Jus seledri belakangan menjadi minuman kesehatan yang populer di masyarakat. Tak sedikit influencer dalam maupun luar negeri yang mempromosikan manfaat jus seledri. Bahkan, mulai dijual pula jus seledri dalam kemasan botolan yang ringkas dan praktis untuk dikonsumsi setiap hari. Biasanya, jus seledri kemasan tersebut telah dicampur dengan beberapa bahan lain untuk mendapatkan manfaat tertentu.

Tapi sebenarnya apa sih khasiat dari jus seledri ini untuk kesehatan dan kecantikan? Apakah benar jus ini punya segudang manfaat? Apa bedanya dengan jus sayuran hijau lainnya? Lalu, sebaiknya jus seledri campur apa? Yuk simak penjelasan berikut!

BACA JUGA: 10 Cara Membuat Jus Alpukat Super Enak & Segar di Rumah

1. Manfaat jus seledri dan timun untuk tekanan darah

Photo by Alex Lvrs on Unsplash

Manfaat campuran kedua jus ini yang banyak dicari orang adalah untuk mengontrol tekanan darah. Seledri sendiri memiliki fungsi untuk menurunkan kolesterol jahat atau LDL, dan trigliserida dalam tubuh. Hasilnya, tekanan darah pun menurun. Khasiat ini didukung juga oleh kandungan nitrat dalam jus seledri yang membantu turunkan tekanan darah.

-->

Timun di sisi lain mengandung kalium yang mampu menurunkan tekanan darah serta cucurbitacin yang mencegah terjadinya aterosklerosis atau pengerasan pembuluh darah. Oleh karenanya, gabungan kedua jus ini mampu membantu penderita hipertensi untuk menurunkan tekanan darah. Belum lagi antioksidan dalam seledri dan timun yang dipercaya dapat melemaskan pembuluh darah.

2. Menyehatkan ginjal

manfaat jus seledri
Photo by Toni Cuenca from Pexels

Selain bermanfaat bagi tekanan darah, manfaat jus seledri untuk ginjal tak kalah menarik. Ginjal yang merupakan salah satu organ vital tubuh ini berfungsi untuk menyerap racun dalam tubuh dan mengeluarkannya bersama urine. Fungsinya sangatlah penting, akan tetapi organ ini jarang kita perhatikan dengan baik layaknya organ jantung, paru-paru, atau otak.

Konsumsi jus seledri bisa menjadi cara bagi Sedulur untuk merawat ginjal. Jus seledri diklaim mampu mencegah terjadinya batu ginjal karena kadar air serta kalium menambah hidrasi dalam tubuh dan membantu mendorong keluar toksin dalam ginjal. Hasilnya, proses ini membantu ginjal mendetoks tubuh sekaligus mencegah terjadinya penumpukan dan batu ginjal.

BACA JUGA: 6 Manfaat Jus Wortel Untuk Kesehatan, Wajib Tahu!

3. Manfaat jus seledri dan wortel

manfaat jus seledri
Photo by Alex Lvrs on Unsplash

Tahukah kamu bahwa konsumsi jus seledri dan wortel bisa membantu mencegah kanker? Antioksidan tinggi dalam wortel serta seledri membuat campuran jus ini mampu melawan stress oksidatif dalam tubuh akibat radikal bebas. Khususnya, senyawa poliasetil, beta karoten dan lutein yang ditemukan dalam jus ini diklaim efektif dalam mencegah tumbuhnya sel kanker.

Lebih dari itu, jus seledri juga bermanfaat bagi pasien kanker yang sedang menjalani kemoterapi. Menurut sebuah penelitian, konsumsi jus seledri saat menjalani kemoterapi dapat membantu mencegah kerusakan sel tubuh akibat radikal bebas dari sel kanker. Namun Sedulur wajib berkonsultasi dengan dokter jika ingin mengonsumsi jus seledri untuk membantu kemoterapi ini ya.

4. Manfaat jus seledri dan nanas

manfaat jus seledri
Photo by Karolina Grabowska from Pexels

Campuran jus seledri dan nanas sangat bermanfaat bagi Sedulur yang sedang dalam proses diet. Pasalnya, kedua jus ini kaya akan serat tak larut air yang mampu melancarkan pencernaan dan menyehatkan usus. Usus sehat adalah cikal bakal dari optimalnya penyerapan nutrisi oleh tubuh yang berdampak dalam menyukseskan program diet. Ketika kebutuhan nutrisi tubuh tercukupi dengan baik, mulai dari kebutuhan makronutrisi hingga mikronutrisi, maka Sedulur akan lebih jarang merasa lapar.

Selain itu, serat dari jus ini juga akan menyerap racun serta air berlebih sehingga tinja dalam usus jadi lunak dan mudah keluar.

BACA JUGA: 5 Manfaat Mengonsumsi Jus Kacang Panjang

5. Manfaat jus seledri untuk asam urat

manfaat jus seledri
Photo by Kindel Media from Pexels

Asam urat merupakan salah satu penyakit yang sangat mengganggu bagi penderitanya. Pasalnya, saat asam urat kambuh maka Sedulur akan merasa kesakitan hingga kerap kesulitan jalan atau melakukan aktivitas lainnya. Penyakit ini terjadi karena adanya penumpukan asam urat dalam tubuh yang membentuk kristal di persendian dan jaringan tubuh lainnya.

Jus seledri memiliki manfaat khusus untuk meredakan asam urat. Sayuran satu ini memiliki senyawa bioaktif yang mampu menghambat produksi asam urat dalam tubuh. Selain itu, seledri juga punya fungsi anti-inflamasi yang mampu meredakan peradangan. Termasuk peradangan akibat asam urat.

6. Mencegah penyakit neurodegeneratif

manfaat jus seledri
Photo by Kindel Media from Pexels

Seledri memiliki kandungan senyawa antioksidan luteolin dan apigenin. Kedua senyawa ini ternyata dapat memberi perlindungan dari penyakit otak tertentu.

Berdasar sebuah penelitian terkait luteolin dan dampaknya bagi hewan penderita ensefalopati diabetic (DE), terbukti kandungan luteolin ini mampu mengurangi kerusakan sel otak. Hasilnya, DE yang menyebabkan gangguan kognitif pada penderitanya dapat dikurangi dampaknya oleh luteolin dari jus seledri. Akibatnya, kemampuan kognitif pada subjek pun meningkat.

BACA JUGA: Ternyata Ini Manfaat Minum Jus Lobak Putih, Menyehatkan!

7. Menyehatkan kulit

Photo by Valeria Smirnova on Unsplash

Jus seledri dan timun memiliki kandungan air yang tinggi hingga mencapai 95 persen. Karena itu, konsumsi jus seledri secara rutin akan bagus dalam meningkatkan hidrasi tubuh dan membuat sel-sel kulit lebih lentur serta lembut. Hidrasi dalam tubuh yang baik juga akan menyehatkan kulit membuatnya tak mudah berjerawat.

Lebih dari sekadar menambah hidrasi, manfaat jus timun dan seledri ini juga mampu membuat kulit glowing berkat kandungan vitamin A, vitamin C, niasin, dan asam folat di dalamnya. Akibatnya, kulit pun ternutrisi dengan baik dan tampak glowing sehat.

8. Mencegah peradangan

Photo by Towfiqu barbhuiya on Unsplash

Jus seledri mengandung kurang lebih 25 senyawa antiinflamasi di dalamnya yang sangat berperan bagi kesehatan tubuh. Berkat senyawa ini, seledri dapat membantu tubuh mengatasi beragam jenis penyakit dan gangguan kesehatan. Mulai dari yang serius seperti melawan peradangan dan kerusakan akibat sel kanker, hingga yang sederhana seperti melegakan radang tenggorokan dan sariawan.

Untuk mendapat khasiat ini, Sedulur bisa meminum jus seledri murni tanpa campuran buah lain. Atau jika Sedulur tidak berkenan, bisa mencampurkan sedikit madu sebagai pemanis sekaligus menambah khasiat antiinflamasi dalam jus yang Sedulur minum. Rasanya enak, khasiatnya banyak!

BACA JUGA: Tips Membuka Usaha Jus Buah Rumahan

9. Manfaat jus seledri untuk rambut

Photo by Curology on Unsplash

Sedulur yang mengalami kerontokan, yuk konsumsi jus seledri! Seledri memiliki banyak senyawa antioksidan seperti caffeic acid, ferulic acid, p-coumaric acid, apigenin, luteolin, dan lainnya yang penting bagi proses penyembuhan tubuh. Termasuk juga penyembuhan kulit kepala Sedulur. Kandungan vitamin A, B, C, serta natrium dan kalium dalam seledri juga terbukti mampu merangsang pertumbuhan rambut.

Kombinasi kedua hal ini menjadikan seledri sebagai obat kerontokan rambut. Sedulur bisa mendapatkan khasiat ini dengan rajin konsumsi jus seledri atau menggunakan seledri sebagai bahan masker rambut.

10. Meningkatkan daya tahan tubuh

manfaat jus seledri
Photo by Gabin Vallet on Unsplash

Sebagaimana sudah dijelaskan sebelumnya bahwa seledri mengandung beragam vitamin esensial bagi tubuh serta antioksidan tinggi. Keduanya terbukti merupakan faktor penting dalam menjaga serta meningkatkan daya tahan tubuh. Terutama saat di musim pancaroba dan penghujan, penting bagi Sedulur untuk terus menjaga daya tahan tubuh.

Konsumsi jus seledri setiap hari dengan diselingi konsumsi sayuran lainnya akan membantu Sedulur dalam menjaga kesehatan.

Setelah mengetahui beragam manfaat jus seledri bagi tubuh di atas, jadi ingin rutin konsumsi jus satu ini ya? Cara membuat jus seledri sangatlah mudah. Sedulur hanya membutuhkan seledri dengan batang besar serta air dan madu atau buah-buahan manis lainnya. Potong semua bahan kecil-kecil agar mudah dihaluskan dan blender sampai halus. Setelah itu langsung diminum ya, jangan disaring karena akan membuang kandungan serat yang penting dalam jus seledri.

Lengkapi juga konsumsi jus seledri dengan berbagai makanan sehat lainnya dari Aplikasi Super. Konsumsi makanan seimbang jadi mudah berkat adanya Aplikasi Super yang menyediakan ragam makanan kualitas terbaik dan sehat dalam jangkauan. Sedulur tinggal klik dan barang Sedulur akan tiba di rumah. Yuk install Aplikasi Super sekarang juga!