manfaat menulis

Menulis ternyata merupakan sebuah terapi untuk bisa mendapatkan ketenangan jiwa. Sudah sejak lama, menulis digunakan sebagai salah satu metode dalam terapi kejiwaan oleh para ahli. Hal tersebut karena manfaat menulis menurut para ahli bisa membantu seseorang sembuh dari stress dan trauma.

Bentuk tulisan seperti catatan harian atau diary, jurnal bahkan bentuk tulisan lainnya bisa digunakan oleh seseorang yang bermasalah dengan kejiwaan untuk dapat sembuh. Orang menulis yang menjelaskan tentang sesuatu yang dialami, dapat memberikan efek ketenangan dan juga baik untuk daya ingat.

Salah satu tujuan menulis adalah untuk terapi kejiwaan. Dengan terapi menulis, seorang psikolog bernama James Pennebaker pada tahun 1980-an, menciptakan metode menulis yang diberi nama expressive writing atau menulis ekspresif. Objek yang dituliskan dalam metode tersebut adalah mengenai pikiran atau perasaan kita terkait objek tertentu, seperti peristiwa traumatis atau kenangan indah. 

Nah, apa saja manfaat menulis untuk kesehatan dan kehidupan? Yuk, mari langsung saja kita simak ulasannya di bawah ini.

-->

BACA JUGA: 12 Manfaaf Alpukat untuk Kesehatan yang Wajib Sedulur Tahu!

Daftar manfaat menulis untuk kehidupan dan kesehatan  

Berikut adalah 12 manfaat menulis yang sangat baik untuk menunjang kehidupan dan kesehatan Sedulur sekalian.

1. Mengurangi kecenderungan berpikiran buruk

manfaat menulis
iStock

Bagi Sedulur yang sulit untuk keluar dari pikiran buruk atau peristiwa yang menyedihkan, atau dalam bahasa gaul saat ini dikenal sebagai susah move on, Sedulur bisa mengacu pada kondisi ruminasi. Ruminasi adalah istilah psikologis yang berarti situasi ketika seseorang sulit mengubur kenangan pahit atau keluar dari kondisi buruk yang dialami.

Bukannya keluar dari kondisi, namun sebaliknya justru malah terjebak dalam situasi buruk dan terus bertahan dengan pikiran buruknya. Manfaat menulis salah satunya adalah untuk dapat membantu move on dan keluar dari kecenderungan berpikiran buruk. Dengan menulis kecenderungan tersebut bisa dikurangi, Sedulur bisa melakukannya dengan menulis rutin selama enam bulan dalam setiap harinya.

2. Menghibur perasaan hati

Manfaat menulis selanjutnya adalah dapat melegakan atau menghibur perasaan hati. Hal ini telah dibuktikan secara ilmiah dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Vrielynck dan kawan-kawan. Bahwa semakin spesifik seseorang menuliskan tentang sesuatu, maka akan semakin lega juga perasaan yang dirasakan oleh seseorang tersebut. Seseorang yang sering menuliskan tentang perasaan hatinya akan merasakan lega atas kejadian buruk yang dialami dan keluar dari pengalaman traumatis.

3. Meningkatkan suasana hati

Dengan menuliskan kenangan indah atau kejadian bahagia selama 20 menit setiap harinya, akan memberikan efek positif yang membahagiakan. Suasana hati akan meningkat dengan kegiatan menulis yang dilakukan secara berturut-turut selama 3 bulan. Selain itu, hal ini juga baik untuk meningkatkan daya ingat dan terhindar dari penyakit pikun di masa tua nanti.

Menulis ekspresif bisa dilakukan dalam bentuk yang bermacam-macam, salah satunya dengan menuliskan rasa syukur terhadap sesuatu yang telah dialami dan diliewati. Bersyukur dapat berpengaruh dalam meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik, tidak hanya diucapkan, dengan menuliskan rasa syukur suasana hati bisa membaik dengan sendirinya.

BACA JUGA: Ternyata Ini 10 Manfaat Punya Hewan Peliharaan

4. Meredakan kecemasan

manfaat menulis
iStock

Manfaat menulis selanjutnya adalah dapat meredakan kecemasan. Sejak dari lama menulis dipercaya dapat meredakan kecemasan dan menghilangkan stres. Hal ini disebabkan bahwa menulis secara ekspresif dapat mengurangi perasaan khawatir dan menjauhkan seseorang dari pikiran buruk yang berlebihan atau dalam istilah gaul saat ini dikenal dengan nama overthinking.

Beberapa orang yang sering merasakan kecemasan bisa mulai rutin menulis untuk mendapatkan salah satu manfaat menulis ini. Terutama bagi seseorang yang memiliki pekerjaan berat dan penuh tekanan. Dengan menulis ekspresif, kita bisa merasakan perasaan yang lebih baik dan juga dapat berpikir dengan menggunakan kepala dingin atau dengan perasaan yang lebih tenang.

5. Meningkatkan daya ingat

Manfaat menulis selanjutnya yaitu untuk memperkuat daya ingat. Fakta yang disampaikan oleh penelitian ilmiah yang disampaikan oleh para ahli ini, menyampaikan bahwa semakin banyak otak menghabiskan energi untuk memikirkan stress, maka semakin sedikit energi yang tersisa untuk membentuk daya ingat dan menjalankan fungsi kognitif lainnya.

Jika kita secara rutin menulis tentang perasaan yang dialami setiap harinya, kita akan mampu untuk menurunkan stres dan kecemasan. Dapat memberikan hasil yang cukup positif, dengan begitu energi yang dimiliki otak untuk menciptakan daya ingat semakin tinggi. Hal ini juga dapat merangsang fungsi otak untuk kecerdasan lainnya.

6. Membantu proses belajar

Manfaat menulis satu ini bisa diterapkan sejak dini kepada anak-anak kita di rumah, agar mereka tidak mengalami kesulitan dalam proses belajar.  Terdapat sebuah penelitian ilmiah, yang meneliti beberapa siswa yang memiliki kebiasaan menuliskan perasaan yang dialaminya terkait mata pelajaran. 

Siswa yang terbiasa menuliskan perasaannya tersebut memiliki nilai yang lebih baik dan juga kemampuan menyerap materi pelajaran lebih cepat dibanding siswa yang tidak memiliki kebiasaan menulis. Dengan demikian, menulis dapat menjadi media belajar yang baik dan meningkatkan kemampuan dalam berbahasa dengan baik.

7. Meningkatkan kreativitas

manfaat menulis
iStock

Bukan hanya dapat membantu siswa atau remaja dalam membantu proses belajar, dengan rutin menulis juga dapat membuat kita memiliki kreativitas yang baik. Hal ini karena, salah satu manfaat menulis adalah tempat untuk meningkatkan kreativitas, berpikir lebih luas dan juga tenang dalam menyelesaikan masalah. 

Hal ini biasanya dilakukan dengan mencatat setiap mimpi yang kita alami. Mimpi yang dialami dan dituliskan di pagi hari saat bangun dapat meningkatkan suasana hati sekaligus dapat meningkatkan kreativitas bagi pikiran. Selain mengambangkan pikiran kreatif, dengan menulis mimpi kita juga akan membuka wawasan tentang pikiran alam bawah sadar dan memikirkan topik menarik tentang banyak hal.

BACA JUGA: Cara Menulis Daftar Pustaka Website yang Benar & Contohnya

8. Membantu mencapai tujuan hidup

Manfaat menulis lainnya adalah menjadikan hidup lebih produktif untuk mencapai tujuan hidup. Sedulur pasti memiliki tujuan hidup yang ingin dicapai, setidaknya sekali dalam seumur hidup. Setiap orang yang menuliskan tujuan hidup mereka dalam bentuk tulisan berpeluang lebih besar untuk mewujudkannya dibandingkan dengan mereka yang tidak menuliskannya. Hal ini berkaitan erat dengan konsistensi dan keinginan besar untuk mencapainya.

9. Meningkatkan kepemimpinan

Manfaat menulis selanjutnya ini bisa didapatkan bagi Sedulur yang memiliki masalah dalam hal kepemimpinan. Menulis merupakan kegiatan yang berkaitan dengan daya ingat, dan melibatkan perasaan yang dituangkan dalam sebuah tulisan. Kegiatan menulis ini dapat membuat diri kita menjadi lebih terorganisir.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Lembaga Kepemimpinan dari Universitas Harvard, menyatakan bahwa dengan merenung selama 10 menit dan menuliskannya merupakan salah satu latihan yang baik untuk menumbuhkan jiwa kepemimpinan dalam diri seseorang.

10. Dapat membantu tidur lebih nyenyak

manfaat menulis
iStoxk

Permasalahan utama dari gangguan tidur adalah banyaknya pikiran atau stres. Setiap masalah yang dialami akan berkelindan di dalam pikiran menjelang tidur dan membuat tidur semakin sulit. Salah satu manfaat menulis adalah dapat membantu tidur lebih nyenyak. Hal tersebut dikarenakan menulis bisa meredakan stres dan kecemasan. Sedulur akhirnya bisa mendapatkan tidur nyenyak yang berkualitas.

11. Memperluas jangkauan perasaan

Menulis dapat digunakan sebagai  tempat untuk menuangkan ekspresi dan memperluas jangkauan perasaan . Biasanya, dibandingkan perempuan yang suka curhat, lelaki lebih cenderung memendam perasaannya. Hal tersebut membuat lelaki cenderung lebih kaku dan tidak ekspresif dibandingkan perempuan. Dengan mulai menulis ekspresif, akan mampu membuat setiap orang untuk memperluas jangkauan perasaannya dan tidak merasa kaku dalam mengekspresikan diri.

BACA JUGA: 5 Cara Menulis Pangkat di Word dengan Mudah dan Cepat

12. Membantu bersimpati dan mudah memaafkan

Salah satu manfaat menulis satu ini selain baik untuk kesehatan mental, juga sangat baik untuk kemanusiaan. Dengan setiap hari menuliskan tentang perasaan dan menuangkannya dalam berbagai macam tulisan dapat membuat kita menjadi seorang pribadi yang mudah bersimpati dan sekaligus mudah memaafkan, hal ini akan membuat kita terhindar dari perasaan dengki, dendam dan hal negatif lainnya. Pikiran akan semakin tentang dan juga perasaan akan semakin lega.

Sekian penjelasan mengenai manfaat menulis untuk kehidupan dan kesehatan. Semoga informasi ini dapat berguna bagi Sedulur dan menjadi motivasi yang baik untuk terus menulis dalam aktivitas sehari-hari. Selamat mencoba! 

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.