Manfaat daun seledri ternyata bukan hanya sebagai penyedap masakan saja, namun juga sebagai sumber nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh. Bagi Sedulur yang sedang ingin memulai hidup sehat, sayur yang satu ini bisa menjadi pilihan yang menarik untuk dicoba. Hampir semua bagian dari sayuran ini mulai dari batang, biji, hingga daunnya memiliki khasiat tersendiri dan baik untuk kesehatan tubuh.

Hal ini dikarenakan seledri memiliki antioksidan serta kadar enzim yang tinggi pada seluruh bagiannya. Selain dimasak menjadi aneka hidangan, sayuran ini juga bisa direbus ataupun dibuat jus. Penasaran dengan apa saja manfaatnya? Simak rangkumannya berikut ini, ya!

BACA JUGA: 15 Manfaat Daun Kersen Untuk Tubuh & Cara Mengolahnya

1. Membantu mengurangi berat badan 

manfaat daun seledri
pixabay

Jika Sedulur sedang ingin menurunkan atau menjaga berat badan, salah satu bahan makanan yang cocok untuk dikonsumsi adalah seledri. Sayuran ini mampu membantu program penurunan berat badan yang sedang dijalankan agar menjadi seperti yang diinginkan. Hal ini dikarenakan seledri termasuk jenis sayuran yang kalorinya rendah. Maka dari itu, manfaat daun seledri ini cocok untuk menurunkan berat badan dan menuju di berat badan yang ideal.

-->

Kalori yang didapatkan dari satu buah tangkainya saja hanya sekitar 7 kkal. Maka, jika Sedulur mengonsumsi 6 batang dan dijadikan sebagai jus, maka kalori total yang didapatkan adalah kurang lebih 42 kkal saja dalam satu gelas jus. Selain memiliki kalori yang cukup rendah, sayuran ini juga bisa mengurangi rasa lapar. Sehingga, Sedulur akan merasa kenyang lebih lama. Hal ini untuk menghindari diri dari konsumsi makanan secara berlebihan. Sayuran ini telah terbukti untuk meningkatkan pelepasan hormon, sehingga akan terpicu rasa kenyang yang dialami.

2. Sebagai sumber antioksidan

manfaat daun seledri
pixabay

Selain mengenyangkan lebih lama, sayuran hijau ini juga memiliki kandungan antioksidan yang sangat penting bagi tubuh. Pembuluh darah akan menjadi semakin lancar, serta kerusakan oksidatif akan dicegah dan organ akan terlindungi. Ada beberapa nutrisi penting yang berguna untuk menambah antioksidan. Diantaranya adalah flavonoid, beta karoten, dan vitamin c. beberapa nutrisi tersebut bisa Sedulur temukan dalam satu batang seledri. Peradangan pada saluran pencernaan, organ, sel, serta pembuluh darah akan berkurang karena adanya kandungan fitonutrien. 

Cara merebus daun seledri cukup mudah untuk dilakukan, yaitu dengan mencuci satu ikat daun dengan air bersih, kemudian potong hingga kecil. Setelah selesai, rebus potongan tersebut selama 10 menit. Setelah matang, tuang air rebusan daun ke dalam sebuah botol bersih yang kosong. Sedulur bisa menyimpan air rebusan ini di dalam mesin pendingin dan minum secara rutin satu gelas setiap harinya.

BACA JUGA: 20+ Manfaat Daun Saga, Tanaman Obat Bisa Cegah Diabetes

3. Manfaat daun seledri untuk rambut

manfaat daun seledri
pixabay

Disamping manfaat untuk kesehatan tubuh, sayuran hijau ini juga bermanfaat untuk rambut. Salah satunya adalah mampu mengatasi rambut yang sedang patah atau rontok. Seperti yang telah kita ketahui bahwa kerontokan rambut yang cukup banyak dan signifikan akan membuat kepala menjadi terlihat botak. Hal ini dapat menyebabkan seseorang menjadi kurang percaya diri dalam berpenampilan.

Cara alami yang bisa dicoba adalah dengan menggunakan seledri. Sedulur tidak perlu lagi khawatir akan rambut yang rontok, karena manfaat daun seledri ini bisa mengatasi permasalahan tersebut. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan mencampurkan sayuran hijau ini bersama dengan teh hijau. Kemudian, siapkan handuk bersih yang sudah direndam sebelumnya menggunakan perasan air lemon hangat, dan gunakan untuk menutup rambut selama kurang lebih 10 menit. Setelah itu, teteskan air seduhan seledri dan teh hijau selama 10 menit sambil dipijat. Setelah selesai, bilas rambut dengan air bersih dan lakukan secara rutin.

4. Menurunkan tekanan darah

manfaat daun seledri
pixabay

Jika Sedulur memiliki tekanan darah yang tidak stabil dan cenderung tinggi, kemudian ingin menurunkan tekanan darah, salah satu opsi yang bisa dicoba adalah dengan mengonsumsi daun seledri. Sebuah penelitian karya Journal of Medicinal Food yang dilakukan pada tahun 2014 menuturkan bahwa ada beberapa dampak dari penggunaan ekstrak biji daun seledri terhadap tekanan darah.

Pada penelitian tersebut, ada manfaat daun seledri bagi penderita hipertensi dan bisa digunakan untuk menurunkan tekanan darah. Namun, masih harus dilakukan penelitian lebih lanjut lagi untuk memastikan kelanjutan serta kebenarannya. Tak hanya itu, sebuah penelitian lain menyarankan bahwa orang yang memiliki tekanan darah tinggi dianjurkan untuk mengonsumsi serat lebih banyak. Sehingga, Sedulur bisa mencoba sayuran ini karena memiliki kandungan serat yang cukup tinggi.

BACA JUGA: Doa Minum Air Zamzam dan 8 Manfaatnya Untuk Kesehatan

5. Melancarkan pencernaan

manfaat daun seledri
pixabay

Tak hanya memiliki manfaat dalam rebusan daun seledri untuk darah tinggi, rebusannya juga berkhasiat untuk melancarkan pencernaan, lho. Dalam satu gelas air rebusan sayuran ini mengandung 5 gram serat, yang bisa membantu kita untuk lebih teratur buang air besar. Selain bermanfaat bagi manusia, daun ini juga bisa memerangi pembentukan luka pada hewan yang terdapat pada jaringan usus. 

6. Menjaga kesehatan ginjal

manfaat daun seledri
lokadata

Adanya kandungan zat besi serta berbagai vitamin seperti A, B, dan C dalam daun seledri memiliki khasiat melindungi kesehatan ginjal serta bisa digunakan untuk membersihkan organ hati. Seperti yang telah kita ketahui, bahwa organ dalam tubuh sangat penting untuk dijaga agar tidak menimbulkan berbagai macam penyakit. Selain manfaat daun seledri untuk ginjal, kerusakan akibat karbon tetra klorida serta paracetamol akan diminimalisir dan bisa digunakan untuk melindungi organ hati.

BACA JUGA: 12+ Manfaat Telur Rebus Bagi Kesehatan Tubuh, Wajib Tau!

7. Melindungi sel tubuh dari kerusakan

manfaat daun seledri
lemonilo

Manfaat daun seledri berikutnya adalah untuk melindungi sel tubuh dari segala kerusakan yang bisa berpotensi menimbulkan berbagai macam penyakit. Adanya berbagai kandungan nutrisi yang terdapat dalam sayuran hijau ini bisa diperoleh untuk melindungi sel tubuh. Termasuk pada daunnya yang merupakan sumber antioksidan dan pentung untuk melindungi pembuluh darah, sel, radikal bebas, dan berbagai kerusakan oksidatif. Hal ini dikarenakan adanya kandungan dalam satu batang daun seledri yang berisi beta karoten, flavonoid, vitamin c, dan berbagai jenis antioksidan yang baik untuk menjaga tubuh dari kerusakan.

8. Mengurangi peradangan

manfaat daun seledri
pexels

Biji serta daun seledri mempunyai sekitar 25 senyawa anti radang, yang bisa melindungi tubuh dari peradangan serta menguranginya. Hal ini menjadi salah satu manfaat daun seledri bagi tubuh yang selanjutnya. Ada berbagai penyakit yang bisa ditimbulkan dari peradangan kronis, diantaranya adalah osteoporosis dan radang sendi. Untuk mengurangi resiko peradangan, maka mengonsumsi sayuran hijau yang satu ini secara rutin dapat menguranginya. Selain mengurangi peradangan, asam urat pun juga bisa teratasi.

BACA JUGA: 11 Manfaat Olive Oil Extra Virgin Untuk Kulit & Tubuh

9. Menjaga kesehatan organ hati

themoondoggies

Ekstrak metanol dari biji seledri diklaim mampu memberikan khasiat untuk melindungi organ hati dari berbagai penyakit. Ketika hati mengalami kerusakan, maka hasil yang ditunjukkan dalam pemeriksaan laboratorium akan menunjukkan hasil yang abnormal, contohnya adalah meningkatnya SGOT, SGPT, total protein, serta albumin. Untuk menurunkan hasil yang abnormal tersebut, cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi ekstrak daun seledri. Jika jaringan hati dilihat dibawah mikroskop, maka hasilnya adalah ada perbaikan struktur jaringan hati ketika rutin mengonsumsi ekstrak daunnya. Manfaat daun seledri lainnya adalah adanya kandungan antioksidan yang juga bisa menjadi obat herbal alami untuk masalah liver dan organ lainnya. 

10. Meningkatkan kesuburan pria

pexels

Agar bisa meningkatkan kadar kesuburan pada pria adalah salah satu manfaat daun seledri selanjutnya. Hal ini diungkapkan dari Journal of Complementary and Integrative Medicine terhadap beberapa studi tentang sayuran hijau ini dan kesuburan, dan ada kaitannya terhadap efek perlindungan zat yang bisa merusak jumlah sperma pada pria.  

Selain penelitian tersebut, ada pula penelitian lain yaitu Avicenna Journal of Phytomed yang menemukan bahwa jumlah sperma akan meningkat selama 30 hari dengan rutin mengonsumsi ekstrak daun seledri. Radikal bebas akan memiliki efek penghambatan yang bisa berdampak buruk bagi kesuburan pria. Tapi, belum adanya ketentuan khusus mengenai berapa jumlah seledri yang dibutuhkan untuk meningkatkan kesuburan pria ini.

BACA JUGA: 12 Manfaat Bawang Dayak bisa Jadi Obat Berbagai Penyakit

11. Mencegah dan mengobati penyakit alzhemeir

pixabay

Adanya kandungan L-3-n-butylphthalide (3nB) pada ekstrak biji seledri dipercaya bisa menurunkan tekanan darah. Kemudian, kognisi dan memori akan meningkat karena ekstrak ini. Selain itu, manfaat daun seledri ini diklaim bisa mencegah serta mengobati penyakit alzheimer dan bisa meningkatkan kemampuan berpikir serta daya ingat seseorang.

12. Mencegah diuretik

okezone

Selanjutnya adalah manfaat daun seledri untuk asam urat. Asam urat erat kaitannya dengan diuretik, yang merupakan obat untuk membuang kelebihan air dan garam melalui urin. Sehingga, kristal asam urat yang menumpuk di sekitar sendi tubuh akan dibantu untuk dihilangkan serta menjadi salah satu obat diuretik yang alami. Adanya kandungan senyawa tanaman yang bisa mengurangi produksi asam urat merupakan alasannya. Untuk meredakan asam urat, ada beberapa cara untuk mengolahnya. Diantaranya adalah menambahkan ke dalam sup, memakannya secara mentah, serta direbus dengan air. 

BACA JUGA: 5 Manfaat Infused Water Untuk Kesehatan dan Cara Membuatnya

13. Mencegah timbulnya kanker

pixabay

Antioksidan pada daun seledri dipercaya sebagai pembuang racun dalam tubuh serta bisa mencegah stres oksidatif yang bisa berkontribusi dalam pembentukan sel kanker. Sel kanker akan terbunuh karena adanya kandungan flavonoid bioaktif yang terdapat pada daun seledri. Dengan rutin minum jus seledri, bisa menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan. Cara yang dilakukan cukup mudah, yaitu dengan memotong seledri kecil-kecil setelah dicuci bersih,lalu masukkan ke dalam blender dan blender hingga halus. Setelah itu, tambahkan air perasan lemon serta es batu. Aduk hingga tercampur dan saring dahulu sebelum siap untuk diminum. Waktu terbaik minum rebusan daun seledri adalah pada pagi hari.

14. Menetralkan makanan yang asam

pixabay

Manfaat daun seledri sangat beragam karena adanya kandungan mineral, natrium, zat besi, dan magnesium. Sehingga, daun ini mampu untuk menetralkan makanan yang asam sebelum Sedulur mengonsumsinya. Jadi, ini bisa menjadi salah satu opsi terbaik untuk penderita maag. Selain maag, heartburn yang biasanya dirasakan oleh penderita asam lambung juga bisa diatasi dengan rutin mengonsumsinya. Hal ini terbukti secara ilmiah dan merupakan makanan yang memiliki kadar asam yang rendah.

BACA JUGA: 12 Manfaat Sawi Putih Untuk Kesehatan & Tips Mengolahnya

15. Mengurangi risiko gagal ginjal

alodokter

Terlalu sering terpapar radikal bebas dan mengalami proses oksidasi bisa membuat sel tubuh menjadi cepat mengalami kerusakan. Jika sudah rusak, maka akan timbul berbagai masalah kesehatan seperti gangguan fungsi hati, atau bahkan ada resiko besar untuk mengalami gagal ginjal. Untuk mencegahnya, asupan antioksidan harus tercukupi dengan baik. Manfaat daun seledri yang mengandung antioksidan tinggi bisa membantu untuk mengurangi risiko gagal ginjal dan mencegah kerusakannya. Antioksidan terbukti dapat mencegah kerusakan sel tubuh dan bisa menangkal radikal bebas.

16. Mencegah pembentukan batu ginjal

ciputrahospital

Selain gagal ginjal, manfaat daun seledri yang masih berkaitan dengan ginjal adalah mencegah adanya pembentukan batu ginjal. Salah satu jenis sayuran ini dipercaya mengandung banyak antioksidan dan kalium. Zat tersebut berkhasiat untuk mencegah pengendapan mineral serta mencegah penumpukan di dalam ginjal. Sehingga, risiko terbentuknya batu ginjal akan berkurang.

Tak hanya itu, sayuran hijau yang satu ini juga banyak mengandung air. Berkat kandungan air serta kaliumnya yang cukup tinggi tersebut, maka zat sisa dan racun akan terbuang dari dalam tubuh melalui urin. Hal ini adalah salah satu efek samping minum rebusan daun seledri yang baik, yaitu adanya proses detoksifikasi sekaligus sebagai pencegah batu ginjal. 

Pastikan untuk meminum porsi yang tepat, sehingga bisa mendatangkan kebaikan bagi tubuh. Meminum rebusan yang terlalu banyak dapat meningkatkan reaksi kimia di dalam tubuh sehingga kulit akan menjadi lebih sensitif. 

BACA JUGA: Ini 10 Manfaat Jus Seledri yang Baik Untuk Konsumsi Tiap Hari

17. Mencegah dehidrasi

pexels

Karena termasuk salah satu sayuran yang mempunyai kadar air yang tinggi, maka manfaat daun seledri untuk kesehatan adalah untuk mencegah dehidrasi dari dalam tubuh. Hal ini dibuktikan dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2011 yang menyatakan bahwa kandungan air di dalam seledri adalah sekitar 90-99 persen. Jadi, sayuran ini bermanfaat untuk mencegah dehidrasi dari dalam tubuh. Kebutuhan cairan tubuh harian juga akan terpenuhi dengan rutin mengonsumsinya. Sehingga, cocok untuk dikonsumsi saat cuaca begitu panas ekstrim karena adanya kandungan air yang tinggi.

18. Mengandung flavonoid

honestdocs

Salah satu kandungan yang memiliki segudang manfaat adalah flavonoid, yaitu zat yang bisa dijumpai dalam berbagai macam sayuran, termasuk seledri. Hal ini membuat manfaat daun seledri semakin berlimpah terutama untuk kesehatan ginjal. Fungsi ginjal akan meningkat secara keseluruhan karena rutin mengonsumsinya. Flavonoid juga mampu melindungi ginjal dari berbagai agen nefrotoksik, seperti yang dikutip dari penelitian National Health Today. Sehingga, penyakit gagal ginjal atau cedera ginjal akibat kadmium, nikotin, serta alkohol yang berlebih dapat teratasi.

Nah, itu dia berbagai khasiat dan manfaat rebusan daun seledri atau ekstraknya yang sangat beragam. Perlu diketahui, bahwa tidak ada satupun zat atau kandungan yang dapat secara instan mengatasi sesuatu. Sedulur tetap harus menjaga konsumsi makanan yang dilarang, rutin berolahraga, dan lain sebagainya. Semoga bermanfaat!

Untuk menjaga pola makan di samping rutin mengonsumsi daun seledri, Sedulur bisa mengaturnya dengan membeli bahan makanan sehat melalui Aplikasi Super. Selain murah, Sedulur juga bisa mendapatkannya secara instan karena diantar sampai depan rumah. Segera di unduh, ya!