Pernahkah Sedulur memperhatikan pembukaan ceramah yang disampaikan seorang penceramah di dalam sesinya? Ya, pembukaan tersebut adalah salah satu dari beberapa bagian penting dalam teks ceramah yang tidak boleh terlewatkan.

Pembukaan ceramah menjadi awalan bahwa materi ceramah hendak diberikan, sekaligus berfungsi sebagai media penarik perhatian para pendengar. Pada kesempatan ini, kita akan mengulas sedikit seperti apa contoh-contoh pembukaan yang biasa diberikan oleh penceramah di depan umum. Langsung simak informasi berikut, ya!

BACA JUGA: Bisnis Konsultan: Pengertian, Tugas dan Tanggung Jawabnya

Apa itu ceramah?

Depositphotos

Sedulur pastinya sudah tidak asing lagi dengan kegiatan ceramah atau pidato. Dalam beberapa kesempatan tertentu, Sedulur tentu pernah melihat seseorang berdiri di atas mimbar, di depan banyak orang, dan berbicara mengenai suatu topik kepada orang banyak. Kegiatan tersebut disebut dengan ceramah atau pidato.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), yang dimaksud dengan ceramah adalah pidato oleh seseorang di hadapan banyak pendengar, mengenai suatu hal, pengetahuan, dan sebagainya. Sedikit mirip namun berbeda, kamus tersebut menjelaskan pidato sebagai pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak.

Dapat Sedulur amati dari dua pengertian di atas, ceramah dan pidato memiliki kesamaan dalam penyampaiannya di depan khalayak umum. Mereka berdua merupakan kegiatan untuk menyampaikan pikiran, gagasan, atau informasi kepada para pendengar yang bersifat persuasif.

Orang yang melakukan ceramah disebut sebagai penceramah. Lazim bagi seorang penceramah untuk membaca atau menghafalkan teks ceramah pada saat ia melakukan kegiatannya. Kira-kira, apa saja struktur sebuah teks ceramah?

BACA JUGA: Pengertian MC Beserta Tugas, dan Tips Menjadi MC yang Baik

Struktur teks ceramah

Depositphotos

Masih menyambung dari pembahasan sebelumnya, seorang penceramah biasanya akan memanfaatkan sebuah teks ceramah agar penyampaiannya dapat berjalan lancar. Jika kita membedah lebih dalam lagi, akan kita temui beberapa struktur penting dalam suatu teks ceramah. Berikut ini merupakan penjelasan singkat dari masing-masing struktur tersebut.

BACA JUGA: Etika Mengirim Email yang Harus Diketahui Oleh Professional

1. Penceramah

Penceramah menjadi unsur pertama yang harus ada dalam sebuah teks ceramah. Seperti yang telah kita sebutkan tadi, penceramah adalah seseorang yang melakukan ceramah di depan banyak orang.

Penceramah sebaiknya berasal dari latar belakang orang sudah ahli di dalam bidang yang ia bicarakan tersebut. Dalam artian, jika seseorang berceramah di gereja di depan umat Kristen, maka hendaklah ia merupakan tokoh keagamaan yang memiliki banyak ilmu. Begitu juga dengan ceramah-ceramah di tempat lainnya.

BACA JUGA: Contoh Application Letter Bahasa Inggris, Dijamin Dilirik HRD!

2. Pendengar

Struktur yang kedua dari teks ceramah adalah pendengar. Esensi dari sebuah ceramah adalah penyampaian informasi atau pesan ke khalayak banyak. Para pendengar inilah yang akan menerima pesan-pesan yang disampaikan oleh seorang penceramah.

Untuk menjadi pendengar ceramah, ia bisa datang dari latar belakang mana saja. Tidak terbatas pada status sosial, umur, jenis kelamin, pekerjaan, pendidikan, dan lain sebagainya.

BACA JUGA: 9 Cara Melamar Pekerjaan via Email agar Lolos Fase Berikutnya

3. Materi

Materi menjadi unsur terpenting dalam sebuah teks ceramah. Materi biasanya akan terbagi menjadi tiga bagian, mulai dari pembukaan ceramah, isi, dan penutup ceramah. Sedulur dapat menilai sebuah materi ceramah bagus atau tidaknya berdasarkan kemampuan pendengar dalam menerima materi tersebut. 

Apabila mayoritas pendengar tidak secara jelas menangkap apa maksud dari informasi yang disampaikan penceramah, kemungkinan besar materi yang disampaikan tadi tidaklah jelas.

4. Metode ceramah

Dalam sebuah ceramah, biasanya seorang penceramah akan menggunakan satu dari empat metode ini, impromptu, menghafal, membaca teks ceramah, dan ekstemporan. Impromptu adalah metode ceramah ‘dadakan’, alias tanpa persiapan. Sedangkan ekstemporan adalah sebuah metode ceramah dimana sang penceramah akan memaparkan poin-poin dari isi ceramahnya saja.

5. Media ceramah

Media ceramah menjadi unsur terakhir dalam sebuah teks ceramah. Yang dimaksud dari unsur ini adalah bagaimana seorang penceramah akan menyampaikan materinya. Ia dapat dilakukan dengan dua cara, secara konvensional (tatap muka di atas mimbar) atau dengan menggunakan internet (online meeting).

Contoh pembukaan ceramah yang dapat Sedulur coba

Nah, sampai sini apakah Sedulur sudah paham mengenai ceramah dan seluk-beluk dari sebuah teks ceramah? Bagi Sedulur yang masih kebingungan bagaimana caranya mengawali sebuah sesi ceramah, mungkin Sedulur dapat mempertimbangkan untuk menggunakan satu dari sekian contoh pembukaan ceramah berikut ini. Yuk, simak bersama-sama!

1. Contoh pembukaan ceramah khutbah shalat Idul Fitri

Alhamdulillah hamdan katsiron thoyyiban mubarokan fih kamaa yuhibbu robbuna wa yardho. Asyhadu alla ilaha illallah wahdahu laa syarika lahu wa asyhadu anna Muhammadan ‘abduhu wa rasuluh. Allahumma sholli ‘ala Muhammad wa ‘ala alihi wa man tabi’ahum bi ihsanin ilaa yaumiddiin.

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah Ta’ala. Detik ini kita telah berada di hari yang fitri, hari tidak berpuasa, setelah sebulan penuh kita menjalankan ibadah mulia tersebut. Kita saat ini telah berada di hari kegembiraan, Hari Raya Idul Fitri.

2. Contoh pembukaan ceramah khutbah shalat Jumat

إِنّ الْحَمْدَ ِللهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَسَيّئَاتِ أَعْمَالِنَا مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاّ اللهُ وَأَشْهَدُ أَنّ مُحَمّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ

اَللهُمّ صَلّ وَسَلّمْ عَلى مُحَمّدٍ وَعَلى آلِهِ وِأَصْحَابِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدّيْن

يَاأَيّهَا الّذَيْنَ آمَنُوْا اتّقُوا اللهَ حَقّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنّ إِلاّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ

اللّهُمَّ عَلِّمْنَا مَا يَنْفَعُنَا، وَانْفَعَنَا بِمَا عَلَّمْتَنَا، وَزِدْنَا عِلْماً، وَأَرَنَا الحَقَّ حَقّاً وَارْزُقْنَا اتِّبَاعَهُ، وَأَرَنَا البَاطِلَ بَاطِلاً وَارْزُقْنَا اجْتِنَابَهُ

Ma’asyiral muslimin rahimani wa rahimakumullah,

Segala puji kita panjatkan pada Allah Ta’ala atas berbagai macam nikmat yang telah Allah anugerahkan kepada kita sekalian. Allah masih memberikan kita nikmat sehat dan umur panjang. Namun, nikmat utama yang harus paling kita syukuri adalah kita masih diberikan nikmat iman dan Islam.

3. Contoh pembukaan ceramah Islami

Pembukaan ceramah diawali dengan mengucapkan salam yakni ‘Assalamu’alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh’. Setelah itu dilanjutkan dengan mengucapkan puji syukur kepada Allah dan shalawat kepada Nabi Muhammad, serta ucapan hormat kepada audiens atau hadirin. Berikut ini adalah contoh singkatnya.

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Bismillahirrahmanirrahim.

Kaum muslimin muslimat Rahimakumullah, marilah kita tidak henti-hentinya memanjatkan puji syukur kepada Allah.

Karena dengan nikmat-Nya, Allah masih memberikan kita kesempatan untuk hadir dalam acara mulia ini.

Semoga dalam acara mulia ini, kita semua mendapatkan rahmat dan ampunan Allah SWT.

4. Contoh pembukaan ceramah yang baik dalam agama Islam

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Innalhamdalillah washolatu wasalamu ala rosulillah sayyidina Muhammad ibni abdillah wa ala alihi wasohbihi waman walah, amma ba’du.

Hadirin sidang majelis muslimin wal muslimat yang semoga Allah Ta’ala muliakan dunia dan akhirat.

Alhamdulillah, dengan izin Allah kita bisa berkumpul di tempat ini. Mudah-mudahan berkumpulnya kita di sini, merupakan amal kebajikan sehingga kita bisa bertawasul dengan amal tersebut. Berharap Allah jadikan hari yang akan datang dalam kehidupan kita lebih baik dibandingkan hari ini. InsyaAllah, aamiin.

5. Contoh pembukaan ceramah sederhana

Manajemen Keuangan

6. Contoh pembukaan ceramah singkat

pembukaan ceramah
Manajemen Keuangan

7. Contoh pembukaan ceramah untuk online meeting

pembukaan ceramah
Artikel Rumah 123

8. Contoh pembukaan ceramah bagi pelajar

pembukaan ceramah
Manajemen Keuangan

9. Contoh pembukaan ceramah umum

pembukaan ceramah
Academia

10. Contoh pembukaan ceramah

pembukaan ceramah
Scribd

Nah Sedulur, demikian informasi singkat mengenai pembukaan ceramah. Di atas, telah kita pahami bersama bahwa ceramah adalah sebuah pidato oleh seseorang di hadapan banyak pendengar, mengenai suatu hal, pengetahuan, dan sebagainya. Pidato ceramah tersebut dibawakan oleh seorang penceramah yang sudah ahli dalam bidang yang ia bicarakan.

Dalam suatu teks ceramah, akan Sedulur dapati beberapa unsur, mulai dari penceramah, pendengar, materi, metode ceramah, dan juga media ceramah. Salah satu bagian materi yang tidak dapat dilupakan adalah pembukaan ceramah. Ia menjadi awalan penting untuk membuka sesi ceramah agar perhatian pendengar tertuju kepada penceramah.

Terdapat 10 contohnya yang dapat dijadikan referensi bagi Sedulur yang membutuhkan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat serta menambah pengetahuan, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.