daun saga

Apa itu daun saga? Salah satu tanaman yang sering dimanfaatkan sebagai bahan pengobatan tradisional. Ya, mungkin memang belum banyak yang tahu akan hal ini, karena saking banyaknya tanaman herbal yang ada di Indonesia. Oleh sebab itu, mari kita bahas mengenai salah satu tanaman herbal tersebut secara lengkap.

Ciri2 daun saga adalah daunnya berukuran kecil, jumlah sirip daunnya ganjil, dan juga buahnya terasa agak manis. Bisa dikatakan jika sebenarnya daun ini tidak hanya digunakan sebagai tanaman obat di Indonesia, namun juga di beberapa negara yang lain. Bahkan daun ini lebih sering digunakan untuk pengobatan di negara lain ketimbang di Indoensia.

Maka dari itu, khasiat yang dimiliki oleh tanaman ini sudah tidak perlu diragukan lagi. Mulai dari khasiat untuk kesehatan manusia, kecantikan wanita, hingga manfaat untuk hewan pun juga ada, lho. Lalu apa manfaat daun saga? Simak informasi yang akan dijelaskan di bawah ini.

BACA JUGA: 10 Manfaat Chia Sheed yang Dapat Menangkal Berbagai Penyakit

-->

1. Mencegah penyakit diabetes

daun saga
pixabay

Manfaat daun saga pertama dihasilkan dari kandungan antioksidan yang ada di dalamnya. Jadi daun yang satu ini, kaya akan senyawa kandungan antioksidan. Seperti yang telah diketahui, bahwa antioksidan sendiri merupakan senyawa yang berperan penting dalam mencegah sejumlah penyakit yang berbahaya bagi kesehatan kita, termasuk juga dengan diabetes.

2. Memerangi kanker

daun saga
pixabay

Masih dengan kandungan yang sama yakni antioksidan, ternyata daun ini juga memiliki kemampuan untuk memerangi penyakit kanker. Selain itu, zat luteolin yang terkandung di dalamnya juga berperan dalam memerangi berbagai sel penyebab kanker. Itulah mengapa dunia pengobatan tradisional selalu merekomendasikan daun saga sebagai pencegah dan pengobatan kanker terbaik.

3. Mengobati sariawan

daun saga
alodokter

Air hasil rebusan dari daun saga ini dapat digunakan sebagai obat sariawan alami. Ya, jadi Sedulur bisa menjadikan rebusan tersebut sebagai semacam obat kumur. Namun karena ini adalah bahan alami, tentu saja membutuhkan waktu hingga sariawan benar-benar sembuh. Selain itu, Sedulur harus melakukannya secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Anti bakteri

daun saga
pixabay

Nama lain daun saga bahasa jawa adalah saga telik, apa Sedulur pernah mendengarnya? Ya, saha telik sendiri kan memang terkenal dengan khasiatnya dalam menjadi anti bakteri. Dengan ini, maka berbagai macam penyakit yang timbul karena adanya bakteri di dalam tubuh bisa diantisipasi dan ditangani. Sedulur bisa mengonsumsi daun ini secara rutin.

5. Mengobati diare 

daun saga
pixabay

Khasiat daun saga untuk kesehatan yang berikutnya adalah untuk mengatasi diare. Ternyata ada kandungan zat dalam daun ini yang sama seperti dalam daun jambu biji. Itulah yang membuat tanaman saga juga cukup efektif untuk mengobati penyakit diare. Hampir sama seperti menggunakan daun jambu biji, Sedulur juga bisa meminum air rebusan dari daun saga.

6. Menambah nafsu makan

daun saga
pixay

Mungkin banyak yang tidak menduga jika ternyata daun saga ini juga dapat digunakan untuk meningkatkan nafsu makan. Khasiat dari tanaman saga ini bisa didapatkan dari kandungan vitamin B yang ada di dalamnya. Jadi bagi Sedulur yang ingin menambah berat badan atau merasa nafsu makannya kurang, bisa menggunakan daun ini untuk membantu keinginan tersebut.

7. Meredekan batuk

daun saga
pixabay

Bisa dibilang jika batuk merupakan penyakit yang bisa diatasi dengan berbagai ramuan tradisional, salah satunya dengan air rebusan daun saga. Ya, tanaman yang satu ini juga terkenal dengan sifat antitusif-nya yang dipercaya mampu mengurangi batuk. Selain batuk, daun ini juga efektif untuk meredakan gejala radang tenggorokan yang lain.

8. Mencegah kerusakan hati

daun saga
pixabay

Kandungan isoorientin (ISO) dalam daun saga ini dianggap memiliki sifat yang mirip seperti flavonoid, bertanggung jawab atas kesehatan berbagai organ tubuh. Nah, salah satu manfaat tanaman tersebut berkat kandungan ISO-nya adalah mencegah kerusakan hati dan juga aktivitasanti-inflamasi, antioksidan, dan anti-nosiseptif.

9. Mengatasi demam

pixabay

Demam memang terasa sangat berat dan juga terkadang membuat kita bingung mencari obat yang paling tepat. Ya, seperti yang telah diketahui, jika ada banyak pengobatan tradisional dari China yang dipercaya mampu meredakan demam, salah satunya adalah dengan rebusan daun saga. Akan tetapi ada satu hal yang harus Sedulur ketahui. Jadi hingga saat ini belum ada penelitian medis mengenai hal tersebut.

10. Baik untuk kesehatan jantung

daun saga
pixabay

Kandungan saponin yang ada di dalam daun saga memiliki manfaat untuk meningkatkan kesehatan kardiovaskular. Hal ini karena saponin memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar lemak serta kolesterol di tubuh. Para peneliti percaya jika bahan kimia ini mampu mengikat garam empedu, sehingga penyerapan kolesterol bisa terhambat.

BACA JUGA: 12 Manfaat Sawi Putih Untuk Kesehatan & Tips Mengolahnya

11. Sebagai anti-aging

daun saga
pixabay

Apa khasiat daun saga untuk kecantikan? Ya, jadi tanaman yang satu ini memiliki kandungan tannin. Tannin sendiri merupakan sejenis senyawa kimia yang banyak ditemukan dalam berbagai tanaman secara alami. Nah, tannin ini sangat berguna bagi kesehatan berkat adanya sifat antioksidan di dalamnya. Tannin ini juga berfungsi untuk melindungi jaringan dari radikal bebas yang disebabkan oleh penuaan sel.

12. Mempertahankan berat badan

pixabay

Selain meningkatkan berat badan, rupanya daun saga ini juga memiliki efek menguntungkan yang lain untuk berat badan itu. Efek ini didapatkan dari sifat hipoglikemiknya, yang mampu menjaga kadar gula darah agar tetap dalam batas normal. Selain itu, efek tersebut juga bisa mencegah lonjakan insulin dan menghambat pelepasan enzim lipase yang berperan memecah lemak makanan.

13. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

pixabay

Adanya zat saponin dari daun saga, juga menunjukkan sifat antimikroba. Sifat ini mampu menjaga tubuh dari serangan jamur, bakteri, dan juga virus. Di saat yang sama, saponin akan meningkatkan merangsang produksi sel-T sehingga kekebalan bisa lebih ditingkatkan.  Selain itu, saponin juga bertindak sebagai antioksidan serta menghilangkan stres oksidatif, sehingga sering digunakan untuk membuat vaksin.

14. Baik untuk kesehatan mental

pixabay

Sebenarnya penelitian yang telah dilakukan tentang penggunaan manfaat daun saga untuk kesehatan mental ini memang belum cukup. Akan tetapi, berdasarkan beberapa penelitian terdahulu, mungkin ada dukungan untuk penggunaan daun saga sebagai obat suasana hati dan memori. Menurut penelitian tersebut, minyak saga memiliki kemampuan untuk meningkatkan kognisi dan memori.

15. Melepaskan energi negatif

pixabay

Ternyata ada juga daun saga manfaatnya untuk melepaskan energi negatif. Hal ini biasanya akan melibatkan proses yang biasa disebut sebagai smudging (daun saga dibakar dan biarkan asap yang dihasilkan menyebar di seluruh ruangan di rumah). Kualitas udara yang buruk, tentu sangat berpengaruh pada kondisi kesehatan. Oleh sebab itu, pembakaran tanaman saga ini bisa menjadi alternatif terbaik.

16. Meningkatkan kognisi

pixabay

Menurut seorang ahli herbal klinis di Rowan + Sagy “Sarah Corbett”, mengungkapkan jika terdapat elemen-elemen yang mampu meningkatkan kognisi pada anak. Selain itu, elemen tersebut juga mampu membantu meningkatkan memori. Jadi tidak heran lagi jika banyak dokter yang menyarankan penggunaan tanaman saga dalam hal tersebut.

17. Mengobati amandel

pixabay

Amandel termasuk sebagai salah satu penyakit radang tenggorokan yang dialami oleh banyak orang. Ya, memang ada banyak bahan alami yang dipercaya mampu mengatasi masalah tersebut. Dan air rebusan daun saga menjadi salah satu obat herbal paling ampuh dalam mengobati amandel. Akan tetapi, ada beberapa bahan lain yang harus ditambahkan ke dalam air rebusan tersebut.

18. Mengatasi gigitan serangga 

pixabay

Tidak hanya untuk obat dalam saja, namun tanaman saga ini juga memiliki manfaat pengobatan luar tubuh. Salah satunya adalah dari ekstrak daunnya, yang bisa digunakan untuk mengatasi infeksi dari gigitan serangga. Untuk menggunakannya, Sedulur hanya perlu merebus dan menggunakan airnya untuk membasuh area tubuh yang terkena infeksi. Selain daun, akar dari tanaman ini juga bisa diambil ekstraknya.

19. Mengatasi sakit perut

pixabay

Jika tadi ada manfaat dari tanaman saga untuk mengatasi diare, maka kini manfaatnya untuk sakit perut. Ya, bisa dikatakan jika manfaat dari daun ini untuk lambung cukup banyak. Terlebih lagi dalam hal kesehatan pencernaan, daun ini memiliki peranan yang amat penting. Untuk mengatasi sakit perut, Sedulur bisa meminum air rebusannya. Tidak usah khawatir, karena saat ini sudah banyak yang jual daun saga dalam bentuk teh.

20. Membantu mengatasi malaria

pixabay

Di beberapa negara, ekstrak dari daun saga juga sering dimanfaatkan untuk menjadi obat penyakit malaria. Sampai saat ini, memang belum ada penelitian secara lebih lanjut mengenai manfaat dari tanaman saga tersebut. Namun tidak sedikit orang yang percaya, dan tidak sedikit pula yang sudah membuktikannya. Jadi untuk manfaat yang satu ini, harus dibicarakan dan dikonsultasikan dengan dokter terlebih dahulu.

21. Untuk kesehatan burung

pixabay

Seperti yang sudah diketahui, bahwa manfaat dari tanaman saga untuk manusia itu memang sangat banyak. Namun siapa sangka, jika ternyata daun ini juga bermanfaat bagi burung peliharaan Sedulur. Nah, jadi jika daun saga ini dicampurkan dengan pakan ternak, maka daya tahan tubuh dari burung tersebut akan meningkat dan menjadi lebih baik lagi.

Tidak hanya itu, manfaat dari tanaman saga untuk burung yang lain yakni untuk mengatasi masalah serak pada beberapa burung. Untuk mengatasi masalah yang satu ini, Sedulur bisa mengambil ekstrak tanaman saga untuk dijadikan sebagai salah satu minuman burung.

BACa JUGA: Kenali Tanaman Porang, Manfaat & Cara Budidaya Untuk Bisnis

Walaupun memiliki banyak sekali manfaat seperti yang tadi sudah dijelaskan, namun Sedulur harus berhati-hati ketika mengonsumsinya. Pasalnya daun saga beracun, karena mengandung zat abrin. Zat tersebut bisa “mengambil alih” tubuh manusia dengan menonaktifkan ribosom. Jadi penggunaannya memang harus dilakukan dibawah pengawasan dokter atau orang yang benar-benar ahli.

Tapi Sedulur tidak perlu terlalu khawatir, untuk saat ini sudah ada obat daun saga di apotik. Sedulur tidak perlu repot mencari sendiri dan membersihkannya dari racun zar abrin. Beli saja ekstrak tanaman saga yang saat ini sudah banyak dijual di apotik dan toko-toko obat.