merek susu evaporasi

Susu evaporasi merupakan produk susu pekat tanpa pemanis. Susu ini tidak sama dengan susu kental manis. Baik dari rasa, kandungan gula, dan konsistensinya. Saat ini merek susu evaporasi juga sedang digemari masyarakat karena harga terjangkau dan dianggap lebih sehat dibandingkan susu kental manis.

Susu evaporasi sendiri memang berbeda dengan susu kental manis. Salah satu perbedaannya ialah kandungan gula di dalam dua produk itu. Dilansir dari NC State University, susu evaporasi lebih sehat bagi tubuh karena tidak mengandung gula tambahan. Hal itu berbeda dengan susu kental manis. Selama ini, susu kental manis mempunyai tambahan gula dengan kadar cukup tinggi.

Gula tambahan tersebut dimasukkan untuk memperpanjang umur simpan susu kental manis. Sedulur bisa menggunakan susu evaporasi untuk makanan atau minuman. Sekarang juga ada beberapa merek susu evaporasi yang bisa kamu coba dengan harga terjangkau.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Susu Oat yang Menyehatkan

-->

Rekomendasi Merek Susu Evaporasi dan Harganya

Susu evaporasi adalah susu sapi segar yang diproses dengan cara dipanaskan dalam durasi waktu yang lebih lama atau dalam suhu panas tinggi untuk menghilangkan kadar air yang hingga sebanyak 60 persen.

Untuk melakukan proses evaporasi ini, susu harus dipanaskan hingga suhu ekstrim sekitar 120-125 derajat Celcius. Nah, supaya Sedulur tidak bingung simak  rekomendasi merek susu evaporasi berikut ini.

1. Nestle Carnation Evaporasi Rp17.000

merek susu evaporasi
Pexels/Ron Lach

Merek susu evaporasi dari Nestle yang satu ini telah banyak dijual di pasaran dan tidak hanya dijual di toko besar saja. Produk ini dibuat dengan higienis menggunakan alat-alat yang steril, sehingga tidak diragukan lagi kualitasnya.

Dengan menggunakan susu evaporasi Nestle Carnation Evaporasi ini, susu ini bisa Sedulur tambahkan ke berbagai jenis makanan atau kue bisa seperti puding, roti gandum, roti bakar, pisang goreng, atau es buah segar, dan lain-lain.

Susu evaporasi Nestle tersedia dalam dua varian yakni Nestle Carnation Evaporasi susu masakan dan susu minuman. Harga susu evaporasi Nestle Carnation dibanderol mulai dari Rp17.000

2. Sunbay Evaporated Milk Rp12.500

Rekomendasi merek susu evaporasi yang selanjutnya adalah Sunbay Evaporated Milk, yang merupakan sebuah produk olahan susu evaporasi yang murni tanpa gula tambahan sehingga hanya memiliki rasa manis alami. Susu evaporasi Sunbay ini merupakan produk impor dari Malaysia, yang di Indonesia diimpor oleh CV ANEKA SEMESTA NUTRISINDO.

Apakah susu evaporasi Sunbay sudah BPOM? Jawabannya adalah sudah dan bisa Sedulur cek langsung di situs resmi BPOM menggunakan nomor registrasi ML 501709323016. Harga susu evaporasi Sunbay Evaporated Milk dibanderol mulai dari Rp12.500 untuk kemasan yang paling kecilnya.

3. Tiga Sapi Susu Evaporasi Rp12.500

Sedulur pasti sudah tidak asing lagi dengan produk ini jika sering makan di restoran. Tiga Sapi Susu Evaporasi adalah produk yang banyak digunakan oleh pedagang minuman dan makanan yang biasanya ditampilkan di gerobak mereka.

Produk ini menjadi favorit toko, pedagang UMKM hingga restoran, dan menjadi favorit para ibu rumah tangga karena kualitasnya yang memang bagus.

Sedulur juga tidak perlu khawatir lagi karena susu evaporasi Tiga Sapi ini tidak cepat basi, karena susu ini dikemas dalam kemasan yang higienis dan memiliki tutup flip top yang membuatnya lebih tahan lama. Harga Tiga Sapi Susu Evaporasi yang merupakan produk dari Indofood ini dibanderol seharga mulai dari Rp12.500.

4. Milko Susu Evaporasi Rp8.700

Pexels/Pixabay

Merek susu evaporasi selanjutnya adalah Milko, yang mana susu evaporasi Milko banyak diakui memiliki rasa yang gurih dan creamy. Produk ini akan cocok jika digunakan untuk melengkapi beberapa jenis minuman seperti jus buah, teh hijau, teh thailand, kopi instan, dan jenis minuman kopi lainnya.

Harga Milko susu evaporasi ini dibanderol mulai dari Rp8.700 untuk kemasan kecil ukuran 210gr. Dikarenakan kemasan ukuran yang kecil dan harganya yang ekonomis, susu ini cocok untuk Sedulur yang baru pertama kali ingin mencoba mencicipi susu evaporasi.

5. Dairygold Evaporated Filled Milk Rp23.500

Dairygold Evaporated Filled Milk merupakan produk susu evaporasi yang mudah untuk digunakan karena tidak perlu di mix dengan air. Cukup praktis bukan, tinggal kamu tuang pada makanan dan minuman yang sedang kamu buat. Anti ribet-ribet club, simple dan praktis. Rasa yang ditawarkan pun cukup gurih.

Seperti pada jenis susu evaporasi lainnya, susu Dairygold Evaporated Filled Milk ini juga mudah digunakan karena tidak perlu dicampur dengan air. Dan kamu bisa langsung menambahkan pada makanan atau minuman yang Sedulur sukai. Harga susu evaporasi Dairygold Evaporated Filled Milk dibanderol mulai dari Rp23.500.

6. Luna Full Cream Evaporated Rp17.000

merek susu evaporasi
Pexels/Monstera Production

Bagi Sedulur pecinta bubur ketan hitam maupun bubur kacang hijau, produk yang satu ini sangat cocok kamu tambahkan pada kudapan tersebut. Rasa yang nikmat dan enak akan kamu dapatkan dari perpaduan kudapan dan susu evaporasi ini.

Susu ini memiliki rasa yang gurih sehingga sangat cocok ditambahkan pada makanan dan minuman yang manis untuk menetralkan rasa agar tidak eneg. Harga dari produk ini sebesar Rp17.000 dalam kemasan 170 gram bisa dengan mudah Sedulur dapatkan toko kelontong terdekat. 

7. Marigold Dawn Susu Evaporasi Rp19.500

Marigold Dawn Evaporated Milk sangat cocok apabila dijadikan sebagai pelengkap di setiap hidangan penutup sesi makan. Jika kamu  menyukai puding, es krim, dan brownies, tambahkan Marigold Dawn Evaporated Milk dan rasanya akan sempurna.

Produk ini memiliki kualitas yang sangat baik karena dibuat dari susu segar yang steril, yang memastikan bahwa tidak ada bakteri di dalamnya. Harga Marigold Dawn Susu Evaporasi dibanderol mulai dari Rp19.500 untuk kemasan kaleng ukuran 385gr.

8. F & N Susu Evaporated Filled Milk Rp17.500

Jika Sedulur sering membuat puding, salad buah, kue, atau jenis minuman lainnya, dengan menambahkan susu evaporasi ini akan semakin membuat minuman dan kue tersebut menjadi semakin nikmat.

F & N Susu Evaporasi adalah produk susu evaporasi yang berkualitas karena berasal dari susu sapi segar yang membutuhkan waktu pemanasan yang lama untuk membunuh bakteri. Harga F & N Susu Evaporated Filled Milk ini dibanderol mulai dari Rp17.500 untuk kemasan kaleng ukuran 380gr.

BACA JUGA: 15 Susu Bubuk Instan yang Terbaik & Terenak di Indonesia 2023

Manfaat Susu Evaporasi untuk Kesehatan

merek susu evaporasi
Pexels/Cottonbro Studio

Susu evaporasi memiliki cukup banyak manfaat bagi kesehatan, antara lain sumber energi, meningkatkan berat badan, menjaga kesehatan tulang dan gigi, serta pengganti santan dalam masakan. Meskipun melewati proses pemanasan, susu evaporasi tetap mengandung nutrisi yang tinggi. Berikut ini adalah beragam manfaatnya.

  • Meningkatkan daya tahan tubuh

Konsumsi susu evaporasi dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tubuh lebih kuat melawan penyakit. Ini berkat kandungan vitamin A dan vitamin C di dalamnya. Selain sebagai antioksidan, vitamin A dan C berperan dalam produksi sel darah putih yang bertugas melindungi tubuh dari penyakit infeksi, termasuk batuk atau pilek.

  • Mencegah osteoporosis

Susu evaporasi mengandung kalsium dan fosfor yang lebih tinggi daripada susu segar. Kalsium dan fosfor merupakan mineral penting untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Bersama dengan protein, kalsium dan fosfor berperan dalam menjaga kepadatan tulang. Hal inilah yang menjadikan konsumsi susu evaporasi dapat menurunkan risiko terjadinya osteoporosis.

  • Menjaga kesehatan jantung

Produk susu sapi, termasuk susu evaporasi, kaya akan kalsium yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat. Beberapa penelitian menyatakan bahwa asupan kalsium yang cukup dapat menurunkan kadar lemak jahat (LDL) dan meningkatkan kadar lemak baik (HDL). 

Dengan begitu, kesehatan jantung akan lebih terjaga. Meski demikian, susu evaporasi juga mengandung lemak yang tinggi. Oleh karena itu, Sedulur tetap disarankan untuk tidak mengonsumsinya dalam jumlah berlebihan.

  • Menjaga fungsi dan kesehatan mata

Konsumsi susu evaporasi dapat menjaga kesehatan mata karena mengandung vitamin A. Vitamin ini berperan dalam produksi pigmen khusus di mata yang diperlukan untuk ketajaman penglihatan.

Selain itu, vitamin A juga mampu menurunkan risiko terjadinya rabun jauh dan mencegahnya bertambah parah. Namun, jangan hanya mengandalkan susu evaporasi. Konsumsi juga berbagai makanan tinggi vitamin A lainnya, seperti telur, wortel, dan sayuran berdaun hijau.

  • Menambah stamina

Susu evaporasi mengandung protein dan lemak baik yang diperlukan tubuh untuk membentuk energi. Dengan energi yang cukup, stamina tubuh akan meningkat sehingga kamu bisa lebih bersemangat dan tidak mudah lelah saat berolahraga maupun melakukan berbagai aktivitas sehari-hari.

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Susu Rendah Kalori, Cocok Jadi Menu Diet

Kandungan Nutrisi Susu Evaporasi

merek susu evaporasi
Pexels/Samer

Susu evaporasi adalah jenis susu yang melalui proses evaporasi atau penguapan. Proses evaporasi akan mematikan bakteri dalam susu serta membuat tekstur susu menjadi pekat dengan rasa creamy. Dalam 1 gelas atau sekitar 250 ml susu evaporasi, terdapat sekitar 345 kalori dengan kandungan nutrisi lain, seperti:

  • 25 gram karbohidrat
  • 20 gram lemak
  • 17,5 gram protein
  • 600 miligram kalsium
  • 490 miligram fosfor
  • 350 miligram natrium

Selain itu, susu evaporasi juga mengandung zat besi, vitamin A, B, dan C, walau dalam jumlah yang tidak terlalu banyak.

Itulah tadi beberapa merek susu evaporasi dan harganya. Susu jenis ini memang dinilai lebih sehat karena memiliki manfaat dan kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Kalau Sedulur tertarik mencari produk-produk di atas, jangan khawatir karena bisa ditemukan dengan mudah di toko kelontong dan di SuperApp.

SuperApp sendiri adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp. Selamat mencoba ya!