merk beras merah yang bagus

Merk beras merah yang bagus dianggap lebih sehat karena kandungan gula dan kalorinya lebih rendah dibandingkan beras putih biasa. Tak heran, jika banyak orang beralih dari nasi putih ke beras merah untuk membantu mengendalikan berat badan dan kesehatan mereka.

Untuk menemukan beras merah yang bagus menang tidak mudah. Pasalnya di pasaran banyak sekali pilihannya. Jadi Sedulur harus lebih jeli dan selektif memilih jenis, kualitas, dan kandungan yang terdapat dalam beras.

BACA JUGA: Rekomendasi Merek Susu Evaporasi Terbaik Lengkap dengan Harganya

Rekomendasi Beras Merah

Beras merah diyakini sebagai sumber karbohidrat rendah kalori, tinggi serat, vitamin, mineral, dan antioksidan. Dibandingkan dengan beras putih, beras merah menawarkan lebih banyak zat yang bergizi untuk tubuh, sehingga populer bagi orang yang tengah menjalani program diet.

Selain itu, beras merah juga bisa bekerja secara efektif untuk menangkal radikal bebas. Saat memilih beras merah, pastikan mengamati kondisi beras yang masih utuh, sebagai tanda beras tersebut masih baru. Selain itu, Sedulur juga perlu mempertimbangkan memilih beras merah berwarna gelap yang lebih kaya nutrisi.

Untuk memudahkan Sedulur menemukan merek beras merah yang bagus, berikut ini beberapa rekomendasi merk beras merah yang bagus untuk Sedulur pilih.

1. Sundakala Beras Merah Pecah Kulit Organik

Unsplash/David Gabrielyan

Cari beras yang bagus untuk diabetesi? Jika ya, Sedulur bisa pilih produk beras merah merek Sundakala. Merek ini hanya melalui sekali penggilingan, maka kandungan serat, vitamin, dan mineralnya masih utuh dengan glikemik indeks lebih rendah.

Produk ini memiliki warna yang lebih gelap dan teksturnya agak sedikit lebih keras. Namun, jauh lebih bergizi untuk Sedulur yang sedang diet dan ingin merasakan manfaat beras merah. Sundakala Beras Merah diproduksi oleh petani lokal yang berasal dari Desa Bantarjati Klapanunggal, Bogor, Jawa Barat.

Proses budidaya padi untuk menghasilkan merk beras merah ini dilakukan secara organik menggunakan pupuk kandang atau kompos dan pestisida organik BioHara untuk membasmi serangga dan hama. Proses tersebut menghasilkan tekstur nasi yang pulen dan lembut, jadi bisa dikonsumsi juga oleh lansia yang sudah sulit mengunyah beras bertekstur keras. 

2. Lingkar Organik Beras Merah

Merek beras merah terbaik selanjutnya datang dari Lingkar Organik yang mengandung serat, vitamin B, dan vitamin lainnya. Kandungan tersebut dapat meningkatkan kesehatan serta menjaga tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

Sementara itu, menurut jurnal Critical Reviews in Food Science and Nutrition, anthocyanin dalam beras merah terbukti dapat meredakan penyakit yang berkaitan dengan usia. Selain itu, kandungan anthocyanin dapat membantu menunda proses penuaan yang tak terhindarkan.

Beras merah merek ini memiliki tekstur yang lembut dan tidak keras. Rasanya juga enak dan tidak amis. Bahkan beberapa orang mengaku merasa kenyang lebih lama dan bertenaga setelah mengonsumsi beras merah ini. Tenang, kemasannya vakum dan higienis, sehingga kualitas beras dapat terjaga.

3. Jatiluwih Beras Merah Organik

Beras merah berkualitas terbaik dari Jatiluwih yang berisi 1 kg dibanderol seharga Rp40.500 saja. Produk yang satu ini sudah mendapatkan sertifikat organik dan juga halal dari MUI. Tentunya, akan sangat bagus sekali jika Sedulur konsumsi secara rutin karena baik untuk menjaga kesehatan.

Produk beras ini tidak mengandung bahan-bahan kimia. Dibuat menggunakan kemasan vakum yang punya desain menarik. Beras merah tersebut mengandung mineral, vitamin, dan antioksidan yang tinggi.

Selain itu, mempunyai kandungan serat yang lebih tinggi. Walhasil, dapat menurunkan kadar LDL dan juga kadar HDL dalam tubuh. Dengan begitu, dapat mencegah terkena penyakit berbahaya seperti jantung, kanker, diabetes, dan lain sebagainya.

4. Puregreen Organik Beras Merah

Beras Merah Organik Puregreen mempunyai khasiat yang sangat baik untuk dikonsumsi seluruh keluarga, terutama anak-anak dan manula. Produk ini mengklaim bebas dari pestisida, pupuk kimia, dan bahan pengawet, sehingga baik untuk kesehatan, seperti menurunkan kolesterol, memperlancar pencernaan, meningkatkan daya tahan tubuh, dan mencegah kanker.

Sementara itu, rasa beras merah merek ini cenderung tidak keras dan lebih pulen daripada beras merah pada umumnya, sehingga disukai oleh anak-anak sekalipun. Puregreen beras merah cocok untuk Sedulur yang sedang menjalani program diet dan bahkan olahragawan.

5. MD ORGANIC Red Rice Pecah Kulit

MD Organic Red Rice Pecah Kulit hanya melalui satu kali proses penggilingan sehingga membuat kulit arinya masih menempel dan membuat tekstur nasinya lebih pera dibandingkan beras merah sosoh. Meski demikian, kandungan vitamin dan mineral dari beras merah kemasan ini 2-3 kali lebih banyak dibandingkan beras putih atau beras merah sosoh.

Selain kandungan seratnya cukup tinggi, beras merah kemasan MD Organic Rice ini juga mengandung tiamin (vitamin BI) dan zat besi yang cukup tinggi. Jadi bisa diberikan kepada bayi usia 6 bulan ke atas sebagai MPASI. Untuk harganya, MD Organic Red Rice Pecah kulit dijual sekitar Rp 60 ribuan per 2 kg.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Mie Instan Pedas Terbaik dan Terbaru 2024

6. Beras Merah Dua Tani

merk beras merah yang bagus
Unsplash/Firall Ar Dunda

Dua Tani menjadi salah satu merk beras merah pecah kulit terbaik. Beras ini tergolong jenis beras merah panjang (long grains) yang memiliki kandungan antosianin dan antioksidan yang baik untuk kesehatan.

Karena hal tersebut, Beras Merah Dua Tani bagus untuk diabetesi atau yang sedang menjalani program diet sehat. Beras merah Dua Tani juga memiliki aroma yang harum dan teksturnya pulen, sehingga mampu menggugah selera. 

Merek ini diproduksi oleh PT. Wahana Inti Makmur, yang termasuk beras merah kemasan jenis pecah kulit yang hanya melalui satu kali pengolahan, sehingga kandungan zat antioksidannya masih relatif tinggi. Dua Tani Beras Merah dijual Rp 35 ribuan untuk kemasan 2 kg dan telah mendapatkan sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

7. House Of Organix Organic Red Rice

House Of Organix Red Rice hanya melalui pengelupasan lapisan paling luar dan tidak melalui proses penggilingan, sehingga tetap mempertahankan bagian kulit arinya. Lapisan kulit tersebut mengandung banyak serat, mineral, dan vitamin.

Untuk menjaga kualitas beras, pastikan untuk langsung menaruhnya di wadah yang tertutup rapat supaya terhindar dari kutu dan serangga. Sedulur juga bisa menyimpannya di dalam kulkas jika tidak akan dikonsumsi dalam waktu lama.

Cara memasak House of Organic Red Rice sangat mudah, yaitu ambil 1 cup beras merah, cuci dengan air bersih, kemudian tuangkan 1,5 cup air untuk takaran 1 cup beras merah ke dalam rice cooker, dan nyalakan rice cooker. Beras merah kemasan ini dijual secara online di official store House of Organix dengan harga Rp 30 ribuan per kilogram. 

8. Sesa Beras Merah Organik

Sesa Beras Merah Organik merupakan beras merah pecah kulit, yaitu beras yang diolah tanpa menghilangkan kulit ari dan ditanam dengan benih pilihan. Produk ini juga memiliki aroma pandan wangi yang khas dan tekstur yang lembut. Untuk kelas beras merah, merek ini dibanderol dengan harga yang cukup murah terjangkau.

9. Food Station Beras Merah

Food Station Beras Merah adalah beras khusus dengan karakteristik high fiber yang berasal dari padi berkualitas (bukan beras oplosan). Produk ini juga diproses secara higienis dengan teknologi modern dan tidak menggunakan pemutih atau pengawet.

Minimnya bahan campiran kimia, membuat beras ini aman untuk Sedulur konsumsi bersama dengan seluruh anggota keluarga. Sedulur tak perlu khawatir, karena merek beras merah ini telah disertifikasi dengan jaminan Halal dan sertifikat PSAT (Pangan Segar Asal Tumbuhan) KEMTAN.

10. KOKOKU Beras Merah Organik

Salah satu merk beras merah terbaik ini diproses dengan higienis dengan teknologi modern, sehingga terjamin kebersihannya. Sementara itu, indeks glikemik beras merah yang satu ini terbilang rendah, sehingga bagus untuk mengontrol kadar gula darah.

Beras merah dari KOKOKU ini telah tersertifikasi aman untuk Sedulur konsumsi dan tidak perlu meragukan lagi kualitasnya.

BACA JUGA: Update! Ini Daftar Harga Beras 1 Kg di Jawa Timur

11. Wellfarm Beras Merah Organik

merk beras merah yang bagus
Pexels/Rdne

Beras merah organik berikutnya telah hadir dari brand Wellfarm. Produk ini dijual seharga Rp169.900 dengan berat mencapai 5 kg. Pastinya, sangat bagus dikonsumsi untuk penderita diabetes dan juga baik untuk Sedulur yang sedang diet.

Kualitas dari produk beras merah ini adalah premium dan sudah halal. Beras ini sudah mendapatkan pengakuan dari KEMENTAN RI. Bebas dari gluten dan juga ramah lingkungan. Rasanya lezat dan juga punya kandungan gizi yang tinggi. Sehingga, membuat tubuh Sedulur sekeluarga jadi lebih sehat.

Beras merah dari Wellfarm ini sangat cocok dikonsumsi untuk segala usia. Selain itu, produk ini sudah bebas dari bahan-bahan kimia yang berbahaya. Cocok dihidangkan bersama dengan lauk-pauk yang sehat juga.

12. Beras Merah HOTEL

Beras merah merek HOTEL bisa jadi alternatif pilihan bagi Sedulur yang ingin beralih menerapkan gaya hidup sehat. Produk ini mengandung Thiamin (Vitamin B1) yang berfungsi melindungi sistem saraf dan jantung.

Sementara kandungan Fosfor dan Selenium berguna sebagai antioksidan yang dapat menetralisirkan radikal bebas penyebab penyakit degeneratif. Selain cocok untuk membantu menjaga berat badan ideal, beras merah ini juga memiliki rasa yang pulen dan lembut, sehingga tidak membuat seret di tenggorokan.

13. Puregreen Beras Merah Organik

Rekomendasi produk beras merah organik dari Puregreen ini wajib untuk Sedulur beli. Pasalnya, selain sudah mendapatkan sertifikat organik produk ini sangat bagus untuk kesehatan. Harga beras merah untuk kemasan 1 kg adalah Rp46.000 saja dan pastinya punya kualitas serta mutu yang terbaik.

Buat Sedulur yang berprofesi sebagai olahragawan bisa mengkonsumsi produk ini. Tidak hanya itu, jika Sedulur sedang diet disarankan untuk mengkonsumsi beras merah. Pada bagian kemasannya sudah berstandar FDA Amerika dan food grade.

Produk ini juga telah menjadi beras kepercayaan keluarga Indonesia sejak 10 tahun lamanya. Kandungan vitaminnya juga tinggi, cocok untuk bubur bayi dan MPASI. Beras ini dapat menurunkan kadar kolesterol tubuh dan melancarkan sistem pencernaan.

14. Caping Emas Beras Merah

Caping Emas Beras Merah berasal dari petani Indonesia dan diproses tanpa tambahan pewarna, pengawet, maupun pewangi. Merk beras merah ini mengandung berbagai nutrisi penting yang diperlukan tubuh, misalnya serat kasar, asam lemak esensial, vitamin B kompleks, dan mineral, terutama pada bagian kulit arinya.

Salah satu kekurangan dari beras merah kemasan pecah kulit, seperti Caping Emas Beras Merah ini adalah tekstur nasi yang dihasilkan cukup keras.

Untuk mengatasinya, Sedulur bisa melakukan beberapa cara, seperti menyimpan beras merah di dalam kulkas, rendam beras di dalam air selama sekitar 30 menit sebelum dimasak, dan tutup dulu panci atau rice cooker selama sekitar 10 menit agar uap airnya terserap nasi sehingga membuat nasi lebih mengembang.

BACA JUGA: 12 Minuman Soft Drink yang Enak dan Menyegarkan

Manfaat Beras Merah Bagi Kesehatan

merk beras merah yang bagus
Freepik/Topntp26

Sudah menjadi rahasia umum bahwa nasi beras merah dinilai lebih sehat dibanding nasi putih. Oleh karenanya, banyak orang yang lebih tertarik untuk mengolah beras merah. Bahkan, beberapa orang menjadikannya sebagai makanan pokok ketika sedang diet penurunan berat badan.

Akan tetapi, apa saja manfaat beras merah? Ketahui kandungan gizi dan manfaat beras merah di bawah ini.

  1. Kaya akan Nutrisi

Manfaat beras merah untuk kesehatan adalah kaya akan nutrisi. Dilansir dari Data Komposisi Pangan Indonesia, 100 gram nasi beras merah mengandung berbagai nutrisi, seperti:

  • Energi: 149 kalori
  • Protein: 2,8 gram
  • Lemak: 0,4 gram
  • Karbohidrat: 32,5 gram
  • Serat: 0,3 gram
  • Fosfor: 63 mg
  • Kalsium: 6 mg
  • Zat besi: 0,8 mg
  • Natrium: 5 mg
  • Kalium: 91,4 mg
  • Tambaga: 0,20 mg
  • Seng: 0,9 mg

Berkat sejumlah kandungan beras merah di atas, tidak heran banyak orang lebih memilih untuk mengonsumsi nasi merah.

  1. Mencegah Peningkatan Gula Darah

Ternyata, khasiat beras merah juga berdampak baik untuk penderita diabetes yang sering mengalami lonjakan gula darah setelah mengonsumsi makanan.

  1. Melancarkan Sistem Pencernaan

Beras merah dapat membantu melancarkan sistem pencernaan. Pada dasarnya, beras merah merupakan sumber serat larut dan tidak larut yang baik untuk tubuh. Artinya, makan beras merah bisa membantu memudahkan pergerakan usus dan meningkatkan fungsi pencernaan. Tak heran, konsumsi nasi beras merah bisa bermanfaat untuk mengatasi diare.

  1. Menurunkan Berat Badan

Banyak orang yang lebih memilih mengonsumsi nasi beras merah ketika sedang menjalani diet penurunan berat badan. Apalagi, kalori beras merah tidak terlalu tinggi. Selain melancarkan sistem pencernaan, manfaat beras merah untuk diet ini juga bisa membuatmu merasa kenyang lebih lama. Tentunya, ini bisa membantu mengurangi rasa lapar dan sangat baik untuk menurunkan berat badan.

  1. Mengandung Antioksidan Tinggi

Beras merah mengandung antioksidan yang bisa melindungi tubuh dari radikal bebas penyebab kerusakan pada tubuh. Dikutip dari Asian-Australasian Journal of Animal Sciences, kandungan antioksidan dalam beras merah efektif untuk melawan radikal bebas. 

Manfaat ini diperoleh berkat kandungan fitokimia, seperti gamma-oryzanol, flavonoid, fenol, dan antioksidan lain di dalamnya. Dengan mengonsumsi beras merah secara rutin, ini bisa membantu mencegah terjadinya penyakit kronis pada tubuh.

  1. Mengurangi Peradangan

Selain mengandung antioksidan, beras merah juga memiliki efek anti-inflamasi. Berkat perpaduan antara antioksidan dan anti-inflamasi, ini bisa membantu mengatasi peradangan pada tubuh, misalnya radang sendi. Akan tetapi, dibutuhkan penelitian lanjutan untuk mengetahui efektivitas dari beras merah untuk mengatasi peradangan.

  1. Menurunkan Kolesterol

Kandungan gizi beras merah, khususnya serat bisa membantu menurunkan kolesterol. Serat dapat mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah. Untuk itu, mengonsumsi beras nasi merah secara rutin bisa membantu menurunkan kolesterol jahat.

  1. Mencegah Penyakit Jantung

Fungsi beras merah dapat membantu mencegah penyakit jantung yang disebabkan oleh tingginya kadar kolesterol dalam darah. Efek makan beras merah setiap hari dapat mencegah timbulnya timbunan plak akibat kolesterol jahat dalam darah. Hal tersebut tentunya bisa mencegah terjadinya penyakit jantung.

Pasalnya, timbunan plak bisa membuat pembuluh darah menyempit, sehingga aliran darah ke seluruh tubuh akan terganggu dan menyebabkan penurunan fungsi jantung.

  1. Mengurangi Risiko Wasir

Makan beras merah juga dapat mengurangi risiko wasir. Pasalnya, beras merah tinggi akan serat namun rendah lemak. Hal ini dapat meningkatkan pergerakan usus dan mengurangi risiko sembelit, sehingga Sedulur tidak sulit untuk buang air besar. Oleh karenanya, Sedulur bisa mengonsumsi nasi merah secara rutin.

  1. Mengatasi Asma

Kandungan magnesium dalam beras merah bisa membantu memperbaiki pola pernapasan. Tak hanya itu, nasi beras merah juga dapat meningkatkan kadar oksigen dan sirkulasi darah dalam tubuh. Dengan begitu, penderita asma bisa membantu mengelola pernapasan dengan lebih baik.

  1. Menurunkan Risiko Kanker Kolorektal

Antioksidan yang terkandung di dalam beras merah dapat membantu melawan radikal bebas. Umumnya, radikal bebas dapat merusak sel, sehingga mengakibatkan sejumlah penyakit, seperti kanker. 

  1. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Ternyata, sifat antioksidan dalam beras merah juga dapat meningkatkan kesehatan kulit, lho. Antioksidan ini bisa mengurangi risiko munculnya tanda-tanda penuaan dini, seperti kerutan dan garis-garis halus. Selain itu, kandungan sejumlah mineral di dalamnya juga dapat menutrisi kulit dan mengatasi kerusakan kulit akibat sinar UV.

  1. Menjaga Kesehatan Tulang

Makan beras merah merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan tulang. Pasalnya, beras merah mengandung kalsium dan magnesium. Kedua jenis mineral ini dapat mendukung kesehatan tulang dan mencegah terjadinya radang sendi, osteoporosis, dan gangguan tulang lainnya.

Itulah tadi beberapa rekomendasi merk beras merah yang bagus untuk Sedulur pilih. Beras merah merupakan salah satu jenis beras terbaik yang paling banyak disukai dari berbagai jenis beras lainnya seperti beras putih, beras hitam, dan beras coklat. Terutama oleh konsumen di Indonesia yang memang sangat peduli dengan kesehatan tubuh dan keluarganya.

Meskipun harga beras merah terbilang jauh lebih mahal dari beras jenis lain, hal tersebut tidaklah menjadi soal demi mendapatkan segala kebaikan yang terkandung di dalam beras merah tersebut.