manfaat bawang dayak

Indonesia memang terkenal dengan berbagai macam rempah-rempah yang sangat melimpah. Salah satu bahan penyedap untuk makanan yang sering digunakan adalah bawang dayak. Dan tahukah Sedulur, jika ternyata ada banyak sekali manfaat bawang dayak untuk kesehatan kita.

Walaupun aslinya berasal dari Amerika, namun bawang yang unik ini lebih dikenal sebagai produk khas Kalimantan Tengah. Seperti yang diketahui, nama “dayak” sendiri diambil dari suku Dayak, suku yang banyak membudidayakan dan menggunakan bawang ini.

Jika dilihat secara sekilas, memang tidak tampak jauh berbeda dengan bawang merah kecil. Namun manfaatnya yang hebat, sering digunakan masyarakat lokal sebagai obat tradisional. Lalu apa manfaat bawang dayak? Langsung saja simak informasi yang ada di bawah ini.

BACA JUGA: 12 Manfaat Timun yang Baik untuk Kesehatan Tubuh & Kulit

-->

1. Mencegah diabetes

manfaat bawang dayak
alodokter

Bawang dayak ini kaya akan kandungan eleuthocide A, eleutherol, serta eleutherinoside B yang bersifat antidiabetik. Nah, kandungan tersebut bisa dimanfaatkan untuk menurunkan sekaligus mencegah kadar glukosa yang ada di dalam darah. 

Dengan mengonsumsi bawang dayak, maka Sedulur akan terhindar dari risiko menderita penyakit diabetes.

2. Mengatasi infeksi

manfaat bawang dayak
alodokter

Kandungan antioksidan yang ada pada bawang dayak, mampu membuatnya bekerja secara efektif untuk melawan radikal bekas. Selain itu, kandungan ini juga akan menghambat pertumbuhan virus dan bakteri yang bisa menyebabkan berbagai macam penyakit dan infeksi.

Dengan adanya dukungan sifat anti-bakteri di dalam bawang dayak, tentu saja sangat berguna serta ampuh dalam melawan bakteri  B. cereus, Shigella sp., Staphylococcus aureus (MRSA), dan juga P. aeruginosa.

3. Mengatasi jerawat

manfaat bawang dayak
alodokter

Bawang memang terkenal dengan ragam manfaat untuk kesehatan, termasuk juga dengan bawang dayak. Namun ternyata belum banyak yang tahu jika bawang dayak juga memiliki khasiat untuk mengatasi masalah pada kulit wajah seperti halnya jerawat. 

Berdasarkan dari suatu studi, berhasil menunjukkan jika bawang dayak ini berpotensi besar untuk dikembangkan sebagai obat anti jerawat alami. Kandungan etanol di dalamnya, ternyata mampu menghambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan timbulnya jerawat pada kulit.

4. Mengontrol kadar kolesterol

manfaat bawang dayak
sehatq

Ketika kadar kolesterol cenderung meningkat, tentu saja risiko terserang penyakit jantung hingga stroke semakin besar. Nah, bawang dayak ini adalah opsi yang Sedulur konsumsi. Hal ini karena bawang dayak memiliki kemampuan untuk menjaga kadar kolesterol agar tetap normal. 

Kandungan eleutherinol yang ada pada bawang dayak ini, bisa membantu menurunkan trigliserida dan kadar kolesterol jahat dalam darah.

5. Mengobati Batu Ginjal

manfaat bawang dayak
hellosehat

Manfaat bawang dayak yang selanjutnya yaitu sebagai obat alami untuk menangani penyakit batu ginjal. Jenis bawang ini memiliki sifat diuretic, yang dipercaya ampuh dalam mengatasi batu ginjal. 

Sifat itulah yang bisa membantu proses penghancuran batu ginjal. Tidak hanya menghancurkannya saja, namun juga mengeluarkan batu ginjal yang dilakukan secara bersamaan dengan proses pengeluaran urine atau air kencing.

6. Menangkal radikal bebas

manfaat bawang dayak
sehatq

Seperti yang telah diketahui, bahwa radikal bebas itu sangat merugikan untuk kesehatan tubuh. Namun tidak hanya itu saja, radikal bebas ini juga memberikan dampak buruk pada kesehatan kulit yang bsisa menjadi penyebab dari penuaan dini. 

Nah, zat anti-aging yang ada pada bawang dayak sering dimanfaatkan sebagai salah satu campuran krim. Hal ini karena bawang dayak mempunyai potensi antioksidan yang tinggi, dan dianggap mampu menghilangkan radikal bebas dan juga mencegah timbulnya flek hitam serta kerutan halus pada wajah.

BACA JUGA: 10 Manfaat Chia Sheed yang Dapat Menangkal Berbagai Penyakit

7. Meredakan peradangan

sehatq

Manfaat bawang dayak untuk kesehatan yang lain adalah untuk meredakan peradangan. Bawang dayak ini memiliki kandungan flavonoid yang berperan sebagai anti-inflamasi. Nah, sifat anti-inflamasi tersebut yang dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit yang karena peradangan.

Beberapa penyakit yang dimaksud seperti amandel, radang sendi, hepatitis, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, bawang dayak dapat dijadikan sebagai opsi terbaik bagi Sedulur untuk mencegah dan meredakan penyakit radang secara alami.

8. Mengontrol dan Meredakan Gejala Menopause 

alodokter

Khusus untuk kaum hawa, seiring bertambahnya usia, maka hormon estrogen juga akan menurun. Pastinya ini akan berpengaruh pada kondisi kesehatan secara menyeluruh. 

Nah, berdasarkan pada suatu penelitian, berhasil menemukan jika kandungan eleutherine pada bawang dayak memiliki hubungan yang kuat dengan reseptor estrogen alfa. Kandung itulah yang dapat meningkatkan hormon estrogen tanpa adanya penebalan di bagian dinding rahim. Oleh karenanya, risiko terkena kanker serviks pada wanita juga akan jadi jauh lebih rendah.

9. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

sehatq

Hampir semua orang tentu saja ingin punya metabolisme tubuh yang baik. Terutama bagi Sedulur yang sedang menjalani program penurunan berat badan, metabolisme yang baik ini sangat dibutuhkan.

Sebab, baik tidaknya metabolisme akan menentukan seberapa banyak kalori yang mampu dibakar dalam kurun waktu tertentu. Dengan mengonsumsi bawang dayak ini, maka secara tidak langsung metabolisme tubuh juga akan meningkat.

Ini bisa terjadi berkat adanya kandungan alkaloid yang ada di dalamnya. Tidak hanya itu, bawang daya ini juga akan membantu membuat sistem pencernaan lebih sehat dan infeksi usus hingga masalah ginjal bisa dicegah.

10. Antikanker

unair

Bisa dibilang jika bawang dayak manfaat nya sangat banyak, salah satunya adalah sebagai antikanker. Peran ini bisa diperoleh dari adanya senyawa bernama naphtoquinones yang terkandung di dalamnya.  Senyawa yang satu ini bisa menjadi agen anti kanker dan juga menurunkan kadar sel cyclin-E jika dikombinasikan dengan beberapa senyawa yang lain.

Akan tetapi, alangkah baiknya jika berkonsultasi dengan ahli dulu sebelum menggunakannya untuk menghindari berbagai efek samping yang mungkin bisa terjadi.

11. Membantu mengatasi gejala flu

alodokter

Perlu untuk Sedulur ketahui, jika masyarakat suku Dayak sendiri ternyata sudah sejak lama menggunakan bawang dayak ini untuk mengatasi berbagai gejala flu. Manfaat bawang dayak yang satu ini, bisa ada karena kandungan glikosida didalamnya.

Kandungan glikosida tersebut mempunyai fungsi utama sebagai anti radang, antibakteri, dan juga ampuh dalam menurunkan demam. Jadi jika Sedulur sudah merasakan gejala-gejala flu, langsung saja konsumsi bawang khas Kalimantan Tengah ini.

12. Membantu menyehatkan jantung

alodokter

Tidak hanya membantu dalam mengontrol kadar kolesterol, bawang dayak juga mempunyai manfaat lain yakni menyehatkan jantung serta mengobati penyakit serius jantung koroner. Jantung koroner sendir merupakan kondisi dimana adanya timbunan lemak yang menyumbat pembuluh darah jantung.

Hal ini bisa terjadi karena adanya kandungan fenolik yang terkandung dalam bawang dayak. Nah, inilah yang membuat bawang dayak mampu membantu mencegah penyakit jantung yang cukup berbahaya ini. 

BACA JUGA: Ini 10 Manfaat Jus Seledri yang Baik Untuk Konsumsi Tiap Hari

Itulah beberapa manfaat yang bisa Sedulur dapatkan dengan mengonsumsi bawang dayak. Mungkin saja Sedulur pernah mendengar jika ada manfaat bawang dayak untuk asam lambung. Namun hingga saat ini manfaat tersebut belum benar-benar terbukti adanya, dan belum ada proses penelitian secara lebih lanjut.

Seperti yang telah diketahui, bahwa jenis bawang yang lain yakni bawang putih, justru bisa menjadi pemicu ulu hati pada para penderita asam lambung. Oleh karena itu, tidak sarankan jika Sedulur mengonsumsi bawang dayak untuk mengobat asam lambung, karena manfaat bawang dayak tersebut belum terbukti.