film sedih

Menonton film bisa menjadi hiburan tersendiri bagi Sedulur yang sudah penat dengan rutinitas sehari-hari. Selain itu, menonton film seakan bisa membuat emosi penonton terbawa ke dalam jalan cerita yang ditayangkan. Apalagi bagi Sedulur yang hobi menonton film sedih, sudah pasti air mata akan berderai mengikuti adegan tiap adegan dalam film.

Kira-kira film sedih apa sih yang terakhir membuat Sedulur menangis? Kali ini Aplikasi Super memiliki rekomendasi film paling menyedihkan yang bisa Sedulur tonton di akhir pekan!

BACA JUGA: Tim Han Ji Pyeong, Ini 7 Drakor Kim Seon Ho yang Wajib Ditonton

Rekomendasi film sedih yang bikin kamu banjir air mata!

Film sedih terbaik Netflix

Netflix kini menjadi salah satu platform streaming film yang banyak diminati. Selain biaya langganan yang makin terjangkau, pilihan filmnya pun semakin banyak, termasuk sejumlah film sedih terbaru! Yuk simak apa saja daftarnya.

1. Ali & Ratu-ratu Queens

film sedih
Cinema Poetica

Film Ali & Ratu-ratu Queens dibintangi oleh Iqbaal Ramadhan bersama sejumlah artis senior seperti Nirina Zubir, Happy Salma, Tika Panggabean, Asri Welas, dan Marissa Nasution. Film yang mengambil syuting di Queens, New York ini menceritakan tentang Ali (Iqbaal Ramadhan) yang nekat terbang ke New York untuk mencari ibunya. Ibu Ali (Marissa Nasution) meninggalkan Ali dengan pergi ke New York demi mengejar cita-citanya sebagai penyanyi. Namun setelah bertahun-tahun, ia tak kembali. Itulah yang membuat Ali nekat pergi mencari ibunya di negeri Paman Sam tersebut.

Namun apa yang diharapkan Ali setelah bertemu dengan ibunya tak terjadi. Setelah bertemu, ibunya justru berusaha mengabaikan Ali. Hubungan ibu dan anak yang kompleks inilah yang berhasil mengaduk-aduk emosi penonton saat menonton film ini. Ali & Ratu-ratu Queens bisa dibilang menjadi film sedih Indonesia yang wajib ditonton.

2. Fatherhood

film sedih
Magdalene

Kehilangan orang tercinta apalagi pasangan, memang tak pernah mudah. Ada duka mendalam yang harus dirasakan dan entah kapan bisa sembuh. Seperti yang dialami oleh Matthew Logelin (Kevin Hart). Ia harus menerima kenyataan pahit kehilangan sang istri saat melahirkan putri pertama mereka. Sang putri terlahir sehat, namun sayang nyawa sang istri tak dapat tertolong.

Waktu berlalu, Matthew tak bisa begitu saja melupakan kematian sang istri. Ia pun harus berperan sebagai ayah sekaligus ibu bagi putri semata wayangnya yang ia namai Maddy. Hubungan ayah dan anak ini pun mampu membuat hati siapapun tersentuh saat menontonnya.

3. The Starling

film sedih
Mommies Daily

Lagi-lagi film sedih yang bercerita tentang betapa menyedihkannya kehilangan orang tercinta. The Starling dibintangi oleh Chris O’Dowd dan Mellisa McCarthy. Mereka berperan sebagai sepasang suami istri yang bernama Jack dan Lilly.

Mereka harus hidup dalam duka ketika ditinggalkan anak semata wayang mereka untuk selama-lamanya. Jack ternyata tak sanggup untuk menghadapi kesedihan tersebut. Sehingga akhirnya memilih untuk hidup di sebuah klinik psikiatri.

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Film Netlfix Terbaik yang Wajib Kamu Tonton!

Film sedih terbaik Korea

Tak cuma drama Korea saja yang memiliki jalan cerita mengharu biru. Banyak juga film Korea yang ceritanya mengharukan dan menyentuh hati. Saking sedihnya, Sedulur mungkin bisa terbawa suasana dan ikut menangis mengikuti jalan ceritanya.

4. Ayla: The Daughter of War

film sedih
The Hollywood Reporter

Film ini menjadi film sedih Korea yang sempat kembali viral di tahun ini. Bercerita tentang hubungan mengharukan antara anak kecil korban perang asal Korea dengan seorang tentara yang berasal dari Turki.

Ialah Suleyman, seorang tentara asal Turki yang dikirim ke Perang Korea pada tahun 1950. Dalam perjalanan gerilyanya di sebuah hutan, Suleyman bertemu dengan seorang anak perempuan yang kehilangan kedua orang tuanya karena perang tersebut. Anak perempuan itu tak bisa berbicara karena shock atas kejadian yang menimpa dirinya.

Atas alasan kemanusiaan, Suleyman kemudian membawa anak perempuan tersebut ke markas tentara Turki. Ia kemudian menamakannya Ayla, yang berarti bulan. Selama masa perang, Ayla dirawat dengan baik oleh Suleyman, bahkan ia menganggap Ayla seperti anaknya sendiri. Hubungan mereka pun semakin dekat. Namun sayang saat waktunya Suleyman harus kembali ke Turki, ia tak bisa membawa Ayla karena masalah birokrasi. Perpisahan inilah yang pasti akan membuat air mata penonton mengalir deras.

Ayla: The Daughter of War menjadi film sedih kisah nyata yang banyak menyentuh hati para penontonnya. Bahkan sempat beredar foto Ayla dan Suleyman asli yang bertemu kembali setelah berpisah berpuluh-puluh tahun lamanya.

5. Kim Ji Young: Born 1982

film sedih
South China Morning Post

Rekomendasi film sedih tentang cinta kali ini ada film yang berjudul Kim Ji Young: Born 1982. Film yang dibintangi oleh Gong Yoo dan Jung Yu Mi ini berkisah tentang hubungan suami istri yang sebenarnya hangat. Hidup mereka pun tampak sempurna ketika Kim Ji Young (Jung Yu Mi) melahirkan anak pertama mereka.

Demi bisa fokus mengurus sang buah hati, Kim Ji Young pun memilih resign dari pekerjaannya dan menjadi ibu rumah tangga. Namun, kehidupan sempurna yang dijalani Kim Ji Young tak sepenuhnya benar. Diam-diam ia merasa depresi dengan kehidupannya pasca-menjadi seorang ibu. Ia merasa selalu mendapatkan tekanan dari mertuanya. Sementara di keluarganya sendiri, Ji Young mendapat tekanan dari sang ayah. Lambat laun ia pun merasa kehilangan identitas karena rutinitas sebagai seorang ibu dan istri yang ia jalani. Namun meski begitu, sang suami setia mendampingi sang istri.

BACA JUGA: 30+ Tebak Tebakan Receh, Kocak Banget Bikin Ngakak

6. Wedding Dress

MUBI

Film ini menjadi film sedih anak kecil yang pasti membuat siapapun yang menontonnya banjir air mata. Bercerita tentang Ko Woon (Song Yoon A) dan putrinya So Ra (Kim Hyang Gi). Ko Woon adalah seorang ibu tunggal yang bekerja sebagai desainer gaun pengantin. Suatu hari, kabar mengagetkan datang dalam hidupnya. Ia tiba-tiba didiagnosis menderita kanker oleh dokter. Namun, sebisa mungkin ia menyembunyikan penyakitnya dari sang putri.

Untuk menghabiskan sisa hidupnya, ia pun memanfaatkan waktu sebaik-baiknya untuk dihabiskan bersama sang putri. Termasuk merancang sebuah gaun pengantin yang kelak bisa dikenakan sang putri ketika menikah.

7. Hello Ghost

rotten tomatoes

Awalnya film ini tak tampak seperti film sedih. Apalagi pemeran utamanya dimainkan oleh Cha Tae Hyun, aktor Korea yang selama ini memang terkenal dengan film-film komedi. Di awal, sejumlah adegan di Hello Ghost memang cukup mengundang gelak tawa.

Bermula dari seorang pemuda yang putus asa dengan hidupnya. Ia pun berencana bunuh diri di apartemen tempatnya tinggal. Namun, berkali-kali ia mencoba bunuh diri, berkali-kali pula upayanya gagal. Setelah gagal bunuh diri, ia justru menjadi bisa melihat hantu. Hidupnya pun menjadi tak tenang setelah diikuti oleh hantu-hantu ini. Namun semakin lama, semakin banyak kisah sedih yang terkuak.

8. Miracle in Cell No. 7

Netflix

Bercerita tentang Lee Yong Gu, seorang ayah tunggal yang mengalami keterbelakangan mental. Ia memiliki seorang putri yang cerdas bernama Ye Seung. Naas, Yong Gu dituduh melakukan kejahatan pembunuhan dan pelecehan seksual terhadap anak. Padahal itu sama sekali bukan perbuatannya.

Saat di penjara, teman-temannya dalam sel penjara membantu memasukkan Ye Seung agar anak kecil tersebut dapat bertemu dengan sang ayah. Ketika dewasa, Ye Seung menjadi seorang pengacara dan memperjuangkan membersihkan nama sang ayah yang tidak bersalah.

BACA JUGA: 26 Anime Keren Sepanjang Masa Rekomendasi Otaku Indonesia

Film sedih kisah nyata

Film yang diadaptasi dari kisah nyata tak pernah gagal membuat penontonnya tersentuh. Mengingat ada sosok nyata yang ada di balik kisah tersebut. Kira-kira apa saja film dengan jalan cerita sedih yang diambil dari kisah nyata?

9. Hachi: A Dog’s Tale

FilmAffinity

Film tentang anjing bernama Hachi ini berasal dari Jepang, namun diadaptasi menjadi film drama Amerika yang dibintangi oleh Richard Gere. Bercerita tentang seekor anjing jenis Akita Inu yang bernama Hachiko yang sangat setia pada tuannya. Ia selalu mengantar tuannya ke stasiun untuk berangkat kerja, dan menunggu di depan stasiun saat tuannya pulang kerja.

Suatu hari, sang tuan tak muncul di stasiun sepulang kerja. Ternyata pemilik Hachiko sudah meninggal saat bekerja. Meski begitu, Hachiko tak beranjak sedikitpun dari stasiun dan tetap dengan setia menanti tuannya. Saking fenomenalnya kisah Hachiko, sebuah patung Hachiko dibuat dan dipasang di daerah Shibuya, Jepang. Kesedihan saat menonton film ini semakin terasa karena teringat dengan kisah nyatanya.

10. The Intouchables

Detik

Film sedih ini bercerita tentang persahabatan dua orang yang memiliki latar belakang yang jauh berbeda. Mereka adalah Philippe, seorang kaya raya yang lumpuh dan Driss, imigran yang baru saja keluar dari penjara. Kisah persahabatan mereka ini terinspirasi dari kisah nyata Philippe Pozzo di Borgo dan pengasuhnya Abdel Sellou.

BACA JUGA: 12 Film Korea Terbaru Akhir 2021 yang Paling Banyak Ditonton

Film India sedih

Industri perfilman Bollywood tak kalah berkembang dengan Hollywood dan juga K-Movie. Banyak film India yang memiliki cerita dan sinematografi yang berkualitas. Beberapa bahkan memiliki jalan cerita yang terasa realistis dan menyentuh hati. Selain itu, banyak pelajaran di dalamnya yang bisa kita petik.

11.  Dhil Becara

MUBI

Film sedih asal India ini diadaptasi dariri film Hollywood yang berjudul The Fault in Our Stars. Film ini juga merupakan adaptasi dari buku karangan John Green dengan judul yang sama.

Lalu kemudian diadaptasi dalam film India yang berjudul Dhil Becara. Bercerita tentang Kizie yang menderita kanker tiroid dan hidupnya divonis tidak akan lama. Ia lalu bertemu seorang pria bernama Manny yang mengubah hidupnya lebih indah dan berarti. Manny sendiri diperankan oleh aktor India Sushant Singh. Ini merupakan film terakhir Sushant sebelum akhirnya meninggal dunia.

12. The Sky is Pink

Livemint

Film yang diperankan oleh aktris India Priyanka Chopra ini menjadi salah satu film sedih India yang wajib ditonton. Bercerita tentang pasangan yang sudah menjalin hubungan selama 25 tahun. Mereka memiliki anak yang mengidap kelainan bawaan yang mematikan. Film ini menjadi menarik karena memiliki alur maju mundur yang menceritakan perkembangan hubungan pasangan tersebut. Selain itu, film ini berdasarkan narasi dan sudut pandang sang anak.

Cerita yang mengharukan dijamin akan membuat penonton tersentuh, namun di sisi lain penonton juga akan dibuat tergelak tawa dengan adegan komedi yang tak ketinggalan diselipkan.

Nah, itu tadi rekomendasi film sedih yang bisa Sedulur tonton saat akhir pekan atau mengisi hari libur. Selain itu, saat menonton film paling enak ditemani dengan cemilan. Agar waktu menonton film tidak terbuang, Sedulur bisa berbelanja cemilan di Aplikasi Super. Cukup download aplikasinya di sini, lalu pilih jajanan yang Sedulur mau, tinggal bayar, dan diantar ke rumah gratis! Mudah bukan?