Pernah mendengar daun kersen atau pernah melihat buahnya? Ternyata selain buahnya yang enak di makan, manfaat daun kersen juga memiliki khasiat yang bagus untuk tubuh. Tanaman ini sebenarnya bisa kamu temukan di beberapa rumah di sekitarmu lho Sedulur.

Di benua Asia tepatnya di Asia Tenggara, daun kersen banya digunakan sebagai obat untuk mengontrol gula darah. Selain mengobati penyakit diabetes, manfaat daun kersen juga memiliki khasiat yang lain untuk kesehatan tubuh lho Sedulur.

Nah, apa saja manfaat daun kersen dan cara mengolahnya? Jika Sedulur tertarik menggunakan daun kersen bagi kesehatan tubuh, simak baik-baik ulasan berikut ini!

BACA JUGA : 6 Jenis Kucing Persia Asli, Ciri Khas, Harga & Cara Merawatnya

-->

1. Obat asam urat

"	 Intip Manfaat Daun Kersen, Bantu Jaga Daya Tahan Tubuh!"
kompas

Buat Sedulur yang menderita penyakit asam urat, mungkin mulai sekarang cobalah mengonsumsi daun kersen. Tahukah Sedulur, manfaat daun kersen untuk kesehatan adalah bisa mengatasi asam urat. Jadi, mulailah untuk mengurangi mengonsumsi obat-obatan yang mengandung bahan kimia yang tinggi.

Cara mengonsumsi daun kersen ini sangat mudah Sedulur. Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan cara merebusnya. Rebuslah beberapa helai daun kersen dalam air. Kemudian setelah air mendidih, saringlah air tersebut sebelum meminumnya, minumlah ramuan ini secara rutin.

2. Mencegah kanker

"	 Intip Manfaat Daun Kersen, Bantu Jaga Daya Tahan Tubuh!"
farmaku

Daun kersen diketahui mengandung flavonoid, tannin dan saponin yang memiliki sifat antikanker, membuat daun ini sangat baik untuk tubuh. Cara mengonsumsinya adalah, dengan direbus. Manfaat rebusan daun kersen adalah untuk mengobati atau mencegah kanker.

3. Obat luka dan infeksi

"	 Intip Manfaat Daun Kersen, Bantu Jaga Daya Tahan Tubuh!"
halodoc

Apabila Sedulur mengalami luka akibat terjatuh atau mengalami infeksi setelah terkena benda tajam, maka jangan panik. Daun kersen bisa menjadi, solusi buat mengobati sakitmu itu. Cara mengonsumsinya adalah dengan cara direbus. Kandungan saponin, tannin dan flavonoid dalam daun kersen dapat mengatasi infeksi pada tubuh. Sehingga manfaat rebusan daun kersen tentu sangat baik buat penyembuhan luka yang dialami Sedulur

BACA JUGA : Daftar Senjata Tradisional Dari 34 Provinsi di Indonesia, Lengkap!

4. Obat penderita diabetes

"	 Intip Manfaat Daun Kersen, Bantu Jaga Daya Tahan Tubuh!"
kompas

Manfaat daun kersen untuk diabetes, ya karena sifat daun ini dapat menurunkan kadar gula dalam darah. Penderita diabetes disarankan mengonsumsi air rebusan ini secara rutin.

5. Membunuh bakteri dalam tubuh

"	 Intip Manfaat Daun Kersen, Bantu Jaga Daya Tahan Tubuh!"
liputan6

Manfaat daun kersen untuk kesehatan selanjutnya adalah bisa digunakan untuk membubuh bakteri yang ada di dalam tubuh. Dipercaya kandungan dalam daun kersen mampu membunuh bakteri yang bersarang di tubuh. Minumlah rebusan daun kersen secara teratur dan dapatkan manfaatnya Sedulur.

6. Kendalikan tekanan darah

"	 Intip Manfaat Daun Kersen, Bantu Jaga Daya Tahan Tubuh!"
kompas

Diketahui jika daun kersen memiliki manfaat yang luar biasa buat Sedulur yang menderita tekanan darah. Tekanan darah atau hipertensi sebenarnya bisa diobati, namun dengan cara yang bertahap. Salah satunya dengan mengonsumsi daun kersen.

BACA JUGA : 12 Jenis Vespa Matic Kece Terbaru Lengkap Dengan Harganya

7. Meredakan flu dan batuk

"	 Intip Manfaat Daun Kersen, Bantu Jaga Daya Tahan Tubuh!"
alodokter

Batuk dan flu yang tidak kunjung mereda bisa membuat orang akan frustasi lho Sedullur. Maka dari itu, perlu penanganan ekstra supaya bisa sembuh dari penyakit satu ini salah satunya mengonsumsi rebusan daun kersen. Manfaat rebusan daun kersen diketahui sangat baik untuk mengatasi gejala batuk dan flu.

8. Mencegah penyakit jantung

"	 Intip Manfaat Daun Kersen, Bantu Jaga Daya Tahan Tubuh!"
emc

Daun kersen juga ampuh dalam mencegah penyakit jantung yang biasa dialami setiap manusia. Kandungan kimia dalam sehelai daun ini sangat dipercaya bisa menangkal radikal bebas. Selain itu manfaat daun kersen juga bisa digunakan sebagai penurun kadar kolestrol.

BACA JUGA : Ini Ciri Ciri Kucing Hamil Lengkap Dengan Cara Merawatnya!

9. Mencegah stroke

lifepack

Stroke merupakan salah satu pembunuh nomor satu di dunia. Penanganan yang terlambat, maka akan berakibat kematian. Zat aktif dalam daun talok atau kersen ini dapat merangsang peroksisom profelirator (PPAR) di dalam tubuh yang memiliki fungsi melancarkan glukosa.

10. Meredakan peradangan

https://www.alodokter.com/usir-radang-tenggorokan-akut-lebih-cepat-dengan-cara-berikut
alodokter

Manfaat daun kersen untuk kesehatan selanjutnya adalah, bisa meredakan peradangan. Beberapa hal yang selalu muncul di dalam tenggoran bisa diatasi dengan baik dengan mengonsumsi daun ini. Misalnya sariawan atau radang tenggorokan. Perlu kamu ketahui Sedulur, daun ini memiliki kandungan vitamin C yang sangat baik dan ampuh meredakan sariawan atau radang.

BACA JUGA : Mengenal Kucing Kampung & Perbedaanya dengan Kucing Ras

11. Awet muda

alodokter

Siapa yang tidak menginginkan tampil muda meski usia sudah lewat kepala tiga? Tentu semuaa orang sangat menginginkan bukan khususnya buat mereka kaum hawa. Nah, tahukah Sedulur, manfaat daun kerssen bisa mewujudkan impian tersebut lho. Jadi bukan lagi sebuah hisapan jempol belaka.

Hal ini sudah dibuktikan dengan penelitian yang dilakukan oleh para pakar. Kandungan dalam daun kersen dapat membuat kulit wajah bisa menjadi tampak lebih cantik, cerah dan awet muda. Sifat anti peradangan pada daun ini juga mampu mengobati masalah jerawat lho Sedulur.

12. Obat asam lambung

indeksnewskalteng

Belum banyak diketahui ternyata manfaat daun kersen untuk kesehatan salah satunya bisa digunakan  sebagai obat mengatasi asam lambung lho Sedulur. Asam lambung bisa diderita oleh siapa saja lho. Dan penanganan yang terlambat bisa menimbulkan hal fatal. Jadi perlu penanganan yang benar-benr serius.

Cara mengonsumsi daun kersen untuk penderita asam lambung sebenarnya sangat mudah. Cukup rebus beberapa helai daun kersen, maka selanjutnya minum air rebusannya. Minumlah secara rutin rebusan dari daun kersen ini ya Sedulur. Supaya mendapatkan manfaat yang tak terduga dan bisa meredakan asam lambung kamu.

13. Meningkatkan daya tahan tubuh

meditransglobal

Cuaca yang tidak menentu seperti sekarang ini, membuat tubuh dapat dengan mudah terserang beragam penyakit mulai dari gejala yang sedang hingga gejala yang berat. Gejala ringan yang biasa kamu rasakan mungkin batuk, pilek atau demam. Ketiga penyakit ini bisa menurunkan daya tahan kamu lho Sedulur.

Nah, supaya bisa kembali fit, maka kamu bisa mengonsumsi daun kersen ini. Ya, manfaat daun kersen untuk kesehatan salah satunya adalah untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Jadi, jangan sungkan untuk memanfaatkan daun yang satu ini ya.

BACA JUGA : Kenali Tanaman Keladi Tengkorak Populer & Cara Merawatnya

14. Obat sakit kepala

"	 Intip Manfaat Daun Kersen, Bantu Jaga Daya Tahan Tubuh!"
klikdokter

Sakit kepala yang mengganggu mungkin membuat siapa pun pasti akan merasa kurang nyaman dalam beraktivitas. Dan penanganan yang terlambat bisa menimbulkan berbagai macam penyakit seperti vertigo atau gejala hipertensi. Lantas, apa solusinya? Buat Sedulur yang mengalami gejala sakit kepala, bisa mengonsumsi daun kersen. Cara mengkonsumsi daun kersen tentu saja dengan merebus beberapa helai daun dan selanjutnya ambil rebusan air tersebut untuk dikonsumsi secara rutin supaya bisa meredakan gejala sakit kepala.

BACA JUGA : 10 Jenis Aglaonema Langka, Tanaman Hias Cantik Paling Hitz

15. Mengontrol kadar kolesterol

jogjatribunnews

Manfaat daun kersen yang terakhir adalah, bisa mengontrol kadar kolesterol dari Sedulur lho. Ya kadar kolesterol yang tinggi memang menimbulkan berbagai macam penyakit salah salah satunya kanker. Kandungan saponin serta flavonoid yang membentuk anti oksidan dan menyekresi hormon insulin pada khasiat daun  kersen.

Meski demikian, kamu harus mengolah daun kersen  terlebih dahulu sebelum benar-benar dikonsumsi untuk tubuh. Memang khasiat dari daun ini adalah untuk mengontrol kadar kolesterol. Kolesterol biasanya didapat dari makanan-makanan yang mengandung minyak berlebih lho Sedulur. Jadi, mulailah menjaga tubuh dengan baik dan imbangilah dengan kegiatan olahraga.

 

Demikian ulasan mengenai manfaat daun kersen dan bagamaina cara mengolah daun ini untuk bisa dikonsumsi oleh tubuh. Jangan lupa selalu imbangi dengan olahraga yang teratur.