Sedulur memiliki hobi menulis? Ternyata terdapat manfaat menulis yang baik untuk kesehatan mental, lho. Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

Menulis ternyata merupakan sebuah terapi untuk bisa mendapatkan ketenangan jiwa. Sudah sejak lama, menulis digunakan sebagai salah satu metode dalam terapi kejiwaan oleh para ahli. Hal tersebut dikarenakan manfaat menulis menurut para ahli bisa membantu seseorang sembuh dari stress dan trauma.

Bentuk tulisan seperti catatan harian atau diary, jurnal bahkan bentuk tulisan lainnya bisa digunakan oleh seseorang yang bermasalah dengan kejiwaan untuk dapat sembuh. Orang menulis yang menjelaskan tentang sesuatu yang dialami, dapat memberikan efek ketenangan dan juga baik untuk daya ingat.

Salah satu tujuan menulis adalah untuk terapi kejiwaan. Dengan terapi menulis, seorang psikolog bernama James Pennebaker pada tahun 1980-an, menciptakan metode menulis yang diberi nama expressive writing atau menulis ekspresif. Objek yang dituliskan dalam metode tersebut adalah mengenai pikiran atau perasaan kita terkait objek tertentu.

Seperti peristiwa traumatis atau kenangan indah. Dengan melakukan kegiatan menulis tentang diri sendiri tersebut, bisa memberikan efek yang baik untuk kesehatan mental. Apa saja manfaat menulis untuk kesehatan mental? Superapp.id akan membahasnya dalam kesempatan kali ini. Yuk, mari langsung saja kita simak ulasannya di bawah ini.

Baca Juga: 12 Manfaaf Alpukat untuk Kesehatan yang Wajib Sedulur Tahu!

Daftar Manfaat Menulis yang Baik Sebagai Terapi Kesehatan Mental

1. Mengurangi Kecenderungan Berpikiran Buruk

1. Mengurangi Kecenderungan Berpikiran Buruk
intisari.grid.id

Bagi Sedulur yang sulit untuk keluar dari pikiran buruk atau peristiwa yang menyedihkan, atau dalam bahasa gaul saat ini dikenal sebagai susah move on, Sedulur bisa mengacu pada kondisi ruminasi. Ruminasi adalah istilah psikologis yang berarti situasi ketika seseorang sulit mengubur kenangan pahit atau keluar dari kondisi buruk yang dialami.

Bukannya keluar dari kondisi, namun sebaliknya justru malah terjebak dalam situasi buruk dan terus bertahan dengan pikiran buruknya. Manfaat menulis salah satunya adalah untuk dapat membantu move on dan keluar dari kecenderungan berpikiran buruk. Dengan menulis kecenderungan tersebut bisa dikurangi, Sedulur bisa melakukannya dengan menulis rutin selama enam bulan dalam setiap harinya.

2. Melegakan Perasaan Hati

2. Melegakan Perasaan Hati
rimma.co

Manfaat menulis selanjutnya adalah dapat melegakan perasaan hati. Hal ini telah dibuktikan secara ilmiah dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Vrielynck dan kawan-kawan. Bahwa semakin spesifik seseorang menuliskan tentang sesuatu, maka akan semakin lega juga perasaan yang dirasakan oleh seseorang tersebut. Seseorang yang sering menuliskan tentang perasaan hatinya akan merasakan lega atas kejadian buruk yang dialami dan keluar dari pengalaman traumatis.

3. Meningkatkan Suasana Hati

3. Meningkatkan Suasana Hati
fimela.com

Dengan menuliskan kenangan indah atau kejadian bahagia selama 20 menit setiap harinya, akan memberikan efek positif yang membahagiakan. Suasana hati akan meningkat dengan kegiatan menulis yang dilakukan secara berturut-turut selama 3 bulan. Selain itu, hal ini juga baik untuk meningkatkan daya ingat dan terhindar dari penyakit pikun di masa tua nanti.

Menulis ekspresif bisa dilakukan dalam bentuk yang bermacam-macam, salah satunya dengan menuliskan rasa syukur terhadap sesuatu yang telah dialami dan diliewati. Bersyukur dapat berpengaruh dalam meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik, tidak hanya diucapkan, dengan menuliskan rasa syukur suasana hati bisa membaik dengan sendirinya.

Baca Juga: Ternyata Ini 10 Manfaat Punya Hewan Peliharaan

4. Meredakan Kecemasan

4. Meredakan Kecemasan
kompas.com

Manfaat menulis selanjutnya adalah dapat meredakan kecemasan. Sejak dari lama menulis dipercaya dapat meredakan kecemasan dan menghilangkan stres. Hal ini disebabkan bahwa menulis secara ekspresif dapat mengurangi perasaan khawatir dan menjauhkan seseorang dari pikiran buruk yang berlebihan atau dalam istilah gaul saat ini dikenal dengan nama overthinking.

Beberapa orang yang sering merasakan kecemasan bisa mulai rutin menulis untuk mendapatkan salah satu manfaat menulis ini. Terutama bagi seseorang yang memiliki pekerjaan berat dan penuh tekanan. Dengan menulis ekspresif, kita bisa merasakan perasaan yang lebih baik dan juga dapat berpikir dengan menggunakan kepala dingin atau dengan perasaan yang lebih tenang.

5. Meningkatkan Daya Ingat

5. Meningkatkan Daya Ingat
wowkeren.com

Manfaat menulis selanjutnya yaitu dapat meningkatkan daya ingat. Fakta yang disampaikan oleh penelitian ilmiah yang disampaikan oleh para ahli ini, menyampaikan bahwa semakin banyak otak menghabiskan energi untuk memikirkan stress, maka semakin sedikit energi yang tersisa untuk membentuk daya ingat dan menjalankan fungsi kognitif lainnya.

Jika kita secara rutin menulis tentang perasaan yang dialami setiap harinya, kita akan mampu untuk menurunkan stres dan kecemasan. Dapat memberikan hasil yang cukup positif, dengan begitu energi yang dimiliki otak untuk menciptakan daya ingat semakin tinggi. Hal ini juga dapat merangsang fungsi otak untuk kecerdasan lainnya.

6. Membantu Proses Belajar

6. Membantu Proses Belajar
remajaperubahan.com

Manfaat menulis satu ini bisa diterapkan sejak dini kepada anak-anak kita di rumah, agar mereka tidak mengalami kesulitan dalam proses belajar.  Terdapat sebuah penelitian ilmiah, yang meneliti beberapa siswa yang memiliki kebiasaan menuliskan perasaan yang dialaminya terkait mata pelajaran. Siswa yang terbiasa menuliskan perasaannya tersebut memiliki nilai yang lebih baik dan juga kemampuan menyerap materi pelajaran lebih cepat dibanding siswa yang tidak memiliki kebiasaan menulis.

7. Meningkatkan Kreativitas

7. Meningkatkan Kreativitas
kumparan.com

Bukan hanya dapat membantu siswa atau remaja dalam membantu proses belajar, dengan rutin menulis juga dapat membuat kita memiliki kreativitas yang baik. Karena, salah satu manfaat menulis adalah dapat meningkatkan kreativitas, berpikir lebih luas dan juga tenang dalam menyelesaikan masalah.

Hal ini biasanya dilakukan dengan mencatat setiap mimpi yang kita alami. Mimpi yang dialami dan dituliskan di pagi hari saat bangun dapat meningkatkan suasana hati sekaligus dapat meningkatkan kreativitas bagi pikiran. Selain mengambangkan pikiran kreatif, dengan menulis mimpi kita juga akan membuka wawasan tentang pikiran alam bawah sadar dan memikirkan topik menarik tentang banyak hal.

8. Membantu Mencapai Tujuan Hidup

8. Membantu Mencapai Tujuan Hidup
kompas.com

Manfaat menulis adalah mampu membuat setiap dari kita untuk mencapai tujuan hidup. Sedulur pasti memiliki tujuan hidup yang ingin dicapai, setidaknya sekali dalam seumur hidup. Setiap orang yang menuliskan tujuan hidup mereka dalam bentuk tulisan berpeluang lebih besar untuk mewujudkannya dibandingkan dengan mereka yang tidak menuliskannya. Hal ini berkaitan erat dengan konsistensi dan keinginan besar untuk mencapainya.

9. Meningkatkan Kepemimpinan

9. Meningkatkan Kepemimpinan
detik.com

Manfaat menulis selanjutnya ini bisa didapatkan bagi Sedulur yang memiliki masalah dalam hal kepemimpinan. Menulis merupakan kegiatan yang berkaitan dengan daya ingat, dan melibatkan perasaan lalu kemudian dituangkan dalam sebuah tulisan. Kegiatan menulis tersebut juga merupakan salah satu kegiatan dalam merenungkan pikiran.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Lembaga Kepemimpinan dari Universitas Harvard, menyatakan bahwa dengan merenung selama 10 menit dan menuliskannya merupakan salah satu latihan yang baik untuk menumbuhkan jiwa kepemimpinan dalam diri seseorang.

10. Dapat Membantu Tidur Lebih Nyenyak

10. Dapat Membantu Tidur Lebih Nyenyak
diujunglangit.com

Permasalahan utama dari gangguan tidur adalah banyaknya pikiran atau stres. Setiap masalah yang dialami akan berkelindan di dalam pikiran menjelang tidur dan membuat tidur semakin sulit. Salah satu manfaat menulis adalah dapat membantu tidur lebih nyenyak. Hal tersebut dikarenakan menulis bisa meredakan stres dan kecemasan. Sedulur akhirnya bisa mendapatkan tidur nyenyak yang berkualitas.

11. Memperluas Jangkauan Perasaan

11. Memperluas Jangkauan Perasaan
tribunnews.com

Manfaat menulis adalah dapat memperluas jangkauan perasaan. Biasanya, dibandingkan perempuan yang suka curhat, lelaki lebih cenderung memendam perasaannya. Hal tersebut membuat lelaki cenderung lebih kaku dan tidak ekspresif dibandingkan perempuan. Dengan mulai menulis ekspresif, akan mampu membuat setiap orang untuk memperluas jangkauan perasaannya dan tidak merasa kaku dalam mengekspresikan diri.

12. Membantu Bersimpati dan Mudah Memaafkan

12. Membantu Bersimpati dan Mudah Memaafkan
idntimes.com

Salah satu manfaat menulis satu ini selain baik untuk kesehatan mental, juga sangat baik untuk kemanusiaan. Dengan setiap hari menuliskan tentang perasaan dan menuangkannya dalam berbagai macam tulisan dapat membuat kita menjadi seorang pribadi yang mudah bersimpati dan sekaligus mudah memaafkan, hal ini akan membuat kita terhindar dari perasaan dengki, dendam dan hal negatif lainnya. Pikiran akan semakin tentang dan juga perasaan akan semakin lega.

Sekian penjelasan manfaat menulis dari Superapp.id, jangan menjadikan alasan tulisan jelek untuk melakukan kegiatan menulis yang banyak manfaat ini. Saat ini telah banyak media yang bisa digunakan untuk menulis, disebabkan oleh kecanggihan teknologi digital yang berkembang pesat belakangan ini.

Sedulur juga bisa memanfaatkan perkembangan teknologi yang pesat saat ini untuk belanja kebutuhan sehari-hari. Salah satunya adalah dengan belanja menggunakan Aplikasi Super. Sedulur bisa klik di sini untuk cek kelengkapan barang yang dimiliki oleh Aplikasi Super, Sedulur juga bisa download Aplikasi Super dengan klik di sini agar dapat melakukan transaksi melalui smartphone.