Mulai dari anak-anak hingga dewasa, film kartun merupakan salah satu genre film yang menjadi favorit. Dengan berbagai visualisasi yang menarik dan memiliki banyak warna, menontonnya menjadi hal yang mengesankan. Ada berbagai film animasi terbaru yang disuguhkan untuk pemirsa setiap tahunnya yang siap untuk Sedulur tonton.

Mulai dari animasi asal Jepang, animasi Disney, hingga animasi Pixar turut untuk memeriahkan industri perfilman kartun ini. Tentu saja, jalan cerita yang disuguhkan akan menarik dengan visualisasinya yang fantastis. Penasaran dengan rekomendasi film animasi terbarunya? Simak penjelasan dan review singkatnya di bawah ini, ya!

BACA JUGA: 12 Film Sedih yang Harus Kamu Tonton, Pasti Bakal Nangis!

1. Soul (2020)

film animasi terbaru
logo

Film animasi terbaru 2021 pertama yang layak untuk Sedulur tonton adalah Soul. Film yang diproduksi oleh Walt Disney dan Pixar Animation ini berkisah tentang seorang guru kelas musik bernama Joe Gardner yang berkeinginan untuk menjadi seorang musisi Jazz terkenal. Tapi, dirinya tidak bisa mewujudkan keinginan tersebut meskipun sudah berusaha semaksimal mungkin.

-->

Pada suatu hari, ia mengalami kecelakaan yang menyebabkannya terperosok ke dalam sebuah selokan. Naasnya, ia mengalami koma lalu terbangun menjadi wujud baru yang diberi nama Soul. Ia terperangkap di sebuah tempat ajaib bernama The Great Before. Kemudian, Soul bertemu dengan seseorang bernama kode 22 yang tidak pernah tertarik dengan kehidupan manusia. Soul kemudian berpikir bahwa kode 22 bisa menuntun dan mengembalikannya ke bumi. Kisah perjuangan Soul dimulai dari sini.

2. Raya and the Last Dragon (2021)

Kisah dari Raya and the Last Dragon berawal dari pencarian seekor naga untuk menyelamatkan dan mendamaikan umat manusia. Kemudian, Raya bertemu dengan seorang bayi yang ternyata punya kemampuan diluar akal sehat. Setelah bertemu dengan si bayi hebat, mereka berdua kemudian sepakat untuk mencari naga terakhir.

Setelah pencarian panjang, Raya akhirnya menemukan seekor naga yang juga menjadi naga terakhir bernama Sisu. Kisah petualangan antara Raya dan naga terakhir pun dimulai dari sini. Hal yang menarik dari film animasi terbaru ini adalah melibatkan beberapa aktor dan aktris dari Indonesia. 

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Film Netlfix Terbaik yang Wajib Kamu Tonton!

3. Monster Inc (2001)

film animasi terbaru
greenscene

Meskipun bukan menjadi salah satu film animasi terbaru, namun Monster Inc memiliki kisah dan jalan cerita yang tidak pernah membosankan dan menjadi favorit anak-anak pada masa tersebut. Hal yang menjadi tema dasar dari Monster Inc adalah listrik yang digunakan manusia dalam kesehariannya ternyata menggunakan tenaga dari suara jeritan anak kecil. Dengan dibumbui komedi dan memiliki karakter yang lucu, film ini menjadi menarik untuk ditonton.

4. Monster University (2013)

Monster University merupakan kelanjutan dan sekuel dari Monster Inc. Film animasi terbaru ini menceritakan bagaimana para monster yang lucu tersebut mempelajari segala sesuatu yang berkaitan sebelum akhirnya mereka bekerja pada sebuah pabrik monster. Alur dan jalan cerita Monster University lumayan berbeda dengan Monster Inc yang lebih fokus pada tokoh utama James P. Sullivan. Pada Monster University, justru kisahnya berpusat pada Mike Wazowki yang merupakan sahabat Sully berbentuk bulat dan berwarna hijau menggemaskan.

BACA JUGA: 22 Film Kartun Terbaik dan Update Terbaru 2021

5. Coco (2018)

film animasi terbaru
Disney Plus

Film kartun yang satu ini berhasil menyabet gelar Oscar sebagai Original Song 2018 karena lagunya berjudul “Remember Me”. Hal itu tidak mengherankan lagi bagi sebagian besar penggemar film animasi terbaru ini, karena lagu tersebut memang sangat terngiang di kepala bahkan saat menontonnya untuk pertama kalinya.

Kisah dari film yang berjudul Coco berawal dari seseorang bernama Miguel yang pergi ke The Land of The Dead untuk mencari silsilah keluarganya yang benar dan yang sesungguhnya. Berbagai rintangan dan halangan dalam film ini sangat tertata dengan bagus dengan balutan lagu indah di setiap ceritanya. Untuk menontonnya, Sedulur harus menyiapkan tisu, ya. Karena film yang tayang pada 2018 ini cukup mengharukan.

6. Zootopia (2016)

Jika Monster, Inc mengisahkan tentang kehidupan para monster yang lucu dan menggemaskan, Zootopia mengisahkan tentang para hewan yang menjalani kehidupan sehari-hari mereka layaknya manusia. Tokoh utama dalam film animasi terbaru ini adalah Judy Hopps, seekor kelinci kecil yang memiliki keinginan untuk menjadi polisi. Pengisi suara dalam film ini adalah penyanyi Shakira yang juga sebagai penyanyi soundtrack dalam Zootopia. Banyak hewan yang ragu terhadap kemampuan Judy karena merasa badannya terlalu kecil untuk menjadi seorang polisi. Judy lalu membuktikan kepada mereka semua kalau dia bisa bekerja dengan baik dengan mengungkap beberapa kasus besar.

BACA JUGA: 10 Fakta, Drama & Film Park Bo Young yang Wajib Kamu Tonton!

7. Ratatouille (2017)

film animasi terbaru
stpaulcatedral

Ratatouille berkisah tentang seorang koki baru yang bekerja di sebuah restoran di Paris, Prancis. Koki tersebut mendapat banyak bantuan dari seekor tikus yang pintar memasak dan tak sengaja ia temukan di dapur. Dengan keahlian si tikus dalam hal meracik bumbu, tentunya reputasi dari chef baru tersebut menjadi naik dalam waktu satu malam saja karena bantuan si tikus. Film animasi terbaru ini wajib untuk Sedulur tonton karena menyajikan cerita yang fresh dan berbeda dengan lainnya karena ceritanya tentang makanan yang dimasak oleh seekor tikus yang banyak orang pikir sebuah hal yang menjijikkan.

8. Isle of Dogs (2018)

Isle of Dogs mengisahkan tentang segerombolan anjing dari Jepang yang dikarantina di sebuah pulau kecil karena adanya wabah flu yang menular dan tak kunjung usai. Kemudian, ada seorang anak yang menuju ke pulau terpencil tersebut karena ia mencari anjingnya yang hilang bernama Sports. Kisah lalu berlanjut dengan adanya bantuan anjing lain yang juga terasingkan di pulau tersebut. Salah satu film animasi terbaru karya sutradara Wes Anderson ini tidak hanya cocok ditonton oleh anak kecil, orang dewasa pun juga bisa menikmati film ini.

BACA JUGA: Film & Drama Lee Je-Hoon yang Wajib Kamu Tonton, Taxi Driver Salah Satunya

9. How To Train Your Dragon (Hidden World) (2019)

film animasi terbaru
iheartradio

Film dengan judul How To Train Your Dragon: The Hidden World ini berhasil masuk dalam deretan film animasi Box Office setelah dua film lama nya yang berjudul sama. Dengan jalan cerita yang lebih seru, film animasi terbaik ini mengisahkan petualangan Hiccup dan Toothless kembali. Film ini juga berkisah tentang seekor naga betina yang hadir secara tiba-tiba bernama Light Fury. Grimmel yang seorang pemburu naga pun ingin menghabisi dan memburu seluruh ras naga Night Fury. Film ini berhasil masuk nominasi Piala Oscar untuk Film Animasi Terbaik di tahun 2020, sehingga wajib untuk Sedulur tonton.

10. Spider-Man: Into the Spider-Verse (2018)

Salah satu film dari Marvel yang menarik untuk ditonton adalah Spider-Man: Into the Spider-Verse. Cerita dari film ini adalah seorang anak bernama Miles yang tiba-tiba digigit oleh seekor laba-laba ketika sedang berada di sebuah stasiun kota bawah tanah.

Bukannya luka, gigitan laba-laba tersebut malah  membuatnya bertingkah aneh. Miles pun kemudian secara tidak sengaja menemukan laboratorium yang memiliki isi mesin untuk menuju ke dunia paralel ciptaan dari Fisk, begitupun dengan Peter Parker. Peter menganggap bahwa mesin itu berbahaya, kemudian mencoba untuk menghancurkannya. Namun, misi tersebut gagal karena dicegah oleh banyak musuh. Petualangan Miles dan lainnya dalam upaya menghancurkan mesin tersebut kemudian berlanjut dengan seru. Film terbaru animasi yang satu ini adalah sebuah adaptasi dari sebuah komik dengan judul yang sama.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Film Seperti Fifty Shades, Erotis & Sensual

11. Up (2009)

film animasi terbaru
imdb

Film yang satu ini menjadi film animasi terbaru yang kaya akan moral serta pesan dalam kehidupan. Tak hanya itu, visualisasi dan warna yang disuguhkan dalam film ini juga tak kalah indah serta elegan. Kisah berawal dari seorang anak pramuka gemuk yang bernama Russel yang masuk dalam kehidupan seorang kakek tua bernama Carl Fredricksen. Si kakek merasa kehidupannya sangatlah membosankan dan ia menjadi sosok yang mudah marah semenjak kepergian istrinya tercinta. Russel kemudian mengubah kehidupan si kakek dengan cara terus bersikeras menawarkan bantuan agar lencana pramuka nya lengkap. Petualangan selanjutnya dari Carl dan Russel bisa Sedulur ketahui lebih lanjut dengan menontonnya, ya. 

12. Moana (2016)

Moana menyajikan kisah segar yang bertemakan dunia lautan. Film kartun box office ini berawal dari seorang gadis bernama Moana yang tinggal di dekat lautan. Kemudian, ia bertemu dengan seorang dewa Maui yang kemudian membantu Moana untuk menemukan jati diri. Keduanya kemudian berpetualang bersama dan melawan berbagai musuh yang jahat. Film animasi terbaru ini diambil dari sebuah legenda kuno Polynesia yang dikemas secara apik dan bagus. 

BACA JUGA: 20+ Film Zombie Terbaik yang Memacu Adrenallin, Wajib Tonton

13. Inside Out (2014)

film animasi terbaru
thetoyinsider

Apakah Sedulur pernah membayangkan bahwa emosi kita dikendalikan oleh lima makhluk kecil yang ada di dalam otak? Lima makhluk tersebut mewakili masing-masing emosi, yaitu takut, marah, jijik, sedih, hingga bahagia. Bagaimana jika kelima makhluk tersebut menjadi tidak terkendali pada suatu saat? Rusley adalah seseorang yang sedang merasakan hal tersebut. Ketika orang tuanya pindah di sebuah kota yang terpencil, kehidupan Rusley kemudian berubah. Ia menjadi seseorang yang bingung dengan perasaannya sendiri setelah sebelumnya menjadi seorang yang ceria. Apakah Riley bisa kembali hidup bahagia seperti dahulu kala? Jangan lupa untuk menonton film animasi terbaru ini, ya!

14. Frozen (2013)

Frozen adalah salah satu film kartun terbaik disney yang juga cocok ditonton untuk segala usia, terutama anak-anak. Film yang cukup populer pada eranya ini berkisah tentang seorang adik kakak yang mengalami sebuah permasalahan karena sang kakak, Elsa, memiliki kemampuan dalam hal mengendalikan dan membuat es. Elsa kemudian pergi untuk mengasingkan diri karena para warga menganggapnya sebagai sebuah malapetaka baik bagi orang lain dan bagi kota. Sang adik, Ana, tidak tinggal diam dan mencari kembali keberadaan kakaknya yang kemudian akan dibawa kembali pulang karena ada badai es di kotanya.

BACA JUGA: 12 Film Korea Terbaru Akhir 2021 yang Paling Banyak Ditonton

15. Weathering With You (2019)

film animasi terbaru
oprainfall

Sebuah karya dari sutradara bernama Makoto Shinkai ini menceritakan tentang seseorang bernama Hodaka yang bertemu dengan gadis Tokyo bernama Hina yang punya kemampuan spesial dalam mengendalikan cuaca. Film animasi terbaru ini juga berkolaborasi dengan band bernama Radwimps, sehingga musik dalam film ini memiliki kualitas terbaik dalam karya dari sang sutradara.

16. Earwig and The Witch (2021)

Salah satu film terbaru 2021 animasi yang ditunggu-tunggu oleh penonton setianya adalah Earwig and the Witch. Film ini merupakan garapan dari Studio Ghibli yang berasal dari Jepang. Dengan menggunakan animasi dua dimensi yang sama seperti Princess Monoke, Spirited Away, hingga My Neighbor Totoro, film ini disebut menjadi salah satu yang paling diminati. Sherina Munaf adalah salah satu penyanyi Indonesia yang juga menjadi salah satu pengisi suara dan penyanyi soundtrack dalam film ini. 

Kisah dari film ini berawal dari anak berusia 10 tahun bernama Earwig yang tinggal dan menetap di sebuah panti asuhan bernama St. Morwald. Ia kemudian didatangi Bella Yaga dan Mandrake yang menyamar sebagai orang tua angkat. Padahal, sesungguhnya mereka berdua adalah seorang penyihir. Ada banyak misteri yang harus dipecahkan oleh Earwig ketika ia dibawa ke rumah kedua orang tuanya itu.

BACA JUGA: 12 Film Thriller Terbaik yang Seru & Memacu Adrenalin

17. Tom and Jerry (2021)

indozone

Tak hanya film animasi terbaru 2020 saja yang beragam, tahun 2021 juga memiliki segudang film kartun yang siap menghibur Sedulur. Salah satunya adalah kartun legenda masa kecil bernama Tom and Jerry. Kartun diangkat menjadi sebuah film yang wajib untuk Sedulur tonton. Film ini dibintangi oleh beberapa aktor dan aktris, diantaranya adalah Rob Delaney, Michael Pena, Chloe G Moretz, dan berbagai nama lainnya.

Film garapan Warner Bros ini menggambarkan sebuah kehidupan event organizer yang harus mengusir Jerry sebelum sebuah acara pernikahan dimulai dan kemudian meminta bantuan si kucing, Tom. Film yang berlatar kota New York ini kemudian berlanjut dengan adegan kejar-kejaran khas Tom & Jerry yang tidak terelakkan. Seperti apa kelanjutan dan keseruan mereka? Jangan lupa untuk ditonton, ya!

18. Luca (2021)

Luca merupakan sebuah film karya Disney dan Pixar yang dirilis pada tahun 2021. Film yang memiliki latar Italia ini bercerita tentang petualangan seorang anak laki-laki bernama Luca bersama sahabatnya, Alberto ketika sedang berlibur di tepi pantai Riviera, Italia. Bukannya menikmati liburan yang menyenangkan, film animasi terbaru ini justru menemukan fakta mengerikan tentang Luca yang ternyata adalah seorang monster laut.

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Film Disney Terbaik yang Wajib Kamu Tonton

19. Minions: The Rise of Gru (2021)

pikiranrakyat

Film animasi Minions: The Rise of Gru adalah film yang tayang pada Juli 2021 dan merupakan sekuel dari Minions. Film ini merupakan spin-off dari film Despicable Me yang tayang pada tahun 2015. Awal cerita dari film animasi terbaru ini adalah seseorang bernama Felonius Gru yang saat itu berumur 12 tahun dan tumbuh di sebuah pinggiran kota dan berlatar tahun 1970-an. Kemudian, Gru memiliki rencana untuk menjadi jahat karena dia ingin bergabung bersama kelompok penjahat super yang terkenal dan memiliki nama Vicious 6.

20. Paw Patrol The Movie (2021)

PAW Patrol: The Movie adalah film yang digarap dari serial animasi Nickelodeon dan memiliki judul yang sama.  Film animasi terbaru 2021 merupakan produksi dari Spin Master Corp. PAW Patrol bercerita tentang seorang anak laki-laki bernama Ryder yang menjadi pemimpin sekelompok anjing penyelamat. Ia juga bekerja sama pada suatu misi yang bertujuan melindungi komunitas tepi pantai di Adventure Bay.

Beberapa tokohnya seperti Skye, Rocky, Rubble, Zuma, Marshall, dan Chase tinggal di sebuah kendaraan agar misi yang sedang mereka jalankan berhasil. Film ini berfokus pada Ryder serta beberapa anak anjing yang dipanggil ke Adventure City untuk menghentikan Walikota Humdinger jahat dan ingin mengubah tatanan kota. 

BACA JUGA: 35 Link Situs Download Film Indonesia Terbaru Pengganti LK21

21. Rons Gone Wrong (2021)

imdb

Ron’s Gone Wrong adalah film yang tayang pada Oktober 2021. Film karya dari Disney ini disutradarai oleh Jean Philippe Vine, Octavio E, Rodriguez dan dibintangi oleh Thomas Barbusca. Kisah dari film animasi terbaru ini adalah persahabatan antara robot dan manusia yang mana robot tersebut kurang bekerja dengan baik.

22. Enchanto (2021)

Film animasi terbaru yang juga bergenre fantasi ini memiliki judul Encanto dan dirilis pada November 2021. Film besutan Walt Disney Pictures dan Walt Disney Animation Studios mengisahkan seorang wanita yang berasal dari Kolombia yang berciri khas pakaian dan rambutnya yang ikal. Semua anggota keluarganya memiliki kekuatan magis, kecuali sang gadis Kolombia tersebut.

BACA JUGA: 20+ Film India Terbaik Versi yang Wajib Ditonton, Versi Penggemar Holliwood

23. Kimi no Na Wa (Your Name) (2016)

medium

Tak hanya film disney kartun terbaru saja yang bisa menjadi populer, film animasi dari Jepang berjudul Kimi no Na Wa juga berhasil menarik perhatian pemirsa dengan kepopulerannya pada tahun 2016 saat film ini pertama dirilis. Cerita dari film yang juga populer dengan nama Your Name ini adalah seorang gadis SMA bernama Mitsuha Miyamizu yang ingin merasakan kehidupan sebagai lelaki di kota Tokyo. Di lain sisi, seorang siswa SMA bernama Taki Tachibana menjalani kehidupan yang super sibuk. Tak disangka, saat Mitsuha bangun, ia sadar bahwa dirinya berada di kota Tokyo dan terperangkap di tubuh Taki. Sebaliknya, Taki menemukan dirinya sebagai Mitsuha dan berada di pedesaan.

24. Wish Dragon (2021)

Wish Dragon memiliki alur cerita tentang seorang anak laki-laki yang bertemu dengan seekor naga yang bisa mengabulkan permintaan. Film yang  disutradarai Chris Appelhans ini juga dibintangi oleh aktor legendaris di dunia kung fu yaitu Jackie Chan. Tak hanya sebagai pemain saja, Jackie Chan adalah seseorang yang merupakan produser dari film animasi terbaru ini. Film yang memiliki latar belakang China kontemporer ini sebetulnya akan dirilis pada 26 Juli 2019 namun ditunda hingga 2021.

BACA JUGA: 20+ Situs Streaming Movie Online Film Terbaru Legal & Gratis!

25. Wolf Children (2012)

themagicrain

Jika Sedulur adalah penggemar film percintaan manusia dengan makhluk beda dunia, maka Wolf Children adalah rekomendasi film animasi terbaru yang tepat untuk ditonton. Kisah berawal dari seorang manusia bernama Hana yang menikah dan memiliki dua anak dengan seekor manusia serigala bernama Ookami. Hana menjadi orangtua tunggal bagi kedua anaknya karena Ookami tewas karena sebuah kecelakaan tunggal. 

26. Peter Rabbit 2: The Runaway (2021)

Film yang dirilis pada Juni 2021 ini merupakan sekuel dari film Peter Rabbit (2018). Cerita bermula dari seekor kelinci bernama Peter Rabbit yang sedang sedih karena Bea yang menjadi pujaan hatinya akan menikah dengan Thomas, yang tak lain adalah musuh bebuyutan dari Peter. Kemudian, Peter dan para temannya memutuskan untuk pergi menuju kota dari rumah Bea. Sesampainya di kota, teman Peter malah tertangkap karena mencuri buah. Kemudian, petualangan Peter untuk menyelamatkan teman-temannya pun dimulai.

Nah, itu dia beberapa rekomendasi film animasi terbaru yang wajib untuk Sedulur tonton bersama orang terkasih maupun sendirian. Jadi, manakah film diatas yang akan Sedulur tonton duluan?

Agar aktivitas menonton film semakin seru dan asik, Sedulur wajib menyediakan camilan. Untuk mendapatkannya atau membuatnya, Sedulur bisa membeli bahan untuk membuat camilan di Aplikasi Super. Anti ribet, dan barang akan sampai tanpa harus keluar rumah untuk membelinya. Unduh sekarang, ya!