kerja sampingan

Apa Sedulur ingin mendapat penghasilan tambahan selain dari pekerjaan utama? Ya, tentu saja bisa! Untuk saat ini, rasanya hanya memiliki satu sumber penghasilan itu tidak cukup. Banyak orang yang memilih untuk melakoni pekerjaan lain selain pekerjaan utama atau yang sering disebut sebagai kerja sampingan.

Tidak perlu khawatir, terdapat banyak kerja sampingan yang bisa Sedulur lakukan sepulang kerja. Mulai dari membuka warung sendiri, menjual kreativitas, berdagang, memanfaatkan keahlian, dan masih banyak lagi yang lain. Jadi selain bisa mengisi waktu luang, Sedulur juga bisa mendapatkan lebih banyak penghasilan.

Nah, bagi Sedulur yang sedang cari kerja sampingan, tidak perlu bingung. Langsung saja simak beberapa rekomendasi pekerjaan yang bisa dilakukan sepulang kerja di bawah ini.

BACA JUGA: 15+ Ide Pekerjaan Sampingan Untuk Karyawan dan Mahasiswa

1. Dropship

kerja sampingan
pexels

Rekomendasi yang pertama ada Dropship, sebuah kerja sampingan online tanpa modal dan juga minim risiko. Sebagai seorang dropshipper, Sedulur hanya perlu memasarkan dan menjual produk tanpa stok barang terlebih dahulu. Biasanya penjual atau suppler yang diajak bekerja sama, akan memberikan beberapa kebutuhan marketing seperti foto-foto produk.

2. Blogger SEO

kerja sampingan
pexels

Bagi Sedulur yang hobi menulis dan sedang mencari kerja sampingan online, maka bisa memilih untuk menjadi blogger SEO. Ya, hobi dan bakat tersebut bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan banyak uang melalui artikel yang Sedulur tulis di blog. Perlu untuk diketahui, bahwa kebutuhan artikel atau tulisan dengan standar SEO (Search Engine Optimization), kini sedang banyak dibutuhkan.

3. Usaha Catering

kerja sampingan
pexels

Apakah memasak adalah salah satu hobi Sedulur? Apa masakan Sedulur sudah diakui oleh orang-orang sekitar? Jika iya, manfaatkan hal tersebut untuk membuka usaha catering. Jadi Sedulur bisa mulai memasak dan membuat pesanan makanan sepulang kerja. Namun usahakan pesanan yang diterima itu tidak terlalu berat dan butuh waktu lama, takutnya pekerjaan utama Sedulur akan terganggu.

4. Desainer

kerja sampingan
pexels

Desainer bisa menjadi kerja sampingan untuk pelajar maupun karyawan yang mempunyai ketertarikan dan  keterampilan dalam bidang desain. Di era modern seperti saat ini, Kebutuhan akan desain grafis itu sangat tinggi. Namun, banyak orang yang tidak tahu cara bagaimana membuatnya. Oleh karena itu, manfaatkan kemampuan yang Sedulur miliki untuk mendapatkan lebih banyak penghasilan.

5. Buka Warkop

kerja sampingan
pexels

Warkop atau rarung kopi juga bisa Sedulur jadikan sebagai kerja sampingan. Tidak hanya orang dewasa saja, namun kini budaya minum kopi sudah digemari oleh anak-anak muda. Tidak sedikit anak sekolah maupun mahasiswa yang menghabiskan waktu mengerjakan tugas atau sekedar bercengkrama di warung kopi. Maka dari itu, hal ini bisa menjadi peluang untuk membuka bisnis warkop yang sukses.

6. Franchise

kerja sampingan
pexels

Bisa dikatakan jika franchise ini dapat dijadikan sebagai alternatif bisnis sampingan yang cukup menjanjikan. Francise atau waralaba merupakan sebuah usaha yang didirikan dengan menggunakan merek atau nama dagang bisnis lain. Namun hal ini dilakukan dengan syarat pembayaran royalti dan biaya. Tidak perlu khawatir, biaya dan royalti ini hanya perlu dibayar di awal saja.

7. Jasa Penerjemah

kerja sampingan
pexels

Apabila Anda memiliki keterampilan dalam berbahasa asing yang mumpuni, maka manfaatkan peluang tersebut untuk memperoleh tambahan penghasilan melalui jasa penerjemah. Tidak hanya fleksibel, jasa penerjemah ini juga tidak membutuhkan banyak modal. Tentu saja, ini menjadi kerja sampingan online untuk pelajar dan mahasiswa yang sangat direkomendasikan.

8. Guru Freelance

kerja sampingan
pexels

Tahukan Sedulur, jika menjadi guru freelance itu mempunyai peluang yang sangat menjanjikan terutama bagi mahasiswa? Jika Sedulur punya keahlian tertentu misalnya seperti bela diri, maka bisa membuka jasa guru freelance di bidang tersebut. Selain tidak membutuhkan modal, bisnis yang satu ini juga bisa dilakukan secara fleksibel sesuai kesepakatan dengan klien.

9. Kreator Konten

kerja sampingan
pexels

Kreator konten adalah kerja sampingan yang sangat menjanjikan bagi hampir setiap orang. Namun untuk mendapatkan penghasilan yang melimpah dari pekerjaan ini tidaklah mudah. Sedulur harus membangun branding yang bagus dan kuat. Selain itu basis follower yang dimiliki paling tidak ada di angka ribuan hingga jutaan. Setelah itu, baru iklan dan endorsement akan masuk.

BACA JUGA: Apa Itu Reseller? Beginilah Pengertian dan Cara Kerjanya

10. FB/IG Ads Advertiser

pexels

FB/IG Ads Advertiser menjadi salah kerja sampingan online lewat HP yang bisa dikerjakan dimana saja. Dalam bisnis modern saat ini, digital marketing adalah hal penting dan wajib untuk dilakukan. Namun, ternyata tidak semua orang mempunyai keahlian untuk memasang iklan di Instagram dan Facebook. Peluang itulah yang bisa Sedulur manfaatkan untuk mendapatkan tambahan penghasilan.

11. Affiliater

pexels

Affiliater adalah orang yang bertugas untuk mencari banyak pengunjung website merchant dengan membagikan suatu kode referral. Jika para pengunjung berhasil melakukan transaksi pembelian melalui link yang Sedulur bagikan, tentu saja Sedulur akan memperoleh komisi. Ya, Sedulur bisa membagikan kode referral tersebut melalui berbagai media sosial yang dimiliki.

12. Copywriter

pexels

Berikutnya ada kerja sampingan online dengan menjadi copywriter. Ini adalah sebuah bisnis yang bisa dilakukan dengan modal keahlian menulis, seni, dan kreativitas dalam bermain kata-kata. Nah, bagi Sedulur yang menguasai keahlian tersebut, manfaatkanlah dengan menawarkan ke berbagai bidang usaha yang sekiranya memerlukan seorang copywriting dengan tujuan untuk mempromosikan usaha.

13. Rias Pengantin

pexels

Dapat dibilang jika rias pengantin termasuk bisnis sampingan yang cukup menjanjikan. Namun, pekerjaan tersebut hanya bisa Sedulur lakukan jika menguasai bidang make up. Ya, peluang usaha ini memang sangat tinggi, mengingat para pengantin baru pasti ini penampilan yang terbaik di hari pernikahannya. Tidak hanya itu, penata rias terkadang juga dibutuhkan untuk acara-acara lain seperti wisuda.

14. Usaha Barber

pexels

Untuk saat ini, usaha barber kian populer dan menjadi bisnis sampingan yang sangat menjanjikan. Anank-anak muda banyak yang lebih memilih untuk memotong rambut di tempat yang menarik dan kekinian. Maka dari itu, cobalah untuk mendesain bisnis barber Anda sesuai dengan minat anak zaman sekarang. Selain itu, jangan lupa untuk menyediakan jasa penataan rambut sesuai gaya dan trend masa kini.

15. Laundry

pexels

Aktivitas dan rutinitas yang padat membuat banyak orang tidak sempat untuk mencuci dan menyetrika pakaian yang akan dikenakannya. Sedulur bisa memanfaatkan hal tersebut, dengan membuka laundry usaha sampingan. Di samping tidak membutuhkan banyak modal, peluang usaha yang dimiliki juga cukup besar. Terlebih lagi jika Sedulur tinggal di lingkungan kos-kosan, bisnis ini akan sangat laris.

16. Ternak Aset Digital

pexels

Ternak aset digital menjadi rekomendasi kerja sampingan berikutnya yang sangat menjanjikan. Yang dimaksud dari “ternak aset digital” dalam hal ini, yakni dengan adalah mengumpulkan, membuat, dan mempromosikan koleksi aset digital buatan Sedulur sendiri seperti musik, foto, vector, efek video, dan lain sebagainya.

17. Pembuat Aplikasi

pexels

Bagi Sedulur yang paham akan pemrograman, maka membuat aplikasi bisa menjadi kerja sampingan di rumah yang sangat menjanjikan. Perkembangan teknologi yang semakin maju, membuat kebutuhan akan aplikasi semakin tinggi. Seperti yang telah diketahui, bahwa tidak banyak orang yang bisa membuat aplikasi. Jadi manfaatkan kesempatan ini untuk memperoleh lebih banyak keuntungan.

18. Toko Kelontong

pexels

Walaupun hanya sekedar toko kelontong, akan tetapi bisnis yang satu ini dapat menjadi usaha sampingan yang cukup menjanjikan lho. Jika Sedulur berhasil memaksimalkan pemasaran, kualitas produk, dan juga daya tarik, maka toko kelontong yang Sedulur punya akan laris manis. Menurut fakta, toko kelontong termasuk salah satu bisnis offline yang tidak pernah tergusur dan masih ada sampai saat ini.

19. Atlet E-Sport

pexels

Ini adalah salah satu efek baik adanya perkembangan teknologi. Ya, kini bermain game juga bisa mendatangkan keuntungan materi kepada para pemainnya. Jadi Sedulur bisa menjadi seorang atlet game online berbasis kompetisi olahraga elektronik alias e-sport. Walau nampak sepele, tapi seorang atlet e-sport bisa meraup puluhan bahkan sampai ratusan juta rupiah tiap bulannya.

20. Stasiun Bensin Mini

pexels

Membuka stasiun bensin mini kini bisa menjadi salah satu usaha sampingan yang mampu mendatangkan banyak keuntungan. Ya, bensin merupakan salah satu kebutuhan umum bagi para pengendara kendaraan bermotor. Akan tetapi, tidak semua daerah terdapat sebuah stasiun pengisian bahan bakar. Nah, jika wilayah Sedulur juga seperti itu, silahkan buka stasiun bensin mini.

21. Menjual kerajinan tangan

pexels

Rekomendasi kerja sampingan yang terakhir adalah menjual kerajinan tangan. Usaha yang satu ini, sangat cocok bagi Sedulur yang hobi membuat seni-seni dari kerajinan tangan. Sedulur bisa memanfaatkan waktu luang sepulang kerja untuk membuat kerajinan tangan. Nantinya kerajinan tersebut bisa dipasarkan melalui berbagai macam media sosial yang dimiliki.

BACA JUGA: Apa Itu Bitcoin dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Mungkin hanya itu beberapa kerja sampingan yang direkomendasikan untuk saat ini. Ya, beberapa pekerjaan di atas memang akan mendatangkan banyak keuntungan. Namun untuk mendapatkan itu semua, tentu saja Sedulur tidak bisa meremehkan dan terlalu menyampingkan beberapa pekerjaan di atas.

Walaupun itu hanya pekerjaan sampingan, Sedulur harus melakukannya dengan serius. Soalnya kalau Sedulur beruntung, bisa saja hasil dari pekerjaan tersebut lebih besar dari pekerjaan utama. Oleh sebab itu, tetap berikan yang terbaik untuk mendapatkan hasil yang maksimal.