film zombie

Film zombie dijamin mampu memacu adrenalin siapa saya saja yang menontonnya. Terlebih lagi apabila zombie diceritakan sebagai pasukan mayat hidup yang siap memangsa manusia dan mengubah manusia menjadi zombie juga.

Bagi Sedulur yang suka dengan film bertemakan zombie tentu saja tidak ingin melewatkannya. Hingga saat ini, sudah ada banyak layar lebar genre ini yang tampil di layar lebar. Namun tidak semuanya layak untuk menjadi yang terbaik. Oleh karena itu, di bawah ini ada beberapa rekomendasi film zombie terbaik yang bisa dijadikan sebagai referensi.

BACA JUGA: 12 Film Thriller Terbaik yang Seru & Memacu Adrenalin

1. Resident Evil

film zombie terbaik
cdns.climg

Sepertinya cukup layak jika memasukkan Resident Evil dalam daftar film zombie box office terbaik. Film yang satu ini memang sudah dirilis dengan beberapa sekuel, tetapi kesuksesan yang diraih luar biasa. Seperti yang telah diketahui, film ini adalah bentuk adaptasi dari salah satu game fenomenal sepanjang masa dengan judul yang sama.

Resident Evil menceritakan tentang wanita yang bernama Alice dalam menghadapi serangan para zombie demi bertahan hidup dan melindungi orang lain. Penyebab utama adanya zombie ini, adalah Virus T yang diproduksi oleh Umbrella Corps.

2. Train to Busan

film zombie korea
media indonesia

Film dari Korea Selatan tidak hanya terkenal dengan genre drama romance-nya. Ada juga film zombie Korea yang tidak kalah menarik dari bikinan Hollywood. Layar lebar yang disutradarai oleh Yeon Sangho ini berhasil memecahkan rekor sebagai film pertama dengan jumlah penonton mencapai 10 juta di Korea Selatan.

Film ini bercerita tentang rangkaian kereta menuju Busan yang tiba-tiba diserang oleh segerombol zombie menyeramkan. Highlight dari film ini ada pada perjuangan seorang ayah dan anaknya yang terjebak di kereta yang dipenuhi oleh mayat hidup berbahaya.

3. I Am a Hero

film zombie I Am a Hero
variety

Masih dari Asia, kali ini ada film zombie dari Jepang berjudul I Am a Hero. Film ini dirilis pada 2016 lalu dan disutradarai oleh Shinsuke Sato. Selain itu, layar lebar ini dibintangi oleh beberapa aktor dan aktris ternama Jepang seperti Masami Nagasawa, Yo Oizumi, juga Kasuma Arimura. Film ini menceritakan sosok Hideo Suzuki, seorang penulis manga yang kurang beruntung.

Saat virus misterius mulai menyebar di kota, di situlah dia berusaha untuk melindungi orang-orang yang ada di sekitarnya. Ketika suasa menjadi jauh lebih kacau, itulah saat Hideo mulai menjadi pahlawan bagi orang lain.

4. I Am Legend

film zombie I Am Legend
wionews

I Am Legend merupakan salah satu film zombie terbaik untuk saat ini. Film tersebut dibintangi oleh Will Smith yang berperan menjadi Robert Neville. Ia adalah satu-satunya survivor bersama anjingnya yang setia. Menariknya, zombie dalam film ini hanya menyerang ketika malam hari. Hal ini karena para zombie tersebut takut akan sinar matahari.

Robert Neville menghabiskan hari-harinya dengan mencari bahan makanan dan juga keperluan lain untuk bertahan hidup. Tidak hanya itu, ia juga berusaha untuk menemukan vaksin agar virus yang terjangkit seluruh dunia tersebut bisa diatasi.

5. World War Z

film zombie terbaru
flipkart

Judul berikutnya ada World War Z, sebuah film yang diperankan oleh aktor kawakan Brad Pitt. Film yang dirilis pada 2013 lalu. Layar lebar ini merupakan hasil adaptasi dari buku dengan judul sama karangan Max Brooks. Brad Pitt berperan menjadi mantan petugas PBB bernama Gerry Lane dengan tugas untuk menemukan serta menghentikan wabah zombie di dunia ini. Virus misterius tersebut berhasil mengubah manusia menjadi sosok mayat hidup menyeramkan hanya dalam waktu 12 detik.

6. Shaun of the Dead

film zombie terbaru 2020
flipkart

Bisa dibilang jika Shaun of the Dead adalah film zombie yang sangat unik. Selain memiliki tema utama zombie menyeramkan, film rilisan 2004 ini juga dikemas dengan unsur komedi yang amat kental. Sama seperti film lainnya, Shaun of the Dead menceritakan seorang pria bernama Shaun yang harus bertahan hidup dan menyelamatkan orang yang disayanginya dari serangan zobie.

Akan tetapi, hal yang membedakannya dengan film lain adalah tingkah laku dari si tokoh utama yang konyol sekaligus scene yang menegangkan yang berhasil dikemas secara apik. Penasaran ‘kan? Langsung saja tonton dan nikmati film tersebut.

7. Zombieland

film zombie zombieland
flipkart

Hampir sama seperti Shaun of the Dead, Zombieland dikemas dengan unsur komedi yang cukup kental. Untuk tingkat kelucuannya sendiri, tentu saja sudah dipastikan kamu tidak akan bisa menahan tawa pada saat menontonnya.

Film ini menceritakan tentang 4 orang yang terdiri dari seorang pemburu zombie, dua bersaudara yang licik, serta pemuda yang ditemukan pada saat perjalanan. Mereka berempat harus bekerja sama untuk bertahan dan saling menjaga agar tidak ada satupun dari kelompok yang terkena virus dan berubah menjadi zombie. Walaupun unsur komendinya cukup kental, tidak sedikit adegan menegangkan yang disajikan dalam tayangan ini.

8. 28 Days Later

film zombie netflix
itsjustawesome

28 Days Later adalah film paling sukses buatan sutradara Danny Boyle. Film ini bercerita tentang seorang kurir bernama Jim yang mendapati kesunyian di London. Jim mencari tahu alasan kota tersebut terasa sangat sepi dan bertemu dengan orang-orang yang selamat dari serangan para zombie.

Saat itulah Jim mengetahui jika hampir seluruh Kota London telah terjangkit oleh sebuah virus. Bukan virus biasa, rabies yang bisa membuat otak manusia dikendalikan oleh rasa lapar. Orang yang terkena virus ini akan menjadi brutal dan bisa saja memangsa manusia lain alias kanibal.

9. 28 Weeks Later

film zombie netflix
wallpaperbetter

Tentu saja Sedulur sudah tidak asing dengan judul dari film yang satu ini. Karya ini adalah sekuel dari 28 Days Later. Walaupun judulnya hampir sama, latar waktu dan tokoh yang diceritakan kedua film tersebut berbeda. Hanya saja latar tempat yang digunakan masih sama, yakni London.

Selain itu, film ini menceritakan selang waktu 28 minggu setelah adanya infeksi virus zombie yang menyebar di seluruh dunia. Pemerintah yang sudah mulai bisa mengontrol penyebaran virus, dan manusia yang selamat diungsikan ke sebuah penampungan. Pada saat itu, muncul pasukan zombie baru.

10. Dawn of the Dead

film zombie box office
kapanlagi

Dawn of the Dead adalah sebuah hasil remake dari film berjudul sama yang sebelumnya telah dirilis 1978 silam. Terlebih lagi, film ini benar-benar dikemas dengan sempurna oleh salah satu sutradara ternama, Zack Snyder. Bukan film zombie biasa, Sedulur akan mendapatkan banyak sekali pesan sosial dan moral dalam film ini.

Zack Snyder juga berhasil menampilkan pemandangan zombie dengan otak kosong yang sangat mengerikan secara visual. Film ini menceritakan tentang seorang perawat bernama Ana yang mau tidak mau harus membunuh suaminya karena terinfeksi oleh virus zombie.

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Film Disney Terbaik yang Wajib Kamu Tonton

11. Day of the Dead

film zombie terbaik 2021
thedissolve

Kecintaan Romeo pada zombie akan sangat terlihat pada saat Sedulur menyaksikan trilogi dari ini. Apabila filmmaker lain cukup puas dengan menggunakan formula lama dalam menceritakan horror zombie, Romeo justru mampu mengembangkan cerita mayat hidup ini ke level yang selanjutnya. Hal ini telah dibuktikannya dalam film yang berjudul Day of the Dead.

Mungkin film yang ketiga ini tidak menarik fanatisme layaknya kedua film yang sebelumnya. Judul ini mengambil tema yang cukup berat karena memasukkan unsur politik yang cukup besar ke dalamnya.

12. Cemetary Man

film zombie terbaik cemetary man
themoviedb

Cemetary Man adalah film yang menceritakan tentang Fransesco Dellamorte, seorang perawat kuburan yang memilih untuk berteman dengan “orang-orang mati” dibandingkan dengan orang biasa. Fransesco memiliki pemikiran jika orang mati itu lebih menenangkan, berbeda dengan orang-orang yang suka mengabarkan gosip tidak enak tentang dirinya.

Sayangnya orang-orang mati tersebut tak lantas diam saja di dalam kuburan mereka. Hal yang membuat film ini menarik adalah zombie yang tidak mengancam nyawa. Melainkan gangguan yang tidak masuk logika dan Fransesco pun turut larut dalam kegilaan bersama mereka.

13. The Clearing

film zombie the clearing
movielitas

The Clearing ialah film zombie terbaru 2020 yang tidak hanya menyajikan cerita seram. Ada unsur menyentuh tentang perjuangan seorang ayah yang terus berusaha untuk melindungi putri tercintanya. Film ini mengisahkan tentang sebuah kota yang porak poranda karena ulang zombie yang terjangkit oleh virus misterius.

Ada seorang ayah bernama Tom yang harus bertahan hidup dan melawan zombie, sembari terus memastikan keamanan dan keselamatan dari putrinya, Mira. Film yang disutradarai ole David M. Matalon ini dibintangi oleh sejumlah aktor terkenal seperti Aundrea Smith, Liam Mclntyre, dan Steven Swadling.

14. Army of the Dead

film zombie army of the dead
indozone

Army of the Dead menjadi salah satu film zombie terbaik 2021 yang wajib Sedulur saksikan. Naskah dari film garapan sutradara kawakan Zack Snyder ini ditulis oleh Joby Harold dan Shay Hatten. Layar lebar ini merupakan wujud penggabungan antara pencurian dan ketegangan akibat serangan zombie. Kisah  dimulai ketika pemerintah Amerika Serikat menyebarkan konspirasi.

Pada saat itu juga, sebuah wabah misterius mulai muncul dari pangkalan militer rahasia Area 51 yang berada di Nevada. Peristiwa tersebut membuat masyarakat yang ada di kawasan Las Vegas berubah menjadi mayat hidup alias zombie.

15. Alive

film zombie Alive
netflix

Kembali ke Korea Selatan, kali ini ada film zombie terbaru berjudul Alive. Film karya Jo Il Heyong ini mengisahkan tentang keadaan kota yang hancur akibat serangan zombie. Adanya para zombie tersebut disinyalir karena sebuah wabah misterius. Lebih parahnya lagi, wabah tersebut tidak membutuhkan waktu lama untuk mengubah manusia jadi zombie yang kelaparan.

Film ini diawali dengan sosok karakter bernama Oh Joon Woo yang menghabiskan waktu dengan bermain game di apartemen miliknya. Saat Oh Joon Woo mengecek TV dia tau bahwa seisi kota telah berubah menjadi zombie.

16. Little Monster

film zombie little monster
parasayu

Little Monster digarap oleh sutradara Abe Forsythe dan dikemas dengan genre komedi horror. Dalam film ini, Dave yang merupakan seorang mantan musisi memutuskan untuk menemani keponakannya ikut serta field trip sekolah.

Hal ini terpaksa dilakukan olehnya karena Dave memiliki tujuan tersendiri, yakni mendekati guru dari keponakannya tersebut, Miss Caroline. Akan tetapi, tanpa disadari wabah zombie menyerang rombongan tersebut dan Dave serta Miss Caroline harus menyelamatkan para murid.

17. Zombi Child

film zombi child
filmmovement

Zombi Child merupakan sebuah film bergenre fantasy hasil karya sutradara asal Perancis yang bernama Bertrand Bonello. Film ini dimulai dengan latar waktu 1962 di daerah Haiti. Ada seorang pria yang baru saja bangkit dari kematian dan harus bekerja berat di sebuah perkebunan tebu. Setelah 55 tahun berselang, ada seorang gadis yang membeberkan rahasia keluarganya kepada teman-temannya.

Tanpa ia sadari, ternyata hal tersebut mendatangkan dampak buruk. Sampai suatu hari, ada seorang temannya yang termotivasi untuk melakukan kegiatan berbahaya yang tidak bisa diperbaiki. Disitulah kisah petualangan menegangkan dan menyeramkan dimulai.

18. Hungerford

film zombie Hungerford
streamdaily

Hungerford layak untuk masuk daftar film zombie Netflix yang wajib ditonton. Film ini mengusung gaya tampilan yang terbilang unik dengan footage yang mampu membuat siapa saja penasaran akan adegan yang berikutnya. Film ini diawali oleh seorang mahasiswa bernama Cowen yang memiliki tugas keluar kota atas utusan pihak kampusnya.

Namun ketika sampai di kota tujuan, Cowen justru menemukan sesuatu yang aneh dan ganjil. Banyak orang di sana yang tiba-tiba berubah menjadi marah dan brutal tanpa adanya alasan jelas. Oleh karena itu, Cowen dan teman-temannya dituntut untuk bertahan hidup dari serangan para zombie tersebut.

19. Landronas de Almas

film zombie landronas de almas
goldposter

Landronas de Almas menceritakan tentang perang saudara di Meksiko yang sangat menegangkan. Terdapat sekelompok pemberontak yang merampok sebuah rumah dengan tujuan untuk mencuri harta di dalamnya yang sangat melimpah. Akan tetapi, harapan tersebut pupus ketika mereka menemukan sesuatu yang janggal di dalam rumah jarahannya tersebut.

Walaupun Landronas de Almas ini dikemas dengan menggunakan latar waktu klasik, namun dijamin Sedulur sangat terpana dengan penggambaran suasana yang dihasilkan. Terlebih lagi tentang minimnya persenjataan di masa itu membuat jalan cerita dari film ini terasa lebih menarik.

20. Night of the Comet

film zombie Night of the Comet
syfy

Jika sedang mencari referensi film zombie klasik, kamu bisa langsung menonton Night of the Comet. Judul layar lebar yang dirilis pada era 80-an ini memiliki genre horror komedi yang sangat lucu, tegang, sekaligus menarik. Film yang satu ini menceritakan tentang empat orang remaja yang mengunci diri mereka di dalam bilik proyek mal yang tertutup.

21. Zeta: The Dead Awaken

film zombie buatan indonesia
movieden

Di daftar terakhir, ada film zombie buatan sineas Indonesia yang berjudul Zeta: The Dead Awaken. Layar lebar ini disutradarai oleh Amanda Iswan dan dibintangi beberapa aktor ternama dalam negeri seperti Cut Mini, Jeff Smith, Edo Borne, Dimas Aditya, Willem Bevers, Joshua Pandelaki, dan Revaldo. Film ini menyajikan cerita yang menegangkan, seru, dan yang paling pasti penuh dengan darah.

Film yang dirilis pada 2019 ini menceritakan tentang seorang murid SMA bernama Deon dari pasangan orang tua yang penuh masalah dalam pernikahan. Ketegangan dimulai pada saat orang-orang di sekolah dan di kota tiba-tiba menjadi zombie.

Itulah beberapa film zombie yang direkomendasikan untuk saat ini. Silahkan Sedulur pilih film-film yang akan dimasukkan ke dalam playlist. Atau bahkan akan lebih baik, jika Sedulur memasukkan dan menonton semua film yang telah disebutkan di atas.

Sembari menyaksikan berbagai rekomendasi layar lebar di atas, jangan lupa untuk selalu mempercayakan belanja di Aplikasi Super. Di sela-sela jeda filmnya, kamu tetap bisa scroll dan checkout belanjaan. Terbukti lengkap dan bisa diandalkan setiap saat. Harga sembakonya murah dan selalu tersedia stoknya untuk memenuhi kebutuhan belanja harian, mingguan, hingga bulanan.