Pernahkah Sedulur berulang tahun kemudian mendapatkan ucapan barakallah fii umrik dari seseorang? Bagi Sedulur yang baru pertama kali mendengar istilah tersebut, wajar apabila kebingungan menjadi ekspresi pertama yang ditunjukkan. Selain tidak tahu apa arti di balik ucapan tersebut, Sedulur tentunya akan sangat kebingungan bagaimana cara menjawabnya. Apakah dibalas dengan ucapan terima kasih? Atau cukup dengan tersenyum saja?

Nah, untuk membantu Sedulur menjawab pertanyan di atas, artikel ini akan membahas sekilas informasi mengenai ucapan barakallah fii umrik beserta 30 contoh ucapannya. Yuk, langsung simak beberapa poin di bawah ini, Sedulur!

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Laptop Terbaik 2022 Beserta Harga Terbarunya

Tulisan barakallah fii umrik dalam latin

barakallah fii umrik
Depositphotos

Sebelum masuk ke pembahasan utama dari artikel, ada baiknya bagi Sedulur untuk mengetahui seluk-beluk ucapan ini dari segi kepenulisan. Ucapan ini dalam tulisan latin ditulis dengan ‘barakallah fii umrik’. Ada juga orang-orang yang menulis istilah ini dengan versi lainnya yang sedikit berbeda, seperti ‘barakallah fii umriik’.

Kedua versi tersebut memiliki arti dan maksud yang sama. Lantas, sebenarnya dari bahasa apa istilah tersebut diturunkan?

BACA JUGA: Apa Itu Provider? Ini Pengertian, Fungsi, Macam, dan Jenisnya

Tulisan barakallah fii umrik dalam bahasa Arab

barakallah fii umrik
Depositphotos

Jawaban dari pertanyaan di poin sebelumnya, dari bahasa apa istilah tersebut diturunkan, yaitu bahasa Arab. Ya, barakallah fii umrik adalah sebuah istilah dari bahasa Timur Tengah tersebut. Dalam bahasa aslinya, ia ditulis seperti berikut ini.

بَارَكَ اللَّهُ فِي عُمْرِكْ

Kalau begitu, apa artinya istilah atau ucapan yang sering diberikan kepada seseorang yang sedang berulang tahun tersebut?

BACA JUGA: 1 Ringgit Berapa Rupiah? Ini Sejarah Serta Jenis-Jenis Uangnya

Arti barakallah fii umrik

barakallah fii umrik
Depositphotos

Arti ucapan ini jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia adalah ‘semoga Allah memberkahimu di dalam usiamu’. Ya, ucapan ini akan diberikan kepada seseorang yang bertambah usianya, terutama jika ia adalah seorang Muslim.

Ucapan tersebut dipandang sebagian orang sebagai ucapan selamat yang lebih baik ketimbang ‘selamat ulang tahun’. Tidak heran, pasalnya barakallah fii umrik tidak hanya memberikan selamat atas bertambahnya usia seseorang, tetapi juga doa. Doa yang dimaksud dapat Sedulur amati dalam arti ucapan tersebut, ‘semoga Allah memberkahimu di dalam usiamu’.

Secara tidak langsung, ketika seseorang memberikan ucapan memberikan ucapan ini kepada Sedulur, artinya ia berharap bahwa dengan bertambahnya usia maka berkah dari Allah Ta’ala juga ikut bertambah. Wah, ternyata sangat mulia sekali, ya makna tersirat di balik ucapan sederhana ini!

BACA JUGA: Apa Itu Cosplay? Ini Arti, Sejarah, dan Jenis-jenisnya. Harus Tahu!

Jawaban dari kalimat barakallah fii umrik

barakallah fii umrik
Depositphotos

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bagi Sedulur yang baru pertama kali mendengar istilah tersebut, wajar apabila kebingungan menjadi ekspresi pertama yang ditunjukkan. Selain tidak tahu apa arti di balik ucapan tersebut, Sedulur tentunya akan sangat kebingungan bagaimana cara menjawabnya. Apakah dibalas dengan ucapan terima kasih? Atau cukup dengan tersenyum saja?

Nah, mengutip dari sumber informasi yang kredibel, terdapat jawaban tersendiri apabila Sedulur menerima ucapan di atas. Jawaban yang tepat adalah ucapan ‘wa fiika barakallah’. Kalau begitu, apa arti dari jawaban tersebut?

  • Wa fiika barakallah
  • وَفِيْكَ بَارَكَ اللهُ
  • Dan semoga Allah juga memberkahimu

Perlu diketahui, jawaban di atas adalah khusus jika yang memberikan ucapan adalah seorang laki-laki. Apabila yang memberikan ucapan adalah seorang perempuan, dua atau lebih laki-laki, dua atau lebih perempuan, dan orang banyak, maka jawaban akan sedikit berbeda sesuai dengan kaidah isim dhamir pada bahasa Arab.

Mungkin terbesit di benak Sedulur, kenapa kita harus menjawab dengan wa fiika barakallah, apakah ucapan terima kasih saja tidak cukup? Nah, alasan di balik jawaban tersebut dapat Sedulur temukan di dalam hadits berikut ini.

Dan barangsiapa yg berbuat baik pada kalian maka balaslah (kebaikannya) dengan kebaikan yang setimpal, dan jika kalian tak mendapat sesuatu untuk membalasnya kebaikannya maka berdoalah untuknya sampai kalian merasa telah membalas kebaikannya.” (HR. Bukhari & Muslim).

Jadi dengan kata lain, agama Islam mengajarkan umatnya untuk membalas suatu kebaikan dengan kebaikan yang setimpal. Jika Sedulur mendapatkan ucapan dan doa berupa ‘barakallah fii umrik’, maka hendaknya Sedulur membalasnya dengan doa juga tidak hanya sekedar berterima kasih. Maka dari itu, membalas ucapan selamat di atas dengan ‘wa fiika barakallah’ adalah jawaban yang paling tepat dan paling disenangi dalam agama Islam.

BACA JUGA: Mengenal Arti Mutualan, Bahasa Gaul yang Populer di Sosmed

Hukum mengucapkan barakallah fii umrik dalam agama Islam

Depositphotos

Apabila kita membahas mengenai hukum dari mengucapkan kalimat barakallah fii umrik dalam agama Islam, sejatinya hal tersebut tidaklah sederhana dan sangat kompleks. Terlepas dari preferensi seseorang dalam menjalankan agama yang dianut, ternyata banyak di antara ahli agama Islam yang menentang pengucapan selamat tersebut. Ada yang menghukuminya sebagai mubah, ada pula yang menghukuminya sebagai haram. Kira-kira kenapa hal tersebut bisa terjadi?

Menurut sebuah sumber, akar permasalahan dari ucapan di atas adalah pada pencontohannya oleh Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. Tidak ada bukti sejarah yang menyebutkan bahwa Rasulullah mengucapkan barakallah fii umrik pada saat seseorang berulang tahun. Pun beliau sendiri tidak pernah merayakan ulang tahun.

Walaupun ucapan tersebut sangat mulia, bahkan bersifat seperti doa, tetapi ia tidak diajarkan sama sekali dalam Al Qur’an dan Sunnah, terutama dalam konteks merayakan ulang tahun. Para ulama yang berpendapat bahwa pengucapan kalimat tersebut haram, biasanya berlandaskan dengan alasan bahwa ia adalah kegiatan tasyabbuh yang diselimuti sebagai ibadah. Ketika ibadah tersebut diada-adakan tanpa dasar yang jelas, maka ia termasuk ke dalam kegiatan bid’ah.

Bolehkah kita merayakan ulang tahun dalam agama Islam?

Depositphotos

Masih menyambung dari pembahasan di atas, ternyata sebagian besar ulama agama Islam menyebutkan bahwa perayaan ulang tahun tidak diperbolehkan. Hal tersebut tidak ada ajarannya di dalam agama Islam, ditakutkan akan menjadi kegiatan tasyabbuh dan bid’ah.

Akan tetapi, hal ini kembali lagi ke dalam kepercayaan dan preferensi menjalani agama Islam Sedulur, ya! Sesuai dengan yang tercantum pada surat Al-Baqarah ayat 256, “Tidak ada paksaan dalam (menganut) agama (Islam), sesungguhnya telah jelas (perbedaan) antara jalan yang benar dengan jalan yang sesat.”.

Wajibkah kita memberi hadiah atau kado ketika seseorang berulang tahun?

Depositphotos

Sepertinya tidak ada aturan tertulis yang mewajibkan kita memberi hadiah atau kado kepada seseorang yang sedang berulang tahun. Apabila Sedulur merasa tidak terlalu dekat dengan orang tersebut, maka tidak mengapa jika tidak memberikan suatu hadiah atas bertambahnya usia orang tersebut.

Contoh ucapan barakallah fii umrik

  • Yaumul milad, barakallah fii umrik.
  • Aku berdoa kepada Allah Ta’ala agar kamu selalu di dalam berkahnya.
  • Selamat ulang tahun, barakallah fii umrik.
  • Hari ini adalah hari yang spesial untukmu, selamat bertambah usia.
  • Aku dengan tulus memanjatkan doa kepada Allah agar kehidupanmu menjadi lebih baik dengan bertambahnya usia.
  • Semoga di umurmu yang semakin bertambah ini, kamu mendapatkan berkah dari Allah yang melimpah.
  • Happy birthday to you! Barakallah fii umrik.
  • Semoga Allah mengisi hidupmu dengan banyak momen-momen bahagia.
  • Selamat milad, barakallah fii umrik.
  • Semoga hari yang istimewa ini menjadi awal yang baik untuk masa depanmu.
  • Aku selalu menyebutmu di dalam doaku, selamat bertambah usia.
  • Barakallah fii umrik anak kesayanganku, rajin terus ibadahnya, ya.
  • Semoga mimpi-mimpi yang sedang kamu bangun ini akan segera terwujud, aamiin.
  • Semoga sehat selalu dan panjang umur.
  • Semoga rahmat Ilahi dan berkahNya selalu ada di dalam dirimu.
  • Doaku selalu menyertaimu, selamat ulang tahun.
  • Happy birthday, selamat ulang tahun, barakallah fii umrik.
  • Happy birthday, I love you so much!
  • Barakallah fii umrik.
  • Selamat bertambah usia, ya!

Nah Sedulur, di atas merupakan informasi singkat mengenai ucapan barakallah fii umrik. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Sedulur, ya!