makanan diet sehat

Ketika sedang diet, Sedulur tentu harus memikirkan makanan yang dikonsumsi. Beberapa jenis makanan diet sehat pun perlu dijadikan pilihan dan dipikirkan agar diet bisa berjalan dengan baik. Namun, proses penentuan menu diet kadang begitu sulit dan perlu perhatian khusus.

Untuk membantu Sedulur agar lebih mudah berhasil menjalankan diet, dalam kesempatan kali ini kita akan bahas rekomendasi makanan diet sehat yang bisa Sedulur coba. Yuk, mari langsung kita simak apa saja rekomendasi makanan untuk diet sehat di bawah ini!

BACA JUGA: 10 Resep Makanan Tinggi Protein dan Manfaatnya untuk Tubuh

1. Dada ayam

makanan diet sehat
Alodokter

Tidak semua bagian ayam mengandung tinggi lemak, contohnya bagian dada ayam. Berbeda dengan bagian paham ayam, bagian dada memiliki kandungan lemak jenuh yang lebih rendah. Juga dada ayam mengandung zat besi dan protein yang tinggi.

Sedulur bisa mengolah dada ayam dengan berbagai cara, lebih baik dengan cara direbus atau dipanggang, tujuannya untuk menghindari rusaknya kandungan di dalamnya. Jika dada ayam digoreng, hal tersebut dapat merusak kandungan baik yang terdapat di dalam dada ayam.

2. Telur

Alodokter

Selain dada ayam, telur juga bisa menjadi pilihan makanan untuk diet. Dibandingkan dengan ayam, telur lebih murah. Ditambah lagi kandungan nutrisi seperti protein, vitamin D dan kolin. Jika ingin hasil yang lebih baik lagi, Sedulur bisa mengkonsumsi hanya putih telurnya saja.

Dalam satu butir putih telur mengandung 406 gram protein sebagai sumber energi. Sedulur bisa mengonsumsi telur dengan cara merebusnya untuk mendapatkan kandungan terbaiknya.

3. Daging sapi tanpa lemak

makanan diet sehat
Pillar

Daging sapi tanpa lemak juga bisa jadi pilihan makanan yang dikonsumsi saat diet. Bagian daging tanpa lemak mengandung protein, zat besi, vitamin, mineral, zinc dan vitamin B12. Lebih baik lagi, Sedulur bisa memasak daging sapi dengan cara direbus, dikukus atau dipanggang

Usahakan untuk menghindari konsumsi daging dengan bagian-bagian lemak yang tinggi. Karena hal tersebut dapat membuat diet yang Sedulur lakukan gagal. Kandungan lemak dalam sapi bisa meningkatkan kolesterol dan menambah berat badan.

4. Kentang

Klik Dokter

Diet bukan berarti menghilangkan sumber karbohidrat. Sedulur hanya perlu mengganti sumber karbohidrat menjadi lebih sehat, seperti kentang. Makanan untuk diet satu ini mengandung kalium yang menjaga tekanan darah tetap stabil, namun kalorinya pun relatif rendah.

Selain itu, kentang juga mengandung vitamin B1, vitamin B9, vitamin C, dan vitamin B6. Olahan kentang dengan cara direbus atau dikukus agar tidak menghilangkan gizinya. Sedulur juga bisa mengkonsumsi kentang dengan makanan lain seperti daging sapi, daging ayam dan telur.

Sedulur juga bisa mengombinasikan kentang dengan sayuran yang kaya akan serat sehingga menjadi lebih sehat lagi. Program diet dijamin sukses.

5. Kacang-kacangan

makanan diet sehat
IDN Times

Makanan diet sehat selanjutnya yaitu kacang-kacangan. Kelompok kacang-kacangan termasuk makanan diet yang sangat baik. Di dalam kacang-kacangan terdapat aneka vitamin dan mineral, hingga zat besi dan folat yang baik untuk mencegah anemia.

Selain itu, kacang-kacangan juga tinggi protein dan serat sehingga membuat Sedulur kenyang lebih lama. Sedulur bisa memilih kacang kedelai, kacang tanah, atau kacang merah untuk variasi masakan.

6. Brokoli

Fimela

Rekomendasi selanjutnya untuk makanan diet sehat yaitu brokoli. Sayuran hijau sat ini biasanya tidak disukai, padahal dalam brokoli terdapat banyak manfaat baik. Terutama bagi Sedulur yang tengah menjalankan program diet.

Di dalam brokoli terkandung vitamin C, karbohidrat dan serat yang sangat tinggi. Manfaat mengonsumsi brokoli saat diet dapat membantu menjaga kadar gula darah lebih stabil dan melancarkan pencernaan.

7. Buah alpukat

makanan diet sehat
Kompas

Buah-buahan yang baik dikonsumsi saat diet yaitu alpukat. Meskipun alpukat memiliki banyak kandungan lemak yang dapat menambah berat badan, di dalam lemak juga terkandung lemak tak jenus yang dapat menurunkan kolesterol.

Selain itu, alpukat juga cocok dikonsumsi sebagai makanan untuk diet, terutama bagi Sedulur yang diet untuk mengecilkan perut dan agar lebih lama tahan lapar. Namun, perlu perhatikan juga konsumsi alpukat, jika terlalu sering Sedulur akan menambah berat badan.

8. Gandum

Viva

Makanan untuk diet yang tidak kalah baik adalah gandum karena tingginya serat yang terkandung di dalamnya. Dengan mengganti sumber karbohidrat menjadi gandum, Sedulur akan kenyang lebih lama sehingga mencegah makan berlebihan.

Sebaiknya, pilihlah gandum utuh karena gandum jenis ini tidak dicampur bahan-bahan lainnya. Mulailah mengonsumsi gandum sebagai menu sarapan untuk memulai diet yang sehat. Sedulur juga tahu bahwa gandum merupakan bahan dasar dari tepung terigu.

Makanan seperti roti atau makanan yang berbahan dasari tepung terigu bisa jadi pilihan untuk Sedulur konsumsi, Sedulur juga bisa padukan dengan berbagai makanan sehat lainnya yang telah dijelaskan di atas.

9. Tomat

makanan diet sehat
Kompas

Rekomendasi makanan sehat selanjutnya yang bisa Sedulur konsumsi yaitu tomat. Tomat bisa digunakan sebagai bahan untuk sayuran atau juga sebagai buah untuk jus. Tomat kaya akan antioksidan dan juga dapat melancarkan pencernaan.

Sedulur bisa mengkonsumsi tomat mentah agar kadar kolesterol bisa turun dan dapat membantu proses pencernaan untuk mengolah berbagai makanan yang dikonsumsi.

BACA JUGA: 12 Resep Makanan Sehat untuk Diet & Penambah Imun Di Rumah

10. Ikan tuna

Kompas

Rekomendasi makanan diet sehat terakhir yaitu ikan tuna. Daging ikan tuna mengandung lemak sehat dan protein yang baik untuk jantung. Selain itu, daging ikan ini bisa menyehatkan mata dan otak. Kandungan dari ikan tuna bukan hanya baik untuk diet juga baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Nah itulah rekomendasi makanan diet sehat yang bisa Sedulur konsumsi untuk membuat program diet Sedulur berlangsung sukses dan memberikan hasil yang diinginkan. Semoga penjelasan di atas bisa membantu Sedulur untuk lebih semangat lagi menjalankan program diet, ya!

Bagi Sedulur yang tengah diet pilihan makanan diet sehat di atas wajib Sedulur sediakan. Sedulur bisa membeli stok makanan diet sehat di Aplikasi Super. Di Aplikasi Super Sedulur bisa mendapatkan berbagai bahan kebutuhan makan yang higienis dan menyehatkan. 

Karena setiap barang yang dijual di Aplikasi Super memiliki kualitas yang terjamin. Selain itu juga, Sedulur bisa belanja dengan sangat mudah, hanya melalui aplikasi dan tinggal tunggu pesanan datang di depan rumah. Sangat mudah dan membuat Sedulur bisa untuk melimpah.

Yuk, cek Aplikasi Super sekarang dan langsung belanja kebutuhan sehari-hari Sedulur. Jangan lupa juga download aplikasinya segera bagi Sedulur yang belum memilikinya.