Menulis artikel menjadi kegiatan yang menyenangkan bagi sebagian orang untuk mengekspresikan kebebasan. Hal ini karena seorang penulis bisa menuangkan kreativitas, ide atau gagasan yang dimilikinya untuk orang lain melalui contoh artikel yang mereka tulis. 

Tema artikel yang dibuat juga bisa bermacam-macam, seperti kesehatan, pendidikan, ilmiah, dan populer. Tema tersebut tergantung pada keinginan penulis maupun tujuan pembuatan artikel. Bentuknya juga bervariasi, seperti artikel singkat yang terdiri dari 300 kata dan artikel panjang yang terdiri lebih dari 1.000 kata. 

Nah, apakah Sedulur ingin menulis dan sedang membutuhkan referensi contoh artikel yang baik, benar, dan menarik? Tenang saja, kali ini Super akan membagi berbagai contoh tulisan sesuai dengan temanya yang bisa membantu Sedulur untuk menulis nanti. Yuk, simak ulasannya!

BACA JUGA: Pengertian Artikel, Kenali Ciri, Jenis, Struktur, dan Contohnya

Contoh Artikel dan Strukturnya

Unsplash/Thought Catalog

Sebelum masuk ke berbagai contoh artikel, ada baiknya Sedulur mengetahui apa saja struktur di dalam artikel dan juga contohnya. Seperti yang kita tahu, artikel merupakan karya tulis yang berisi persuasi dan informasi untuk pembaca. Teks artikel juga suka ditulis secara singkat, padat dan jelas, tujuannya agar pembaca lebih mudah memahami.

Namun ada beberapa artikel yang harus didukung dengan data tertentu. Misalnya artikel opini yang biasanya harus menggunakan fakta dan data valid. Lalu, apa saja  struktur sebuah artikel? Berikut merupakan pembagiannya:

  • Tesis, merupakan gagasan utama dari permasalahan yang akan dibahas. Tesis biasanya berangkat dari fakta yang ada.
  • Argumentasi, merupakan pendapat yang disampaikan penulis dalam tulisannya yang juga harus disesuaikan dengan fakta.
  • Penegasan ulang, merupakan bentuk penjelasan ulang untuk memperkuat argumentasi yang dibuat penulis dan harus sesuai dengan fakta.

Nah, setelah mengetahui apa saja struktur dalam artikel, berikut ini adalah berbagai contoh artikel yang perlu Sedulur tahu. Apa saja? Yuk, langsung scroll sampai bawah.

Contoh Artikel Ilmiah

Artikel ilmiah merupakan karya ilmu pengetahuan yang di dalamnya menyajikan sebuah fakta umum dan ditulis menurut metodologi penulisan yang baik dan benar. Selain itu artikel ilmiah juga bisa didefinisikan sebagai penelitian karya ilmiah yang penyajiannya diperpendek atau diringkas.

Umumnya, struktur artikel ilmiah terdiri dari 10 bagian utama, yaitu (1) judul, (2) baris kepemilikan, (3) abstrak, (4) kata kunci, (5) pendahuluan, (6) metode, (7) hasil, (8) pembahasan, (9) kesimpulan, dan (10) daftar pustaka. Semua isi yang ada juga menggunakan data-data yang valid dan bisa dipertanggungjawabkan.

BACA JUGA: 10 Lomba Menulis Blog Gratis Hadiah Jutaan Terbaru 2022

Contoh Artikel Penelitian

Artikel penelitian merupakan karya tulis ilmiah yang memberi informasi terkait temuan penelitian, pembahasan hasil penelitian, dan juga kesimpulan. Artikel penelitian ini juga bisa ditulis dengan bentuk laporan. Susunannya juga harus urut, mulai dari judul, nama penulis, sponsor, sampai penutup. Di belakang, biasanya juga terdapat daftar pustaka sebagai referensi.

Dalam artikel penelitian, umumnya memuat beberapa komponen, seperti (1) judul, (2) nama penulis atau penulis-penulis, (3) abstrak dan kata kunci, (4) isi artikel, dan (5) referensi.

Contoh Artikel tentang Keberagaman

Indonesia merupakan negara yang besar dengan banyak keberagaman di dalamnya. Mulai dari ras, agama, budaya hingga bahasa. Keberagaman tersebut dikemas menjadi semboyan bangsa Indonesia yaitu Bhineka Tunggal Ika.

Perbedaan tersebut menjadikan keunikan sendiri bagi Indonesia. Banyak faktor yang mempengaruhi keberagaman ini, mulai letak geografis hingga perbedaan kondisi alam. Tidak heran jika banyak yang menulis artikel mengenai hal tersebut.

Artikel tentang keberagaman umumnya berisi tentang deskripsi fenomena itu di Indonesia atau tentang nilai-nilai toleransi yang ada di dalamnya. Lebih lanjut lagi, artikel keberagaman juga dapat berisi tanggapan mengenai permasalahan sosial, misalnya kasus intoleransi yang sering terjadi di media sosial.

BACA JUGA: 12 Manfaat Menulis, Baik Untuk Kesehatan Mental?

Contoh Artikel Populer

contoh artikel
Unsplash/Markus Winkler

Artikel populer adalah karya tulis yang berisi rangkuman artikel ilmiah yang disampaikan dengan bahasa ringan. Perubahan model penulisan ini bermanfaat untuk menambah wawasan pembaca, yang mencakup orang awam, tidak hanya dari kalangan akademisi.

Lalu bedanya, artikel ilmiah ditujukan untuk kepentingan akademik atau kedinasan. Sedangkan artikel populer untuk kepentingan publik atau masyarakat secara luas. Itulah kenapa artikel populer akan dibuat lebih ringan bahasanya agar semata-mata lebih mudah dipahami.

Contoh Artikel Menarik

Menulis artikel yang menarik memang gampang-gampang susah. Ada berbagai hal yang harus terpenuhi ketika menulis. Misalnya dari pemilihan ide, judul, susunan kalimat dan bahasanya, serta masih banyak faktor lain. 

Ketika pembaca bisa menikmati topik dan tulisannya yang begitu ‘mengalir’, mungkin itu bisa menjadi tolok ukur bahwa artikel yang Sedulur tulis menarik karena bisa membuat orang nyaman membacanya. Untuk tema atau topiknya sendiri tidak ada batasan.

BACA JUGA: Contoh Penulisan Body Email Lamaran Kerja Benar & Menarik

Contoh Artikel Singkat

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, penulisan artikel bisa ditulis panjang dan juga singkat. Contoh artikel singkat bisa Sedulur lihat seperti gambar di atas. Dari jumlah kata pun tidak terlalu panjang, hanya berkisar 300-an kata. 

Bahasa yang ditulis juga mudah dipahami dan membuat pembaca nyaman ketika membaca. Untuk teknik penulisannya juga tidak terlalu sulit. Yang paling penting adalah kalimat atau bahasa yang Sedulur terapkan dapat dengan mudah dibaca, padat, dan jelas.

Contoh Artikel Panjang

pekerjaan mengetik
Unsplash/Christin Hume

Hampir sama dengan artikel singkat, artikel panjang secara teknis penulisan juga mirip. Yang membedakan tentu saja adalah jumlah katanya. Umumnya, artikel yang dikategorikan panjang mengandung 700-an kata atau bahkan lebih. Sebab, di dalamnya akan ada pembahasan topik secara mendalam dengan informasi yang cukup lengkap.

Alhasil ketika dibaca, pembaca bisa mendapatkan informasi yang lengkap dari awal sampai akhir. Tantangannya ketika menulis artikel panjang adalah penulis harus bisa menata rapi struktur dan alur tulisannya sehingga enak untuk dibaca dan mudah dipahami.

BACA JUGA: Apa itu Copywriter: Pengertian, Tugas, Syarat, serta Potensinya

Contoh Artikel Kesehatan

Artikel kesehatan berisi tentang ‘kesejahteraan’ badan, jiwa, dan juga sosial, sehingga memungkinkan individu bisa hidup produktif secara sosial dan ekonomis. Itulah kenapa dalam artikel kesehatan harus ada pemeliharaan kesehatan, agar pembaca bisa melakukan penanggulangan segala risiko kesehatan yang mungkin bisa dihadapi. 

Sebab, kesehatan sangat penting untuk kehidupan manusia. Jadi ketika tubuh sehat, kita bisa melakukan berbagai aktivitas produktif. Selain itu, dalam artikel kesehatan juga bisanya ada anjuran tentang bagaimana memulai gaya hidup sehat dan menerapkan pola kebiasaan yang baik agar terhindar dari berbagai macam penyakit.

Contoh Artikel tentang Lingkungan Hidup

Apa yang dimaksud lingkungan hidup? Lingkungan hidup adalah kesatuan ruang semua benda, daya, keadaan, makhluk hidup, termasuk manusia dan perilakunya, yang bisa mempengaruhi alam itu sendiri. Bahkan, kelangsungan kehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lain bisa ditentukan oleh manusia.

Itulah kenapa dalam artikel lingkungan hidup pasti akan membahas tentang hal-hal tersebut sampai apa inti permasalahannya. Artikel lingkungan hidup juga bisa mengedukasi pembacanya agar lebih sadar dalam merawat alam dan semua makhluk hidup di dalamnya.

BACA JUGA: Apa itu Stakeholder: Pengertian, Contoh, Jenis, & Perannya

Contoh Artikel Jurnal

contoh artikel
Unsplash/Patrick Tomasso

Artikel jurnal merupakan sebuah karya tulis yang berisi artikel informatif dan akademis tentang suatu topik yang diterbitkan secara periodik. Biasanya, artikel jurnal digunakan untuk kepentingan atau kebutuhan akademis. Untuk format dari artikel jurnal sendiri biasanya terdiri dari judul, abstrak, pendahuluan, metode, hasil, pembahasan, kesimpulan, dan daftar pustaka.

Artikel jurnal yang baik setidaknya harus memenuhi beberapa kriteria. Di antaranya seperti memenuhi kaidah keilmuan, bisa ditujukan bagi masyarakat, diterbitkan oleh lembaga yang kredibel, punya dewan direksi atau editor, dikelola secara profesional, menggunakan bahasa yang baik termasuk bahasa internasional. Itulah beberapa ciri-ciri dari artikel jurnal yang baik.

Contoh Artikel Teknologi Informasi

Teknologi dan informasi (TI), merupakan istilah umum yang menjelaskan sebuah teknologi apa pun yang bisa membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengkomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. 

Jadi, secara umum bisa dikatakan bahwa teknologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang keterampilan dalam menciptakan alat hingga metode pengolahan guna membantu menyelesaikan berbagai pekerjaan manusia.

Itulah kenapa, artikel yang membahas soal teknologi pembahasannya harus bisa mencakup semua aspek tadi. Sebab, kemajuan teknologi tidak bisa kita hindari dalam kehidupan. Kemajuan ini juga akan terus berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Pastinya, setiap inovasi yang diciptakan bisa memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia.

BACA JUGA: Apa Itu Creator Studio: Pengertian, Fungsi, & Cara Aksesnya!

Contoh Artikel Opini

Artikel opini berisi pendapat, gagasan, pikiran, atau kritik terhadap persoalan yang sedang berkembang di masyarakat. Biasanya, artikel opini ditulis dengan bahasa ilmiah populer dan tentunya bisa dipertanggungjawabkan. Proses membuatnya pun harus jeli dengan data yang valid.

Misalnya, mulailah menentukan topiknya. Biasanya ini datang dari kepekaan isu terkini di tengah masyarakat. Kemudian ada pro kontra di dalamnya. Lalu secara struktur juga harus betul-betul dipahami. Umumnya struktur artikel opini diawali dengan pernyataan pendapat atau topik yang dibahas. Lalu bagian argumentasi, berupa pandangan terhadap sebuah masalah yang dikemukakan.

Tentunya tulisan opini tidak hanya berisi kritik atau argumentasi saja. Tetapi penulis juga harus berpikir strategis, menjaga suaranya untuk tetap konsisten, memberikan fakta-faktanya dengan data yang valid dan bisa dipertanggungjawabkan. 

Memang cukup berat menulis opini, sebab umumnya orang yang menulis ini memiliki latar belakang pendidikan yang mumpuni atau ahli dalam topik yang dibicarakan. Jadi memang tidak boleh asal berbicara karena opini tetap menjadi salah satu contoh artikel yang harus dipertanggungjawabkan.

Contoh Artikel tentang Komunikasi

contoh artikel
Unsplash/Nick Morrison

Setiap hari kita melakukan komunikasi, entah itu komunikasi interpersonal maupun komunikasi intrapersonal hingga komunikasi lintas budaya. Komunikasi lintas budaya adalah proses pertukaran pikiran serta makna antara orang-orang yang tidak selaras budaya atau komunikasi yang dilakukan antar orang yang berbeda negara. 

Dalam pembuatan artikel komunikasi lintas budaya, yang pertama dilakukan adalah menjelaskan pengertian komunikasi dan lintas budaya. Setelah itu menjelaskan definisi dari komunikasi lintas budaya.  Selain itu, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membuat artikel ini. Diantaranya yaitu mengetahui etika budaya lain, hindari menggunakan bahasa gaul atau slang words, dan gunakan bahasa yang mudah dipahami dan dimengerti lawan bicara. 

Artikel komunikasi lintas budaya biasanya dibuat oleh pakar komunikasi yang sedang melakukan penelitian tentang gaya, bahasa hingga strategi komunikasi yang dilakukan masyarakat dengan kebudayaan yang berbeda. Ini merupakan salah satu karya ilmiah yang sangat bermanfaat untuk mengembangkan atau mengetahui kemajuan bahasa pada sebuah daerah.

Contoh Artikel Pendidikan

Artikel pendidikan merupakan tulisan yang berisikan materi tentang pendidikan. Secara bahasa, definisi pendidikan adalah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok, dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan. Tentunya hal ini sangat penting bagi kehidupan kita karena setiap manusia berhak mendapat pendidikan yang layak.

Jika Sedulur tertarik membuat artikel tentang pendidikan, berikut adalah cara penulisan jurnal pendidikan sesuai dengan ketentuan dari Balitbang Kemendikbud.

  • Judul Artikel: Harus ditulis dalam Bahasa Indonesia (atau bahasa Inggris) spesifik, jelas, mengandung unsur kata kunci dan maksimal 14 kata.
  • Abstrak: Bagian ini memuat tujuan penelitian, metode penelitian, dan hasil penelitian. Abstrak ditulis dalam satu paragraf dengan jumlah 150-200 kata tanpa acuan, catatan kaki, kutipan pustaka, singkatan/akronim, dan informasi matematis.
  • Kata kunci: Bagian ini terdiri dari 3 sampai 5 kata atau frasa yang penting, spesifik, dan mencerminkan konsep yang dikandung artikel.
  • Pendahuluan: Bagian ini berisi uraian yang terdiri atas latar belakang alasan ilmiah, fenomena aktual/sosial/kultural/teknis, rumusan masalah dan tujuan penelitian/kajian/review yang diuraikan dalam bentuk paragraf yang urut dan sistematis.
  • Kajian Literatur: Bagian ini menggunakan acuan yang kuat, tajam, mutakhir, dan relevan dengan penelitian yang dilakukan. Bagian ini juga mengemukakan hasil penelitian atau buku yang membahas subjek atau pendekatan teoritis yang sudah dilakukan oleh orang lain atau penulis sendiri.  
  • Metode Penelitian: Pada bagian ini mengemukakan jenis penelitian, alasan sebuah metodologi digunakan, populasi sampel/subjek, tempat dan waktu, teknik pengumpulan data, dan teknik analisis data. Seperti pada penelitian kuantitatif yang perlu mencantumkan teknik pengujian hipotesis yang relevan.
  • Hasil Penelitian dan Pembahasan: Bagian ini berisi tabulasi data hasil penelitian yang dilaksanakan sesuai dengan metode dan perubah yang digunakan. Analisis dan evaluasi terhadap data tersebut juga disesuaikan dengan formula hasil kajian teoretis yang telah dilakukan. Pembahasan hasil analisis dan evaluasi dapat dilakukan dengan metode perbandingan, penggunaan persamaan, grafik, gambar, dan tabel. 
  • Kesimpulan: bagian ini merupakan hasil analisis dan pembahasan atau uji hipotesis tentang fenomena yang diteliti yang menjawab pertanyaan dan permasalahan penelitian. Simpulan bukan tulisan ulang dari pembahasan dan juga bukan ringkasan, melainkan penyampaian singkat dalam bentuk kalimat utuh.
  • Saran: Saran berisi rekomendasi akademik, tindak lanjut nyata, atau implikasi kebijakan atas kesimpulan yang diperoleh.
  • Daftar Pustaka: Berisi buku acuan atau daftar pustaka. Lihat contoh penulisan daftar pustaka jurnal pendidikan

Contoh Artikel soal Pariwisata Indonesia

cerita rakyat
Pexels/Quang Nguyen Vinh

Pariwisata Berdaya, Lingkungan Indonesia Berjaya

UNESCO mendesak pemerintah menghentikan proyek infrastruktur pariwisata Taman Nasional Komodo. Pembangunan tersebut berpotensi merusak lingkungan dan mengganggu habitat komodo. Bahkan tidak ada studi dampak lingkungan yang dilakukan. Permintaan UNESCO dijawab di rumah dengan plus dan minus. Para pegiat lingkungan merasa mendapat angin segar, sementara Gubernur NTT menjelaskan bahwa semua aspek, termasuk lingkungan, diperhatikan dalam pembangunan.

Pemerintah harus mengubah peringatan UNESCO menjadi peringatan pengelolaan wisata alam. Pengelolaan wisata alam harus fokus pada kelestarian ekosistem daripada tujuan finansial semata. Keberlanjutan melestarikan kelestarian situs alam sehingga manfaat ekonomi terus berlanjut. Namun, jika pembangunan dilakukan tanpa mempertimbangkan lingkungan, maka manfaatnya hanya akan terlihat dalam jangka pendek.

Indonesia juga dikenal sebagai zamrud khatulistiwa karena keindahan alam dan keanekaragaman hayatinya. Julukan ini membuat beberapa destinasi wisata menjadi tujuan wisatawan mancanegara. Bali, Wakatobi, Raja Ampat, Lombok, Labuan Bajo atau Bunaken adalah contoh tujuan wisata yang populer. Modal ini harus dikelola sebagai sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui.

Contoh Artikel tentang Dunia Kerja

Usai Lulus, Mau Kerja Dimana?

Memperoleh ijazah perguruan tinggi dengan gelar akademik yang menyertainya merupakan ujung bagi seorang mahasiswa dari rangkaian perjalanan akademik di dunia akademik. Merayakan keberhasilan perjuangan akademik patut dirayakan dengan penuh rasa syukur, suka cita dan meriah. Bagaimanapun, ia berhasil melewati salah satu dari banyak fase akademik yang menemaninya dalam perjalanan ke universitas.

Meski harus diakui bahwa jenjang sarjana bukanlah perhentian terakhir dari perjalanan akademik yang bersangkutan, melainkan babak baru dalam perjalanan menuju kehidupan nyata mata kuliah, yang tentunya berbeda dengan dunia kampus.

Berkaitan dengan perkuliahan, tentunya kamu akan mencari pekerjaan setelah lulus, terutama pekerjaan kantoran. Pengangguran mungkin adalah kata yang paling menyakitkan bagi para peneliti. Peneliti mencoba melamar pekerjaan kesana kemari dengan gelar sarjana hanya untuk melampirkan status PNS atau PNS. Tapi banyak yang menganggur karena tidak bisa mendapatkan “pekerjaan kantoran”.

Lalu pertanyaan selanjutnya, apakah mahasiswa sudah siap untuk “pekerjaan kantoran”? Apakah gelar sarjana membuat lulusannya malu pada hal lain selain “kantor”? Kita harus memperbaiki asumsi dasar seperti itu bersama-sama.

Contoh Artikel Fenomena Sosial

contoh artikel
Unsplash/Michael Parzuchowski

Salah satu contoh artikel yang cukup banyak dibuat adalah penelitian. Berbagai macam jenis topik bisa diangkat, tapi yang menarik untuk diciptakan adalah penlitian tentang fenomena sosial yang terjadi di Indonesia. Belakangan ini, fenomena laki-laki yang berdandan seperti wanita semakin banyak dijumpai. Perubahan ini bisa dilihat dari berbagai sisi, mulai dari budaya, religiusitas, hingga norma yang berkembang di dalam masyarakat.

Kemunculan fenomena ini juga bisa diulas. Sedulur bisa melihat dari kacamata teknologi informasi, dimana perkembangan budaya ini berasal dari negara-negara Eropa dan Amerika. Semakin terbukanya teknologi lewat layanan media sosial memang patut dikritisi dan Sedulur bisa memancing pemerintah untuk bisa membuat regulasi yang tepat dengan menggunakan artikel fenomena seperti ini.

Contoh Artikel Kebakaran Hutan

Kebakaran Hutan, Salah Siapa?

Indonesia adalah negara dengan iklim tropis yang terdiri dari ribuan pulau. Walaupun daratan Indonesia tak seluas lautannya, hutan di Indonesia sangat banyak, mulai dari ujung Aceh yaitu Sabang hingga Merauke (Papua). Beberapa tahun terakhir kebakaran di Indonesia kerap terjadi, hal itu disebabkan dua faktor yaitu faktor alam dan buatan (manusia).

Mengenai faktor alam memang tak ada yang dapat disalahkan, tetapi mengenai faktor buatan yaitu manusia itulah hal yang perlu dievaluasi. Kini manusia telah kehilangan kesadarannya hingga mereka melakukan hal-hal yang merugikan banyak pihak di antaranya merugikan lingkungan hidup, contohnya hutan. Hutan adalah habitat dari ribuan spesies makhluk hidup yang saling bergantungan.

Maka itu, aksi manusia membakar hutan untuk memenuhi maksud dari dalam dirinya sendiri memang perlu diadili. Alasan mereka melakukan pembakaran hutan beragam, mulai ingin membuka lahan tanam baru hingga berdirinya gedung-gedung bertingkat. Namun, hal yang disayangkan yaitu betapa mereka tak memikirkan aneka flora dan fauna yang tinggal di dalam hutan tersebut.

Itulah tadi berbagai contoh artikel yang bisa Sedulur pelajari. Ada banyak macam-macam artikel yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Biasanya tujuan artikel ditulis untuk memberi informasi, memberi pengaruh atau membujuk, hiburan, memberi solusi, dan masih banyak lagi. Jadi, selama artikel yang Sedulur tulis itu bermanfaat, pasti akan banyak orang yang suka membaca tulisan Sedulur.