Sedari dulu, kita sudah diajarkan untuk selalu rutin mengkonsumsi makanan sehat. Makanan sehat dipercaya mampu meningkatkan daya tahan tubuh kita dari berbagai penyakit. Selain itu, tubuh manusia secara konstan membutuhkan nutrisi agar ia dapat berfungsi dengan baik. Nah, sumber nutrisi tersebut akan sangat mudah diperoleh dari makanan sehat.

Bingung apa saja jenis-jenis makanan yang bermanfaat bagi tubuh? Temukan jawabannya di dalam artikel ini.

BACA JUGA: Daftar Harga Beras Desember 2022 di Seluruh Indonesia

Pilihan makanan sehat sehari-hari yang bisa Sedulur coba

Berikut adalah opsi makanan sehat yang dapat Sedulur konsumsi di dalam keseharian.

-->

1. Sayur-sayuran

makanan sehat
Depositphotos

Jika berbicara tentang makanan sehat, mungkin jenis makanan pertama yang langsung ada di pikiran Sedulur adalah sayur. Ya, sayur-sayuran termasuk ke dalam jenis makanan yang kaya akan berbagai nutrisi. Nutrisi tersebut tentunya sangat dibutuhkan bagi tubuh kita.

Beberapa nutrisi yang lazim dikandung di dalam sayuran adalah serat, vitamin A, vitamin C, vitamin K, magnesium, kalsium, zat besi, folat, kalium, dan lain sebagainya. Selain vitamin dan zat kandungan tadi, sayuran juga diketahui kaya akan antioksidan. Antioksidan menurut penelitian ahli dapat melindungi kesehatan tubuh kita dari radikal bebas sekaligus mengurangi risiko terjangkit penyakit serius.

Bingung apa saja sayur yang bermanfaat bagi tubuh? Simak daftar di bawah ini, ya!

  • Sawi
  • Brokoli
  • Wortel
  • Kembang kol
  • Mentimun
  • Kale
  • Tomat
  • Kangkung
  • Selada
  • Bayam

BACA JUGA: 5 Kedai Es Puter Legendaris yang Bikin Adem Surabaya

2. Brokoli

makanan sehat
Depositphotos

Pada pembahasan tentang sayur-mayur di atas, sempat disebutkan bahwa brokoli termasuk ke dalam salah satu jenis sayuran yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Lantas, kenapa ia bisa dianggap bermanfaat?

Brokoli adalah salah satu sayuran yang sering diolah dalam berbagai hidangan Indonesia. Ia sendiri kaya akan vitamin C. Kadar kandungannya berkisar pada 89,2 mg atau sekitar 150% per 100 gr. Vitamin C adalah antioksidan yang membantu tubuh untuk menjadi kuat secara alami, mencegah infeksi flu dan penyakit lainnya.

Selain manfaatnya sebagai antioksidan, brokoli juga dikenal sebagai sayuran yang membantu kita untuk melancarkan pencernaan, meningkatkan kepadatan tulang, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara umum.

BACA JUGA: 12 Cara Menghias Pohon Natal yang Kreatif dan Unik

3. Kale

makanan sehat
Depositphotos

Bagi Sedulur yang masih awam dengan kale, kale adalah sebutan lain untuk kubis keriting (Brassica oleracea). Walaupun sering digunakan sebagai tanaman hias, tetapi kale sendiri ternyata bisa diolah menjadi berbagai sajian yang menggugah selera.

Kale diketahui sebagai sumber vitamin dan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Ia pun kaya akan vitamin C yang menguatkan sistem pertahan tubuh dari berbagai penyakit. Beberapa penelitian lanjut juga mengungkapkan bahwa kale mampu mengurangi risiko penyakit jantung, mencegah diabetes, serta menjaga kesehatan mata. Maka dari itu, tidak salah apabila kale masuk ke dalam daftar makanan sehat pada artikel ini.

BACA JUGA: 12 Cara Membuat Bunga dari Kertas Origami dengan Mudah

4. Sayuran hijau

makanan sehat
Depositphotos

Pada poin pertama, telah kita ulas bersama mengenai manfaat sayuran secara umum bagi tubuh kita. Tetapi, apakah Sedulur tahu bahwa sayuran yang berwarna hijau terbukti memiliki kandungan nutrisi yang lebih kaya?

Sayuran hijau rata-rata memiliki protein, vitamin, serta zat-zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Jika dilihat dari sisi ekonominya, sebagai makanan sehat tentunya sayuran hijau lebih terjangkau dibandingkan daging ayam atau daging sapi. Pun mengolah sayuran hijau tidaklah sesulit bahan masakan yang lainnya. Jadi, tunggu apa lagi? Ayo rutin mengkonsumsi sayuran hijau untuk memperkuat tubuh!

5. Buah-buahan

makanan sehat
Depositphotos

Selain sayur-mayur, makanan sehat lainnya yang dapat dikonsumsi Sedulur setiap hari adalah buah-buahan. Buah mampu melengkapi berbagai nutrisi yang tidak kita dapatkan dari menyantap hidangan sehari-hari. Buah juga mengandung beragam nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti serat, mineral, vitamin, dan antioksidan. Beberapa jenis buah yang populer karena kaya akan nutrisi meliputi:

  • Apel
  • Alpukat
  • Jeruk
  • Pisang
  • Alpukat
  • Beri-berian, seperti blueberry dan stroberi
  • Dan buah-buahan lainnya

6. Daging dan telur

makanan sehat
Depositphotos

Daging dan telur termasuk ke dalam jenis makanan sehat yang sangat baik untuk dikonsumsi sehari-hari. Keduanya sangat kaya akan nutrisi yang menyeimbangkan kondisi tubuh kita. 

Daging sapi tanpa lemak dan dada ayam mengandung protein dan zat besi paling tinggi, bahkan kandungan lemaknya lebih rendah dibandingkan dengan jenis daging lainnya. Selain daging, telur juga termasuk dalam makanan sehat. Selain tinggi protein, telur juga mengandung nutrisi lengkap, mulai dari vitamin, mineral, lemak tak jenuh, hingga antioksidan.

7. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Depositphotos

Kacang-kacangan dan biji-bijian ternyata termasuk ke dalam kategori makanan sehat, loh Sedulur! Jenis makanan ini biasanya akan terasa sangat renyah di mulut dan kaya akan nutrisi, mineral penting, termasuk magnesium dan vitamin E. Untuk Sedulur yang tidak menyantap olahan daging (vegetarian), kelompok makanan ini sangat tepat untuk memenuhi protein dari nabati.

8. Ikan dan makanan laut lainnya

Depositphotos

Terakhir, makanan sehat yang perlu Sedulur santap secara rutin adalah ikan dan makanan laut lainnya. Ikan dan makanan laut lainnya, seperti kerang dan udang, adalah jenis makanan yang kaya akan asam lemak omega 3 dan yodium.

Sebuah riset mendalam menunjukkan bahwa memenuhi asupan omega 3 dapat menurunkan risiko Sedulur untuk terjangkit penyakit serius, seperti penyakit jantung, demensia, hingga depresi. Beberapa jenis ikan dan makanan laut yang baik untuk dikonsumsi adalah ikan salmon, sarden, tuna, kerang, dan udang.

9. Susu dan produk olahannya

Depositphotos

Untuk menutup pembahasan pada artikel ini, susu dan produk olahan lainnya adalah jenis minuman atau makanan yang tepat untuk memenuhi segala sumber nutrisi dari makanan sehat yang dibahas sebelumnya.

Susu banyak mengandung vitamin, mineral, protein hewani, dan lemak baik. Selain itu, susu merupakan salah satu sumber kalsium terbaik. Untuk memperoleh nutrisi tersebut, Sedulur dapat mengkonsumsinya secara langsung atau melalui produk olahannya, seperti keju, yoghurt, dan lain sebagainya.

Dimana Sedulur bisa mendapatkan makanan sehat dengan mudah dan murah?

Depositphotos

Dari pembahasan di atas, dapat kita simpulkan bahwa makanan sehat sejatinya tidak terlalu sulit untuk didapatkan. Hampir setiap jenis makanan yang telah dibahas tadi tersedia di berbagai tempat, mulai dari pasar tradisional, supermarket, minimarket, dan juga toko-toko kelontong di lingkungan rumah Sedulur.

Walaupun tersedia di banyak tempat, ada kalanya Sedulur merasa malas untuk mengelilingi seantero pasar atau supermarket hanya demi membawa pulang buah atau susu. Terlebih lagi bagi Sedulur yang mengurus rumah tangga, terkadang untuk menyempatkan waktu berbelanja keluar rumah saja sangat sulit.

Jangan khawatir terlebih dahulu, deh! Aplikasi Super hadir untuk membantu Sedulur mendapatkan banyak makanan sehat dengan hanya duduk santai di rumah. Dengan mengunduh Aplikasi Super dari Google Play Store, Sedulur sudah selangkah lebih dekat untuk menikmati mudahnya berbelanja berbagai kebutuhan sehari-hari dengan gratis ongkir.

Ingin mencari makanan atau minuman sehat seperti susu? Langsung saja ke Aplikasi Super! Milo, Dancow, Ultramilk, Indomilk, dan berbagai merek susu lainnya dapat Sedulur temukan di sini.

Yuk, intip produk apa saja yang ada di Aplikasi Super dan nikmati berbagai voucher serta promo yang ada! Aplikasi Super, Mudah, Murah, Untung Melimpah!