Apa saja sih macam-macam bumbu dapur yang bisa digunakan menjadi obat? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

Kekayaan Indonesia terletak pada rempah-rempahnya. Rempah tersebut bisa dijadikan bumbu dapur atau obat-obatan. Bahkan, yang membuat bangsa Portugis dan Belanda datang ke Nusantara pada masa lalu adalah rempah-rempah itu sendiri.

Ketersediaan rempah yang melimpah tersebut memberikan berbagai masakan Indonesia memiliki citarasa yang khas. Selain itu, dunia kesehatan tradisional Indonesia pun cukup maju pada zamannya, karena memanfaatkan rempah-rempah yang tersedia.

Superapp-id dalam artikel kali ini akan membahas macam macam bumbu dapur dan manfaatnya sebagai obat-obatan. Manfaat bumbu dapur yang menjadi obat tersebut sudah terbukti ampuh dan digunakan oleh nenek moyang kita sebagai pengobatan.

Yuk, langsung saja kita simak beberapa macam  bumbu dapur yang bisa digunakan sebagai obat dalam penjelasan di bawah ini.

Baca Juga: Bumbu Nasionalis yang Menggugah Selera Lidah

Daftar Macam Macam Bumbu Dapur yang Berfungsi Sebagai Obat

1. Bawang Merah

1. Bawang Merah

Memiliki fungsi sebagai bumbu dapur yang paling penting di setiap makanan, bawang merah juga merupakan bumbu dapur untuk obat luka. Hal tersebut disebabkan karena kandungan flavonoid dan fanol yang memiliki sifat sebagai antioksidan.

Sifat antioksidan ini juga sangat baik untuk melindungi diri dari radikal bebas yang mengancam kesehatan tubuh kita. Selain itu, senyawa sulfur yang terdapat di dalam bawang merah berfungsi sebagai penyeimbang kadar gula darah yang baik untuk penderita kolesterol.

2. Bawang Putih

2.       Bawang Putih

Salah satu macam rempah dapur yang berperan penting adalah bawang putih. Setiap masakan Indonesia pasti menggunakan bawang putih sebagai penyedap sebuah masakan. Kandungan allicin dan minyak dialil trisulfida di dalam bawang putih mampu mengobati penyakit kronis.

Penyakit kronis seperti diabetes, kolesterol, dan hipertensi, hingga melindung jantung dan mengobati sakit gigi juga ampuh oleh kandungan allicin dan minyak dialil trisulfida yang terdapat dalam bawang putih.

3. Kunyit

3.       Kunyit

Tanaman obat yang dijadikan bumbu dapur oleh orang Jawa yang bermanfaat sebagai antiinflamasi adalah kunyit. Macam macam bumbu dapur ini mengandung zat curcumin yang berperan sebagai antiinflamasi yang sangat baik untuk meredakan sakit, terutama bagi perempuan yang sedang menstruasi.

Selain itu, kunyit juga bermanfaat untuk mengobati sakit kepala, sakit perut dan nyeri sendi. Bukan hanya itu, kunyit juga efektif untuk meningkatkan nafsu makan yang sedang menurun.

Baca Juga: 22 Bumbu Dapur & Rempah dan Manfaat di Baliknya – Wajib Tau

4. Lada

4.       Lada

Kandungan yang terdapat pada lada adalah zat piperin yang sangat baik untuk menurunkan kadar gula darah dan sering kali digunakan sebagai obat oleh para penderita diabetes. Selain itu, makanan yang menggunakan lada sangat baik bagi penderita flu untuk meredakannya.

Selain itu, lada juga dipercaya ampuh untuk mencegah kerusakan sel dan mengatasi penyakit maag dan juga meredakan sakit akibat peradangan.

5. Jahe

5.       Jahe

Salah satu bumbu dapur untuk obat penyakit kulit dan juga dapat berperan untuk menghangatkan tubuh adalah jahe. Jahe juga dapat meredakan rasa sakit, nyeri, pegal-pegal dan mual serta perut kembung. Sedulur bisa menikmati jahe dengan menjadikannya sebagai minuman.

Semoga daftar dan macam bumbu dapur di atas bisa menambah pengetahuan Sedulur terkait peran lain dari bumbu dapur, yaitu sebagai obat-obatan. Karena fungsi dan peran ganda tersebut, Sedulur tentunya harus menyediakan bumbu dapur sebagai stok dan cadangan.

Sedulur bisa membeli bumbu dapur yang telah dibahas di atas di Aplikasi Super. Kualitas bumbu dan rempah-rempah yang dijual di Aplikasi Super sangat terpercaya dan berkualitas tinggi. Jangan lupa untuk download Aplikasi Super dan klik di sini bagi Sedulur yang ingin mempelajari Aplikasi Super lebih dalam lagi.