Park Bo Young dikenal baik lewat drama Oh My Ghost dan Strong Girl Bong-soon. Meski begitu, sebenarnya aktris Korea ini sudah debut sejak remaja, tepatnya di tahun 2006 lewat sebuah serial televisi berjudul Secret Campus yang juga dibintangi Lee Min Ho di awal karirnya sebagai pendatang baru. 

Bo Young adalah sosok yang cukup unik. Perjalanan karirnya sempat mandek karena perselisihan dengan agensi dan sebuah production house di tahun 2010. Namun, perlahan ia kembali dan langsung mencuri perhatian karena drama dan filmnya sukses berat. Lebih jauh simak beberapa fakta tentang Park Bo Young berikut ini. 

Fakta Park Bo Young

  • Park Bo Young lahir pada 12 Februari 1990, usianya sudah masuk kepala tiga, tetapi wajahnya masih awet muda. 
  • Debut sejak SMA, dan sempat jadi korban bully di sekolah karena statusnya sebagai aktris.
  • Ia tidak melupakan pendidikan dan tetap melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi. Tepatnya di Dankook University jurusan Teater dan Film. 
  • Ia baru saja membuat akun media sosial. Sedulur bisa menemukan Park Bo-Young IG dengan nama pengguna @boyoung0212_official
  • Sempat mengalami kecelakaan yang harus dipulihkan dengan operasi. Namun, ia tetap profesional, menyembunyikan itu dari publik dan tetap menyelesaikan syuting serial sesuai kontrak. 
  • Park Bo-Young bisa memainkan alat musik piano dan gitar, bahkan menyanyi. Ia beberapa kali mengisi soundtrack drama dan film. 
  • Aktris laris ini sedang menikmati masa lajangnya dan tidak mau terburu-buru menikah. 

Popularitas Park Bo-Young sekarang tentu dibangun oleh belasan film dan acara tv yang sudah ia bintangi. Beberapa bahkan dapat rekognisi internasional. Apa saja sih? 

BACA JUGA: 7 Drama Korea Populer Yang Se Jong, Dari Thriller Hingga Komedi

-->

1. Scandal Makers (2008)

park bo young
instagram.com/boyoung0212_official

Scandal Makers adalah salah satu layar lebar Korea tersukses di tahun 2008. Film yang dimainkan Park Bo Young ini tentang penyiar radio ambisius dan narsis yang tiba-tiba didatangi anak perempuan kandung yang tak pernah ia kenal dan tahu keberadaannya. Park Bo Young memerankan si bocah perempuan 22 tahun tersebut di usianya yang baru 18 tahun. Situs hiburan Amerika Serikat, Variety memuji penampilan Park dan tentunya si penulis naskah yang berhasil membuat cerita komedi, tetapi bermakna. Film ini bahkan berhasil meraup penghasilan kotor hingga 36 juta USD. 

2. Star’s Lover (2008-2009) 

instagram.com/boyoung0212_official

Serial yang tayang di SBS ini merupakan eksplorasi kisah cinta antara aktris dan seorang pria biasa. Sutradaranya mengaku terinspirasi film Notting Hill yang diperankan Julia Robert dan Hugh Grant. Pengambilan gambar serial 20 episode ini sebagian dilakukan di Jepang. Park Bo Young kedapatan peran cameo, yaitu versi remaja sang aktris. Si aktris sendiri diperankan oleh Choi Ji Woo dan Jung Da Bin. 

3. Don’t Click (2012)

park bo young
instagram.com/boyoung0212_official

Meski mengaku tak suka genre horor, Park Bo Young tidak menolak tawaran bermain di film Don’t Click yang rilis tahun 2012 lalu. Ceritanya berkutat pada sebuah video misterius yang akan membawa petaka bagi penontonnya. Salah satu penontonnya See Hee yang bekerja sebagai pramuniaga di sebuah toko dan hidup bersama adiknya yang masih SMA, Jung Mi. Suatu hari Jung Mi menemukan video misterius yang tak bisa dibuka dan meminta bantuan pacar sang kakak untuk membantunya. Film ini cukup disturbing terutama di bagian saat mereka akhirnya bisa menonton konten video tersebut. Don’t Click juga sudah dibuat versi Baratnya dengan judul sama di tahun 2020 kemarin. 

BACA JUGA: Fakta 12 Pemain Drakor Hwarang, Ada Park Seo Joon & Choi Min Ho

4. A Werewolf Boy (2012)

instagram.com/boyoung0212_official

Masih di tahun yang sama, Park Bo Young membintangi film A Werewolf Boy bersama Song Joong Ki. Sinema ini bahkan diputar di beberapa festival film, mulai dari Busan International Film Festival sampai Toronto International Film Festival (TIFF). Kisahnya sendiri tentang seorang lansia bernama Sun Yi yang mengingat kembali masa kecilnya di Korea ketika ia bertemu dengan bocah misterius bernama Chul Soo. Chul Soo juga yang jadi cinta pertama Sun Yi. Film romantis ini dijuluki salah satu yang terbaik di Korea. Harus tonton. 

5. The Silenced (2015)

park bo young
instagram.com/boyoung0212_official

Seakan tak kapok main di genre horor, Park Bo-Young kembali ke layar lebar lewat The Silenced. Kali ini ia kedapatan peran utama, seorang gadis muda bernama Shizuko yang tinggal di sanatorium pada tahun 1930an saat Korea masih di bawah pendudukan Jepang. Setelah beberapa saat, kondisi fisiknya mulai membaik, tetapi ia menyadari ada yang ganjil dengan tempatnya tinggal ini. Satu per satu gadis yang tinggal di sana tak pernah terlihat lagi. Ia pun mulai gigih mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi. Premisnya oke dan bahkan berhasil meraup pendapatan kotor 1,83 juta USD dalam empat hari saja. Sudahkah Sedulur menonton film yang dibintangi Park Bo Young ini?

6. Oh My Ghost (2015)

instagram.com/boyoung0212_official

Oh My Ghost juga salah satu karya terbaik Park Bo Young sepanjang karirnya. Tayang perdana di Juli 2015 lewat kanal tvN sepanjang 16 episode, drama ini berkisah tentang seorang asisten koki bernama Bong Sun yang diperankan Bo Young. Ia diceritakan sebagai pribadi pemalu dan pendiam yang tak pernah punya pacar dan teman dekat. Sampai suatu hari, arwah seorang gadis bernama Shin Soon Ae merasukinya dan mendorongnya untuk jadi pribadi yang lebih berani. Selain kekocakan Bong Sun dan misi si hantu, penonton perlahan akan mempelajari kisah pilu Shin Soon Ae sebelum meninggal. 

7. Strong Girl Bong-soon (2017)

park bo young
instagram.com/boyoung0212_official/

Strong Girl Bong-soon mencuri perhatian di tahun 2017 lalu. Drama yang dibintangi Park Bo Young sebagai lakon bersama Park Hyung Sik dan Ji Soo tersebut tayang di kanal JTBC dan berhasil menyabet rating tinggi selama masa penayangannya. Do Bong Soon, sang protagonis adalah gadis muda dengan kekuatan super yang didapatnya secara turun temurun dari anggota keluarga perempuan. Dengan kelebihannya itu, ia mendapatkan pekerjaan sebagai bodyguard untuk seorang pengusaha kaya bernama Min Hyuk. Bong Soon sebenarnya jatuh cinta pada seorang polisi, tetapi ia justru menemukan cinta yang sebenarnya lewat Min Hyuk. Ngaku pecinta komedi romantis, drama ini wajib Sedulur pantengi sampai tamat. 

BACA JUGA: 12 Film Korea Terbaru Akhir 2021 yang Paling Banyak Ditonton

8. On Your Wedding Day (2018)

instagram.com/boyoung0212_official

Masuk kategori melodrama, On Your Wedding Day adalah kisah tragis seorang pemuda yang mendapatkan undangan pernikahan dari cinta pertamanya di SMA. Di sini, Bo Young beradu akting dengan Kim Young Kwang. Kisahnya sederhana, tetapi yakin bikin hati tersayat. Film ini bisa jadi representasi kedewasaan seseorang dalam memahami cinta. 

9. Eobiseu (2019)

park bo young
instagram.com/boyoung0212_official

Dikenal pula dengan judul Abyss, drama yang mempertemukan An Hyo Seop dan Park Bo Young sebagai dua orang yang terbunuh dan bereinkarnasi menjadi orang lain. Bersama-sama mereka mencari tahu apa dan siapa yang sudah menghilangkan nyawa mereka secara paksa. Selain tayang di tvN, serial ini juga bisa ditonton di Netflix. 

10. Doom at Your Service (2021) 

park bo young
instagram.com/boyoung0212_official

Doom at Your Service adalah drama korea terbaru yang dibintangi Park Bo Young bareng Seo In Guk. Park memerankan Tak Dong Kyung yang sedang berada di titik terendah dalam hidupnya. Didiagnosa penyakit mematikan, dikhianati kekasih, dan tidak juga sukses di karirnya. Takdir mempertemukannya dengan Myul Mang, sosok supernatural yang mirip malaikat,  menjadi perantara pesan antara Tuhan dengan manusia. Lelah dengan tugasnya yang selalu identik dengan kehancuran dan keburukan, ia memilih untuk menyampaikan pesan dan doa Dong Kyung. Keduanya pun terikat kontrak untuk menyelesaikan keinginan Dong Kyung tersebut. 

Deretan fakta dan drama Park Bo Young sudah Sedulur ketahui, nih. Tentunya bikin makin mengagumi talenta dan kegigihannya dalam berkarya, ya. Langsung saja tonton salah satu yang paling kamu suka, deh. Mau mewek bareng lewat film-film melodramanya boleh, nonton drama-dramanya untuk melepas suntuk juga sah dilakukan, atau ingin merinding disko bersama film horornya.

Apapun itu, jangan lupa siapkan camilan dan makanan enak. Belanja di Aplikasi Super biar nggak repot.