Bosan dengan olahan kentang goreng biasa? Sedulur wajib simak 5 macam bumbu kentang goreng di bawah ini.

Terdapat beberapa macam bumbu kentang goreng agar dapat membuat kentang goreng yang lezat dan nikmat. Sedulur bisa mengolah kentang goreng tidak hanya dengan digoreng, namun dengan bumbu kentang goreng, sajian kentang goreng akan menjadi lebih lezat.

Artikel kali ini akan membahas daftar bumbu kentang goreng yang bisa Sedulur masak untuk mendapatkan rasa kentang goreng yang nikmat dan berbeda. Terdapat beberapa jenis bumbu kentang goreng, di antaranya bumbu kentang goreng indofood, bumbu balado, bumbu keju dan beberapa bumbu lainnya.

Artikel kali ini juga akan menjelaskan cara membuat bumbu kentang goreng dan pengolahannya. Yuk, langsung saja kita simak ulasan beberapa resep bumbu kentang goreng yang bisa Sedulur di rumah.

-->

Baca Juga: 20+ Manfaat Kentang Untuk Kesehatan & Kecantikan

Daftar Bumbu Kentang Goreng yang Bisa Menambah Kelezatan Kentang

1. Bumbu Garam Kentang Goreng

Bumbu Garam Kentang Goreng

Sebenarnya, kentang yang langsung digoreng tanpa menggunakan bumbu apapun juga akan memberikan rasa yang nikmat dan gurih. Namun untuk mendapatkan kenikmatan yang lebih sempurna, Sedulur bisa menambahkan bumbu pertama kentang goreng ini, yaitu bumbu garam. Bahan yang dibutuhkan adalah:

  • Kentang secukupnya
  • Air dingin dan es batu
  • Garam dan minyak untuk menggoreng.

Cara membuatnya yang pertama, kupas dan cuci bersih kentang dan potong menjadi berbentuk stik. Rendam kentang ke dalam es batu, dan tambahkan garam lalu diamkan selama 15 menit. Proses ini penting untuk menambah rasa gurih kentang.

Buang es batu dan saring kentang hingga kering. Siapkan minyak, lalu goreng kentang hingga setengah matang. Tiriskan kentang, dan taburi garam secukupnya. Aduk rata, dan kemudian goreng kembali hingga kentang kering. Bumbu pertama untuk kentang goreng pun siap untuk dinikmati.

2. Bumbu Balado Kentang Goreng

Bumbu Balado Kentang Goreng

Bumbu kedua yang bisa sedulur nikmati adalah bumbu balado. Bahan yang dibutuhkan adalah:

  • Cabai merah 3 buah
  • Bawang merah 3 siung
  • Bawang putih 2 siung
  • Kentang
  • Garam dan minyak

Cara membuatnya yang pertama adalah bersihkan kentang dan rendam dalam air garam selama 30 menit. Lalu siapkan minyak panas, goreng kentang hingga kering dan renyah. Tiriskan kentang goreng. Selanjutnya, haluskan bawang merah, bawang putih dan cabai. Siapkan minyak panas dan tumis bumbu halus hingga wangi.

Masukkan garam, kaldu bubuk dan gula sesuai selera. Jika rasa telah pas, siram bumbu balado di atas kentang goreng yang telah ditiriskan.

Baca Juga: 15 Resep Membuat Donat Kentang yang Empuk Dan Nagih

3. Kentang Goreng Saus Keju

Kentang Goreng Saus Keju

Bumbu selanjutnya adalah saus keju kentang goreng. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat saus keju teman untuk menemani kentang goreng adalah:

  • Keju quick melt sebanyak 100 gram
  • Susu cair 130 ml
  • 1 sdm tepung maizena
  • Kuning telur 1 buah

Setelah kentang goreng matang, pertama siapkan bumbu saus keju dengan merebus susu cair dan keju menggunakan api kecil. Siapkan kuning telur pada wadah, kocok dengan tepung maizena dan air. Tambahkan garam jika ingin gurih. Masukkan pada rebusan susu dan keju, aduk rata hingga mengental. Setelah matang, simpan keju pada wadah, dan saus keju siap jadi cocolan kentang goreng.

4. Kentang Goreng Saus Bolognese

Kentang Goreng Saus Bolognese

Untuk membuat bumbu bolognese sebagai bumbu untuk kentang goreng, bahan yang dibutuhkan adalah:

  • Bawang bombay yang telah dicincang
  • Lada hitang setengah sendok teh
  • Saus sambal 4 sendok makan
  • Saus tomat 4 sendok makan
  • Garam secukupnya

Cara pertama adalah tumis bawang bombay hingga wangi, lalu masukkan saus tomat, saus sambal, lada hitam dan garam. Aduk hingga rata dan angkat jika rasa telah pas. Siapkan kentang goreng yang telah digoreng kering, lalu siram dengan bumbu bolognese. Untuk menyempurnakannya, taburi parutan keju di atasnya.

5. Kentang Goreng Sambal Kecap

Kentang Goreng Sambal Kecap

Untuk membuat bumbu kentang satu ini, bahan yang dibutuhkan adalah:

  • Kecap manis
  • Bawang merah, bawang putih, tomat dan cabai rawit
  • Garam secukupnya

Cara pertama, tumis bawang merah dan bawang putih, tumis hingga wangi. Masukkan cabai rawit yang telah diiris dan tumis hingga matang, tambahkan garam secukupnya. Angkat tumisan, simpan dalam wadah, lalu masukkan kecap manis dan aduk rata dengan tumisan. Siapkan kentang yang telah digoreng kering, dan sambal kecap siap menjadi cocolan kentang goreng yang nikmat.

Semoga daftar bumbu kentang goreng yang dijelaskan di atas bisa memberikan pengalaman menikmati kentang goreng yang memberikan sensasi yang berbeda untuk Sedulur. Setelah mengetahui resep kenteng goreng dengan berbagai bumbu, jangan lupa untuk membeli kentang dan bahan bumbunya di Aplikasi Super.

Aplikasi Super menyediakan bahan kebutuhan dapur yang lengkap dengan harga murah. Langsung aja klik di sini untuk mempelajari lebih jauh terkait Aplikasi Super.