artikel seo

Setiap penulis tentu ingin tulisannya dibaca oleh banyak orang. Begitu pula dengan penulis di platform daring seperti para blogger. Menulis artikel saja tidaklah cukup. Sedulur perlu mengoptimalkan tulisan tersebut agar ramah mesin pencari. Dengan begitu, artikel akan lebih mudah ditemukan oleh pengguna internet dan berkesempatan menjadi nomor satu di mesin pencari Google. Artikel yang sudah melalui tahap optimasi mesin pencari ini dikenal juga sebagai artikel SEO.

Lantas, apa itu SEO? Bagaimana cara menulis artikel SEO friendly? Di bawah ini Sedulur bisa mempelajari lebih dalam tentang tulisan SEO, mulai dari pengertian, manfaat, perbedaannya dengan artikel biasa, hingga cara membuatnya. Yuk, baca lebih lanjut!

BACA JUGA: 10 Cara Menjadi Penulis Buku, Novel, dan Film untuk Pemula

Apa itu artikel SEO?

artikel seo
Unsplash

Sebelum membahas tentang artikel SEO, Sedulur harus tahu terlebih dahulu pengertian SEO atau Search Engine Optimization. Sederhananya, SEO adalah teknik yang digunakan untuk mengoptimalkan web atau blog agar mendapatkan peringkat teratas di hasil pencarian Google. Dengan penerapan SEO, situs akan mudah ditemukan sehingga berpotensi menghasilkan lebih banyak traffic atau pengunjung.

-->

Artikel SEO adalah salah satu bentuk penerapan dari teknik tersebut. Pada dasarnya, artikel SEO friendly adalah tulisan yang dibuat sesuai kaidah Search Engine Optimization (SEO) sehingga mesin pencari dapat mengenali isi artikel dengan cepat. Mesin pencari seperti Google akan merekomendasikan contoh artikel website sesuai SEO kepada pengguna internet berdasarkan kata kunci yang relevan.

Di era informasi digital yang makin maju seperti saat ini, banyak individu, organisasi, lembaga, bahkan perusahaan berlomba-lomba agar situs website miliknya menjadi nomor satu di hasil pencarian Google. Di sinilah artikel SEO mengambil peran penting. Bahkan, kini banyak dicari jasa penulis artikel SEO atau jasa artikel SEO untuk bisa memenuhi kebutuhan meningkatkan traffic website organisasi maupun perusahaan.

Perbedaannya dengan artikel biasa

Unsplash

Hal yang membuat artikel SEO istimewa daripada artikel biasa adalah tujuan pembuatannya. Seperti yang sudah dibahas pada poin sebelumnya, artikel ini memang dibuat untuk tujuan optimasi web. Apa pun isinya, hal yang dicari oleh jenis artikel ini adalah pengunjung. Selain dari judul atau isi artikelnya menarik, artikel SEO biasanya didukung dengan halaman website yang responsif.

Artikel jenis ini memiliki tujuan supaya web cepat ditemukan mesin pencari. Sementara itu, artikel biasa umumnya sekadar mengedukasi pengunjung atau untuk kebutuhan lain seperti publikasi artikel ilmiah.

BACA JUGA: Hyperlink, Kenali Definisi, Jenis, Fungsi dan Cara Membuatnya

Manfaat membuat artikel SEO friendly

Unsplash

Meski terlihat sederhana, tulisan SEO sangat berperan untuk mengoptimalkan website. Ini adalah langkah pertama yang menjadi kunci untuk melakukan optimasi web. Tanpa tulisan jenis ini, Sedulur mungkin akan kesulitan mendapatkan pengunjung web atau blog yang telah dibuat.

Tidak hanya itu, tulisan SEO juga bisa mendukung branding Sedulur. Jika web milikmu sudah cukup berkembang, tulisan jenis ini dapat membantu meningkatkan konversi penjualan produk atau jasa yang dijual. Jadi, jangan anggap remeh artikel SEO, ya. Web bisnis, web portofolio, bahkan blog pribadi sangat membutuhkan tulisan jenis ini.

Cara membuat contoh artikel SEO

artikel seo
Unsplash

Ada cara-cara khusus yang perlu diikuti untuk menulis contoh artikel SEO friendly. Inti utamanya ada pada kata kunci dan bahasa yang digunakan. Buatlah pembaca bisa betah berlama-lama di dalam website yang Sedulur kelola. Caranya dengan membuat tulisan menarik. Dukung tulisan tersebut dengan website yang user friendly dan mobile friendly.

Buatlah tulisan yang berkualitas dan nyaman dibaca. Selain itu, Sedulur bisa mengikuti beberapa cara menulis artikel SEO friendly berikut ini.

1. Riset kata kunci

Unsplash

Keyword atau kata kunci adalah poin penting dalam membuat artikel SEO friendly. Agar artikel Sedulur mendapatkan banyak pembaca dan memiliki traffic yang tinggi, Sedulur perlu menentukan keyword yang tertarget. Riset kata kunci yang sedang populer dan memiliki performa baik.

Sebagai contoh, di tengah pandemi COVID-19 saat ini, masyarakat diwajibkan menggunakan masker. Jika Sedulur ingin membuat artikel dengan tema kesehatan, maka topik dan kata kunci seperti “masker kesehatan”, “harga masker medis”, “kegunaan masker mulut” tentunya menjadi pilihan tepat.

Kata kunci populer memiliki peluang lebih besar untuk menempati peringkat pertama di halaman Google. Apalagi kalau topik tersebut belum banyak dibahas web lain. Sedulur bisa menggunakan tools untuk cara cek artikel SEO kata kunci, misalnya Ubersuggest, KWFinder, dan Google Trends.

2. Optimasi judul dan subjudul

Unsplash

Judul artikel atau heading 1 harus diperhatikan dalam membuat artikel yang SEO friendly. Selain membuat judul menarik dan relevan dengan isi artikel, Sedulur perlu memasukkan kata kunci tertarget pada judul.

Perhatikan pula panjang judul karena hal tersebut bisa memengaruhi algoritma mesin pencari. Judul yang terlalu pendek atau terlalu panjang akan menurunkan performa artikel. Upayakan judul artikel hanya memiliki 60—75 karakter saja, termasuk di dalamnya ada kata kunci yang ditargetkan. Contoh judul artikel yang ideal seperti “5 Rekomendasi Masker Kesehatan Terbaik, Kegunaan dan Harganya”.

BACA JUGA: Apa Itu Blogger? Ini Penjelasan dan Tips Sukses Memulainya

3. Gunakan heading

Unsplash

Hal penting lainnya dalam penulisan SEO friendly adalah penggunaan heading 2 dan heading 3. Apalagi artikel dengan format listicle terbukti memiliki performa baik menurut algoritma mesin pencari. Google sangat menyukai artikel yang strukturnya baik. Selain agar lebih disukai Google, Sedulur perlu mengatur struktur artikel agar mudah dipahami pembaca.

Pembaca akan mudah menemukan garis besar atau pokok bahasan artikel dengan bantuan heading yang digunakan. Sebaiknya, setiap subjudul atau heading berisi paragraf yang seimbang dan koheren satu sama lain. Pembahasan yang terlalu panjang dalam satu heading perlu dihindari.

4. Optimasi Gambar

artikel seo
Unsplash

Gambar ilustrasi atau foto pada artikel akan menambah ketertarikan pembaca. Selain itu, penempatan gambar pada artikel juga bertujuan memberi pembaca jeda agar terhindar dari kebosanan saat membaca. Namun, tahukah Sedulur bahwa gambar bisa dibuat SEO friendly?

Sebelum mengunggah gambar ke website, sebaiknya Sedulur mengubah nama berkas sesuai kata kunci yang ditargetkan. Kemudian, Sedulur perlu mencantumkan kata kunci pada keterangan gambar dan ALT image.

5. Perhatikan komponen teknis blog

Unsplash

Selain subjudul dan gambar, ada beberapa komponen teknis blog yang perlu diperhatikan. Tujuannya agar artikel Sedulur terlihat menarik dan bisa bersaing di hasil pencarian Google. Adapun komponen teknis blog tersebut adalah sebagai berikut.

  • SEO title, judul halaman yang muncul di hasil pencarian Google. Agar SEO friendly, usahakan judul ini menggambarkan garis besar artikel dan mengandung satu kata kunci yang ditargetkan.
  • Permalink, secara otomatis diambil dari judul artikel. Apabila judul terlalu panjang, sebaiknya Sedulur membuat permalink yang berisi kata kunci saja. Contohnya, websitesedulur.com/masker-kesehatan.
  • Meta description, memuat deskripsi singkat isi artikel yang muncul di hasil pencarian Google. Usahakan bagian ini berisi maksimal 160 karakter dan mengandung satu kata kunci.

Dengan memperhatikan komponen teknis di atas, skor SEO akan lebih baik. Alhasil, artikel akan lebih cepat naik ke peringkat tinggi di Google. Sedulur pun dapat menerapkan teknik SEO on page lainnya seperti menambahkan link eksternal dan internal pada badan artikel yang telah dibuat. Pastikan tautan yang tersemat menuju artikel relevan sehingga performa konten makin layak menempati peringkat pertama mesin pencari.

Gunakan pula plugin SEO seperti Yoast SEO. Plugin ini akan menjadi cara cek artikel SEO. Yoast SEO akan menampilkan ikon hijau jika artikel yang dibuat sudah sesuai. Jadi, lebih mudah mengetahuinya. Jika belum hijau, Sedulur cukup melakukan optimasi yang disarankan oleh Yoast SEO.

Demikian pembahasan lengkap mengenai tulisan SEO. Semoga bisa menambah wawasan Sedulur di bidang penulisan online. Dengan menerapkan cara-cara menulis artikel SEO di atas, tulisan dan blog Sedulur bisa berpotensi kebanjiran pengunjung.

Oh iya, Sedulur bisa pula mengembangkan blog agar ramai pengunjung dengan mengikuti lomba blog. Salah satu lomba blog yang bisa diikuti adalah Kontes Blog Super Bercerita #KadoUntukPahlawan. Kontes ini diselenggarakan spesial oleh Aplikasi Super pada 4 April—5 Juni 2022. Terbuka untuk umum serta GRATIS. Mengangkat tema pahlawan, di sini Sedulur bisa menulis sosok pahlawan di sekitar sesuai versi terbaikmu.

Jika tulisan yang telah dibuat terpilih sebagai pemenang, Sedulur bakal mendapatkan hadiah jutaan rupiah. Enggak cuma itu saja, menariknya yang membedakan kontes blog ini dengan lomba lainnya adalah, Super akan bantu mewujudkan impianmu terhadap sosok ‘pahlawan’ yang diangkat dalam tulisan. Menarik banget, ‘kan? Daripada penasaran, silakan cek infonya di sini.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.