MACAM MACAM SEREAL

Sedulur mungkin mengetahui bahwa sereal hanya terbuat dari oat atau gandum saja. Atau Sedulur menyangka bahwa oat dan gandum merupakan bahan yang sama namun berbeda namanya? Jika Sedulur berpikiran begitu, maka pikiran Sedulur jelas salah total. Hal ini tidak lepas dari ada banyak sekali bahan yang bisa diproduksi menjadi berbagai macam-macam sereal.

Kali ini, kita akan membahas secara lengkap tentang beberapa jenis atau bahan yang biasa digunakan untuk membuat sereal. Terdapat beberapa macam macam sereal yang dibedakan dari bahan dasar pembuatannya. Tentu saja, untuk mengetahui merek sereal terbaik, Sedulur juga harus mengetahui macam macam sereal juga.

Dengan mengetahui macam macam sereal, Sedulur dapat menentukan apa saja sereal sarapan atau sereal sehat, baik itu sereal oat, sereal gandum dan lainnya. Yuk, mari langsung saja kita simak jenis sereal yang adalah yang biasa digunakan sebagai sarapan sereal dalam penjelasan di bawah ini.

BACA JUGA: 5 Macam Bumbu Dapur Yang Bisa Digunakan Untuk Obat

Kandungan gizi sereal

iStock

Sebelum membahas macam macam sereal, ada baiknya Sedulur mengetahui kandungan gizi apa saja yang umumnya terkandung di dalamnya. Serealia atau biji-bijian merupakan kelompok tanaman yang dimanfaatkan biji atau bulirnya sebagai sumber karbohidrat. Selain memiliki nilai gizi, sereal juga memiliki nilai ekonomi yang tinggi. 

Secara umum, sereal memiliki kandungan pati dan protein yang cukup tinggi. Sereal juga rendah lemak sehingga baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan. Mulai dari mengatasi masalah sembelit karena mengandung serat, hingga meminimalisir penyakit berbahaya seperti kanker karena kandungan beberapa senyawa kimianya.  

BACA JUGA: 10 Resep Makanan Tinggi Protein dan Manfaatnya untuk Tubuh

Daftar Macam Macam Seral untuk Sarapan yang Harus Sedulur Ketahui!

1. Sereal Gandum

macam macam sereal
Alamy

Jenis pertama sereal adalah sereal gandum. Banyak yang salah sangka dan keliru, bahwa oat dan gandum adalah bahan yang sama. Faktanya, keduanya merupakan bahan yang berbeda. Gandum merupakan salah satu jenis tanaman rerumputan, yang sering gunakan sebagai bahan membuat tepung dan roti.

Gandum merupakan salah satu bahan dasar pembuatan sereal. Banyak sereal yang terbuat dari gandum dikarenakan gandum merupakan bahan dasar yang mudah diperoleh dan memiliki kandungan yang sangat bergizi. Salah jenis sereal yang paling banyak dijual adalah sereal gandum.

Sedulur hampir bisa dipastikan tidak akan kesulitan untuk mendapatkan jenis atau macam macam sereal satu ini. Karena gandum merupakan bahan yang tidak sulit didapat, dan para produsen sereal juga pada umumnya membuat sereal dengan berbahan gandum.

2. Sereal Oat

macam macam sereal
vegansociety

Faktanya oat dan gandum merupakan dua jenis tanaman yang berbeda. Oat merupakan jenis tanaman yang dikenal dengan nama latin yaitu serealia yang masih memiliki kulit ari dan bakal biji. Berdasarkan hal tersebut, banyak yang menyebut bahwa oat adalah gandum utuh.

Kandungan oat yang terdiri dari serat, vitamin dan nutrisi lainnya lebih banyak dan lebih komplit dibandingkan dengan gandum, oleh karena itu oat sangat cocok dijadikan sebagai bahan membuat sereal yang dikonsumsi sebagai menu sarapan. Namun mendapatkan oat tidak semudah mendapatkan gandum, oleh karena itu biasanya sereal yang terbuat dari oat memiliki harga yang cukup mahal.

3. Sereal Gandum Hitam

macam macam sereal
Amazon

Selanjutnya adalah bahan yang biasa dibuat untuk sereal yang sangat jarang dan langka, yaitu gandum hitam. Faktanya, gandum hitam sangat jarang diolah sebagai sereal, jarang bukan berarti tidak ada sama sekali. Karena pada umumnya, gandum hitam seringkali dijadikan sebagai bahan untuk membuat roti ketimbang sereal.

Gandum hitam, jika diperhatikan memiliki biji yang berwarna coklat dan nyaris kehitaman. Daun gandum hitam juga memiliki warna orange atau kehijauan. Salah satu jenis sereal ini sangat jarang ditemui di pasaran.

BACA JUGA: 5 Macam Bumbu Kentang Goreng Lezat yang Mudah Dibuat

4. Sereal Jelai

macam macam sereal
eatthis.com

Macam macam sereal selanjutnya adalah Jelai. Jelai jika dilihat secara sekilas sangat terlihat seperti kacang kedelai. Namun ukuran biji jelai tampak lebih kecil dibandingkan dengan kacang kedelai. Jelas bisa diolah menjadi sereal dan juga tepung.

Sama layaknya gandum hitam, pengolahan biji jelai untuk dijadikan sebagai sereal masih sangat jarang, hal tersebut karena biasanya jelai diolah menjadi tepung. Namun, jelas diakui sebagai salah satu jenis bahan pembuat sereal yang merupakan macam-macam sereal itu sendiri.

5. Sereal Jagung

realiablefoods.com

Salah satu macam macam sereal yang sangat populer di Indonesia adalah sereal yang terbuat dari jagung. Hal tersebut tentu saja disebabkan karena jagung merupakan bahan baku yang tersedia sangat melimpah di Indonesia. Berbagai olahan camilan banyak menggunakan jagung sebagai bahan utamanya.

Jagung bisa langsung diolah menjadi kepingan sereal yang akan memiliki rasa yang gurih dan mengandung sedikit rasa manis. Bagi Sedulur yang bosan memakan sereal dari oat atau gandum, Sereal berbahan jagung sangat cocok menjadi pilihan alternatif. Faktanya, jagung merupakan bahan dasar yang memiliki banyak kandungan baik untuk tubuh dan bisa digunakan sebagai pengganti nasi.

6. Sereal Kacang atau Biji-bijian

nourisheveryday

Macam-macam sereal selanjutnya terbuat dari jenis kacang atau biji-bijian. Macam macam sereal satu ini akan mengandung banyak vitamin dan kandungan gizi lainnya. Hal tersebut dikarenakan sereal ini akan memiliki kandungan yaitu vitamin D, asam folat dan serat yang berasal dari bahan dasar pembuatannya.

Salah satu macam macam sereal yang bisa dijadikan alternatif selain sereal jagung. Namun, Sedulur memerlukan usaha ekstra untuk mendapatkan salah satu macam macam sereal ini, karena jarang sekali yang menjual sereal yang terbuat dari kacang atau biji-bijian.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Makanan Untuk Diet Sehat Yang Harus Dicoba

7. Whole Grain Cereal

bakeryandsnack

Seperti namanya, salah satu macam macam sereal kali ini terbuat dari beberapa bahan campuran, mulai dari biji-bijian, gandum, oat dan tanaman lain yang memiliki kandungan serat tinggi. Biasanya sereal memiliki dua macam, pertama yang ditambahkan gula dan yang tidak dicampur dengan gula.

Sereal satu ini merupakan salah satu macam-macam sereal yang memiliki dua macam sereal di atas. Sereal dipercaya sangat ampuh untuk mengurangi kolesterol dan membantu kesehatan jantung. Alangkah lebih baiknya, memilih mengkonsumsi macam macam sereal yang lebih sehat, yaitu yang tidak dicampur dengan gula.

8. Quinoa

detikHealth

Jenis sereal yang terakhir adalah quinoa. Jenis ini merupakan biji yang berasal dari tanaman Chenopodium quinoa, yang menjadi makanan pokok masyarakat Indian di Pegunungan Andes, Amerika Selatan. Jenis ini disebut serealia semu karena bijinya tidak dihasilkan dari tumbuhan suku padi-padian.

Quinoa mengandung karbohidrat sebanyak 70% dan dilengkapi juga dengan protein dan serat yang baik untuk kesehatan. Serealia semu ini juga memiliki berbagai mineral penting, yaitu mangan, tembaga, zat besi, kalsium, dan zinc, serta beberapa vitamin, seperti vitamin B1, B2, B6 dan vitamin E. 

Setelah dimasak, quinoa akan mengeluarkan rasa sedikit creamy dan lembut namun tetap renyah. Mirip dengan nasi, quinoa juga bisa dikonsumsi dengan lauk maupun sayur-sayuran. Sebagai tambahan informasi, quinoa juga memiliki lapisan saponin yang akan memberikan sensasi rasa pahit jika tidak tidak dicuci dengan benar. 

BACA JUGA: 12 Makanan Terpedas di Dunia, Ada Yang Dari Indonesia Lho!

Merk macam macam sereal populer

1. Milo

Nestle Cereals

Tak hanya mengeluarkan produk susu, Nestle juga memiliki sereal bernama Milo. Produk yang menjadi favorit anak-anak ini rupanya juga memiliki rasa yang mirip dengan susu Milo, bahkan seperti memakan bubuk susu Milo secara langsung. 

Produk ini memiliki berbagai ukuran kemasan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Dengan rentang harga mulai dari Rp7.990 – Rp82.000, Sedulur bisa membelinya versi terkecil dahulu untuk mencicipinya.

2. Koko Krunch

Sabrina Rooms

Salah satu sereal paling populer di Indonesia adalah Koko Krunch. Tak hanya memiliki bentuk yang unik, rasa sereal ini juga sangat lezat sehingga sangat laku di pasaran. Produk ini bahkan bisa dimakan langsung, diguyur dengan kuah susu, atau dijadikan topping smoothies. 

Koko Krunch diketahui menggunakan bahan-bahan berkualitas yang memiliki kandungan kalori rendah. Mengandung 8 vitamin, kalsium, dan zat besi, membuat sereal ini bisa dijadikan menu sarapan yang menyehatkan. Selain itu, kemasannya juga beragam dari 32 gram hingga kemasan box berukuran 330 gram dengan harga mulai dari Rp7.200 – Rp79.000 saja.

3. Quaker Oatmeal Instant

Hokishop

Bagi pecinta oat, merk Quaker Oat pasti sudah tidak asing lagi di telinga. Produk yang terbuat dari bahan dasar haver murni ini memiliki rasa tawar, sehingga sangat mudah dikreasikan menjadi berbagai menu makanan yang menyehatkan untuk tubuh. 

Mudahnya, Sedulur bisa menambahkan air atau susu ke dalam mangkuk berisi beberapa sendok oat ini saat sarapan. Setelah diaduk, teksturnya akan berubah menjadi seperti bubur yang lembut dengan sedikit berbulir.

Selain dinikmati dengan cara di atas, Quaker Oat juga bisa diolah menjadi menu makanan gurih atau asin lainnya. Misalnya adalah membuat telur dadar dengan campuran oat, hingga membuat nasi goreng menggunakan oat. Dengan harga mulai dari Rp12.000 saja, Sedulur sudah bisa menikmati menu sehat ini.

BACA JUGA: Pilihan Jenis Makanan Sehat dan Manfaatnya untuk Kesehatan

4. Energen

snack mazter

Merk sereal populer berikutnya adalah Energen. Sereal yang mengandung berbagai kandungan gizi baik ini sangat cocok dijadikan menu sarapan di pagi hari. Sedulur bisa memilih berbagai varian rasa yang tersedia, mulai dari cokelat, vanila, jagung, jahe, hingga kacang hijau. 

Secara umum, satu bungkus Energen terdiri dari 150 kalori dari krimer nabati, susu bubuk, varian rasa, perisa, dan pewarna alami. Sedulur hanya perlu melihat dengan jeli pada kemasannya untuk mendapatkan nutrisi apa yang diinginkan. Bila tertarik mencobanya, produk ini dijual dengan harga mulai dari Rp8.500.

5. Honey Stars

Nilai Gizi

Honey Star merupakan sereal berbentuk bintang dengan rasa yang manis. Sereal ini terbuat dari campuran gandum dan oat, yang dicampur dengan madu yang manis sesuai namanya. Sereal ini juga menduduki salah satu sereal populer yang menjadi incaran masyarakat Indonesia.

Produk ini diketahui mengandung setidaknya 5 vitamin dan 2 mineral yang baik untuk tubuh. Sedulur juga bisa memilih varian dengan ukuran kemasan sesuai kebutuhan, dengan harga yang dibanderol mulai dari Rp9.870 – Rp55.800.

6. Froot Loops

cemilan4u

Berikutnya adalah Froot Loops, sereal unik dengan tampilan warna yang sangat beragam. Produk ini terbuat dari tepung jagung, tepung gandum, tepung barley, gula, garam, minyak kelapa sawit, premiks vitamin, mineral, dan pewarna (merah bit, beta-karoten dari blakeslea trispora, antosianin). Produk ini dijual dengan harga mulai dari Rp28.900 – Rp48.500.

BACA JUGA: Rekomendasi Makanan Khas Bali Yang Halal, Rasanya Spesial!

7. Kellogg’s Corn Flakes

Hypermart

Merk sereal populer yang terakhir adalah Kellogg’s Corn Flakes. Sereal yang biasanya digunakan sebagai camilan sehat dan menu sarapan sehari-hari ini rupanya terbuat dari 89% ekstrak jagung. Selain itu, sereal ini juga mengandung ekstrak malt, garam, gula, premix vitamin, dan mineral.

Bahan dasar jagung pada sereal ini membuatnya memiliki rasa manis dan enak. Meskipun manis, namun sereal Corn Flakes ini memiliki kadar gula yang sangat rendah, sehingga tidak perlu terlalu khawatir dengan diabetes. Namun juga jangan terlalu berlebihan dalam mengonsumsinya, ya! Bila tertarik, Sedulur bisa mendapatkan dengan harga mulai dari Rp22.000 – Rp37.700.

Nah, itu dia macam macam sereal dan beberapa merk populer yang bisa Sedulur coba di rumah. Selain dijadikan sebagai menu sarapan, produk-produk sereal tersebut juga bisa dijadikan camilan sehat yang mengenyangkan. 

Bila masih kurang, Sedulur juga bisa membeli aneka camilan, snack, dan minuman ringan lainnya melalui Aplikasi Super. Tak hanya tersedia produk yang lengkap, Sedulur juga akan mendapatkan harga terbaik dengan berbagai diskon dan cashback menarik. 

Lebih dari itu, proses pengirimannya juga sangat cepat dan tentunya tanpa biaya. Sedulur hanya perlu diam di rumah dan barang akan diantar satu hari setelah pemesanan. Menarik sekali, bukan? Yuk, download Aplikasi Super di Google PlayStore sekarang!