SYARAT DAN KETENTUAN UMUM
"SUPERAPP"

Syarat dan Ketentuan ini termasuk segala lampiran, perubahan dan tambahan-tambahannya (“Syarat dan Ketentuan Umum”) adalah suatu kesepakatan antara Anda dan Kami (PT Krakatau Karya Abadi atau “Kami”). Jika Anda tidak setuju dengan suatu, sebagian, atau seluruh isi dalam Syarat dan Ketentuan Umum ini, maka Anda disarankan untuk tidak menggunakan atau mengakses Layanan.

Dengan mendaftar dan/atau menggunakan Layanan kami, Anda dianggap telah membaca, mengerti, dan menyetujui seluruh isi dalam Syarat dan Ketentuan Umum serta Kebijakan Privasi. Syarat dan Ketentuan Umum akan dianggap sebagai perjanjian utama yang menjadi referensi untuk mengatur syarat dan ketentuan lainnya termasuk namun tidak terbatas pada Kebijakan Privasi atau ketentuan lainnya yang mungkin kami buat dari waktu ke waktu, dan dengan menyetujui Syarat dan Ketentuan Umum ini, maka Anda menyatakan untuk tunduk terhadap ketentuan turunan dari Syarat dan Ketentuan Umum serta Kebijakan Privasi. Ketidakabsahan dari syarat dan ketentuan lainnya tidak akan menyebabkan Syarat dan Ketentuan Umum ini serta Kebijakan Privasi menjadi tidak sah dan/atau tidak dapat dilaksanakan.

Kami berhak untuk mengubah Syarat dan Ketentuan Umum ini dari waktu ke waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya dengan memposting versi yang telah diperbaharui di situs website kami. Kami menyarankan Anda membaca dengan seksama dan memeriksa halaman Syarat dan Ketentuan Umum ini dari waktu ke waktu. Penggunaan Anda secara berkelanjutan atas Layanan setelah adanya modifikasi, variasi dan/atau perubahan atas Syarat dan Ketentuan Umum ini merupakan persetujuan dan penerimaan Anda atas modifikasi, variasi dan/atau perubahan tersebut.

Definisi

  1. SuperApp adalah aplikasi seluler berbasis android yang dikelola atau dioperasikan oleh PT Krakatau Karya Abadi (“KKA”) kepada penggunanya.
  2. Anda, Pelanggan, atau Pengguna adalah individu yang mendaftarkan dirinya di SuperApp untuk memanfaatkan layanan yang dimiliki dan/atau dioperasikan oleh KKA.
  3. Kami atau Perusahaan adalah KKA, berikut dengan mitra/afiliasinya.
  4. Kebijakan Privasi adalah serangkaian aturan yang menjelaskan bagaimana Kami mengumpulkan, menggunakan, mengolah, menyimpan, dan mengungkapkan informasi pribadi individu yang terkait dengan layanan atau interaksi dengan organisasi tersebut.
  5. Platform adalah situs web https://superapp.id/.
  6. Layanan adalah sebagai rangkaian proses yang disediakan oleh SuperApp kepada Pengguna, yang meliputi tetapi tidak terbatas pada penyediaan fitur jual beli barang sembako, pengolahan transaksi pembayaran, penyimpanan data Pengguna, dan fitur-fitur tambahan yang diberikan untuk meningkatkan pengalaman Pengguna dalam menggunakan SuperApp.
  7. Data Pribadi adalah data tentang orang perseorangan yang teridentifikasi atau dapat diidentifikasi secara tersendiri atau dikombinasi dengan informasi lainnya baik secara langsung maupun tidak langsung melalui sistem elektronik atau nonelektronik.
  8. Pesanan adalah pesanan pembelian barang yang dilakukan oleh Anda kepada Kami untuk melakukan transaksi sesuai dengan barang yang tersedia di SuperApp, dimana barang tersebut dapat diubah dan/atau ditambahkan dari waktu ke waktu waktu.
  9. Program merujuk kepada serangkaian aktivitas khusus yang tersedia dalam Layanan dan diciptakan secara berkala oleh Kami.
  10. Pemberitahuan Elektronik adalah pemberitahuan dengan SMS atau Whatsapp yang dikirimkan kepada Anda pada nomor ponsel yang telah Anda daftarkan.
  11. Super Koin adalah poin yang dapat Anda pakai untuk mendapatkan potongan pembayaran melalui SuperApp.
  12. Voucher adalah kupon digital yang dapat dijadikan alat klaim pengenaan diskon, promosi ataupun hal lainnya yang ditetapkan oleh SuperApp.

Pendaftaran Akun

  1. Anda dapat membuat Akun di SuperApp dengan mendaftar menggunakan informasi berupa nama lengkap, nomor ponsel, kode PIN, dan/atau informasi lain yang mungkin diminta oleh Kami untuk tujuan pembuatan Akun dan proses identifikasi Akun Anda (“Proses Pendaftaran”).
  2. Anda perlu memberikan informasi yang valid, akurat, dan terkini tentang diri Anda saat membuat Akun yang dapat dibuktikan kebenarannya. Pengguna yang telah terverifikasi dapat langsung mengubah informasi profil sedangkan Pengguna yang belum terverifikasi dapat mengubah informasi profil mereka dengan menghubungi Customer Service SuperApp.
  3. Setelah Proses Pendaftaran, sistem Kami akan secara otomatis menghasilkan kode yang bersifat unik dan rahasia (“Kode OTP”) sebagai bentuk verifikasi dan mengirimkan kode tersebut melalui pesan WhatsApp ke nomor ponsel yang Anda berikan. Anda harus melakukan verifikasi dengan memasukkan Kode OTP pada halaman pendaftaran di Aplikasi.
  4. Setelah melakukan verifikasi, sistem Kami akan membuat Akun pribadi (“Akun”) Anda untuk menggunakan Layanan. Anda tidak dapat membuat Akun baru dengan nomor ponsel yang telah terdaftar. Anda disarankan untuk melanjutkan melengkapi informasi Akun Anda dengan melakukan verifikasi data pada halaman Akun dan Data diri yang tersedia di SuperApp termasuk melengkapi alamat pengiriman.

Kami dapat, atas kebijakannya sendiri dan tanpa pemberitahuan kepada Anda:

  1. Menutup, menghapus atau menangguhkan (sementara atau seterusnya) Akun Anda di SuperApp;
  2. Melarang Pengguna untuk menggunakan fitur, dan/atau Layanan tertentu yang tersedia di SuperApp;
  3. Menonaktifkan hadiah yang berbentuk voucher atau Super Koin;
  4. Menghentikan akses dan/atau memblokir akses Anda di masa mendatang ke SuperApp; dan/atau
  5. Mengambil setiap dan semua tindakan yang diperlukan.

Terhadap kegagalan untuk mematuhi ketentuan pendaftaran Akun atau terhadap tindakan yang melanggar (dengan atau tidak didahului oleh keluhan dari Pengguna lain) atas Syarat dan Ketentuan Umum, dan/atau hukum yang berlaku, termasuk jika transaksi yang melibatkan Pengguna dengan keyakinan Kami yang wajar bahwa merupakan atau diduga penipuan, penyalahgunaan dan/atau tindak pelanggaran hukum lainnya.

  1. Akun Pengguna

    Akun Anda hanya dapat digunakan oleh Anda dan tidak dapat dialihkan kepada orang lain dengan alasan apapun. Kami berhak menolak untuk memfasilitasi pesanan jika Kami memiliki alasan yang cukup untuk mencurigai bahwa Anda telah mentransfer atau mengizinkan Akun Anda untuk digunakan oleh orang lain.

    Keamanan dan kerahasiaan Akun Pengguna, termasuk nama, nomor ponsel terdaftar, rincian pembayaran dan metode pembayaran yang Anda pilih, serta Kode OTP yang dibuat dan dikirim oleh kami sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi Anda. Segala kerugian dan risiko yang timbul dari kelalaian Pengguna dalam menjaga keamanan dan kerahasiaan tersebut hanya akan ditanggung oleh Anda. Dalam hal tersebut, kami menganggap setiap penggunaan atau pesanan yang dilakukan melalui Akun Anda adalah permintaan sah dari Anda.

    Apabila Anda mengetahui atau mencurigai bahwa Akun Anda telah digunakan tanpa sepengetahuan dan persetujuan Anda, Anda harus segera memberitahukan Kami. Kami akan mengambil tindakan yang dianggap perlu dan mungkin dilakukan terhadap penggunaan tanpa persetujuan tersebut.

    • Jangka Waktu

      Akun Anda akan berlaku selama Akun tersebut tidak ditutup secara permanen, baik karena permintaan Anda sendiri dan secara sukarela maupun oleh Kami.

    • Sebab Penutupan Akun Pengguna

      Akun SuperApp Anda dapat ditutup karena alasan berikut:

      1. adanya permintaan oleh Anda;
      2. kegagalan dalam memenuhi ketentuan pendaftaran Akun dan telah mendapat peringatan untuk memperbaiki kegagalan tersebut;
      3. terdapat dugaan penipuan atau aktivitas mencurigakan lainnya;
      4. berdasarkan kebijakan kami yang didasarkan pada hukum dan peraturan yang berlaku; atau
      5. alasan lain sehubungan dengan pemblokiran Akun.
    • Verifikasi Akun Pengguna

      Anda memiliki kesempatan untuk dapat melakukan verifikasi Akun Anda agar memperoleh seluruh manfaat atau akses pada Layanan yang tersedia di SuperApp. Untuk dapat verifikasi Akun, Anda diminta untuk memberikan dan melengkapi informasi tambahan berupa data demografi atau data biometrik dalam bentuk Kartu Tanda Penduduk (“KTP”) dan swafoto diri Anda (“Data Diri”). Selanjutnya kami akan melakukan proses identifikasi Akun terhadap data pribadi yang Anda berikan.

      Sehubungan dengan verifikasi identitas untuk tujuan memastikan keabsahan dan keakuratan Data Pribadi Anda berupa data demografi dan/atau biometrik akan diperiksa kesesuaiannya oleh PT Indonesia Digital Identity (VIDA) sebagai mitra kami dengan data yang tercatat pada sistem instansi pemerintahan yang berhak mengeluarkan identitas tersebut. Apabila Data Diri Anda terverifikasi kesesuaiannya, maka VIDA sebagai Penyelenggara Sertifikasi Elektronik tersertifikasi oleh Kementerian Telekomunikasi dan Informasi, akan menerbitkan sertifikat elektronik sebagai bukti bahwa data pribadi Anda telah diverifikasi dan sesuai dengan data yang tercatat pada sistem instansi yang berhak mengeluarkan identitas tersebut.

      Oleh karenanya, Anda menjamin keakuratan data pribadi yang Anda sediakan dan setuju atas pemrosesan data pribadi Anda tersebut untuk tujuan penerbitan sertifikat elektronik serta layanan lain yang melekat pada sertifikat elektronik yang dilakukan oleh VIDA.

      Anda telah membaca, memahami, dan setuju untuk terikat pada syarat dan ketentuan layanan Penyelenggara Sertifikat Elektronik yang terdapat pada Perjanjian Kepemilikan Sertifikat Elektronik (Subscriber Agreement), Kebijakan Privasi PSrE (CA Privacy Policy), serta Pernyataan Penyelenggaraan Sertifikasi Elektronik (Certification Practice Statement) VIDA yang dapat diakses melalui https://repo.vida.id.

    • Notifikasi Pengguna

      Semua pemberitahuan terkait dengan proses pendaftaran dan verifikasi data pada layanan Kami akan dikirim ke nomor ponsel yang telah diberikan oleh Anda untuk tujuan tersebut.

      Saat Anda menggunakan aplikasi Kami, Kami akan mencatat informasi pribadi Anda seperti nama, dan nomor ponsel Anda. Kami menggunakan nomor ponsel Anda untuk mengirimkan notifikasi/pemberitahuan untuk memenuhi persetujuan tertulis dan persyaratan persetujuan berdasarkan perjanjian kepada Anda. Jika Anda melanjutkan untuk melakukan verifikasi Data Diri, maka Kami juga akan mencatat informasi Pribadi Anda seperti Foto KTP dan Swafoto. Kami menjamin bahwa informasi ini tidak akan dipublikasikan atau dijual kepada pihak ketiga mana pun. Anda setuju untuk menerima pemberitahuan melalui pesan teks dari kami untuk mendaftar ke Layanan kami dan Anda setuju untuk memastikan nomor ponsel Anda dapat menerima layanan pesan singkat.

Data Pribadi

Pengumpulan, penyimpanan, pemrosesan, penggunaan, dan pembagian Data Pribadi Pengguna seperti nama lengkap, nomor ponsel, alamat dan KTP (jika ada) yang Anda berikan tunduk pada Kebijakan Privasi, yang merupakan kesatuan dari Syarat dan Ketentuan ini.

Anda menyatakan dan menjamin kepada Kami bahwa informasi berikut beserta dokumen identitas yang anda berikan kepada Kami adalah benar, akurat dan terbaru. Kegagalan akibat kebenaran data tersebut sepenuhnya merupakan tanggung jawab Anda.

Penutupan Akun

Anda dapat menutup Akun anda sewaktu-waktu. Kami akan melakukan proses verifikasi data terkait Akun Anda sebelum penutupan Akun. Apabila Anda menutup Akun pengguna Anda, maka secara otomatis Kami akan menghapus keseluruhan Data Pribadi dan atau Data Diri yang telah Anda berikan kepada Kami.

Jaminan dan Batasan Tanggung Jawab

  1. Anda dengan ini menjamin akan mematuhi semua peraturan yang berlaku di Indonesia dan/atau kebijakan pemerintah terkait, termasuk namun tidak terbatas pada peraturan/kebijakan pemerintah yang berlaku terkait dengan perdagangan.
  2. Kami selalu berusaha dengan usaha terbaik untuk menjaga SuperApp tetap aman, dan berfungsi dengan baik, tetapi kami tidak dapat menjamin pengoperasian atau akses yang berkelanjutan ke Layanan kami akan selalu sempurna. Informasi dan data pada SuperApp mungkin tidak terjadi secara real time.
  3. Kami tidak bertanggung jawab atas segala penggunaan Program yang tidak sesuai dengan Syarat dan Ketentuan ini ataupun yang akan diatur lebih lanjut.
  4. Anda bertanggung jawab sepenuhnya atas segala risiko yang timbul sehubungan dengan kelalaian Anda dalam menjaga kerahasiaan Akun Anda. Anda dengan ini menyatakan dan menjamin untuk bertanggungjawab sepenuhnya terhadap segala penggunaan Layanan, termasuk tapi tidak terbatas pada setiap risiko dan/atau kerugian yang muncul apabila terjadi penyalahgunaan oleh Pengguna dan/atau pihak ketiga yang didasarkan oleh alasan dan/atau sebab apapun sebagai akibat langsung maupun tidak langsung dari penggunaan Layanan.
  5. Anda akan membebaskan Kami dari segala tuntutan, jika SuperApp tidak dapat melaksanakan instruksi dari Anda, baik sebagian maupun sepenuhnya yang disebabkan oleh kejadian atau sebab yang berada di luar kendali atau kemampuan Kami, meliputi tetapi tidak terbatas pada bencana alam, peperangan, kerusuhan, kondisi perangkat keras, kegagalan sistem infrastruktur elektronik atau transmisi, gangguan daya, gangguan telekomunikasi, dan kegagalan sistem transfer ditetapkan oleh lembaga berwenang lainnya.

Ganti Rugi

Anda akan membebaskan Kami dari tuntutan ganti rugi dan melindungi Kami (termasuk direksi, karyawan dan afiliasinya) dari segala tuntutan atau tuntutan, termasuk biaya hukum yang wajar, sehubungan dengan pelanggaran Anda atas Syarat dan Ketentuan Umum ini atau ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku, baik yang direferensikan atau yang tidak direferensikan dalam Syarat dan Ketentuan Umum ini, termasuk namun tidak terbatas pada:

  1. Pelanggaran Anda atas hak pihak ketiga lainnya sehubungan dengan Layanan;
  2. Setiap penggunaan atau penyalahgunaan Layanan oleh Anda atau pihak lain menggunakan Akun Anda;
  3. Setiap kesalahan yang dilakukan oleh pihak selain Kami, baik yang disengaja maupun berupa kelalaian; atau
  4. Pemblokiran Akun Anda berdasarkan hal-hal yang diatur dalam Syarat dan Ketentuan ini.

Tanggung Jawab Pengguna

  1. Untuk mencegah penyalahgunaan Data Diri atau Akun, Anda wajib mengingat dan menjaga kerahasiaan informasi datanya termasuk namun tidak terbatas pada nomor ponsel yang terdaftar pada Akun, password atau PIN dan/atau Kode OTP, data lain yang diberikan oleh Anda atau yang diterima Anda mengenai Pesanan atau untuk setiap aktivitas dengan tidak mengungkapkannya kepada pihak manapun. Anda bertanggung jawab penuh atas segala akibat dan risiko yang timbul sehubungan dengan kelalaian Anda dalam menjaga kerahasiaan informasi Data Diri.
  2. Anda harus melindungi informasinya yang disebutkan di atas, dari kejadian termasuk kehilangan, kerusakan, penyalahgunaan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab atau pemalsuan. Anda dengan ini mengakui dan setuju untuk membebaskan Kami dari segala kewajiban dan ganti rugi dalam bentuk apapun kepada Anda atau pihak manapun atas hal-hal yang terjadi di luar kesalahan dan/atau kelalaian SuperApp termasuk namun tidak terbatas pada kejadian-kejadian berikut:
    • Kehilangan atau kerusakan Perangkat telekomunikasi atau nomor ponsel;
    • Akses tidak sah ke informasi pribadi Anda yang terjadi di luar lingkup tanggung jawab Kami atau dalam aplikasi pihak ketiga; dan
    • Segala kerugian yang ditimbulkan oleh Anda yang terindikasi melakukan pelanggaran hukum dan/atau adanya penyalahgunaan dalam bentuk tindakan apapun oleh pihak lain yang tidak berwenang.
  3. Dalam hal terjadi kehilangan Handphone baik karena pencurian, kehilangan atau sebab apapun, Anda harus segera menghubungi Kami untuk memblokir Akun yang bersangkutan. Anda dengan ini melepaskan dan membebaskan kami dari segala resiko dan akibat yang timbul dan diderita oleh Anda sehubungan dengan hilangnya Nomor Handphone atau Nomor Handphone pengganti atau kelalaian Pengguna yang terkait dengannya.
  4. Kami, atas kebijakannya sendiri, berhak menolak permintaan pendaftaran Anda untuk menggunakan SuperApp tanpa memberikan alasan.
  5. Apabila Transaksi telah selesai, Pengguna dengan ini mengetahui dan menyetujui bahwa transaksi TIDAK DAPAT dibatalkan dengan alasan apapun dan Transaksi akan tetap diproses sesuai dengan informasi dan data yang telah didaftarkan dan dimasukkan oleh Pengguna.

Keadaan Kahar

Kelalaian untuk melaksanakan atau menunda pelaksanaan sebagian atau seluruh kewajiban berdasarkan Syarat dan Ketentuan Umum ini oleh Kami tidak akan dianggap sebagai pelanggaran Syarat dan Ketentuan Umum jika disebabkan oleh suatu peristiwa yang berada di luar kendali SuperApp (“Keadaan Kahar”) termasuk namun tidak terbatas pada bencana alam, kebakaran, pemogokan buruh, perang, huru hara, pemberontakan atau tindakan militer lainnya, tindakan pihak/instansi yang berwenang yang mempengaruhi kelangsungan penyelenggaraan jasa telekomunikasi, tindakan pihak ketiga yang menyebabkan SuperApp tidak dapat menyediakan layanan telekomunikasi, keputusan dari otoritas yang berwenang atau perubahan keputusan dari pemerintah yang mempengaruhi penyelenggaraan layanan SuperApp termasuk perubahan penerapan tarif kepada Pengguna, dan wabah, epidemi, dan/atau pandemi penyakit. Pengguna setuju untuk membebaskan Kami dari segala tuntutan jika Kami tidak dapat memenuhi permintaan Pengguna melalui Akun SuperApp baik sebagian maupun seluruhnya karena Keadaan Kahar.

Persetujuan

Penggunaan Akun dan/atau layanan SuperApp oleh Pengguna menandakan persetujuan Pengguna untuk mematuhi (i) Syarat dan Ketentuan Umum ini; (ii) syarat dan ketentuan khusus yang berlaku untuk setiap fitur Layanan ataupun Program yang tersedia di SuperApp; (iii) Kebijakan Privasi; dan (iv) hukum dan peraturan yang berlaku.

Penghentian dan Pembaharuan Program

  1. Kami dapat menangguhkan atau menghentikan Program atau kesempatan pengguna untuk berpartisipasi kapan saja dengan alasan apa pun.
  2. Kami berhak untuk menangguhkan Akun atau menghapus Hadiah atau voucher (atas kebijakannya sendiri dan mutlak) jika kami melihat aktivitas apa pun yang kami yakini sebagai penyalahgunaan, penipuan, atau pelanggaran Syarat dan Ketentuan Umum dan Kebijakan Privasi SuperApp.
  3. Kami berhak untuk meninjau dan menyelidiki semua kegiatan referral dan untuk menangguhkan Akun atau mengubah referral atas kebijakan kami sendiri yang dianggap adil dan sesuai. Ketika pelanggaran Syarat dan Ketentuan Umum ini telah terjadi, SuperApp dapat mengambil tindakan yang kami anggap tepat, termasuk (namun tidak terbatas pada) penghentian Perjanjian ini, menutup Akun Anda, menutup Akun pihak ketiga, dan menangguhkan Program.
  4. SuperApp berhak untuk mengubah Program kapan saja.

Penutup

Pengguna memahami dan menyetujui bahwa Syarat dan Ketentuan Umum ini adalah perjanjian elektronik dan tindakan Pengguna menekan tombol Daftar/Aktifkan atau tombol masuk atau mencentang kotak persetujuan saat mengakses SuperApp merupakan persetujuan Pengguna untuk mengadakan perjanjian dengan Kami sehingga bahwa pemberlakuan Syarat dan Ketentuan ini adalah sah dan mengikat secara hukum dan terus berlaku selama penggunaan SuperApp.

Tanggal Efektif : 30 September 2024
Versi Terakhir : V3