SYARAT DAN KETENTUAN PENGGUNA APLIKASI

Syarat & ketentuan yang ditetapkan di bawah ini mengatur pemakaian Aplikasi Super yang ditawarkan oleh PT Krakatau Karya Abadi. Pengguna disarankan membaca dengan seksama karena dapat berdampak kepada hak dan kewajiban Pengguna di bawah hukum.

Dengan mendaftar dan atau menggunakan Aplikasi Super, maka pengguna dianggap telah membaca, mengerti, memahami dan menyetujui semua isi dalam Syarat & ketentuan.

Syarat & ketentuan ini merupakan bentuk kesepakatan yang dituangkan dalam sebuah perjanjian yang sah antara Pengguna dengan PT. Krakatau Karya Abadi. Jika pengguna tidak menyetujui salah satu, sebagian, atau seluruh isi Syarat & ketentuan, maka pengguna tidak diperkenankan menggunakan layanan Aplikasi Super.

BAB 1. Definisi

Di bawah ini adalah penjabaran istilah dan ungkapan yang mungkin tertera di dalam Syarat dan Ketentuan ini:

  1. “Akun” mengacu pada Akun yang dibuat oleh Pengguna segera setelah Pengguna menyelesaikan proses pendaftaran di Aplikasi Super, yang berisi informasi mengenai nomor telepon, dan alamat Pengguna.
  2. “Super”, “Kami”, “Milik Kami”, atau “Kita” mengacu pada PT Krakatau Karya Abadi, sebuah perusahaan teknologi yang beralamat di Jl. Raya Kendangsari no 63, 60292, Surabaya, Indonesia.
  3. “Super Agen”, “Pengguna”, “Anda”, atau “Milik Anda” mengacu pada pihak yang menggunakan layanan Aplikasi Super.
  4. “Partner” berarti setiap partner kerja sama yang dicantumkan di halaman- halaman situs yang tersedia di https://www.superapp.id yang menerima pembayaran dengan SuperKas untuk penjualan produk dan layanan mereka dan yang memiliki kontrak resmi dengan kami. Daftar Partner yang tersedia di https://www.superapp.id mungkin direvisi oleh Kami dari waktu ke waktu tanpa memberitahu Anda terlebih dahulu.
  5. “Kerjasama Kemitraan” berarti kerjasama antara Aplikasi Super dengan Super Agen yang diatur dalam syarat & ketentuan ini.
  6. “Konsumen” berarti pembeli Produk melalui Super Agen.
  7. “Produk” berarti setiap produk yang dijual melalui Aplikasi Super.
  8. “Layanan” berarti setiap layanan yang ditawarkan oleh Aplikasi Super kepada Super Agen, yang mana penggunaannya diatur oleh Syarat & Ketentuan Pengguna ini.

BAB 2. Perihal Pembuatan Akun

  1. Anda dapat membuat dan menggunakan Aplikasi Super atau mendaftar sebagai Super Agen jika Anda telah berusia 17 tahun, memiliki KTP Indonesia, dan tinggal di Indonesia. Anda hanya dapat menggunakan Layanan Kami jika Anda memenuhi persyaratan ini. Apabila Anda tidak memenuhi persyaratan tersebut, Anda dimohon untuk membatalkan upaya apa pun untuk membuat dan menggunakan Akun Aplikasi Super.
  2. Kami berhak untuk segera membekukan Akun Anda jika kami memiliki alasan untuk mempercayai bahwa Akun Anda telah digunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.
  3. Registrasi dan kepemilikan Akun Aplikasi Super tidak dikenakan biaya apapun.
  4. Kami berhak untuk mulai mengenakan biaya kepada para Pengguna di masa yang akan datang. Syarat dan Ketentuan terkait pengenaan biaya terhadap Layanan Kami di masa mendatang akan dicantumkan pada perubahan dari Syarat & Ketentuan Pengguna ini.
  5. Setelah Akun Aplikasi Super Anda aktif, Anda setuju untuk menerima komunikasi dari Kami melalui Nomor Handphone Terdaftar Anda mengenai Layanan Kami.
  6. Apabila Anda ingin mengirimkan pemberitahuan, komplain, pertanyaan, dan informasi ain kepada kami, silahkan hubungi kami di: Telepon : 081331088037 atau E-mail ke hello@superapp.id

BAB 3. Perihal Keamanan Akun

  1. Untuk mendaftar sebagai Super Agen, Anda harus memberikan “Data Registrasi” kepada Kami, seperti:
    1. Nama Anda sesuai KTP
    2. Satu Nomor handphone yang valid dan fungsional
    3. Foto KTP
    4. Satu Alamat dan lokasi di map
    5. Informasi tambahan yang diperlukan untuk memenuhi regulasi yang berlaku dan mendukung pelaksanaan Layanan Kami.
  2. Data Registrasi dan informasi tambahan lainnya yang Anda berikan kepada Kami harus disampaikan dengan sebenar-benarnya. Kesalahan dalam pemberian Data Registrasi akan sepenuhnya menjadi tanggung jawab Anda sendiri.
  3. Anda dilarang membagikan Data Registrasi Anda kepada pihak ketiga mana pun. Anda bertanggung jawab sepenuhnya untuk menjaga kerahasiaan Data Registrasi Anda dan bertanggung jawab atas setiap aktivitas dan transaksi yang terjadi melalui Akun Aplikasi Super milik Anda, baik yang dilakukan oleh Anda atau pihak ketiga mana pun.
  4. Kami tidak pernah meminta password/pin/kode OTP Anda untuk alasan apapun, baik melalui sms, telepon, atau media lainnya. Anda diwajibkan untuk menjaga kerahasiaan password/pin/kode OTP Anda dari pihak manapun, termasuk dari semua staff kami (PT Krakatau Karya Abadi) sekalipun. Jika password/pin/kode OTP Anda diketahui oleh pihak lain dan karenanya terjadi penyalahgunaan akun Anda, hal tersebut bukan menjadi tanggung jawab Super (PT Krakatau Karya Abadi).
  5. Apabila Anda membutuhkan bantuan terkait keamanan dan perlindungan Akun Anda, Kami menghimbau Anda untuk:
    1. Segera hubungi kami di CS kami mengenai apa pun yang berkaitan dengan penggunaan secara ilegal atau tanpa izin atas Akun Anda
    2. Mengubah PIN secara berkala
  6. Jika Anda lupa PIN, Anda dapat menekan tombol ‘Lupa PIN’. Setelah menekan tombol ‘Lupa PIN’, Anda akan diminta memasukkan kode OTP yang akan dikirimkan melalui sms ke nomor handphone Anda yang terdaftar di Super. Anda wajib menjaga kerahasiaan kode OTP ini dari pihak manapun, termasuk dari semua staff Super (PT Krakatau Karya Abadi) sekalipun, hingga kode OTP ini selesai dipakai. Jika kode OTP Anda diketahui oleh pihak lain dan karenanya terjadi penyalahgunaan akun Anda, hal tersebut bukan menjadi tanggung jawab Super (PT Krakatau Karya Abadi).
  7. Jika Anda tidak dapat mengakses Akun Anda karena alasan lain seperti kehilangan ponsel dan hal lainnya, mohon segera hubungi CS Kami dan buat permintaan untuk membekukan Akun Anda. Kami tidak akan bertanggung jawab atas transaksi tanpa izin/ilegal apa pun yang dilakukan dengan menggunakan Akun Anda sebelum Anda membuat permintaan untuk membekukan Akun Anda.

BAB 4. Hubungan Aplikasi Super dan Super Agen

  1. Aplikasi Super menunjuk dan mengizinkan pengguna terverifikasi yakni Super Agen untuk menjadi penjual Produk, dan sebaliknya Super Agen dengan ini menerima penunjukan tersebut.
  2. Super Agen dapat menawarkan dan atau memasarkan produk di dalam Aplikasi Super.
  3. Aplikasi Super dan Super Agen setuju bahwa hubungan kemitraan yang terjalin adalah hubungan kemitraan tanpa kontrak, dan bukan merupakan hubungan kerja sebagaimana dimaksud dalam peraturan perundang-undangan di bidang ketenagakerjaan yang berlaku melainkan suatu bentuk persetujuan biasa sebagaimana dimaksudkan dalam Kitab Undang-Undang Hukum Perdata Indonesia.

BAB 5. Perihal Masa Berlaku Syarat & Ketentuan

Perjanjian ini berlaku seterusnya selama Super Agen masih menggunakan Aplikasi Super dan menjual Produk di dalam aplikasi Super, kecuali diakhiri lebih awal oleh Aplikasi Super.

BAB 6. Perihal Hak & Kewajiban Super Agen

  1. Super Agen berhak untuk:
    1. Mendapatkan pelatihan tentang penggunaan Aplikasi Super dan fitur-fiturnya.
    2. Mendapatkan informasi terkini tentang Produk berikut perubahannya dari waktu ke waktu.
    3. Mendapatkan keuntungan dengan cara menaikkan harga jual dari penjualan Produk Super.
    4. Mendapatkan riwayat transaksi.
  2. Super Agen berkewajiban untuk:
    1. Mematuhi seluruh ketentuan dalam Syarat & Ketentuan.
    2. Memasarkan dan menjual Produk di dalam Aplikasi Super kepada Konsumen.
    3. Dalam memasarkan Produk, Super Agen harus bertindak dengan itikad baik, jujur, dan berintegritas, memberikan informasi yang benar mengenai Produk kepada Konsumen.
    4. Bertanggung jawab secara pribadi atas segala biaya pengeluaran Super Agen dalam menjalankan kegiatan kemitraan menurut Syarat & Ketentuan ini.

BAB 7. Perihal Hak & Kewajiban Aplikasi Super

  1. Aplikasi Super berhak untuk:
    1. Mengubah syarat & ketentuan dari waktu ke waktu.
    2. Mengubah harga Produk yang ditampilkan dalam Aplikasi, termasuk mengadakan program promosi atas Produk.
    3. Melihat, mencatat, mengunduh, dan menggunakan data transaksi dari Super Agen untuk keperluan bisnis perusahaan.
    4. Melakukan pembinaan, pengendalian, pengawasan, dan evaluasi terhadap kinerja Super Agen.
  2. Aplikasi Super berkewajiban untuk:
    1. Mematuhi seluruh syarat & ketentuan ini.
    2. Memberikan pengarahan, pelatihan kepada Super Agen untuk dapat menjalankan pekerjaannya.
    3. Membantu Super Agen ketika terjadi permasalahan teknis pada penggunaan Aplikasi ataupun retur atas barang rusak.

BAB 8. Perihal Layanan Kami

  1. Jam operasional kami untuk melakukan pemesanan adalah setiap waktu.
  2. Jadwal kirim layanan kami bergantung pada waktu pemesanan:
    • Pemesanan Senin-Jumat pk 00.00 - 15.00 WIB dikirim H+1 hari aktif
    • Pemesanan Senin-Jumat pk 15.01 - 23.59 WIB dikirim H+2 hari aktif
    • Pemesanan Sabtu pk 00.00-12.00 WIB dikirim H+1 hari aktif
    • Pemesanan Sabtu pk 12.01-23.59 WIB dikirim H+2 hari aktif
    • Hari Minggu dan hari libur nasional tidak dihitung sebagai hari aktif
  3. Jam operasional kami terkait dengan pengiriman barang adalah sebagai berikut:
    • Senin - Jumat pk 05.00 - 18.00 WIB
    • Sabtu pk 05.00 - 18.00 WIB
  4. Jam operasional kami terkait Customer Service adalah sebagai berikut:
    • Senin - Sabtu pk 07.00 - 17.00 WIB
  5. Kami mungkin tidak dapat bertanggung jawab untuk menjamin keberhasilan atau kecepatan layanan apabila terjadi hal “Force Majeure” terjadi.

BAB 9. Perihal Pembayaran atas Layanan Kami

  1. Saat ini metode pembayaran pesanan dapat dilakukan melalui dua cara, yaitu: Transfer Bank dan COD (Cash on Delivery).
  2. Pembayaran transfer dapat dilakukan ke bank BCA nomor rekening 088 6433 446 an Krakatau Karya Abadi PT, KCU Darmo, Surabaya.
  3. Pembayaran COD dapat diberikan kepada kurir kami sesaat setelah kurir kami menurunkan barang pesanan Anda.
  4. Untuk semua pembayaran diwajibkan menggunakan mata uang Rupiah. Kami tidak menerima pembayaran dengan mata uang lain selain Rupiah.
  5. Pembayaran dalam bentuk transfer harus disertai bukti transfer yang sebenarnya dalam bentuk cetakan ataupun foto. Kami tidak bertanggung jawab atas segala akibat yang terjadi jika Anda memberikan detail/informasi pembayaran yang salah atau tidak benar.
  6. Anda mewakili dan menjamin bahwa Anda sah dan secara utuh berhak untuk menggunakan rekening bank maupun sejumlah uang tunai yang Anda coba gunakan untuk melakukan pembayaran atas produk dan layanan Aplikasi Super.

BAB 10. Perihal Pembatalan Transaksi

Kami sangat menyarankan Anda untuk selalu mengecek detail barang yang dipesan, jumlah, dan nominal transaksi sebelum melakukan pembayaran. Dengan demikian, tidak akan ada kesalahan transaksi sehingga Anda tidak perlu membatalkan transaksi yang telah dilakukan. Perlu dicatat bahwa transaksi hanya dapat dibatalkan apabila transaksi tersebut belum diproses. Pesanan yang sudah dalam proses pengiriman ke lokasi Anda wajib Anda bayar dan selesaikan.

BAB 11. Perihal Pajak

Aplikasi Super dan Super Agen wajib mengurus dan membayar pajaknya sendiri berkaitan dengan pelaksanaan kemitraan ini, sesuai dengan pendapatan yang diperoleh masing-masing pihak menurut peraturan perpajakan yang berlaku.

BAB 12. Perihal Batasan Tanggung Jawab

Hubungan kemitraan antara Aplikasi Super dan Super Agen bukan merupakan hubungan kerja kontrak dan sifatnya tidak mengikat, oleh karena itu:

  1. Aplikasi Super tidak bertanggung jawab atas hutang atau kerugian dari pihak ketiga yang mungkin timbul atas kelalaian Super Agen. Sebaliknya Super Agen setuju untuk tidak melibatkan Aplikasi Super atas kesalahan yang diperbuat oleh Super Agen.
  2. Aplikasi Super tidak wajib memberikan santunan, pesangon, atau tunjangan apapun kepada Super Agen.

BAB 13. Perihal Informasi Rahasia

  1. Aplikasi Super dan Super Agen setuju untuk terus saling menjaga kerahasiaan data dan informasi dalam bentuk dan penyimpanan apapun termasuk namun tidak terbatas pada data pribadi, rahasia dagang, strategi penjualan, dan sejenisnya), dan untuk tidak menggunakan segala Informasi Rahasia tersebut untuk tujuan lain di luar konteks Kerjasama Kemitraan yang diatur dalam syarat & ketentuan ini.
  2. Tanpa mengabaikan ketentuan di atas, apabila Aplikasi Super atau Super Agen membuka Informasi Rahasia karena diwajibkan oleh hukum, maka hal tersebut bukanlah merupakan pelanggaran dari syarat & ketentuan ini.

BAB 14. Perihal Tautan

  1. “Situs Resmi” Kami tersedia di https://www.superapp.id. Anda akan melihat bahwa URL untuk setiap halaman dari Situs Resmi Kami diawali dengan ” https:// “. Dengan kata lain, setiap halaman dari Situs Resmi Kami merupakan hypertext transfer protocol secure (“Berbasis HTTPS”) atau “Identitas Terverifikasi”.
  2. HTTPS dari seluruh Situs Resmi Kami telah diaktifkan untuk mengamankan Anda dari situs-situs tiruan. Pastikan halaman situs yang Anda buka berbasis HTTPS sebelum memberikan informasi apa pun. Kami tidak akan bertanggung jawab untuk akibat apapun yang terjadi jika Anda memberikan informasi di situs pihak ketiga.
  3. Kami tidak menjamin keamanan, fungsionalitas atau aksesibilitas dari situs pihak ketiga, termasuk kasus-kasus di mana tautan ke situs pihak ketiga tersedia di Situs Resmi Kami.

BAB 15. Perihal Penutupan Akun

  1. Anda dapat meminta pemberhentian Akun (blokir) di setiap waktu dengan mengirimkan permintaan melalui CS kami. Kami akan mengupayakan yang terbaik untuk menjawab permintaan pemberhentian Akun Anda secepat mungkin.
  2. Anda akan tetap bertanggung jawab atas semua transaksi yang terjadi sebelum pemberhentian Akun Anda.
  3. Kami berhak untuk mengubah, memberhentikan atau menutup Akun Anda jika terjadi perubahan regulasi dan hukum-hukum yang berlaku di Indonesia.

BAB 16. Hal-Hal Peringatan

  1. Kami tidak terlibat dalam transaksi antara Anda dengan pelanggan Anda, Pengguna lainnya, Bank, atau Pihak Ketiga lainnya.
  2. Super atau PT Krakatau Karya Abadi tidak bekerja sama atau berafiliasi dengan pihak manapun selain yang kami nyatakan secara tegas pada website maupun aplikasi SuperAgen. Jika ada pihak lain menggunakan nama Aplikasi Super, atau PT Krakatau Karya Abadi untuk meminta pembayaran / transfer, Anda tidak boleh mempercayainya. Kami tidak akan bertanggung jawab jika Anda mempercayai / melakukan pembayaran / transfer atas permintaan dari pihak lain tersebut. Jika Anda mengalami kejadian ini, Mohon melaporkannya kepada CS kami melalui kontak kami di: Nomor telepon: 081331088037 atau email: hello@superapp.id.
  3. Kami tidak bertanggung jawab atas segala saran dan/atau informasi, baik lisan maupun tertulis, mengenai jaminan apapun yang Anda dapatkan dari pihak ketiga atau pihak selain kami.
  4. Kami akan mengupayakan yang terbaik untuk tidak membagikan Detail Pembayaran apapun, Data Registrasi atau Informasi Personal lainnya yang Anda berikan kepada Kami, kecuali jika diharuskan oleh regulasi dan hukum- hukum yang berlaku, atau hingga batasan tertentu Kami perlu melaksanakan instruksi pembayaran yang Kami terima dari Anda. Kami tidak bertanggung jawab untuk segala akibat yang terjadi jika Informasi Personal Anda telah secara sukarela atau secara tidak sengaja dibagikan oleh Anda ke pihak ketiga apa pun.

BAB 17. Perihal Revisi Syarat dan Ketentuan

  1. Aplikasi Super berhak melakukan pembaharuan, perubahan, dan modifikasi atas syarat & ketentuan ini. Selama Super Agen tetap menggunakan Aplikasi, maka Super Agen dianggap telah setuju atas setiap pembaharuan, perubahan, dan modifikasi tersebut.
  2. Anda dapat mengecek versi terbaru dari Syarat dan Ketentuan ini setiap waktu di (https://www.superapp.id).

BAB 18. Perihal Kebijakan Penanganan Keluhan Pengguna

Jika Anda tidak puas dengan kualitas Layanan Kami, mohon hubungi CS kami melalui sms, whatsapp, atau panggilan telepon ke nomor 081331088037. Jika Anda tidak puas dengan jawaban dari customer services kami, Anda dapat melakukan eskalasi masalah dengan mengirimkan laporan dalam bentuk tertulis ke alamat email Kami di: hello@superapp.id.

BAB 19. Perihal Pengakhiran Kerjasama

  1. Kerjasama yang diatur dalam syarat & ketentuan ini berakhir apabila diakhiri oleh Aplikasi Super atau Super Agen tidak lagi menjadi pengguna Aplikasi dan seluruh kewajiban Super Agen telah dipenuhi.
  2. Dalam hal terjadi pengakhiran kerjasama yang diatur dalam syarat & ketentuan ini, Aplikasi Super dan Super Agen sepakat mengesampingkan ketentuan-ketentuan dalam Pasal 1266 dan Pasal 1267 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata Indonesia.

BAB 20. Perihal Hukum yang Berlaku dan Penyelesaian Sengketa

  1. Syarat & ketentuan ini tunduk pada dan harus ditafsirkan berdasarkan peraturan perundang-undangan Negara Republik Indonesia.
  2. Setiap sengketa yang timbul dari atau berkaitan dengan syarat & ketentuan ini akan diselesaikan secara musyawarah untuk mufakat.

BAB 21. Perihal Persetujuan atas Syarat & Ketentuan Secara Terpisah

Syarat & ketentuan ini dapat disetujui secara terpisah oleh masing-masing Super dan Super Agen dengan cara mendaftar melalui aplikasi dan hal tersebut diakui dan dianggap sebagai satu kesatuan dokumen asli yang tidak terpisahkan.

DEMIKIANLAH syarat & ketentuan ini disetujui oleh Aplikasi Super dan Super Agen.