Daun bawang merupakan salah satu bahan pelengkap masakan yang dapat memberikan aroma wangi kepada setiap masakan kita. Bukan hanya lezat dan nikmat, bawang daun juga memiliki segudang manfaat yang dibutuhkan oleh tubuh. Konon katanya, bawang daun telah digunakan sebagai salah satu bumbu makanan sejak dari masa Mesir Kuno.

Hal tersebut dibuttikan dengan penemuan spesimen serta ukiran kering yang seperti bawang daun di salah satu situs arkeologi Mesir. Hal tersebut tentu semakin memperkuat bagaimana daun bawang sangat bermanfaat untuk tubuh. Lantas seperti apa saja manfaatnya? Yuk, mari langsung saja kita simak ulasannya di bawah ini.

BACA JUGA: 15 Manfaat Daun Kersen Untuk Tubuh & Cara Mengolahnya

1. Mengandung serat yang banyak

1. Mengandung serat
freepik

Tubuh sangat membutuhkan banyak serat dan kandungan lainnya dalam tubuh. Hal tersebut bisa Sedulur dapat dengan mengkonsumsi daun bawang secara rutin dan teratur. Kandungan serat memiliki banyak manfaat dalam tubuh termasuk untuk membantu sistem pencernaan lebih baik.

-->

Sedulur bisa mengkonsumsi serat secara rutin untuk mendapatkan berat badan yang stabil dan dapat menurunkan kolesterol. Konsumsi serat setiap hari untuk menjaga kesehatan pencernaan dan juga menjegah terjadinya konstipasi. Serat juga merupakan kandungan yang sangat baik untuk kelancaran buang air besar.

2. Membantu melawan kanker

2. daun bawang
hellosehat

Manfaat bawang daun ini sangat penting, yaitu dapat membantu tubuh melawan kanker dan melindungi dari risiko terkena kanker. Senyawa kaempferol dalam daun bawang selalu dikaitkan dengan penurunan penyakit kronis, terutama kanker.  Kaempferol dapat melawan kanker dan mencegah sel-sel kanker menyebar dalam tubuh.

Selain itu, bawang daun juga merupakan sumber dari allicin yang baik, yang sama dengan senyawa belerang yang mengandung sifat anti-kanker. Bawang daun juga mengandung selenium yang memang terbukti dapat menurunkan sel kanker. Telah terbukti dalam penelitian ilmiah, bahwa daun bawang dapat mengurangi risiko terkena kanker.

BACA JUGA: 20+ Manfaat Daun Saga, Tanaman Obat Bisa Cegah Diabetes

3. Mencegah infeksi

3. Mencegah infeksi
halodoc

Selanjutnya dalam khasiat dan manfaat daun bawang yaitu dapat mencegah infeksi. Khasiat ini berasal dari kandungan belerang dan kaempferol yang terdapat pada bawang daun. Kedua kandungan tersebut dapat melawan infeksi jamur, virus, dan juga bakteri. Namun terkait manfaat ini, diperlukan penelitian secara komprehensif lagi.

Terutama pada bagian fungsi kandungan daun bawang dapat melawan infeksi. Bagaimana infeksi tersebut bisa diatasi oleh kedua senyawa tersebut terdapat pada daun bawang yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

4. Menurunkan radikal bebas dalam tubuh

4. daun bawang
gadgetplus

Sedulur bisa melakukan cara menanam daun bawang dengan mudah, jika ingin memiliki persediaan bawang daun yang tidak terbatas. Terlebih, kandungan antioksidan dalam bawang daung sangat efektif untuk menurunkan risiko terkena radikal bebas dalam tubuh. Terutama bagi Sedulur yang tinggal di kota besar yang tinggi kemungkinan terkena radikal bebas.

Flavonoid dan polifenol dalam bawang daun merupakan kandungan antioksidan yang dapat menurunkan radikal bebas dalam tubuh. Radikan bebas merupakan zat  yang berbahaya yang menjadi sebab utuma tubuh dapat terkena kanker dan penyakit-penyakit kronis lainnya.

Namun sangat disayangkan, kandungan antioksidan dalam bawang daun akan segera hilang ketika Sedulur memasaknya. Terutama efektivitas dan fungsi dari bawang daun itu sendiri. Maka dari itu, sangat disarankan untuk mengkonsumsi bawang daun dalam keadaan mentah. Seperti dalam semangkuk bubur atau makanan berkuah lainnya yang sering menyuguhkan daun bawang dalam keadaan mentah.

BACA JUGA: Doa Minum Air Zamzam dan 8 Manfaatnya Untuk Kesehatan

5. Menyehatkan organ jantung

5. menyehatkan organ jantung
kompas

Hingga saat ini, penyakit jantung masih menjadi penyebab kematian utama di dunia. Hal tersebut dapat Sedulur cegah dengan memanfaatkan kandungan daun bawang merah. Karena bawang daun dapat menurunkan beberapa masalah terkait kesehatan jantung, seperti trigliserida, kolesteron total dan kolesterol jahat LDL.

Esktrak bawang daun juga dapat berkhasiat meningkatkan aliran darah. Aliran darah yang baik dapat memberikan kondisi jantung yang baik. Vitamin K yang terdapat dalam bawang daun juga dapat melindungi jantung dan mencegah pengerasan ariteri dan mencegah pembentikan simpanan kalsium di dinding arteri.

6. Menguatkan tulang

6. daun bawang
alodokter

Sebagaimana yang dijelaskan di atas, bahwa vitamin K dalam bawang daun dapat melindungi jantung dan mencegah mengerasan arteri. Selain itu, manfaat daun bawang putih yang diberikan vitamin K adalah dapat membantu untuk memperkuat tulang dan kesehatan tubuh.

Vitamin K sangat penting untuk meningkatkan tulang dengan memproduksi beberapa protein penting untuk menjaga kalsium dan meningkatkan kepadatan tulang. Dengan begitu, tulang akan semakin kuat dan sehat, dan dapat menunjang segala aktivitas fisik yang akan kita lakukan.

BACA JUGA: 12+ Manfaat Telur Rebus Bagi Kesehatan Tubuh, Wajib Tau!

7. Menjaga kesehatan mata

7. kesehatan mata
cnnindonesia

Mata merupakan organ penting, kesehatan mata juga sangat penting untuk dijaga setiap hari. Karena mata merupakan indera penglihatan yang dapat mempengaruhi aktivitas. Sedulur bisa menjaga kesehatan mata dengan mengkonsumsi batang daun bawang secara rutin. Karena dalam daun bawang terkandung rhodopsin yang merupakan protein untuk membuat retina dapat menyerap banyak cahaya.

Selain itu, bawang daun juga mengandung banyak vitamin A yang dapat mencegah mata terkena penyakit seperti rabun senja, katarak dan gangguan kesehatan mata lainnya. Konsumsi secara teratur dan rutin dapat membuat mata Sedulur tetap terjaga kesehatannya.

8. Menjaga kesehatan kulit

8. daun bawang
jovee

Jika kita melihat gambar daun bawang, kita mungkin akan langsung tergiur. Terutama jika potongan daun bawang ditabur di atas makanan berkuah. Akan membangkitkan selera makan kita. Namun, bukan hanya membangkitkan selera makan kita. Bawang daun juga dapat secara efektif menjaga kesehatan kulit kita.

Daun bawang prei dapat mencerahkan dan meremajakan kulit, karena kandungan dari bawang daun kaya akan manfaat untuk kecantikan tubuh. Hal ini terutama disebabkan oleh kandungan vitamin C yang melimpah yang terdapat dalam daun bawang. Hal ini juga yang menyababkan bawang daun dapat mencegah terjadinya pigmentasi pada kulit.

Bawang daun juga dapat secara efektif menghilangkan sel-sel kulit mati dengan cara yang alami. Namun, meskipun kaya akan kandungan yang dapat menjaga kesehatan kulit, Sedulur harus menjaga penggunaan bawang daun untuk kulit. Karena bawang daun juga mengandung senyawa yang keras untuk wajah yang dapat menimbulkan ruam-ruam pada wajah jika digunakan secara berlebihan.

BACA JUGA: 11 Manfaat Olive Oil Extra Virgin Untuk Kulit & Tubuh

9. Menurunkan berat badan

9. menurunkan berat badan
hellosehat

Bawang daun juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Oleh karena itu, bawang daun sangat cocok sebagai makanan yang dikonsumsi sebagai makanan diet. Dalam setiap 100 gam bawang daun, hanya mengandung 31 kalori. Daun bawang juga merupakan sumer air dan serat yang dapat mencegah rasa lapar dan meningkatkan kenyang.

Serat dalam bawang daun juga dapat membentuk gel dalam usus, sehingga efektif untuk mengurangi rasa lapar dan menahan nafsu makan secara alami. Namun tentu saja, konsumsi dari bawang daun pun harus dijaga secara teratur, hal tersebut untuk menghindari bahaya daun bawang yang dirasakan tubuh.

10. Mencegah Pendarahan

10. daun bawang
halodoc

Selanjutnya terdapat juga manfaat daun bawang putih untuk mencegah pendarahan. Manfaat ini didapatkan dari kandungan vitamin K yang terdapat di dalamnya. Lagi-lagi, vitamin K mengandung sangat tinggi khasiat untuk tubuh. Dalam setiap 65 gr daun bawang dapat memenuhi kebutuhan harian vitamin K.

Vitamin K juga sangat penting dan memiliki peran untuk mencegah pendarahan, terutama saat terjadi cerdera. Justru saat tubuh Sedulur kekurangan vitamin A, hal tersebut dapat membuat Sedulur lebih mudah terkena pendarahan seperti memar, mimisan dan pendarahan gusi. Hal tersebut bisa Sedulur cegah dengan mengkonsumsi bawang daun secara rutin.

BACA JUGA: 12 Manfaat Bawang Dayak bisa Jadi Obat Berbagai Penyakit

11. Mengurangi peradangan

11. mengurangi peradangan
sehatq

Manfaat daun bawang selanjutnya adalah dapat mengurangi peradangan. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa kandungan senyawa bermanfaat yang dapat menurunkan risiko peradangan. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan keamferol yang mengandung sifat anti-inflamasi dan dapat mencegah bahkan menurunkan risiko peradangan.

12. Melancarkan pencernaan

12. daun bawang
harapanrakyat

Daun bawang juga sangat bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Hal tersebut dikarenakan daun bawang mengandung probiotik tinggi yang dapat menjaga kesehatan usus dan melancarkan pencernaan. Dalam proses kerjanya, prebiotik dapat menghasilkan rantai pendek (SCFA), seperti asetat, propionat, dan butirat.

SCFA dipercaya dapat mengurangi peradangan dan memperkuat kesehatan usus. Dengan begitu, sistem pencernaan Sedulur bisa terjaga kelancarannya. Prebiotik juga dapat membantu penyerapan nutrisi penting bagi tubuh Sedulur. Hal ini juga tentu saja dapat berpengaruh pada kesehatan tubuh secara menyeluruh.

13. Menurunkan kadar gula darah

13. kadar gula darah
lifepack

Manfaat daun bawang yang terakhir adalah dapat menurunkan kadar gula darah. Jika tubuh Sedulur memiliki kadar gula darah yang tinggi, hal tersebut bisa menjadi awal bagi munculnya berbagai penyakit kronis. Maka dari itu, hal tersebut sudah seharusnya dicegah, agar tidak beresiko tinggi.

Di dalam daun bawang terkandung senyawa sulfur dalam alium yang ada di dalamnya. Senyawa tersebut efektif dalam menurunkan kadar gula darah. Agar Sedulur bisa mendapatkan manfaat ini untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh, Sedulur bisa mencoba cara menyantap di bawah ini.

Pertama Sedulur siapkan 1 tangkai daun bawang utuh, lalu bersihkan daun bawang dan masukkan dalam air mineral dan tutup rapat menggunakan wadah khusus. Biarkan selama 24 jam, dan air rendaman daun bawang bisa Sedulur minum secara rutin. Maksimal sehari dua kali. Tubuh kita pun akan mendapatkan manfaat dari daun bawang itu sendiri.

Sekian penjelasan mengenai segudang manfaat dari  daun bawang. Semoga penjelasan di atas bisa menambah wawasan Sedulur terkait manfaat dari bahan-bahan kebutuhan dapur yang sering kita temui. Agar bisa mendapatkan manfaat di atas, Sedulur bisa menyediakan bawang daun sebagai stok di rumah Sedulur.

Sedulur bisa membeli daun bawang di Aplikasi Super, agar Sedulur tidak perlu repot membeli bahan-bahan kebutuhan sehari-hari. Tinggal klik dan pilih bahan yang dibutuhkan di Aplikasi Super. Bagi Sedulur yang belum memiliki aplikasinya, Sedulur bisa klik di sini untuk download aplikasinya.