Bagi kamu yang belum tahu, blog adalah website atau jurnal online yang di dalamnya memuat beragam informasi, seperti artikel, foto, maupun video dan selalu diperbarui secara rutin. Kemudian orang yang melakukan aktivitas itu disebut dengan blogger. Banyak orang yang memanfaatkan blogging untuk berbagai kepentingan, termasuk untuk mencari penghasilan.

Biasanya orang-orang atau blogger yang memiliki produk jualan gak cuma dipasarkan melalui media sosial saja, tetapi blogging atau website juga dimanfaatkan untuk membahas dan menawarkan barang jualannya. Cara ini juga bisa membantu promosi sekaligus menjelaskan lebih mendetail soal produk yang dijual. Sehingga calon konsumen akan dengan mudah mengenal produk yang akan dibeli dengan mudah.

Karena dianggap memiliki banyak keunggulan, sampai saat ini blogging masih banyak dimanfaatkan oleh banyak orang, bahkan perusahaan sampai pemerintahan. Untuk buat blog juga tidak terlalu susah karena kemajuan teknologi akan memudahkan Sedulur semuanya.

Nah, bagi Sedulur yang ingin membuat blog dan mengenal lebih jauh soal ini, tenang saja. Kali ini Super akan mencoba membahas lebih lengkap mulai dari pengertian, fungsi, struktur, sampai sejarahnya bagaimana. Yuk, langsung scroll sampai bawah!

-->

BACA JUGA: Tulis Kisah Sosok Pahlawan di Sekitarmu, Menangkan Hadiah Jutaan Rupiah di Kontes Blog Super Bercerita #KadoUntukPahlawan

1. Apa Itu Blog?

unsplash.com

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, apa yang dimaksud dengan blogging adalah kegiatan mengelola blogmu berupa tulisan artikel, memperbaharui, bahkan bisa juga menambahkan elemen lain seperti foto atau video. Aktivitas ini dilakukan dengan cara memanfaatkan tool digital di internet. Sedangkan orang yang menggunakan blog disebut dengan blogger.

Sebenarnya blogging sudah dikenal sejak tahun 2000-an dan sampai sekarang terus berkembang. Setelah mulai dikenal, banyak orang yang mencari tahu seperti apa kegiatan ini, apa tujuannya dan bisa menghasilakan uang atau tidak. Tentu saja sangat beragam alasan untuk menjawab itu semua.

Sebab, setiap blogger memiliki kepentingan sendiri-sendiri untuk website mereka. Ada yang hanya sekadar ingin menulis cerita di blognya seperti diary, membahas topik tertentu tak terkecuali politik, sampai untuk jualan juga bisa. Sehingga cukup banyak hal yang bisa dilakukan saat blogging dan tidak terbatas dalam bidang tertentu saja.

BACA JUGA: Kontes Blog #SuperBercerita Kembali Hadir: Hadiahnya Berlipat Ganda!

2. Lalu Bagaimana Sejarahnya?

unsplash.com

Pertama blogging digagas oleh Blogger.com pada bulan Agustus tahun 1999. Setelah sukses berjalan, kemudian diakuisisi oleh Google pada tahun 2003. Sejarahnya dimulai dengan istilah Weblog, ciptaan Jorn Barger pada 17 Desember 1997. Dan awalnya, blogging hanya berisi berita atau informasi yang tujuannya seperti koran atau surat kabar yang sudah ada lebih dulu.

Karena perkembangan yang semakin maju, update informasi semakin beragam. Orang pun bisa memilih topik yang mereka sukai. Kemudian selain untuk kepentingan informasi, hobi menjadi alasan kedua mengapa orang melakukan blogging.

Setelah itu pada tahun 2003, WordPress mulai muncul dan menawarkan segala kemudahaan dan dikenal dengan sebutan user friendly. Sebab meski baru pertama kali blogging, orang akan dengan mudah mengoprasikan WordPress ditambah memiliki fitur-fitur menarik dan cukup komplit.

Kemudian beberapa blogger seperti ProBlogger.net dan JohnChow.com, ketika itu menjadikan blognya sebagai ladang mencari uang dengan cara bekerja sama dengan pihak ketiga untuk beriklan di dalam blognya. Bahkan, sampai saat ini cara ini juga masih dipakai oleh para blogger.

BACA JUGA: Akhiri Kontes #SuperBercerita, Aplikasi Super Gelar Webinar dengan Tamu Istimewa

3. Jenis-jenis Blog

unsplash.com

Setelah membahas apa itu blog sampai dengan sejarahnya, kali ini ada beberapa jenisnya yang sering dipakai sampai sekarang. Berikut beberapa di antaranya:

Blog Pribadi

Jenis ini lebih berfokus untuk diri sendiri, bukan ke audiens atau pembacanya. Biasanya blogger akan menjadikan dirinya sendiri sebagai objek untuk diceritakan. Misalnya soal kehidupannya, hobi, kegiatan, dan lainnya. Biasanya topik yang dibahas bisa cukup luas, sesuai dengan keinginan pribadi blogger.

Blog Niche

Untuk tipe ini akan lebih fokus pada topik tertentu dan biasanya penulis cukup menguasai bidang yang ditulis. Contohnya bisa macam-macam. Misalnya, berisi tentang traveling, makanan, kesehatan, fashion, gaya hidup, dan masih banyak lagi.

Blog Perusahaan atau Bisnis

Tentunya setiap perusahaan punya tujuan ketika melakukan blogging. Salah satunya tentu saja untuk pemasaran atau marketing. Sehingga bisa menarik sebanyak-banyaknya klien. Biasanya di dalam blognya akan tercantum seperti produk yang ditawarkan, apa keunggulannya, dan lain sebagainya.

Blog Afiliasi

Untuk yang jenis ini adalah affiliate marketing, yaitu teknik pemasaran dengan mempromosikan produk dan layanan pihak ketiga melalui platform online. Biasanya blogger akan mencantumkan link yang diarahkan ke produk atau bisnisnya agar konsumen yang berminat bisa langsung untuk membeli. Selain itu, isinya juga lebih banyak tentang ulasan produk hingga tips dan trik.

Reverse Blog

Sedangkan jenis ini blognya akan diisi oleh beberapa penulis atau guest writer. Pemilik tentu saja ikut menulis di blognya. Tapi selain itu, dia tugasnya juga mengedit atau mengubah tulisan dari penulis lain. Biasanya, pemiliki juga akan memberikan bayaran untuk penulisnya. Blogger jenis ini biasanya juga akan memperluas koneksi dan eksposur mereka.

BACA JUGA: Lomba Blog Gratis Hadiah Jutaan Rupiah Desember 2021

4. Fungsi dan Kegunaan Blog

unsplash.com

Sebenarnya blogging memiliki banyak fungsi dan manfaat yang bisa Sedulur dapatkan. Tentu tujuannya juga beragam. Lalu apa sih kira-kira?

Sarana Publikasi

Blogging bisa membantu sebagai sarana publikasi. Misalnya, ada sebuah event tertentu, di sini peran blogger adalah untuk menulis event tersebut sekaligus menyebarkan posternya. Diharapkan, setelah ini pembaca kamu akan tahu acara tersebut. Ditambah lagi, publikasi secara online juga dinilai lebih murah daripada offline.

Portofolio Pribadi

Zaman yang sudah maju seperti sekarang, portofolio gak cuma dituangkan dalam lembar-lembar kertas saja. Sebab, cara itu sudah ketinggalan zaman. Sekarang banyak seorang profesional yang menuangkan portofolio mereka secara online. Hal ini juga dianggap lebih efisien dan mudah untuk diakses siapa saja, termasuk perusahaan yang ingin tahu skill dan membutuhkan jasa kamu.

Untuk Branding

Bagi seorang profesional, blogging bisa membantu sebagai sarana branding. Lewat tulisan kamu bisa menilai dirimu sebagai seorang yang expert dalam suatu bidang. Sehingga calon konsumen juga tidak ragu dengan kemampuan dan jasa yang kamu tawarkan.

Promosi

Jika kamu seorang pemilik bisnis, blog bisa dimanfaatkan untuk mempromosikan produk atau jasa kamu. Cara ini dianggap lebih efektif dan efisien daripada promosi lewat offline, di mana mungkin kamu akan menghabiskan banyak biaya untuk mencetak poster atau semacamnya. Belum lagi dengan lewat blogging, konsumen juga bisa mempelajari produk dan jasa kamu secara menyeluruh sekaligus mendetail.

Menyalurkan Hobi

Bagi Sedulur yang hobi menulis, blogging bisa menyalurkan hobi juga. Apalagi jika tulisan Sedulur bagus dan banyak pembacanya. Bahkan, blog kamu juga bisa diikut sertakan kontes untuk mencari penghasilan, seperti contohnya Kontes Blog Super Bercerita #KadoUntukPahlawan yang bisa kamu lihat di sini.

BACA JUGA: Cara Membuat Blog Gratis yang Dapat Menghasilkan Uang

5. Struktur Blog

unsplash.com

Secara umum tatanan atau struktur blog hampir sama. Di dalamnya terdapat beberapa bagian yang bisa Sedulur pelajari. Berikut penjelasannya:

  • Header: Biasanya terletak di bagian atas blog, berisi tentang judul blog, deskripsi blog, dan menu blog.
  • Navigation Bar: Umumnya terletak di atas header. Fungsinya untuk mempermudah pemilik untuk mengelola blognya.
  • Main blog: Posisinya berada di bagian tengah blog, yang terdapat postingan atau isi blog itu sendiri.
  • Sidebar: Biasanya elemen ini diisi dengan popular post dan archive. Kamu juga bisa memasukkan berbagai macam widget. Untuk letaknya, ada di sebelah kiri atau kanan blog.
  • Footer: Terletak paling bawah pada blog, isinya berupa informasi singkat tentang pemilik blog, kontak, informasi hak cipta, dan lainnya.

BACA JUGA: Info Lomba Online Gratis, Hadiah Jutaan Rupiah 2022

6. Perbedaan Blog dan Website

unsplash.com

Mungkin banyak yang berpikir blog dan website itu sama. Padahal sebenarnya ada perbedaan yang cukup signifikan. Dari pengertiannya, blog merupakan kependekan dari web blog, yang isinya soal opini, aktivitas penulis, pengalaman, dan lain sebagainya serta dikelola pribadi. Sedangkan website, memiliki domain yang dikelola oleh perusahaan, organisasi, institusi, pemerintahan, maupun individu.

Kemudian dari sisi konten, blog bisa berisi berbagai hal sesuai dengan selera pemiliknya. Sedangkan website umumnya berisi jasa, produk, atau informasi sesuai dengan kepentingan pemilik. Bahasa dalam website pun lebih formal dibanding dengan bahasa-bahasa di dalam blog.

7. Alasan Mengapa Orang Blogging?

unsplash.com

Dulu awal mulanya blogging sebagai media dan salah satu cara untuk mengekspresikan diri dan perasaan pribadi. Kebanyakan blogger senang menceritakan kisah hidupnya. Biasanya mereka tidak memiliki kepentingan tertentu, misalnya untuk memiliki traffic blogger yang tinggi atau pembaca yang banyak.

Mereka tidak memikirkan sampai ke situ, tetapi hanya ingin menulis untuk menyalurkan hasratnya. Misalkan pada nantinya blog itu disukai banyak orang, itu dianggap sebagai bonus saja. Sebab, biasanya mereka memulai blogging untuk menyalurkan hobi tulis menulis, tidak untuk materi atau tujuan lain.

Tapi gak bisa dimungkiri, zaman sekarang blogging juga bisa untuk kepentingan lain gak cuma sekadar mengekspresikan diri. Terlebih jika blog itu memiliki traffic pembaca yang tinggi.

Sebab, gak sedikit blogger yang menulis untuk kepentingan branding maupun promosi. Terlebih lagi sekarang banyak perusahaan yang mencari blogger untuk diajak bekerja sama. Kemudian sang blogger membuat sebuah tulisan promosi dalam blognya atau yang disebut dengan istilah endorse.

Karena hal itu, sekarang gak sedikit blogger yang mulai terjun dalam dunia blogging untuk menggaet brand atau perusahaan tertentu. Sehingga sekarang orientasi blogging gak cuma untuk kesenangan pribadi saja, tetapi juga bisa untuk mencari penghasilan tambahan.

BACA JUGA: 8 Cara Mengecilkan Ukuran Video Secara Online, Kualitas Tetap!

8. Apakah Bisa Mendapat Uang dari Blog?

unsplash.com

Seperti yang sudah dijelaskan di poin sebelumnya, sangat memungkinkan untuk bisa menghasilkan uang dari blogging. Tapi tentu saja ada banyak hal yang harus dikerjaan karena pastinya tidak mudah dan butuh proses yang panjang.

Biasanya sebelum ke arah itu, pemilik akan melakukan branding terkait dirinya sampai mulai dikenal oleh banyak orang. Kemudian blognya mulai disukai dan memiliki pembaca yang cukup banyak. Sehingga setelah itu perusahaan bisa mulai melirik blog kamu untuk diajak bekerja sama.

Melansir data dari Forbes, dari 10 blog terbaik yang ada saat ini bisa menghasilkan dari $175.000 hingga $14.000.000 per bulannya. Tapi untuk bisa sampai ke situ, butuh proses yang panjang bahkan bertahun-tahun. Terkadang dibutuhkan juga seorang profesional dalam bidang ini. Tapi jangan berkecil hati dulu, jika dilakukan dengan telaten dan tekun, pasti Sedulur bisa mendapatkan hasil dari blogging.

9. Cara Membuat Blog

unsplash.com

Sebelum membuat blog, ada beberapa langkah yang harus Sedulur siapkan terlebih dahulu. Sebab saat ini ada banyak platform blog yang bisa digunakan dan mudah dalam mengoprasikannya. Lalu apa saja hal-hal yang perlu diketahui dulu?

Menentukan platform

Ada beberapa pilihan platform yang bisa dipilih, yaitu WordPress.org, WordPress.com, dan Blogspot.com. Ketiganya memiliki keunggulannya dan ciri khasnya masing-masing.

  • WordPress.org: Platform ini memiliki banyak fitur menarik, punya macam-macam plugin, dan mudah digunakan. Namun kamu harus membeli domain dan hostingnya terlebih dahulu.
  • WordPress.com: Hampir mirip dengan versi “org”, bedanya WordPress.com bisa kamu pakai secara gratis karena menggunakan server dan hosting WordPress. Nanti nama blog kamu akan diikuti dengan nama WordPress. Misalnya, namablogkamu.wordpress.com.
  • Blogspot.com: Platform ini merupakan milik Google. Kamu juga akan lebih mudah memakai layanan AdSense, AdWords, Google Analytics, dan lainnya. Namun seperti WordPress.com, nama blog kamu juga akan disisipi .blogspot.com.

Memilih Niche Blog

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kamu perlu memilih niche untuk blog kamu. Misalnya, soal traveling, fashion, gaya hidup, dan masih banyak lagi. Ya, walaupun sah-sah saja kamu mencampurkan banyak topik dalam blog, tapi akan lebih baik jika kamu fokus dalam memilih niche. Sehingga dalam penerapan isi atau tulisannya juga akan lebih mudah.

Lebih baik pilihlah niche yang kamu kuasai, topiknya populer, dan yang paling penting bisa menguntungkan. Contohnya seperti blog kecantikan, teknologi, hingga bisnis. Sehingga nantinya akan banyak brand atau klien yang bisa masuk ke tempatmu.

Menentukan Nama Domain

Kalau kamu memilih punya nama sendiri tanpa diikuti platform blognya, kamu bisa membeli domain dan layanan hosting. Indonesia sangat banyak layanan hosting yang bisa Sedulur pilih. Tinggal tentukan saja yang sesuai dengan kebutuhan. Tapi jangan lupa pilih perusahaan layanan hosting yang memiliki review bagus agar tidak mengecewakan. Misalnya, akses blog terlalu berat dan banyak eror atau gagal akses.

Menyiapkan Kontennya

Jika niche sudah ditentukan dan blog sudah dibikin, saatnya Sedulur menyiapkan isi kontennya. Sehingga ketika blog sudah selesai, konten yang sudah dibuat bisa langsung diunggah ke dalam website. Atau, Sedulur juga bisa melakukan ini secara bertahap agar setiap hari blog kamu selalu update dan aktif.

Cara Membuat Blog

Jika Sedulur memilih untuk memakai platform blog gratisan seperti WordPress.com atau Blogspot.com, tidak perlu mencari layanan hosting karena bisa dibuat sendiri dengan mudah. Lalu bagaimana step-stepnya?

  • Pertama pergi ke blog login terlebih dahulu (WordPress.com atau Blogspot.com).
  • Kemudian klik “mulai buat”.
  • Lalu masukkan nama blog yang diinginkan.
  • Klik “berikut”, pilih URL atau alamat blog. Selanjutnya “simpan”.
  • Setelah ini blog Sedulur sudah mulai bisa digunakan.

BACA JUGA: 12 Manfaat Menulis, Baik Untuk Kesehatan Mental?

10. Cara Mengoprasikan Blog Secara Umum

unsplash.com

Jika blog sudah dibuat, tentu saja Sedulur harus belajar bagaimana mengoprasikannya, contohnya seperti ketika ingin mengunggah tulisan di WordPress. Sedulur tinggal cari menu “post”, kemudian pilih menu “add new” dan Sedulur mulai bisa menulis sesuka hati. Kalau sudah jangan lupa klik “draft” untuk disimpan dan diedit kembali nanti, atau klik “publish” untuk langsung diterbitkan.

Dalam artikel Sedulur juga bisa menambahkan foto agar tampilan artikel lebih menarik dengan cara “add image” kemudian upload foto dari komputer atau laptop Sedulur. Setelah selesai di-upload, kemudian klik “insert” untuk memasukkan ke dalam tulisan. Sedulur tak perlu terburu-buru untuk cepat bisa memakai blog. Sebab, pengoprasian WordPress.com atau Blogspot.com bisa dipelajari dengan mudah.

BACA JUGA: 20+ Kerja Sampingan Online, Nambah Penghasilan Tanpa Modal

11. Blogger Indonesia

unsplash.com

Indonesia memiliki banyak blogger ternama yang kariernya dalam dunia blogging sudah tak perlu diragukan lagi. Beberapa di antaranya seperti Gita Savitri Devi. Dia merupakan mahasiswi yang kuliah di Jerman. Meskipun Gita lebih terkenal sebagai YouTuber, ternyata dirinya memiliki blog yang menarik untuk dibaca.

Blognya yang bernama A Cup Of Tea (gitasav.com), banyak menuliskan isu-isu seputar perempuan. Selain itu, Gita juga sering menulis tentang kesehatan mental, pemerintahan sampai traveling.

Selain Gita ada juga nama lain yang sekarang sudah sukses. Dia adalah Raditya Dika. Penulis, pelawak, aktor, dan juga sutradara ini memang sudah memiliki nama besar di dunia hiburan Indonesia. Tapi siapa yang menyangka, Radit mengawali kariernya dari menulis di blog yang kemudian tulisan-tulisan itu dibukukan.

Banyak buku-buku jenaka yang ditulis Raditya Dika. Misalnya, Manusia Setengah Salmon, Cinta Brontosaurus, Kambing Jantan hingga Babi Ngesot. Konten-konten Radit juga bisa kamu nikmati di channel YouTube-nya Raditya Dika dan blognya Radityadika.com.

Itulah tadi penjelasan mengenai blog sampai fungsi dan sejarahnya. Bagi Sedulur yang memiliki blog dan aktif menulis, ternyata tulisan Sedulur bisa dimanfaatkan untuk mendapat cuan, lho. Gak percaya? Sedulur tinggal ikut Kontes Blog Super Bercerita #KadoUntukPahlawan yang diselerenggarakan pada bulan April – Juni 2022.

Sedulur bisa menulis sosok pahlawan di sekitarmu dan versi sendiri. Nantinya jika tulisan Sedulur terpilih, sosok yang diceritakan bisa mendapat ‘kado’ spesial dari Aplikasi Super, lho. Tenang, mulai sekarang Sedulur sudah bisa mulai daftar dan submit artikel versi teaser-nya, kok. Untuk lebih lengkapnya Sedulur bisa cek di sini!

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.