makanan terpedas di dunia

Makanan pedas merupakan favorit orang Indonesia. Hal ini terlihat dari beberapa jenis makanan daerah dengan citarasa pedas yang ada di Indonesia. Di setiap negara, terdapat makanan khas dengan citarasa pedas masing-masing. Apakah ada makanan Indonesia yang masuk dalam makanan terpedas di dunia?

Nah, dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas bersama apa saja makanan terpedas di dunia, serta apakah ada makanan pedas dari Indonesia yang masuk dalam daftar makanan terpedas di dunia? Tanpa berlama-lama, yuk mari langsung saja kita simak penjelasannya di bawah ini!

BACA JUGA: 17 Makanan Terenak di Dunia, Rendang Nggak Kalah Saing!

1. Suicide chicken, Amerika Serikat

makanan terpedas di dunia
CDKitchen

Makanan yang masuk dalam daftar pertama makanan terpedas di dunia yaitu suicide chicken asal Amerika Serikat. Suicide sendiri artinya bunuh diri, hal tersebut merujuk kepada rasa pedas makanan ini yang mungkin rasanya seperti bunuh diri. Walaupun mingkin berlebihan dan terdengar mengerikan.

-->

Tapi agaknya nama tersebut memang dapat mewakili rasanya yang pedas. Makanan ini terbuat dari ayam goreng yang diberi saus tobasco dengan potongan cabai kering dan cabai segar yang digoreng hingga kering. Lalau aduk dan campur hingga merata.

2. Jerk chicken, Karibia

Simply Recipes

Selanjutnya makanan yang berasal dari Karibia, darinamanya saja kita sudah dapat membayangkan bagaimana rasa dari ayam ini. Makanan ini sendiri merupakan sajian ayam goreng yang sama dengan ayam goreng pada umumnya.

Namun, yang membuat jerk chicken ini sangat pedas yaitu bahan-bahan yang digunakan untuk membuatnya. Jerk chicken sendiri terbuat dari rempah-rempah yang ditambah dengan cabai. Cabai yang digunakan pun tidak sembarangan, yaitu cabai scotch bonnet, yang merupakan salah satu cabai terpedas di dunia.

Sedulur bisa membayangkan bagaimana rasa pedas ayam satu ini, dilihat bahan rempah-rempah sebagai bumbunya marinasinya. Setelah bumbu menyerap, ayam tinggal langsung goreng dan disajikan.

3. Vindaloo, India

makanan terpedas di dunia
Food Network

Makanan India terkenal dengan kekayaan rempahnya. Pengaruh makanan India pun sangat kuat di kuliner Indonesia. Ini terjadi akibat penyebaran agama Hindu-Buddha di masa lalu, yang membuat banyak orang India melakukan migrasi ke Indonesia saat itu.

Kekayaan rempah di makanan India, membuat makanan India terkenal dengan rasa pedasnya. Salah satu makanan terpedas di dunia yang berasal dari India yaitu Vindaloo.

Makanan ini terbuat dari rempah-rempah seperti adas, biji mostar, cabai kering, ketumbar, dan juga jahe. Sebelum dimasak, ayamnya direndam dengan rempah-rempah tersebut. Jadi, rasa pedasnya merasuk hingga ke tulang-tulangnya.

4. Kimchi, Korea

Platings

Akibat Korean Wave yang menjamur hampir ke seluruh negara di dunia ini, banyak makanan Korea yang dikenal masyarakat dunia. Makanan-makanan di Korea juga dikenal dengan rasanya yang sangat pedas. Namun salah satu makanan pedas khas Korea yang disukai penduduk dunia yaitu Kimchi.

Kimchi merupakan fermentasi acar kubis yang direndam dengan jahe, bawang putih, bawang merah, dan cabai. Maka wajar jika rasa pedasnya terasa sampai gigitan terakhir dan sedikit ada rasa asam saat memakannya.

5. Lobak sichuan, Tiongkok

makanan terpedas di dunia
BP Guide

Selanjutnya ada loba sichuan dari Tiongkok yang menjadi salah satu makanan terpedas di dunia. Lobak khas Tiongkok ini dikenal dengan rasa yang super pedas, bahkan banyak yang menyebut bahwa lobak ini merupakan makanan dengan tingkat kepedasan yang luar biasa.

Makanan ini terbuat dari lobak yang dicampur dengan lada Sichuan, ditambah cabai bird’s eye yang pedasnya mampu membakar lidah. Wajar jika banyak yang menyebut bahwa makanan ini memiliki rasa pedas yang luar biasa.

6. Sambal ulek, Indonesia

Pratama Media

Makanan terpedas di dunia selanjutnya yaitu sambal ulek yang merupakan makanan khas Indonesia. Hampir setiap orang Indonesia menyukai sambal ulek, karena sambal merupakan makanan yang cocok untuk hidangan apapun.

Sambal ulek khas Indonesia ini terbuat dari Terbuat dari cabai rawit dan cabai merah yang cukup banyak, sehingga menghasilkan rasa pedas yang cukup nendang di mulut. Lebih hebatnya lagi, banyak orang di dunia yang mengakui sambal ulek dari Indonesia ini adalah masakan terpedas nomer satu.

Citarasa masakan Indonesia memang diakui di dunia, bahkan makanan khas Minangkabau seperti rendang, pernah mendapatkan predikat sebagai makanan terlezat nomor satu di dunia yang diberikan oleh CNN beberapa tahun yang lalu.

7. Wot, Ethiopia

makanan terpedas di dunia
NYT Cooking

Meskipun Ethiopia pernah mengalami kekeringan dan kekurangan makanan, namun siapa yang menyangka bahwa Ethiopia memiliki salah satu kuliner khas yang pedas.

Wot merupakan makanan yang terbuat dari satu kilogram bawang merah, bawang putih, beberapa ons jahe, dan cabe kering yang disebut barbere. Cabai barbere yang digunakan hingga sampai beberapa ons. Hal ini tentu saja bisa dipastikan rasa pedasnya.

8. Tom yum, Thailand

The Spruce Eats

Tom yum merupakan makanan kuah khas Thailand yang sudah tidak asing lagi di lidah orang Indonesia. Rasanya yang asam pedas merupakan keunggulan dari makanan satu ini. Sedulur yang pertama kali mencoba makanan ini pasti dijamin ketagihan.

Biasanya, tom yum disantap bersama dengan nasi hangat atau mie. Kuah tom yum yang asam pedas juga kuat dengan citarasa seafood, hal tersebut karena menggunakan seafood sebagai bahan untuk kaldunya.

Bumbu yang digunakan oleh tom yum sendiri yaitu bawang-bawangan, disertai dengan cabai, daun jeruk dan jeruk nipis. Hal tersebut membuat tom yum memiliki rasa yang sangat pedas dan asam.

9. Paella, Spanyol

makanan terpedas di dunia
Yukmakan

Kali ini makanan terpedas yang berasal dari Spanyol, yaitu Paella. Paella merupakan makanan yang populer di Spanyol karena sensasi pedas yang dipancarkannya. Makanan ini merupakan olahan makanan nasi yang dibalut dalam bumbu khas Spanyol dan tambahan bumbu pedas.

Jika dilihat dari tampilannya, makanan ini hampir mirip dengan nasi goreng, namun ditambahkan cabai dan juga keju mozarella yang lezat. Selain itum Paella juga umum disajikan bersama dengan bakso, sayuran dan olahan daging lainnya.

10. Papa ala Huancaina, Peru

Peru Travel

Peru merupakan negara yang ada di Amerika Latin sekaligus menyumbang salah satu makanan terpedas yang ada di dunia. Papa ala Huancaina merupakan makanan ringan yang dibuat dari kentang. Kentang dipotong-potong setelah dicuci bersih. Lalu direbus hingga matang.

Rebusan kentang tersebut disiramg dengan saus huancaina, saus ini yang memberikan rasa pedas. Sausnya sendiri terbuat dari berbagai campuran bahan, seperti garam, susu kental, keju dan cabai amarillo. Cabai ini yang membuat makanan ini menjadi sangat pedas.

11. Bengal Village Phaal Curry, Inggris

makanan terpedas di dunia
GoTravelly

Dari nama makanannya, makanan ini seperti berasal dari India. Memang betul demikian, makanan ini berasal dari masyarakat keturunan India yang ada di Inggris. Rasa pedas yang dihasilkan karena makanan ini diolah dengan bumbu khas dan jenis cabai yang berbeda.

Sehingga tidak heran jika makanan ini cukup digemari oleh para pecinta pedas. Bagi Sedulur yang ingin merasakan makanan terpedas dengan sensasi yang membakar mulut namun tidak menghilangkan rasa nikmat dan lezat dari makanan, makanan satu ini cocok untuk Sedulur santap.

BACA JUGA: 10 Makanan Termurah yang Mengandung Sumber Protein

12. Red Dog Saloon Naga Viper Wings, Inggris

Blog Unik

Terakhir adalah makanan yang berasal dari Inggris dengan nama yang menarik yaitu red dog saloon naga viper wings. Makanan satu ini sempat viral karena menjadi challenge di media sosial. Psalnya rasa pedas dari masakan ini tiada tandingannya.

Makanan ini menyajikan olahan sayap ayam yang sudah dibumbui oleh saus khas yang sangat pedas. Makanan ini akan cocok dikonsumsi bersama dengan bir dan juga keju. Jenis makanan ini sangat pedas karena menggunakan cabai viper naga yang merupakan salah satu jenis cabai terpedas di seluruh dunia.

Nah itulah daftar makanan terpedas di dunia yang perlu Sedulur ketahui. Sebagai masyarakat Indonesia juga kita harus berbangga karena salah satu makanan Indonesia masuk ke dalam daftar makanan terpedas di dunia. Daftar makanan di atas juga bisa jadi rekomendasi Sedulur yang tertarik untuk membuatnya.

Namun, sebelum memutuskan untuk membuat masakan di atas. Sedulur pastikan menyiapkan bahan-bahannya. Agar Sedulur tidak repot, beli bahan-bahan kebutuhan memasak di Aplikasi Super. Sedulur tidak perlu keluar rumah untuk belanja bahan masakan, selain itu Aplikasi Super juga memberikan harga yang super murah.

Keuntungan belanja di Aplikasi Super yaitu Sedulur tidak perlu repot belanja karena belanja sangat mudah, harga barang yang jauh lebih murah diserta banyak promo dan hadiah yang bisa bikin Sedulur untuk super melimpah. Gunakan terus Aplikasi Super untuk setiap kebutuhan harian Sedulur, ya!