Infused water adalah air hasil rendaman buah-buahan, sayur-sayuran, atau rempah-rempah. Rasanya hambar karena diminum langsung, tanpa gula. Biasanya, rasa air akan dipengaruhi oleh buah-buahan atau sayuran yang direndam. Kini, orang-orang banyak yang mengonsumsi air endapan ini karena manfaatnya yang baik untuk tubuh.

Infuser water tidak dicampur dengan bahan lain, melainkan hanya diisi dengan buah, sayur, atau rempah-rempah. Komposisi ini yang membuat air kian bernutrisi karena diambil langsung dari sari buah yang diendapkan. Kandungan kalorinya mendekati nol dan banyak digunakan sebagai sarana diet atau detoksifikasi. Mau tahu bagaimana cara kerjanya? Yuk, kita bahas!

BACA JUGA: 8 Manfaat Kurma Sukari untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

1. Melancarkan metabolisme tubuh

1. Infused water melancarkan metabolisme tubuh
freepik

Infused water memiliki manfaat untuk melancarkan fungsi organ pencernaan. Metabolisme tubuh yang lancar akan membuat kesehatan seseorang juga lebih baik. Sebagai campuran, Sedulur bisa memilih lemon sebagai buah yang dicampur ke dalam air. Irisan lemon ini nantinya dapat merangsang gastrointestinal jika dicampur dengan air hangat.

-->

Biasanya, orang meletakkan air ke dalam water fruit infuser bottle. Jika air sudah siap diminum, Sedulur bisa membawa botol ini kemanapun agar asupan cairan tetap terjaga. Selain cairan, meminum air endapan lemon memiliki keunggulan dalam kelancaran sistem pencernaan.

2. Meningkatkan energi

2. Meningkatkan energi
freepik

 

Jika Sedulur merasa lelah, letih, lesu, lunglai, dan lemas, cek dahulu apakah hari itu sedang kekurangan cairan? Misalnya dengan mengingat kembali sudah berapa kali hari ini minum dan  buang air. Infused water adalah alternatif bagi Sedulur apabila bosan dengan air putih. Di dalamnya juga terkandung nutrisi yang bisa membuat orang merasa lebih bertenaga.

Selain itu, banyak meminum air juga baik untuk tingkat konsentrasi. Nutrisi yang seimbang di dalam tubuh bisa mengoptimalkan kinerja otak sehingga hari-hari bisa dilalui dengan lebih produktif.

BACA JUGA: 10 Manfaat Minyak Tawon Untuk Kesehatan Tubuh, Wajib Tau!

3. Memperlambat penuaan

3. M]Infused water dapat memperlambat penuaan
freepik

Infused water terbuat dari buah-buahan seperti lemon, nipis, stroberi, kiwi, dan lain sebagainya. Buah-buahan sendiri merupakan jenis makanan yang banyak mengandung antioksidan dan baik untukk tubuh. Fungsi antioksidan ini adalah untuk menangkal efek radikal bebas yang bisa membuat kulit menjadi lebih cepat keriput dan terlihat tua.

Selain dari antioksidan, minuman satu ini juga menjadi salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Dengan cairan yang cukup, kulit akan menjadi lebih lembab dan sehat. Oleh karena itu, beberapa orang mengonsumsi ini adalah untuk mencegah kulit lebih cepat keriput atau terjadinya penuaan dini.

4. Membuang racun dalam tubuh

4. Membuang racun dalam tubuh
freepik

Membuang racun atau detoksifikasi ini merupakan manfaat terkenal dari sebuah infused water. Namun, sebenarnya belum ada studi yang secara resmi mengemukakan pernyataan ini. Namun bukan berarti hal ini tidak benar. Dengan mengonsumsi cairan yang cukup maka tubuh juga akan merespon dengan membuang racun yang ada dalam tubuh ke luar.

Maka, jika Sedulur tidak mempunyai buah-buahan, sayur, atau rempah-rempah untuk dimasukkan ke infuser water bottle, minum saja air putih biasa. Minum air putih dengan cukup merupakan salah satu upaya untuk detoksifikasi dan menjaga tubuh agar tetap terhidrasi.

BACA JUGA: 10 Manfaat Yogurt Untuk Ibu Hamil & Kesehatan Janin

5. Membantu menurunkan berat badan

5. Infused water membantu menurunkan berat badan
freepik

Pertama, sering meminum air akan membuat seseorang lebih cepat kenyang karena perut selalu terisi. Banyak memenuhi cairan ke dalam tubuh biasanya dilakukan oleh orang yang sedang dalam program diet sehingga tidak sampai dehidrasi. Ini juga dilakukan agar perut merasa lebih kenyang dan tidak mudah lapar.

Selain itu, mengonsumsi infused water juga bisa memperlancar metabolisme tubuh. Maka ketika ada asupan yang tidak diperlukan tubuh, ia akan segera keluar melalui aktivitas buang air. Minuman ini juga tidak mengandung kalori sebagaimana minuman manis yang biasa dikonsumsi orang. Di samping itu, ia tetap kaya akan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh.

BACA JUGA: Cara Membuat Sekoteng, Minuman Hangat yang Menyegarkan

Cara Membuat Infused Water

1. Infused water lemon

1. Infused water lemon
freepik

Sedulur yang belum pernah mencoba meminum ini, mungkin penasaran dengan apa yang biasanya ada dalam tritan infuser water bottle. Salah satu yang paling populer adalah yang terbuat dari potongan buah lemon yang kaya nutrisi terutama vitamin C.

Manfaat lemon sendiri begitu banyak, diantaranya dapat menyehatkan jantung, mengontrol berat badan, mencegah batu ginjal, dan air lemon sangat disarankan untuk menghidrasi tubuh. Tambahan lemon pada air tentu akan membuat rasanya menjadi lebih segar. Cara membuatnya sendiri sangat mudah. Berikut cara membuatnya!

Pertama Sedulur siapkan terlebih dahulu bahan yang harus ada, yaitu:

  • ½ buah lemon atau sesuai selera
  • Daun mint (jika ada)
  • 500 ml air putih yang bisa diminum

Setelah bahan terkumpul, Sedulur bisa mengikuti langkah di bawah ini untuk membuatnya:

  1. Cuci bersih buah lemon menggunakan air mengalir
  2. Iris buah lemon menjadi menjadi beberapa bagian sesuai selera. Pada bagian ini, Sedulur juga bisa mengupas kulitnya terlebih dahulu agar rasanya tidak pahit.
  3. Masukan potongan lemon ke dalam air putih siap minum, kemudian tutup rapat air.
  4. Simpan di dalam lemari er selama 2-4 jam, lalu saring dan buang irisan lemon.
  5. Infused water siap diminum dan bisa bertahan dalam kulkas selama 2 hari.

2. Infused water timun

2. infused water timun
freepik

Berikutnya yang tidak kalah berkhasiat adalah timun. Timun dikenal sebagai sayuran yang kaya vitamin K dan merupakan pangan yang tepat untuk menurunkan gula darah. Timun juga sering dipilih sebagai makanan untuk program diet loh. Nah, bagaimana dengan membuat water infuser menggunakan timun? Berikut ini cara membuatnya.

Berikut bahan-bahan yang harus Sedulur siapkan:

  • 1 buah timun atau sesuai selera
  • Daun mint (jika ada)
  • 500 ml air minum

Kita lanjut ke cara membuat minuman menyehatkan ini, berikut langkahnya:

  1. Cuci bersih timun menggunakan air mengalir.
  2. Iris timun menjadi beberapa bagian.
  3. Masukan irisan timun dan daun mint ke dalam air putih matang, kemudian tutup wadah dengan rapat.
  4. Diamkan air selama 2-4 jam di dalam kulkas.
  5. Jika sudah 4 jam, aduk air kemudian saring dan buanglah bagian buah timunnya.
  6. Infused water timun selesai dibuat dan siap diminum! Air dapat bertahan di kulkas hingga 2 hari.

Itulah manfaat-manfaat infused water yang cara pembuatannya juga mudah. Sedulur bisa langsung mempraktikkan ini di rumah. Sedulur juga bisa mencampur buah-buahan agar kesegarannya lebih terasa. Misalnya mencampur stroberi, belimbing, dan daun mint atau lemon, timun, dan daun mint.

Cara membuatnya pun sama loh, super mudah dan praktis. Sedulur bisa membeli bahan-bahan untuk membuatnya di Aplikasi Super. Klik di sini bagi Sedulur yang belum download aplikasinya. Selamat mencoba, dan semoga Sedulur senantiasa sehat di mana pun Sedulur berada!