7 Macam Macam Sereal Untuk Sarapan, Mana Pilihanmu?

Sereal merupakan salah satu jenis makanan yang dipilih untuk sarapan. Yuk, simak apa saja macam macam sereal yang ada.

Mungkin Sedulur hanya mengetahui bahwa sereal terbuat dari oat atau gandum saja, atau mungkin Sedulur menyangka bahwa oat dan gandum merupakan bahan yang sama namun berbeda namanya? Jika Sedulur berpikiran begitu, maka pikiran Sedulur jelas salah total.

Superapp.id kali ini akan membahas beberapa jenis atau bahan yang biasa digunakan untuk membuat sereal. Terdapat beberapa macam macam sereal yang dibedakan dari bahan dasar pembuatannya. Tentu saja, untuk mengetahui merek sereal terbaik, Sedulur juga harus mengetahui macam macam sereal.

Dengan mengetahui macam macam sereal, Sedulur dapat menentukan apa saja sereal sarapan atau sereal sehat, baik itu sereal oat, sereal gandum dan lainnya. Yuk, mari langsung saja kita simak jenis sereal yang adalah yang biasa digunakan sebagai sarapan sereal dalam penjelasan di bawah ini.

Baca Juga: 5 Macam Bumbu Dapur Yang Bisa Digunakan Untuk Obat

Daftar Macam Macam Seral untuk Sarapan yang Harus Sedulur Ketahui!

1. Sereal Gandum

1.   Sereal Gandum

Jenis pertama sereal adalah sereal gandum. Banyak yang salah sangka dan keliru, bahwa oat dan gandum adalah bahan yang sama. Faktanya, keduanya merupakan bahan yang berbeda. Gandum merupakan salah satu jenis tanaman rerumputan, yang sering gunakan sebagai bahan membuat tepung dan roti.

Gandum merupakan salah satu bahan dasar pembuatan sereal. Banyak sereal yang terbuat dari gandum dikarenakan gandum merupakan bahan dasar yang mudah diperoleh dan memiliki kandungan yang sangat bergizi. Salah jenis sereal yang paling banyak dijual adalah sereal gandum.

Sedulur hampir bisa dipastikan tidak akan kesulitan untuk mendapatkan jenis atau macam macam sereal satu ini. Karena gandum merupakan bahan yang tidak sulit didapat, dan para produsen sereal juga pada umumnya membuat sereal dengan berbahan gandum.

2. Sereal Oat

2.   Sereal Oat

Faktanya oat dan gandum merupakan dua jenis tanaman yang berbeda. Oat merupakan jenis tanaman yang dikenal dengan nama latin yaitu serealia yang masih memiliki kulit ari dan bakal biji. Berdasarkan hal tersebut, banyak yang menyebut bahwa oat adalah gandum utuh.

Kandungan oat yang terdiri dari serat, vitamin dan nutrisi lainnya lebih banyak dan lebih komplit dibandingkan dengan gandum, oleh karena itu oat sangat cocok dijadikan sebagai bahan membuat sereal yang dikonsumsi sebagai menu sarapan. Namun mendapatkan oat tidak semudah mendapatkan gandum, oleh karena itu biasanya sereal yang terbuat dari oat memiliki harga yang cukup mahal.

3. Sereal Gandum Hitam

3.   Sereal Gandum Hitam

Selanjutnya adalah bahan yang biasa dibuat untuk sereal yang sangat jarang dan langka, yaitu gandum hitam. Faktanya, gandum hitam sangat jarang diolah sebagai sereal, jarang bukan berarti tidak ada sama sekali. Karena pada umumnya, gandum hitam seringkali dijadikan sebagai bahan untuk membuat roti ketimbang sereal.

Gandum hitam, jika diperhatikan memiliki biji yang berwarna coklat dan nyaris kehitaman. Daun gandum hitam juga memiliki warna orange atau kehijauan. Salah satu jenis sereal ini sangat jarang ditemui di pasaran.

Baca Juga: 5 Macam Bumbu Kentang Goreng Lezat yang Mudah Dibuat

4. Sereal Jelai

4.   Sereal Jelai

Macam macam sereal selanjutnya adalah Jelai. Jelai jika dilihat secara sekilas sangat terlihat seperti kacang kedelai. Namun ukuran biji jelai tampak lebih kecil dibandingkan dengan kacang kedelai. Jelas bisa diolah menjadi sereal dan juga tepung.

Sama layaknya gandum hitam, pengolahan biji jelai untuk dijadikan sebagai sereal masih sangat jarang, hal tersebut karena biasanya jelai diolah menjadi tepung. Namun, jelas diakui sebagai salah satu jenis bahan pembuat sereal yang merupakan macam-macam sereal itu sendiri.

5. Sereal Jagung

5.   Sereal Jagung

Salah satu macam macam sereal yang sangat populer di Indonesia adalah sereal yang terbuat dari jagung. Hal tersebut tentu saja disebabkan karena jagung merupakan bahan baku yang tersedia sangat melimpah di Indonesia. Berbagai olahan camilan banyak menggunakan jagung sebagai bahan utamanya.

Jagung bisa langsung diolah menjadi kepingan sereal yang akan memiliki rasa yang gurih dan mengandung sedikit rasa manis. Bagi Sedulur yang bosan memakan sereal dari oat atau gandum, Sereal berbahan jagung sangat cocok menjadi pilihan alternatif. Faktanya, jagung merupakan bahan dasar yang memiliki banyak kandungan baik untuk tubuh dan bisa digunakan sebagai pengganti nasi.

6. Sereal Kacang atau Biji-bijian

6.   Sereal Kacang atau Biji-bijian

Macam-macam sereal selanjutnya terbuat dari jenis kacang atau biji-bijian. Macam macam sereal satu ini akan mengandung banyak vitamin dan kandungan gizi lainnya. Hal tersebut dikarenakan sereal ini akan memiliki kandungan yaitu vitamin D, asam folat dan serat yang berasal dari bahan dasar pembuatannya.

Salah satu macam macam sereal yang bisa dijadikan alternatif selain sereal jagung. Namun, Sedulur memerlukan usaha ekstra untuk mendapatkan salah satu macam macam sereal ini, karena jarang sekali yang menjual sereal yang terbuat dari kacang atau biji-bijian.

7. Whole Grain Cereal

7.   Whole Grain Cereal

Seperti namanya, salah satu macam macam sereal kali ini terbuat dari beberapa bahan campuran, mulai dari biji-bijian, gandum, oat dan tanaman lain yang memiliki kandungan serat tinggi. Biasanya sereal memiliki dua macam, pertama yang ditambahkan gula dan yang tidak dicampur dengan gula.

Sereal satu ini merupakan salah satu macam-macam sereal yang memiliki dua macam sereal di atas. Sereal dipercaya sangat ampuh untuk mengurangi kolesterol dan membantu kesehatan jantung. Alangkah lebih baiknya, memilih mengkonsumsi macam macam sereal yang lebih sehat, yaitu yang tidak dicampur dengan gula.

Semoga penjelasan mengenai macam macam sereal di atas bisa menambah pengetahuan Sedulur dan juga bisa memberi masukan bagi Sedulur yang ingin membeli sereal. Agar semakin mudah dan untung, Sedulur bisa membeli produk yang telah di ulas di atas di Aplikasi Super.

Karena Aplikasi Super menyediakan segala produk kebutuhan sehari-hari, termasuk kebutuhan dapur dan kebutuhan untuk makan. Menggunakan Aplikasi Super dijamin membuat Sedulur untuk melimpah, karena Aplikasi Super menjual produk dengan harga yang murah dibandingkan yang lainnya.

Menggunakan Aplikasi Super bukan hanya memberikan keuntungan dan kemudahan dalam hal belanja sembako. Dalam kondisi apapun Aplikasi Super siap melayani setiap kebutuhan sembako yang dibutuhkan oleh Sedulur Super sekalian.

Aplikasi Super akan memberikan pelayanan yang maksimal dan prima bagi setiap Sedulur Super sekalian. Hal ini dikarenakan Aplikasi Super memiliki misi untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dan juga kesejahteraan hidup masyarakat Indonesia.

Seperti apapun kondisi yang terjadi, Aplikasi Super sebagai sebuah platform digital yang bergerak di bidang sembako selalu siap untuk memberikan pelayanan bagi setiap Sedulur Super, para pelanggan setia Aplikasi Super.

Jika Sedulur tertarik, Sedulur bisa klik di sini untuk mengunjungi laman Aplikasi Super dan mempelajari Aplikasi Super lebih jauh lagi. Jangan lupa untuk download Aplikasi Super dan mulai gunakan Aplikasi Super agar hidup Sedulur semakin mudah dan menguntungkan.