Olive oil extra virgin belakangan ini ramai dibicarakan karena khasiatnya untuk membuat kulit wajah sehat dan cerah. Pola hidup yang berantakan seringkali memunculkan keluhan kulit dan tubuh. Misalnya kulit menjadi lebih kering, kusam, dan berjerawat. Lantas, ada sesuatu dari minyak yang satu ini sehingga banyak diminati oleh orang dengan keluhan sedemikian rupa.

Extra virgin olive oil atau banyak disingkat orang dengan nama EVOO merupakan minyak yang berasal dari buah zaitun. Sebagai bahan masakan, minyak zaitun juga memiliki segudang manfaat karena kaya vitamin, antioksidan, dan tidak mengandung lemak jenuh. Maka serangkaian manfaatnya itu menarik perhatian masyarakat untuk ikut mencobanya juga.

BACA JUGA: Fakta Buah Beetroot, Si Merah dengan Segudang Nutrisi

1. Berfungsi sebagai antibakteri

1. Sebagai antibakteri
freepik

Bakteri adalah suatu makhluk yang bisa kita temui dimana saja. Tubuh sangat rentan dihinggapi bakteri. Adapun antibakteri adalah suatu bentuk zat yang dapat menghentikan atau menonaktifkan pertumbuhan bakteri, misalnya terkandung dalam olive oil extra virgin. Caranya menghambat pertumbuhan bakteri adalah dengan mengganggu metabolisme mikroba tertentu.

Dalam penelitian tabung reaksi, olive oil ini menghasilkan tiga manfaat minyak zaitun. Salah satu diantaranya adalah kebal terhadap antibiotik. Fakta menarik lainnya adalah jika kita mengonsumsi 30 gram EVOO setiap hari, maka akan menurunkan risiko terinfeksi helicobacter pylori pada 10-40% orang dalam jangka waktu dua minggu.

2. Antikanker pada antioksidan minyak

2. olive oil extra virgin
freepik

Olive oil extra virgin dalam berbagai penelitian terbukti mampu melawan sel kanker. Itulah mengapa dikatakan bahwa minyak zaitun adalah antikanker. Salah satu contohnya adalah orang-orang di negara Mediterania memiliki risiko yang lebih rendah untuk terkena kanker. Hal itu disebabkan oleh kebiasaan mereka mengonsumsi minyak zaitun.

Adapun sifat antioksidannya membantu mencegah dan memperbaiki kerusakan akibat radikal bebas dan radiasi ultraviolet penyebab kanker. Salah satu yang sering dibicarakan adalah bertolli extra virgin olive oil. Jenis dan merek EVOO sendiri sudah marak berada di pasaran. Hal itu tentu akan memudahkan Sedulur untuk mendapatkan EVOO dan mendapatkan khasiatnya.

3. Mengobati rheumatoid arthritis

3. Mengobati Rheumatoid Arthritis
freepik

Rheumatoid Arthritis merupakan penyakit autoimun yang ditandai dengan nyeri persendian. Nyerinya persendian ini disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang menyerang jaringan sendiri. Keluhan yang ditimbulkan akibat sakit ini adalah bengkak dan sendi terasa nyeri dan kaku. Keluhan juga bisa menyebar sehingga akan terasa nyeri pada kulit, mata, dan jantung.

Olive oil extra virgin dipercaya mampu mengobati kondisi yang telah dijelaskan sebelumnya. Pengobatan ini disebabkan oleh kemampuan EVOO untuk meningkatkan penanda inflamasi dan mengurangi stres oksidatif pada orang-orang yang terkena Rheumatoid Arthritis.

4. Mengatasi kulit kering

4. Olive oil extra virgin Mengatasi Kulit Kering
freepik

Terkenalnya olive oil extra virgin membuat khasiatnya semakin tereksplor. Minyak zaitun bisa menggantikan body lotion dengan cara menyebarkan minyak ke bagian kulit. Kulit yang menggunakan minyak zaitun akan lebih lembab dan tidak kering lagi. Penggunaannya sama persis dengan lotion karena ia sendiri berfungsi sebagai penggantinya.

Alasan lain kenapa menggunakan minyak zaitun dibanding body lotion adalah bahan yang digunakan lebih alami. Menggunakan sesuatu yang herbal bisa mengurangi risiko terkena efek samping sehingga bisa mengaplikasikannya dengan aman. Hasil penggunaan olive oil extra virgin akan membuat kulit lebih elastis dan permukaan kulit menjadi lebih halus.

BACA JUGA: 15 Jenis Pisang Terenak Di Indonesia dan Cara Pengolahannya

5. Mengencangkan kulit wajah

5. mengencangkan kulit
freepik

Olive oil extra virgin dapat membantu menjaga kadar air pada kulit wajah. Hal itu disebabkan oleh kandungan zat linoleicnya. Ketika tubuh tidak kekurangan air, wajah otomatis akan menjadi lebih kencang dan terhindar dari keriput di usia muda.

Untuk mendapatkan hasil yang diinginkan demi mengencangkan kulit, Sedulur harus menyiapkan bahan lain sebagai pendukung. Pertama, siapkan madu untuk campuran olive oil extra virgin. Ketika kedua bahan itu telah tercampur rata, gunakan ke wajah sebagai masker, kemudian ratakan. Setelah kering, pijat pelan dahulu wajah, lalu bilas dengan air hangat.

6. Melembabkan dan melawan bakteri pada wajah

6. olive oil extra virgin
freepik

Manfaat berikutnya dari olive oil extra virgin adalah melembabkan dan melawan bakteri. Sebelumnya sudah sedikit dibahas terkait kandungan antibakteri pada minyak zaitun. Namun ini juga berarti bahwa bakteri seperti yang biasanya menempel di wajah juga bisa dibersihkan. Lalu, bagaimana cara mengaplikasikan minyak ini agar khasiatnya bisa didapatkan langsung?

Beberapa hal yang bisa Sedulur lakukan adalah dengan menggunakan perawatan kulit dan kosmetik dengan kandungan olive oil. Agar lebih alami, Sedulur juga bisa mengaplikasikan minyak secara langsung ke wajah. Bedanya, pengaplikasian yang tidak dicampur atau dikomposisikan dengan baik bisa membuat perawatan berjalan jauh lebih lama.

BACA JUGA: 5 Manfaat Infused Water Untuk Kesehatan dan Cara Membuatnya

7. Mengecilkan pori-pori wajah

7. mengecilkan pori-pori wajah
pexels

Lagi -lagi manfaat olive oil extra virgin untuk wajah. Ternyata, olive oil ini juga memiliki manfaat untuk mengecilkan pori-pori wajah. Biasanya, kulit yang memiliki pori-pori besar akan cenderung berminyak. Minyak zaitun ini bertugas untuk mengatasi kulit berminyak akibat pori-pori yang besar.

Minyak zaitun yang diaplikasikan ke kulit wajah juga bisa merawat beberapa keluhan wajah. Perawatan yang dimaksud adalah dapat membantu mencerahkan kulit, mencerahkan bibir hitam, menyamarkan stretch mark, dan masih banyak lagi khasiat minyak zaitun baik itu untuk wajah maupun seluruh tubuh.

8. Mengurangi risiko diabetes Tipe 2

8. olive oil extra virgin
pexels

Diabetes tipe 2 adalah kondisi ketika kadar gula dalam darah melebihi nilai normal. Beberapa gejala atas kondisi ini adalah luka yang sulit sembuh, terdapat bagian tubuh yang menghitam, hingga penglihatan yang mulai kabur. Namun, gejala tersebut juga bukan sesuatu yang bisa terdeteksi di awal waktu. Biasanya, gejala seperti itu akan datang ketika sudah komplikasi.

Kemudian olive oil extra virgin terbukti mampu mengurangi risiko diabetes tipe 2 hingga lebih dari 40%. Hasil ini didapat dari program diet Mediterania yang kaya akan olive oil. Penelitian tersebut digelar dan didukung oleh 418 informan atau narasumber.

BACA JUGA: 10 Fakta Apel Fuji Untuk Kesehatan, Baik Dikonsumsi Tiap Hari

9. Kaya Akan Lemak Sehat

9. kaya akan lemak sehat
pexels

Apa itu lemak sehat? Lemak sendiri adalah sebuah zat yang memiliki energi tinggi. Dalam satu gram lemak jenis apapun, maka akan memberikan energi sebesar  9 kkal. Di dalam tubuh, lemak berfungsi untuk membantu tubuh menyerap vitamin A, vitamin D, dan vitamin E. Ketiga vitamin tersebut merupakan golongan vitamin yang larut dalam lemak.

Nah, kandungan lemak dalam tubuh terbagi menjadi dua, yaitu lemak jenuh dan tak jenuh. Biasanya, orang mengenal lemak jenuh sebagai lemak jahat, kemudian sebaliknya dengan lemak tak jenuh. Lemak tak jenuh ini menjaga kesehatan jantung, mengurangi kolesterol jahat, dan menjaga arteri agar tetap bersih. Lemak yang seperti ini ada pada olive oil extra virgin.

Minyak zaitun extra virgin olive oil mengandung 14% lemak tak jenuh. Sedangkan dalam 11% adalah lemak tak jenuh ganda. Lemak ini mengandung asam lemak omega-6 dan omega-3. Kemudian, minyak zaitun juga mengandung asam oleat. Manfaat asam oleat ini adalah untuk mengurangi peradangan. Lemak yang satu ini juga tahan dipanaskan sebagai bahan masak.

10. Kaya Vitamin

10. olive oil extra virgin
pexels

Olive oil extra virgin juga terkenal atas kandungan vitaminnya yang melimpah. Di dalamnya, terdapat vitamin seperti vitamin A, vitamin D, dan vitamin K. Masing-masing vitamin mempunyai tugasnya sendiri. Semuanya bergotong royong menciptakan keseimbangan agar asupan nutrisi dan vitamin  dalam tubuh tercukupi dan seimbang.

Adapun vitamin A pada minyak zaitun berfungsi untuk mengurangi tanda penuaan dan perbaikan jaringan kulit yang rusak. Vitamin D berperan untuk mengurangi gejala psoriasis, peradangan, dan iritasi pada kulit. Kemudian vitamin K memiliki manfaat untuk menyamarkan stretch mark, noda hitam, mata panda, dan melindungi kulit dari kerusakan sebab ultraviolet.

BACA JUGA: 10+ Perbedaan Alpukat Mentega & Biasa, Lebih Baik Mana?

11. Mempunyai sifat anti inflamasi

11. antiinflamsi
pexels

Inflamasi adalah mekanisme tubuh untuk melindungi diri dari infeksi mikroorganisme asing, seperti jamur, bakteri, dan virus. Terdapat dua jenis inflamasi pada tubuh, diantaranya yang akut dan kronis. Tipe akut terjadi seperti ketika lutut terkena benturan atau jari teriris pisau. Akibatnya, area tersebut kemerahan dan bengkak sebagai respon penyembuhan.

Sedangkan peradangan kronis bisa terjadi akibat respons terhadap zat lain yang asing bagi tubuh. Misalnya asap rokok atau sel lemak yang bisa menumpuk sebagai plak yang kaya kolesterol. Jika dibiarkan, nantinya bisa mengakibatkan stroke hingga serangan jantung. Sedulur yang sudah tahu manfaat olive oil extra virgin akan dikenalkan dengan anti inflamasi.

Anti inflamasi yang terkandung di dalam minyak zaitun seperti borges extra virgin olive oil bisa mengurangi peradangan dalam tubuh. Di dalam minyak zaitun terkandung olecanthal sebanyak 10 persen dari dosis ibuprofen biasa. Kandungan ini bekerja sebagai obat untuk mengurangi peradangan dengan cara memproduksi prostaglandin, yang menyebabkan peradangan tersebut.

Itu semua merupakan manfaat dari olive oil extra virgin. Namun ada beberapa hal yang wajib dicatat. Bahwasannya setiap tips yang dikatakan harus diimbangin dengan pengenalan Sedulur atas kondisi tubuh dan kulit masing-masing. Jika Sedulur memiliki kulit sensitif, maka perhatikan kembali akan cocok atau tidak karena dikhawatirkan memperparah kondisi seseorang.

Selain itu, kecantikan kulit juga harus diimbangi dengan asupan makanan bergizi. Untuk membeli kebutuhan barang-barang pokok yang berkualitas, jangan lupa beli di Aplikasi Super yaa. Yuk unduh aplikasinya di sini.