Apel fuji merupakan salah satu buah yang sering dijumpai di Indonesia. Sedulur bisa mendapatkan apel ini di supermarket, pasar, hingga penjual buah-buahan. Apel yang satu ini terkenal akan rasanya yang manis dan ukurannya yang besar. Dalam satu buah apel, banyak terkandung air yang menambah kesegarannya.

Jika Sedulur pernah mendengar bahwa apel fuji berbahaya, sepertinya hal itu terjadi karena terdapat kesalahan selama mengonsumsinya. Hal yang menjadi kesalahan adalah konsumsi yang berlebihan. Normalnya, kita cukup mengonsumsi 1-2 apel sehari. Selain itu, faktor kebersihan juga menjadi salah satu yang wajib diperhitungkan.

Berkenalan dengan Apel Fuji

Mendengar namanya saja, Sedulur tentu sudah bisa menebak asal negara apel fuji ini. Ya, negara Jepang. Meski demikian, ternyata pengimpor terbesar khususnya untuk Indonesia bukanlah Jepang, melainkan China. Pasalnya, harga apel fuji hasil impor China jauh lebih murah dibandingkan dari Jepang. Di negara kita, harga 1 kg berkisar 23-25 ribu rupiah saja.

Jika Sedulur penggemar apel, ada baiknya menanam sendiri. Bibit apel fuji ini berasal dari bijinya. Ada hal yang harus Sedulur perhatikan ketika akan menanam biji apel, yaitu harus memperhatikan perawatan biji. Pertama, jemur biji di bawah sinar matahari, kemudian masukan biji kering ke dalam wadah tertutup. Setelah itu, dinginkan dalam kulkas hingga berkecambah.

-->

Ketika bibit sudah siap ditanam, tahap selanjutnya untuk menanam pohon apel fuji adalah dengan memasukan pucuk apel ke dalam pot. Isi pot tersebut dengan tanah gambut yang memiliki pH netral. Setelah itu, tambahkan kompos dengan perbandingan 2 (pupuk): 1 (tanah). Jika sudah selesai, rawat pohon, beri air dan cahaya matahari secukupnya.

BACA JUGA: 8 Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan, Jaga Jantung Hingga Tulang

1. Kalori apel fuji

1. Kalori apel fuji
freepik

Apel fuji kalori adalah sebanyak 69 kkal. Selain itu, apakah Sedulur juga penasaran dengan kandungan lain dalam satu buah apel fuji? Seperti banyak dibicarakan orang, apel ini juga mengandung banyak nutrisi. Seperti vitamin C, flavonoid, polifenol, dan bioflavonoid yang tinggi.

Jika ditilik lebih jauh, kandungan lain dalam sebuah apel fuji adalah 16.59 gram karbohidrat, 2.3 gram serat, 0.049mg vitamin B6, 0.028 mg vitamin B2, 0.2 mg vitamin E, 119 mg kalium, 14 mg fosforus, 0.034 mg mangan, 0.11 mg zat besi, serta 0.027 mg tembaga.

Kandungan tersebut memperlihatkan betapa kayanya nutrisi dalam sebuah apel. Apalagi jika Sedulur memakan apel tanpa mengupas kulitnya, maka semua nutrisi akan terserap ke dalam tubuh. Kandungan itu juga yang kemudian menghasilkan manfaat apel fuji seperti yang akan kita bahas bersama dalam uraian di bawah ini.

2. Menghambat pertumbuhan semua jenis kanker

2. Menghambat pertumbuhan semua jenis kanker
freepik

Menurut ilmuwan dari American Association for Cancer Research, kandungan flavonol dalam apel fuji merah dapat membantu mengurangi risiko terkena kanker pankreas sebanyak 23%. Selain itu, peneliti dari Cornell University juga mengidentifikasi senyawa seperti triterpenoid pada kulit apel dapat menjadi anti-pertumbuhan yang kuat terhadap semua jenis sel kanker.

Tidak hanya buah apelnya langsung, bahkan ekstraknya pun bermanfaat untuk mengurangi jumlah dan ukuran tumor susu pada tikus. Hal ini sejalan dengan National Cancer Institue di Amerika Serikat yang merekomendasikan asupan serat yang tinggi untuk mengurangi risiko kanker kolorektal.

BACA JUGA: 15 Manfaat Buah Tin Untuk Kesehatan yang Disebutkan Al-Quran

3. Mengurangi risiko diabetes

3. Apel fiji dapat mengurangi risiko diabetes
freepik

Sejumlah studi yang dilakukan terkait khasiat apel mengatakan bahwa kandungan apel dapat menurunkan risiko penyakit diabetes tipe 2. Hal itu disebabkan oleh kandungan seratnya yang bisa membantu menurunkan kadar gula darah. Selain itu, kandungan polifenol pada buah apel juga mampu mencegah kerusakan kelenjar pankreas pada penderita diabetes tipe 2.

Sebagai informasi tambahan, terdapat sebuah studi yang menyatakan bahwa perempuan yang memakan setidaknya satu apel sehari, memiliki 28% risiko lebih rendah terserang diabetes tipe 2. Hasil itu terjadi apabila dibandingkan dengan yang tidak mengonsumsi apel sama sekali. Serat larut dalam apel merupakan sebuah sebab menurunkan gula darah.

4. Meningkatkan kinerja otak

4. Meningkatkan kinerja otak
freepik

Hasil penelitian dalam Clinical Nutrition Experimental mengemukakan bahwa salah satu jenis antioksidan dalam apel dapat membantu mengurangi sel mati yang menjadi penyebab penurunan kinerja otak. Hasil studi lain yang mengatakan bahwa mengonsumsi apel dapat meningkatkan produksi neurotransmitter asetilkolin yang berguna menajamkan ingatan.

BACA JUGA: Yuk, Simak Penjelasan Terkait Buah Zaitun Di Sini

5. Menghalau radikal bebas

5. Apel fuji dapat menghalau radikal bebas
freepik

Beberapa antioksidan yang terkandung dalam sebuah apel diantaranya quercetin, katekin, phloridzin, dan asam klorogenik. Antioksidan ini berguna untuk menjaga kesehata tubuh dan menjaganya dari efek buruk radikal bebas. Ketika tubuh terlalu banyak terpapar radikal bebas, maka akan meningkatkan risiko kerusakan sel pada tubuh.

Kerusakan sel dan jaringan dalam tubuh tentu tidak boleh dibiarkan. Nantinya, kondisi ini khawatir memengaruhi kondisi kesehatan hingga menyebabkan diabetes hingga kanker. Maka dari itu, mengonsumsi apel merupakan salah satu cara yang tepat untuk menetralisir radikal bebas dalam tubuh.

6. Mencegah asma

6. Mencegah asma
alodokter

Salah satu kondisi yang menyebabkan kambuhnya asma adalah pembengkakan pada membran sel. Adapun kandungan apel fuji salah satunya adalah antiradang dan nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh. Dengan demikian, asupan nutrisi dalam apel ini serta diimbangi dengan pola makan yang seimbang bisa mencegah asma kambuh.

BACA JUGA: 12+ Manfaat Buah Matoa Asal Papua Untuk Kesehatan Tubuh & Kulit

7. Menyehatkan kondisi jantung

7. Menyehatkan kondisi jantung
lokadata

Saat mengonsumsi apel, ada baiknya Sedulur mencuci bersih apel tersebut kemudian makanlah dengan kulitnya. Senyawa fenolik dalam kulit apel ternyata mampu mencegah kolesterol yang masuk ke sistem tubuh membeku di dinding arteri. Jika tidak dicegah, kondisi ini bisa mengkibatkan aliran darah ke jantung menjadi terganggu.

8. Mencegah batu empedu

8. Mencegah batu empedu
idntimes

Batu empedu terbentuk dari kolesterol yang menumpuk di dalam empedu, kemudian membeku. Kolesterol ini merupakan salah satu keluhan yang banyak dirasakan pasien obesitas. Dengan demikian, program diet tinggi serat menjadi salah satu yang sering direkomendasikan oleh dokter. Apel fuji yang berserat tinggi adalah buah yang bisa dipilih untuk pencegahan ini.

BACA JUGA: 10 Manfaat Buah Kurma Dapat Mencegah Berbagai Penyakit

9. Meningkatkan imun tubuh

 

9. Apel fuji dapat meningkatkan imun tubuh
pexels

Apel fuji yang mengandung vitamin C ini menggunakan antioksidan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia. Memakan apel beserta kulitnya akan membuat khasiat dari antioksidan ini terasa lebih maksimal karena kandungannya yang tinggi quercetin.

10. Dapat membuat gigi lebih putih dan sehat

10. Dapat membuat gigi lebih putih dan sehat
pexels

Terakhir, manfaat dari apel jenis ini adalah mampu membuat gigi lebih putih dan lebih sehat. Saat menggit dan mengunyah buah apel ini, Sedulur seakan sedang sikat gigi. Karena buat ini merangsang produksi air liur di mulut kamu. Hal tersebut juga dapat mengurangi kerusakan gigi dan emnurunkan kadar bakteri di dalam mulut.

Itulah fakta-fakta terkait apel fuji. Selain rasanya yang segar, ternyata manfaatnya juga luar biasa ya. Ada baiknya apabila Sedulur rutin mengonsumsi apel, namun tetap jangan berlebihan.

Tidak hanya apel fuji, Sedulur juga dapat memenuhi beragam kebutuhan nutrisi tubuh melalui Aplikasi Super. Berbagai jenis makanan sehat dapat Sedulur temukan di sini. Bagi Sedulur yang belum download aplikasinya, bisa klik di sini terlebih dahulu. Semoga Sedulur selalu sehat dan selamat mencoba!