cara membuat blog

Blog pernah jadi primadona di masanya, terutama yang dijalankan secara independen oleh perorangan. Cerita-cerita yang lekat dengan pengalaman pribadi ternyata menjadi magnet tersendiri untuk warganet di masa itu. Saat media sosial merambah internet, blog sempat kehilangan momennya. Apalagi dengan masifnya media-media berbasis visual seperti foto dan video, orang makin jarang yang melirik konten berbentuk tulisan. 

Namun, bukan berarti blog benar-benar hilang dari muka bumi. Beberapa tahun belakangan, platform berbasis tulisan dan audio ternyata dilirik kembali. Bahkan tak sedikit yang mendapatkan keuntungan lumayan dari tulisan mereka. Di tahun 2022 mendatang, blog pun dipercaya bakal tetap lestari dengan jutaan pembaca setia yang siap menunggu konten buatanmu. Nah, apa saja sih cara membuat blog yang sukses di era yang serba visual ini? Sedulur wajib simak ulasan berikut. 

BACA JUGA: Tertarik Untuk Rakit PC? 7 Hal Penting Ini Wajib Kamu Tahu!

1. Memilih platform blogging yang pas

cara membuat blog
unsplash.com

Tentunya langkah pertama dalam membuat blog pribadi adalah memilih platform yang tepat. Ada banyak platform gratis yang bisa kamu seperti Blogger dan Medium. Atau coba platform berbayar seperti Webflow dan WordPress.org Semua memiliki hitungan untung ruginya masing-masing. Mari kita bedah kelemahan dan kelebihan masing-masing platform tersebut. 

-->

Platform gratis 

  • Tidak perlu membayar biaya apapun di awal, daftar dan langsung menulis gratis 
  • Nama domain tidak lepas dari embel-embel nama platform, bisa diganti domain berbayar agar tampak profesional, tetapi hosting tetap menempel pada platform sehingga mereka bisa melakukan apapun pada kontenmu termasuk melakukan sensor dan penarikan peredaran jika menyalahi kebijakan mereka.  
  • Pilihan tema tampilan terbatas 
  • Bisa dimonetisasi langsung tanpa pihak ketiga, tetapi tetap ada keterbatasan jika masih menggunakan domain dan host gratis 
  • Tidak mudah tampil di laman pencarian 

Platform berbayar 

  • Harus membeli domain dan host sendiri sejak awal lewat penyedia jasa yang bisa kamu pilih seperti Niagahoster, Bluehost, Jagoan Hosting, GoDaddy, dan lain sebagainya. Harga domain ada di kisaran Rp 100 ribu, sementara hosting mulai dari Rp 200 ribu tergantung dengan kapasitas penyimpanan yang kamu pilih. 
  • Bisa dimonetisasi dengan plugin gratis seperti AdSense 
  • Harus melakukan maintenance rutin secara mandiri untuk mengatasi bug dan spam 
  • Lebih mudah tampil di laman pencarian 
  • Tema bisa dikustomisasi dengan mudah, namun khusus WordPress butuh kemampuan coding yang mumpuni 
  • Banyak plugin tambahan yang bisa dipilih untuk membantumu mengoptimasi blog seperti SEO dan lain sebagainya 

Sedulur bisa baca lebih lanjut tentang platform blog yang beredar di pasaran dan pilih mana yang paling cocok. Untuk pemula, Blogger dan Medium bisa jadi pilihan. Mereka pun bisa dimonetisasi meski ada keterbatasan-keterbatasan, tetapi kamu tidak perlu memikirkan masalah-masalah teknis seperti backend dan lain sebagainya. Tinggal menulis dan belajar tingkatkan traffic kunjungan dengan mempromosikan kontenmu. Kedua platform tersebut juga bisa jadi cara membuat blog di HP karena bisa dengan mudah diakses lewat ponsel.

BACA JUGA:  Kontes Blog #SuperBercerita Kembali Hadir: Hadiahnya Berlipat Ganda!

2. Pilih niche atau topik yang spesifik untuk blog 

unsplash.com

Setelah memilih platform yang tepat, kamu tentu butuh konten yang menarik perhatian. Carilah niche atau topik yang spesifik dan upayakan itu hal yang benar-benar jadi minatmu. Jangan menulis topik yang terlalu luas dan umum. Coba dengan pilih satu tema tertentu misal musik, fesyen, gaya hidup, film, atau teknologi misalnya. Penting pula untuk tidak melakukan plagiarisme, tulislah ide-ide asli dari kepalamu. Saat melakukan plagiarisme biasanya Google atau mesin pencarian pun bisa langsung mengidentifikasi dan memblok kontenmu. 

Membangun blog membutuhkan konsistensi dan orisinalitas, tanpanya blogmu tidak akan berkembang pesat. Kamu bisa menghabiskan setahun menulis blog tanpa bisa memonetisasi karyamu karena kunjungannya kurang dari sekian puluh ribu sesuai dengan kebijakan plugin yang kamu pakai. Bersabar dan konsisten adalah kewajiban saat membangun blog. Sedulur tidak disarankan membuat blog hanya untuk tujuan meraup keuntungan sejak awal. Upayakan kamu memiliki penghasilan lain dan blog hanya sampingan dulu sebelum menjadikannya sumber penghasilan utama. 

3. Perhatikan nilai apa yang ingin kamu berikan pada pembaca 

unsplash.com

Mengutip pendapat Jerome Polin, penting untuk memikirkan nilai  yang ingin kamu berikan ke penonton saat membuat konten. Ini bisa diadopsi dalam blog. Perlu bagi Sedulur untuk memikirkan nilai apa yang ingin ditukar dengan waktu yang sudah diluangkan pembaca saat berkunjung ke blog Sedulur. Upayakan ada unsur edukasi, pengetahuan baru, atau hiburan yang menarik saat kamu membuat blog. Jangan hanya bermodal sensasi judul yang bombastis, tetapi ternyata isi atau konten tulisanmu tidak berkualitas atau jauh dari ekspektasi pengunjung. 

Kamu bisa mencoba banyak cara untuk membuat konten berkualitas, misalnya dengan membuat cerpen atau opini yang menarik dan punya nilai seni, membagikan refleksi dan pelajaran yang kamu dapat dari sebuah pengalaman, membuat ulasan dan analisa yang mendalam tentang suatu isu atau topik yang kamu minati, membagikan informasi atau tutorial, dan lain sebagainya. 

BACA JUGA: 12 Manfaat Menulis, Baik Untuk Kesehatan Mental?

4. Coba SEO tools untuk menaikkan jumlah pengunjung 

cara membuat blog
unsplash.com

Kamu juga bisa mencoba membuat artikel yang ramah SEO dengan bantuan tools yang ada. SEO sendiri adalah singkatan dari Search Engine Optimization yang sengaja disematkan pada artikel agar ia bisa tampil di halaman awal mesin pencarian. Dengan berada di laman awal, jumlah pengunjung pun akan meningkat drastis dan baik untuk kebutuhan marketing serta monetisasi. 

Silakan lakukan riset untuk menenutkan kata kunci utama di artikelmu berdasarkan tren pencarian yang berkembang, tetapi jangan melupakan kaidah penulisan yang baik. Namun, tetap perhatikan, kualitas, orisinalitas, serta keunikan tulisan di blog Sedulur. Kamu bisa menggunakan Google Analytics untuk menganalisa performa tiap artikelmu. 

Selain SEO, coba juga promosi lewat media sosial. Coba media sosial seperti Instagram dan Twitter untuk menggoda orang membaca tulisanmu. Buat poster yang menarik atau caption yang mendorong orang untuk membaca lanjutannya di blogmu. Ini bisa jadi cara untuk menambah jumlah kunjungan selain mengoptimasi kaca kunci. 

BACA JUGA: Tips Memulai Usaha Fotokopi yang Harus Diketahui Pemula

5. Dorong pengunjung untuk berinteraksi 

unsplash.com

Agar blog Sedulur bisa berkembang pesat, interaksi dengan pembaca atau pengunjung pun sangat menentukan. Komentar atau feedback dari pengunjung bisa membantumu memperbaiki beberapa kesalahan bahkan memberikanmu ide-ide segar untuk tulisan berikutnya. Mereka juga bisa memberikan kesan bahwa blogmu hidup dan benar-benar sebuah komunitas yang positif dan saling membangun.

Dengan komentar-komentar dari warganet, kamu juga bisa menarik perhatian perusahaan dan jenama yang tertarik bekerjasama. Banyak penulis blog yang mendapatkan penghasilan dari hasil kerjasama dengan perusahaan, semacam endorsement. Ini bisa jadi alternatif monetisasi dari iklan yang tampil di blog Sedulur. Untuk itu, mengaktifikan kolom komentar adalah salah satu cara membuat blog yang sukses. 

6. Tampilan visual yang rapi dan nyaman dibaca 

cara membuat blog
unsplash.com

Agar pengunjung betah mampir di blogmu, tampilan visual pun tak bisa diabaikan. Penting untuk membuat tata letakl yang rapi dan nyaman dibaca. Sedulur disarankan tidak menggunakan banyak warna dan pakai warna dasar putih untuk blog. Font yang dipakai lebih baik minimalis dan berwarna gelap seperti abu-abu dan hitam. Biasanya untuk kenyamanan, warna hitam yang dipakai pun dipilih yang tidak terlalu pekat, tetapi juga bukan abu-abu yang terang dan samar-samar. 

Memasukkan foto juga sangat penting untuk menarik perhatian, tetapi pastikan fotomu beresolusi tinggi. Jika mengambil dari sumber lain, selalu cantumkan sumber primernya sebagai bentuk penghargaan pada pemilik foto asli. 

Itu tadi beberapa tips dan cara membuat blog gratis yang sukses. Tentunya semua butuh waktu dan tidak bisa langsung tampak hasilnya secara instan. Selain menggunakan bantuan plugin untuk memonetisasi blog, Sedulur juga bisa coba mengikuti berbagai kontes blog untuk mendapatkan cuan dari karya tulismu.

Salah satunya kontes blog #SuperBercerita yang diadakan Aplikasi Super. Sedulur bisa mendapatkan hadiah jutaan rupiah dengan menulis artikel di blog pribadi. Gampang banget, silakan baca ketentuannya di sini. Gratis, tanpa dipungut biaya. Tunggu apalagi, daftar sekarang, yuk!