merk oregano yang mudah dicari

Pada menu ala Italia, penggunaan merk oregano yang mudah dicari sering dijadikan sebagai bumbu pelengkap karena aromanya yang tajam dan kuat. Tak hanya itu, warnanya yang cantik juga membuat oregano berhasil mempercantik tampilan masakan.

Bumbu dapur yang termasuk ke dalam jenis Italian herbs ini, umumnya dipasarkan dalam bentuk bubuk, jadi tinggal ditaburkan saja ke olahan western yang Sedulur buat. Tanaman oregano sendiri memiliki tinggi sekitar 20-80 cm dan dikenal dengan pot marjoram. 

Daunnya memiliki aroma khas dan menjadi rempah andalan untuk masakan Italia meskipun rasanya cenderung pahit. Ketika dikeringkan, aromanya justru menjadi lebih kuat dibandingkan dengan yang segar, sehingga sekarang banyak pihak yang menjual oregano bubuk

Ada perbedaan penggunaan antara oregano bubuk dan daun oregano segar. Oregano bubuk memberikan rasa yang tajam sehingga sering digunakan sebagai bumbu, sementara itu daun oregano segar dimanfaatkan sebagai garnish. Biar tidak bingung simak berikut ini ya!

-->

BACA JUGA: 10+ Rekomendasi Paprika Powder Merek Terbaik Beserta Harganya!

Rekomendasi Merk Oregano Terbaik

Penggunaan keduanya memang cukup luas, baik untuk masakan Italia, Turki, Yunani, dan Spanyol. Sebut saja pasta, sup, salad, kambing guling, dan daging panggang, semuanya menjadi lebih wangi berkat tambahan daun oregano.

Bagi Sedulur yang sedang mencari bumbu masak ini, berikut merk oregano yang mudah dicari dan bisa Sedulur coba buat hidangan kamu!

1. Cap Djepati Oregano Leaves

merk oregano yang mudah dicari
Unsplash/Laura Mitulla

Oregano bubuk terbaik yang berada pada urutan kedua yaitu dari Cap Djepati dengan kisaran harga Rp14.300 saja. Ukuran per produknya yaitu berisi 20 gram daun oregano yang halal dan segar.

Terbuat dari daun oregano yang berkualitas baik dan tentunya pilihan. Sehingga, tidak hanya baik digunakan untuk membuat makanan saja, namun bisa juga Sedulur seduhkan pada pembuatan minuman herbal.

Sudah mengantongi izin dari BPOM RI dan tahan disimpan pada suhu ruangan. Pastinya, produk oregano bubuk ini sudah memenuhi standar dari GMP. Tidak mengandung bahan pengawet, bahan pewarna, bahan perasa buatan, dan campuran bahan-bahan kimia yang lainnya. Yang lebih penting yaitu tidak mengandung MSG pastinya.

2. Mr. Boem Boe Oregano

Mr. Boem-Boe Oregano merupakan perusahaan yang memproduksi berbagai bumbu masakan dan beberapa produknya dikenal masyarakat. Mereka menghadirkan bumbu di mana bumbu tersebut diolah dari racikan bahan terbaik dengan rempah-rempah pilihan, sehingga lebih menyerap pada makanan dan akan lebih terasa.

Sementara, bumbu tersebut pun akan membuat masakan menjadi lebih lezat, nikmat, dan mudah disajikan serta tentunya dengan rasa yang mantap. Dengan harga Rp35 ribuan per 20 gram, Sedulur pun bisa berkreasi menu hidangan sehari-hari dengan Mr. Boem Boe Oregano.

3. Kokiko Daun Oregano

Kokiko Daun Oregano merupakan daun oregano kering atau dried oregano yang kerap jadi pilihan. Kemasan botolnya besar 25 gram dengan harga Rp16.500. Ada juga kemasan pouch kecil 50 gram dan pouch besar atau horeka 500 gram.

Dengan produk ini, Sedulur bisa menjelajahi bumbu pilihan alami hasil bumi Indonesia untuk keluarga sehat kamu. Kokiko 100% alami, bebas MSG, tanpa bahan pengawet dan tanpa bahan tambahan. Di dalamnya juga kaya akan antioksidan dan kaya vitamin. Kokiko akan meningkatkan rasa makanan sekaligus kesehatan Sedulur dan seluruh keluarga.

4. La Fancy Daun Oregano

Produk oregano bubuk yang pertama hadir dari brand La Fancy dan berisi 15 gram untuk satu botol kemasannya. Harganya yaitu Rp16.731 yang aman disimpan pada suhu ruangan. Terjamin kesegarannya dan sudah mengantongi izin halal dari MUI. Selain itu, juga sudah terbuat dari bahan-bahan yang berkualitas baik dan terdapat izin resmi dari BPOM RI. 

Pada bagian tutupnya sudah dilengkapi dengan segel yang mana keamanannya jadi lebih terjamin. Sedulur bisa mengaplikasikan oregano bubuk ini menggunakan takaran sendok atau langsung menaburkannya saja. Pastinya, bisa diberikan untuk masakan agar sensasi rasanya jadi lebih sempurna. Kemudian, untuk kesehatan Sedulur bisa mengkonsumsinya sebagai minuman herbal yang kaya akan manfaat.

5. Sanfood Brilian Oregano Leaves

Terbuat dari komposisi utama berupa daun oregano yang asli dan segar, produk oregano bubuk dari Sanfood Brilian tersebut sudah mengantongi izin halal MUI dengan harga Rp14 ribuan. Pastinya, bisa membantu Sedulur dalam memberikan sentuhan rasa terbaik ketika memasak. Hal ini membuat rasa pada masakan jadi lebih unik dan juga sempurna. 

Selain itu, produk ini aman dikonsumsi karena sudah ada izin dari Dinkes PIRT. Kualitasnya juga bagus dan terbukti higienis. Sehingga, bisa membuat badan terasa sehat selama mengkonsumsinya. Kemasannya juga tidak terlalu besar yaitu berisi 50 gram yang bisa Sedulur campurkan ke dalam makanan atau minuman herbal. Tentunya, lebih praktis dan wajib ada pada bagian dapur rumah kamu.

6. GARLICKYS Oregano Bubuk

paprika powder merek
Pexels/Karolina Grabowska

Dibuat menggunakan 100% daun oregano, rekomnedasi merk oregano yang mudah dicari  selanjutnya adalah GARLICKYS Oregano Bubuk. Bumbu ini sudah dipastikan memperoleh izin edar dari Kementrian Pertanian RI sebagai jaminan keamanannya. Produk ini dipastikan tidak mengandung pewarna maupun pengawet sintetis, tetapi dapat tahan hingga setahun lebih.

Variasi penggunaannya pun cukup luas, bisa untuk pizza, pasta, ayam panggang, salad, serta olahan sayur. Dikemas dalam botol plastik seberat 15 gram, GARLICKYS Oregano Bubuk dijual dengan harga Rp13 ribuan .

7. Koepoe Koepoe Oregano Leaves

Selain keperluan kue atau baking, Koepoe Koepoe juga memproduksi rempah untuk olahan western food, salah satunya oregano bubuk. Bumbu ini dibuat menggunakan 100% daun oregano tanpa tambahan apapun sehingga akan membuat rasa masakan jadi lebih unik.

Pada bagian tutupnya terdapat lubang-lubang kecil, jadi akan mempermudah Sedulur untuk mengaplikasikan Koepoe Koepoe Oregano Leaves ke masakan. Dikemas dengan berat bersih 14 gram, bumbu ini dapat dibeli dengan harga Rp7 ribuan .

8. Organic Center Bubuk Oregano

Daun oregano yang digunakan sebagai bahan baku Organic Center Oregano Bubuk memiliki kualitas terbaik dan dipastikan non-GMO, jadi akan membuat masakan Sedulur akan terasa lebih enak.

Keamanannya pun sudah terjamin dengan sertifikasi dari Dep Kes, jadi bisa dikonsumsi oleh seluruh anggota keluarga. Sedulur bisa membeli produk ini langsung di official store Organic Center dengan harga Rp40 ribuan  per kemasan 40 gram.

9. 113 Bumbu Masak Daun Oregano

Merk oregano yang mudah dicari  selanjutnya adalah 113 Bumbu Masak Daun Oregano. Bumbu instan ini mampu diaplikasikan pada berbagai macam jenis masakan seperti pasta, pizza, saus, lasagna, seafood, dan daging agar memiliki rasa yang lebih lezat. 

Aroma yang dihasilkan oleh oregano bubuk ini sudah sangat kuat, bahkan satu sendok teh daun oregano kering 113 setara dengan dua sendok teh daun oregano segar. Seperti beberapa produk sebelumnya, 113 Bumbu Masak Daun Oregano dikemas dalam botol plastik dan harganya Rp10 ribuan  untuk berat bersih 12 gram.

10. Jay’s Oregano Leaves

Terasa sedikit pahit, aromanya kuat, dan berwarna hijau agak gelap, menjadikan Jay’s Oregano Leaves sangat cocok ditambahkan ke banyak western food, baik itu pasta, pizza, lasagna, spaghetti sauce, hingga burger.

Bukan hanya menawarkan kualitas premium, oregano bubuk ini juga sudah memperoleh sertifikasi dari BPOM maupun halal MUI untuk menjamin kualitasnya. Jay’s Oregano Leaves dapat Sedulur beli melalui marketplace dengan harga Rp18 ribuan  untuk kemasan isi 25 gram.

BACA JUGA: 11 Rekomendasi Bombay Bubuk Sachet & Botol, Dijamin Praktis!

11. McCormick Oregano Leaves

merk oregano yang mudah dicari
Pexels/Karolina Grabowska

Telah ada sejak tahun 1889, kualitas produk brand asal Australia ini tentu tidak perlu diragukan lagi, termasuk oregano bubuknya. McCormick Oregano Leaves dibuat hanya menggunakan daun oregano kualitas terbaik yang melalui proses higienis sampai menjadi serbuk halus yang siap melezatkan masakan kamu.

Di Indonesia sendiri, oregano bubuk ini dipasarkan oleh Bosscow Official melalui marketplace dengan harga Rp33 ribuan  untuk kemasan 10 gram.

12. HAYS Oregano Leaves

Jika Sedulur mencari oregano bubuk untuk keperluan MPASI, bisa coba menggunakan HAYS Oregano Leaves. Produk ini dikemas menggunakan bahan aluminium yang dilengkapi ziplock sehingga kesegarannya bisa tahan lama.

Karena memiliki bentuk serbuk cenderung kasar, HAYS Oregano Leaves memang lebih cocok dijadikan sebagai taburan supaya tampilan masakan jadi lebih menarik. Setiap kemasan rempah ini memiliki berat bersih 20 gram dan dibanderol cukup murah, sekitar Rp11 ribuan  saja.

13. Cempaka Merah Oregano Bubuk

Memerlukan oregano bubuk untuk keperluan memasak lebih dari 10 porsi? Sedulur bisa membeli Cempaka Merah Oregano Bubuk kalau begitu. Produk ini dipastikan tidak mengandung tambahan pengawet, namun tetap bisa tahan selama berbulan-bulan, asalkan disimpan dalam lemari pendingin.

Dengan tekstur yang halus, Cempaka Merah Oregano memang lebih cocok dijadikan sebagai bumbu masakan. Jika mau mencobanya, rempah ini dijual dengan harga Rp45 ribuan  saja untuk kemasan 200 gram.

14. Beorganik Oregano Dried

Beorganik Oregano Dried hanya menggunakan daun oregano organik sebagai bahan bakunya, bahkan label organik tersebut sudah diakui melalui organic certificate berstandar SNI.

Ditambah lagi, oregano bubuk ini sudah mendapatkan izin Dinas Kesehatan sehingga kualitasnya tidak perlu diragukan lagi. Ada dua pilihan kemasan Beorganik Oregano Dried yang dapat dipilih, yaitu slim 30 gram dan big 90 gram dengan harga jual mulai Rp16 ribuan .

15. Nutrinio Dried Herbs Oregano Bubuk

Selain HAYS Oregano Leaves, Nutrinio Dried Herbs Oregano Bubuk juga dapat menjadi pilihan oregano bubuk untuk MPASI. Produk ini pun sudah mendapatkan izin edar dari Kementerian Kesehatan P-IRT sehingga sudah dijamin aman untuk anak, asalkan sudah berusia lebih dari 6 bulan.

Nutrinio Dried Herbs Oregano Bubuk dikemas dengan berat bersih 15 gram dan bisa dibeli dengan harga Rp16 ribuan .

BACA JUGA: 12 Bumbu Penyedap Rasa Terbaik untuk Segala Masakan

Bahan Pengganti Oregano untuk Masakan

masakan italia
Unsplash/Peter Dawn

Oregano biasanya digunakan dalam masakan untuk memberikan tambahan rasa dan aroma yang khas. Ada dua jenis oregano yang ada di pasaran, yakni oregano segar dan oregano bubuk. Oregano bubuk merupakan oregano segar yang dikeringkan, lalu digiling halus.

Oregano bubuk lebih banyak digunakan karena cara penggunaannya yang mudah, banyak dijumpai di supermarket atau pasar, dan aroma khasnya yang tajam. Biasanya oregano bubuk digunakan dalam masakan berkuah seperti sup, saus, hingga pasta. Sementara oregano segar biasanya digunakan sebagai garnish dalam seloyang pizza.

Lalu bagaimana jika Sedulur tidak memiliki oregano atau ingin mencoba bumbu lain? Berikut ini bahan pengganti oregano yang punya aroma maupun rasa yang mirip.

  • Marjoram

Pada beberapa resep, marjoram dan oregano digunakan secara bersamaan untuk cita rasa masakan yang lebih mantap. Namun marjoram bisa digunakan sebagai pengganti oregano secara keseluruhan. Takarannya, gunakan tiga sendok teh marjoram bubuk untuk menggantikan dua sendok teh oregano bubuk.

Rasa dari marjoram yang lembut, membuatnya tidak tahan dimasak dalam waktu lama. Jadi, tambahkan marjoram di akhir masakan agar aromanya masakan tercium harum. Marjoram bisa dibeli dengan mudah dalam bentuk bubuk yang dikemas botol plastik kecil.

  • Thyme

Thyme merupakan tanaman herbal asal Mesir yang memiliki daun mungil berbentuk oval. Sama halnya dengan marjoram, thyme juga masuk dalam keluarga mint. Thyme bisa digunakan sebagai bahan pengganti oregano dalam hidangan berkuah seperti sup tomat atau saus.

Sedulur bisa menggunakan thyme untuk menggantikan oregano dengan takaran yang sama.

  • Basil

Bahan pengganti oregano untuk pasta adalah basil. Sedulur bisa menemukan basil kering dalam kemasan dengan mudah di pasaran. Selain digunakan sebagai pengganti oregano untuk pasta, basil juga bisa digunakan untuk menggantikannya dalam hidangan daging sapi.

Sedulur bisa menggunakan basil segar atau kering untuk menggantikan oregano. Basil segar lebih memiliki aroma yang kuat. Rasio takaran untuk menggantikan oregano dengan basil adalah 1:1.

BACA JUGA: 12+ Rekomendasi Saus Blackpepper yang Enak dan Terjangkau

Tips Memilih Bubuk Oregano yang Berkualitas

Pexels/Katerina Holmes

Oregano mungkin menjadi salah satu pilihan bumbu yang sudah tidak asing lagi untuk digunakan untuk memasak. Biasanya memang oregano sangat lekat dengan olahan-olahan khas Barat karena cocok untuk dipadukan dengan aneka saus, pasta, hingga sup yang bisa dibuat sendiri di rumah. 

Di pasaran juga banyak sekali yang menjualnya. Sedulur bisa memilih bubuk oregano yang berkualitas dengan beberapa tips berikut ini agar cita rasa pada masakan tetap terjaga dan lezat.

  1. Pastikan kemasannya masih bagus dan tersegel

Tips pertama yang perlu Sedulur perhatikan adalah kemasan dari oregano tersebut, sebab hal ini bisa menunjukkan kualitas yang ada di dalamnya. Sedulur perlu memastikan bahwa kemasan dari oregano memang masih tersegel dengan baik dan tidak ada kerusakan sama sekali.

Kamu juga perlu pula memperhatikan tanggal kadaluarsa dari bubuk oregano yang akan dibeli, sehingga bisa memastikan bahwa tanggalnya masih cukup lama. Jangan sampai justru membeli bubuk oregano yang sudah lewat dari tanggal kadaluarsa, sebab kualitasnya juga sudah kurang bagus.

  1. Aromanya masih sangat khas

Bubuk oregano memang memiliki aroma yang sangat khas jika dibandingkan dengan bumbu-bumbu yang lain. Aroma khas tersebut bahkan bisa berupa seperti kombinasi antara aroma mint dengan sedikit apek, namun tidak sampai terasa berlebihan pada saat dicium secara langsung.

Aroma apek yang mungkin dimiliki bubuk oregano tentu perlu Sedulur antisipasi, apalagi jika terasa menyengat dan cenderung sangat mengganggu. Hal ini karena memang perubahan kualitas pada bubuk oregano juga akan secara otomatis mengubah aromanya, sehingga Sedulur perlu lebih berhati-hati lagi pada saat memilih bubuk oregano yang tepat.

  1. Bubuk oregano tidak menggumpal

Pada saat membeli bubuk oregano mungkin Sedulur dapat membuka kemasannya terlebih dahulu untuk melihat bagian dalamnya secara langsung. Hal ini untuk memastikan bahwa tidak ada bubuk oregano yang terlihat menggumpal, sebab bisa menandakan bahwa kualitasnya sudah tidak bagus.

Bubuk oregano yang menggumpal sebetulnya menjadi tanda bahwa ada kelembaban pada bagian dalam kemasan, sehingga membuat bubuknya jadi mudah menggumpal. Hal ini akan membuat jamur jadi mudah tumbuh pada bagian dalamnya, sehingga justru membuat kualitas dari bubuk oregano menjadi buruk.

  1. Bubuk oregano terlihat kering

Bubuk oregano sebetulnya memiliki ciri khas tersendiri yang mudah untuk dibedakan, yaitu tampilannya yang kering pada saat digunakan memasak. Hal ini karena memang bubuk oregano yang masih kering tentu menjadi tanda bahwa bumbu tersebut masih dalam kualitas yang bagus untuk diolah.

Kamu justru perlu berhati-hati apabila bubuk oregano yang Sedulur miliki sudah terasa lembab atau pun berair pada bagian dalamnya. Ini tandanya bubuk tersebut sudah tidak bagus lagi kualitasnya, sehingga tidak layak apabila digunakan memasak.

  1. Tidak ada perubahan warna dan rasa

Pada saat memilih bubuk oregano rasanya tidak lengkap apabila Sedulur tidak memperhatikan warna dan juga rasa pada bumbu tersebut. Hal ini sangat penting agar nantinya Sedulur dapat memastikan bahwa tidak ada perubahan warna atau pun rasa pada bubuk oregano, sehingga tetap bisa digunakan untuk memasak.

Pada umumnya bubuk oregano memiliki warna coklat keabu-abuan, namun jika sampai terlihat lebih gelap dan kusam dari biasanya maka bisa jadi sudah disimpan terlalu lama. Selain itu, perubahan cita rasa dari oregano yang terasa sangat menyengat dan mengganggu justru bisa menandakan bahwa kualitasnya memang sudah tidak bagus.

Itulah tadi merk oregano yang mudah dicari dan bisa Sedulur coba. Tentu olahan keluarga akan semakin lezat dan terasa ala masakan Italia!