaitu dapat menambah energi. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan dari telur itu sendiri yang dapat memberikan nutrisi untuk energi yang dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan seperti vitamin A, vitamin B12, hingga kandungan selenium, merupakan kandungan yang dapat memberikan energi dan memperkuat siste kekebalan tubuh agar tetap sehat dan kuat.

Itulah daftar manfaat telur rebus yang bisa Sedulur manfaatkan untuk mendapatkan kesehatan. Jangan lupa untuk membeli telur rebus sebagai persediaan di rumah, Sedulur bisa membeli telur rebus yang berkualitas di Aplikasi Super. Aplikasi Super menjamin setiap sembako yang dijual memiliki kualitas yang baik, jadi Sedulur tidak perlu khawatir lagi. Bagi Sedulur yang belum download Aplikasi Super, Sedulur bisa klik di sini. Jangan lupa gunakan Aplikasi Super mulai dari saat ini, ya!