lomba blog

Lomba blog merupakan ajang terbaik bagi para blogger untuk berlatih sekaligus mendapatkan hadiah. Apalagi di era digital kini, kompetisi menulis di blog bisa menjadi jalan rezeki bagi Sedulur yang memang ingin berprofesi sebagai blogger. Memang dapat dikatakan bahwa lomba-lomba ini merupakan salah satu jalan monetisasi blog. Belum lagi jika Sedulur berhasil membuat tulisan yang bagus dan engaging, bisa jadi dari kompetisi ini bikin Sedulur mendapat teman sesama blogger baru.

Tak sedikit pula blogger yang hanya aktif mengisi blognya untuk mengikuti kompetisi. Biasanya, blogger jenis ini memang perlu untuk ditetapkan deadline agar rajin menulis di blog. Jika Sedulur tertarik ingin mencoba peruntungan lewat kompetisi menulis di blog, berikut beberapa daftar lomba blog Desember 2021 yang patut Sedulur coba!

BACA JUGA: Cara Membuat Blog Gratis yang Dapat Menghasilkan Uang

1. Kompetisi Blog Anekatif

Photo by Lukas Blazek on Unsplash

Kompetisi pertama dalam daftar ini adalah Kompetisi Blog Anekatif yang dihelat oleh Kreatif Hub. Lomba ini sudah berjalan sejak tanggal 12 November dan berakhir pada 31 Desember. Sesuai dengan concern utama Kreatif Hub, kompetisi blog ini meminta peserta untuk menulis artikel di blog dengan tema aset kreatif. Hadiah yang ditawarkan pun cukup menarik yakni hingga jutaan rupiah.

Kreatif Hub memang merupakan platform bagi bertemunya para pekerja kreatif dan freelancer dengan klien. Para freelancer ini dapat memasarkan jasanya melalui Kreatif Hub, dan perusahaan atau klien yang sedang membutuhkan bisa mencari penyedia jasa kreatif di sana. Karena itu, kompetisi ini dilangsungkan demi mendukung kesadaran masyarakat mengenai aset kreatif.

2. Lomba blog #HajiMahmud Challenge 2021

\

Photo by Andrew Neel on Unsplash

Tahukah Sedulur apa itu #HajiMahmud Challenge? Bagi Sedulur yang belum pernah tau, Haji Mahmud adalah restoran mie ayam melegenda di Medan. Terdapat lima cabang mie ayam Haji Mahmud yang tersebar di Medan, Jakarta, dan Banjarbaru Kalimantan. Restoran ini tapi bukan sekadar restoran. Mereka getol mengembangkan basis massanya dengan beragam aktivitas lain yang menarik. Salah satunya adalah melalui kompetisi blog.

Di tahun 2021 ini, #HajiMahmud Challenge mengadakan kompetisi blog dengan hadiah total jutaan rupiah. Tema yang diangkat adalah “Kuliner halal melegenda”. Syarat dari lomba ini pun cukup sederhana, selain menulis blog tanpa unsur SARA, Sedulur juga diminta memberikan ucapan anniversary 32 tahun mie ayam Haji Mahmud di bagian akhir tulisannya. Ini adalah contoh lomba blog yang cukup sederhana dan bisa banget diikuti oleh blogger pemula.

BACA JUGA: Kontes Blog #SuperBercerita Kembali Hadir: Hadiahnya Berlipat Ganda!

4. Kontes Blog #SuperBercerita Surat Untuk Indonesia

Superapp

Satu lagi lomba blog Desember yang tak kalah menarik untuk diikuti baik oleh blogger pemula maupun berpengalaman. Kontes blog #Superbercerita merupakan rangkaian program dari Aplikasi Super untuk membantu memfasilitasi potensi anak muda dalam berkarya. #Superbercerita sudah diadakan sebanyak tiga kali dan terus dikembangkan agar semakin mampu merangkul lebih banyak anak muda Indonesia.

Di kompetisi #Superbercerita kali ini, hadiah yang ditawarkan pun berlipat hingga total 6.000.000 rupiah. Tak hanya itu, peserta Kontes Blog #Superbercerita juga dapat kesempatan untuk mengikuti Webinar Awarding Day dan berbincang dengan penulis best seller serta pegiat literasi Kang Maman Suherman. Kontes ini dibuka dari tanggal 8 Oktober hingga 15 Desember mendatang. Yuk segera daftarkan dirimu!

3. Webinar Awarding Day #SuperBercerita

Aplikasi Super tidak hanya mengadakan kontes blog dengan hadiah jutaan rupiah. Bagi peserta yang belum beruntung memenangkannya pun, Aplikasi Super memberikan hadiah berupa Webinar gratis bersama dua tamu pembicara terkenal. Pertama, Aplikasi Super mendatangkan Kang Maman Suherman, penulis dan pegiat literasi. Beliau telah menulis lebih dari 10 buku dan beberapa karya best-seller. Kedua, Aplikasi Super mengundang Ivan Lanin Direktur Utama Narabahasa yang juga telah dikenal publik sebagai pegiat literasi.

Webinar Awarding Day dari Aplikasi Super juga menjadi ajang penghargaan bagi pemenang lomba Kontes Blog #SuperBercerita. Kapan lagi bisa bertemu dengan dua tokoh ini sekaligus mendengarkan dirimu memenangkan kontes blog?

BACA JUGA: 12 Manfaat Menulis, Baik Untuk Kesehatan Mental?

5. Sahabat Hosting Blog Competition

Photo by Anete Lūsiņa on Unsplash

Kompetisi blog yang dihelat oleh Sahabat Hosting ini bertujuan untuk mengasah kreativitas para blogger Indonesia. Tema yang ditawarkan pun seputar penggunaan website sebagai alat berkarir atau mencari penghasilan di dunia digital. Sedulur blogger pasti sudah familiar dengan penggunaan website sebagai sarana produktif. Karena itu kompetisi ini cocok untuk diikuti. Kesempatan ini pun terbuka dari tanggal 15 November hingga 15 Desember 2021.

6. Lomba Blog TIMFest 2021

Photo by Domenico Loia on Unsplash

Siapa yang tidak tahu Taman Ismail Marzuki atau TIM? Taman ini merupakan salah satu pusat seni dan kebudayaan di Jakarta yang menghidupkan kegiatan sastra, seni, maupun literasi di Ibukota. Melalui event TIMFest 2021, mereka mengadakan berbagai jenis kompetisi bagi warga Indonesia untuk unjuk kebolehan. Mulai dari kompetisi foto, blog, hingga open proposal untuk pengembangan TIM di kemudian hari.

Dalam kompetisi blognya, Sedulur diminta menulis dengan tiga tema yang disediakan oleh TIM. Lomba ini dibuka hingga tanggal 4 Desember 2021 dan pengumuman pemenang di tanggal 12 Desember.

BACA JUGA: 20+Kerja Sampingan Online, Nambah Penghasilan Tanpa Modal!

7. Indihome Blogger Days

Photo by Lauren Mancke on Unsplash

Salah satu provider layanan internet terbesar di Indonesia ini tak mau kalah unjuk gigi dalam memfasilitasi lomba blog. Indihome blogger days mengajak para blogger di Indonesia untuk menulis tentang peran Indihome dalam membangun kedaulatan digital di Indonesia. Namun mengingat skala kontes dari Indihome, persaingan tentu saja akan cukup ketat.

Sedulur yang ingin mencoba peruntungan dalam kompetisi ini, bisa mengunjungi website milik Indihome, dalam sub-menu event. Di situ Sedulur dapat melihat berbagai syarat dan ketentuan lomba yang ditetapkan oleh Indihome.

8. Lifepal Blog Competition

Photo by Nick Morrison on Unsplash

Kompetisi blog dari Lifepal ini tak kalah menarik untuk diikuti. Mengangkat tema pentingnya melek asuransi, kompetisi ini bertujuan mengedukasi masyarakat luas terkait asuransi. Memang, asuransi bukanlah sesuatu yang bisa kita sepelekan. Asuransi mampu membantu kita menjaga kesehatan keuangan finansial dan menjadi pegangan bagi kita di saat terjadi musibah.

Sayangnya, kompetisi ini hanya dapat diikuti oleh blog top level domain dan Sedulur yang menggunakan blogspot tidak diperkenankan ikut.

BACA JUGA: 8 Cara Download Aplikasi di Laptop, Aman & Mudah (GRATIS!)

Tips ikutan lomba blog

https://unsplash.com/photos/Hcfwew744z4

Jika Sedulur bertanya pada blogger-blogger yang sudah lama malang melintang di dunia ini, pasti banyak dari mereka yang akan menyatakan bahwa memenangkan kompetisi ini bukanlah perkara mudah. Hal ini tidak mengherankan mengingat banyaknya aspek penilaian juri dalam kompetisi ini. Bukan hanya perkara bagus tidaknya tulisan namun juga berbagai faktor pendukungnya seperti gambar foto, video, kemampuan dalam melebur keyword kompetisi dalam tulisan, dan sebagainya.

Karena itu, Sedulur perlu mempersiapkan diri dengan berbagai tips mengikuti lomba blog berikut ini.

Pelajari kriteria penilaian juri

Setiap kompetisi memiliki kriteria penilaian yang berbeda-beda. Hal ini berkaitan erat dengan apa tujuan dari kompetisi itu sendiri. Sedulur perlu memahami betul apa yang dicari oleh para juri dalam menilai artikel yang masuk serta menyesuaikan artikel Sedulur dengan kriteria tersebut.

Pastikan menulis sesuai tema dan ikuti persyaratannya

Jika Sedulur salah tema atau kurang memasukkan hal tertentu yang merupakan bagian dari persyaratan, sudah dapat dipastikan bahwa Sedulur akan kalah. Pasalnya, salah satu hal pertama yang dilihat oleh juri adalah kelengkapan syarat tulisan serta kesesuaiannya dengan tema. Jika Sedulur tak memenuhi dua hal mendasar ini maka artikel Sedulur akan langsung tersingkir.

BACA JUGA: 20+ Peluang Usaha Rumahan & Online Paling Menjanjikan 2022

Pelajari tulisan kompetitor atau pemenang di kontes sebelumnya

Biasanya, kontes dari perusahaan dilakukan secara berkala, seperti kontes blog #Superbercerita yang sudah kali ketiga diadakan. Karena itu Sedulur bisa mencoba mempelajari artikel milik pemenang sebelumnya dan memperhatikan apa saja keunggulan dari artikel tersebut. Aplikasikan keunggulan tulisan tersebut ke dalam artikelmu, pastikan kamu dapat menyamai atau bahkan melebihi kualitas dari pemenang kontes blog sebelumnya.

Go the extra mile, berikan wow factor dalam artikel

Bayangkan Sedulur adalah juri dari kontes blog. Pasti Sedulur akan lelah membaca puluhan, ratusan, atau bahkan ribuan tulisan yang masuk. Karena itu, untuk membuat artikel Sedulur stand out dan menarik perhatian juri, berikan wow factor di dalamnya. Baik dari editan cover yang bagus, kalimat pertama yang catchy dan menimbulkan emosi, atau penambahan konten hiburan seperti meme yang mendukung story-telling Sedulur.

Setelah mengetahui deretan lomba blog 2021 di atas, bagaimana menurut Sedulur? Bukankah kompetisi blog merupakan salah satu jalan monetisasi blog yang patut diperjuangkan? Hadiahnya tak sedikit, Sedulur juga mendapat kesempatan untuk mengasah kemampuan blogging. Jika ternyata Sedulur belum berhasil menang, setidaknya pengalaman dan pelajaran dari kompetisi ini menjadi bekal untuk mengembangkan blog lebih baik lagi.

Kontes blog #Superbercerita merupakan salah satu kompetisi yang patut Sedulur coba. Selain karena hadiahnya yang menarik, Sedulur juga akan dapat pengalaman belajar dari bintang tamu Kang Maman di event Webinar Awarding Day. Sedulur dapat belajar banyak tentang kepenulisan dari Kang Maman selaku penulis best-seller yang juga lama menjabat sebagai ketua redaksi di Kompas Gramedia. Jadi tunggu apa lagi? Yuk segera daftar! Jangan lupa untuk install Aplikasi Super juga, ya!