Berikut ini daftar film India terbaik yang bisa menjadi rekomendasi Sedulur, terutama yang bosan dengan film Korea atau film Hollywood.

Film India memang tidak sepopuler film Korea atau film Hollywood saat ini. Namun, jika ditarik mundur ke tahun 90-a, ada masanya film India mengalami jumlah penggemar yang tinggi di Indonesia. Yang paling unik dari film India adalah penggemarnya yang selalu setia, walaupun tidak sebanyak film dari negara lain.

Berikut ini akan disampaikan rekomendasi film Bollywood untuk Sedulur, mulai dari film India rating tertinggi hingga film India terbaik sepanjang masa. Kita langsung saja simak daftar rekomendasi film India untuk Sedulur tonton, agar tidak menonton film yang itu-itu aja!

Baca Juga: 14 Rekomendasi Film Tentang Bisnis, Sangat Menginspirasi!

Daftar Film India Terbaik dan Terpopuler. Wajid Sedulur Tonton!

1. A Wednesday

1. A Wednesday
imdb.com

Rekomendasi film India terbaik yang pertama adalah A Wednesday. Film ini merupakan film thriller yang berlatar waktu hanya dari pukul 14.00 dan 18.00 pada hari Rabu. Film ini menggambarkan seorang komisaris polisi yang akan pensiun (Anupam Kher) yang menceritakan serangkaian peristiwa yang terjadi pada hari Rabu.

Tidak ada catatan tertulis dan bukti apapun terkait kejadian itu. Kesadaran akan kejadian tersebut hanya ada dalam pikirannya dan dalam pikiran beberapa individu yang terlibat. Cukup membosankan memang, karena setting waktu yang beberapa jam dan di hari yang sama, setiap scene pun berjalan dengan lambat. Namun, rasa penasaran yang dihadirkan dalam film ini, menjadi daya tarik utama.

2. 3 Idiots

2. 3 Idiots
popbela.com

Berikut ini adalah film India komedi yang merupakan salah satu film India terbaik. 3 Idiots merupakan film India yang memiliki nilai moral yang baik. Film ini dibintangi oleh Aamir Khan sebagai pemeran utama. Film India terbaik ini bercerita tentang dua orang sahabat, Farhan Qureshi (diperankan oleh R. Madhavan) dan Raju Rastogi (Sharman Joshi) yang mencari kerabat lama mereka, yaitu Rancho (Aamir Khan) yang sangat menginspirasi dan tidak pernah melihat mereka secara rendah.

Film yang memiliki alur maju-mundur ini mengikuti perjalanan Farhan Qureshi dan Raju Rastogi untuk menemukan teman lama mereka yang hilang, Racho, sambil mengingat kembali peristiwa di tahun-tahun sekolah mereka dimana mereka sering terlibat dalam kejahatan lucu yang melibatkan rektor kampus mereka yang terkenal kejam

3. Bodyguard

3. Bodyguard
sinopsisfilmindia.com

Rekomendasi film India terbaik yang selanjutnya adalah Bodyguard, film ini disutradari oleh Siddique, yang tayang pada tahun 2011 yang lalu. Film ini memiliki genre percintaan, yang menceritakan seorang bodyguard, bernama Lovely Singh. Lovely Singh jatuh cinta saat dia ditugaskan menjadi seorang bodyguard politisi yang memiliki banyak musuh. Banyak kisah cinta yang dan juga adegan aksi di film ini yang dijamin bisa membuat kita puas menontonnya.

4. Barfi!

4. Barfi!
yukepo.com

Barfi! merupakan rekomendasi film India terbaik yang bisa Sedulur tonton selanjutnya. Film ini memiliki latar belakang waktu di India pada tahun 1970-an. Film yang bergenre komedi ini, menggambarkan kisah Murphy “Barfi” Johnson, seorang bocah tuna rungu dari Darjeeling dan hubungannya dengan dua wanita, Shruti dan Jhilmil yang autis.

Film ini bercerita tentang kisah mereka bertiga yang belajar bahwa cinta tidak dapat didefinisikan atau dibatasi oleh norma-norma masyarakat yang normal dan tidak normal. Nilai moral dalam film ini sangat penting bagi kita yang membutuhkan pemahaman lebih terkait masalah percintaan dengan tema yang unik.

Baca Juga: 17 Film Korea Terbaik, Tonton dan Rasakan Sensasinya!

5. Kahaani

5. Kahaani
zonautara.com

Kahaani merupakan film India terbaik selanjutnya yang bisa Sedulur tonton. Film bergenre thriller ini menceritakan tentang seorang perempuan yang sedang hamil terbang dari London ke Kolkata (India) untuk mencari suaminya yang menghilang tanpa kabar setelah ditugaskan dua bulan yang lalu ke kota tersebut.

Perempuan tersebut terjerumus semakin dalam ke sebuah konspirasi yang melibatkan pemerintah dan kepolisian. Lambat laun, ia menyadari bahwa ia harus menyelidiki sebuah kejadian dua tahun lalu demi menemukan suaminya.

6.  The Lunch Box

6.  The Lunch Box
fwcdn.pl

FIlm India terbaik berjudul The Lunch Box ini diperankan oleh aktor terkenal India yang sering juga bermain untuk fim Hollywood, yaitu Irfaan Khan. Premis film ini, menceritakan tentang seorang istri yang menyiapkan makan siang spesial untuk suaminya dalam usaha mempertahankan pernikahannya yang mulai reggang.

Namun, makan siang yang dikirimkan salah alamat dan diterima oleh seorang duda bernama Saajan. Selain mengirim makan siang, sang istri juga menyisipkan surat. Pengiriman makan siang tersebut kemudian menjadi cerita baru bagi seorang istri yang ingin memperbaiki pernikahannya dengan seorang pria yang telah menduda.

7. Dhoom 3

7. Dhoom 3
sindonews.com

Dhoom merupakan film India terbaik selanjutnya yang diperankan oleh Aamir Khan. Dhoom tayang pada tahun 2013, dan mendapatkan respon baik dari penduduk India saat ini. Beberapa penggembar Bollywood di Indonesia juga menyukai film ini, karena jalan ceritanya yang unik dan menarik.

Film Dhoom menceritakan tentang kisah Jai dan Ali yang kembali untuk menangkap penjahat bernama Sahir. Dhoom menjadi film India terpopuler ketujuh di dunia karena berhasil meraup penghasilan sebesar 35,6 juta US dollar.

8. Queen

8. Queen
kapanlagi.com

Rekomendasi film India terbaik selanjutnya adalah Queen. Queen berkisah tentang seorang gadis Delhi dari keluarga konservatif yang ditinggalkan oleh tunangannya sehari sebelum pernikahannya. Terkejut dengan hal ini, ia memutuskan untuk pergi bulan madu sendirian ke Paris dan Amsterdam.

Saat dia berkeliling dunia dan bertemu orang baru, dia mendapatkan pengalaman baru dan menemukan identitas dirinya sendiri. Terdapat banyak nilai moral dari film ini yang mungkin akan memberikan Sedulur inspirasi atau kesadaran baru dalam menjalani hidup.

9. PK

9. PK
suara.com

Penggemar film India pasti sudah tidak asing lagi dengan film PK yang disutradarai oleh Rajkumar Hirani ini. Bercerita tentang kisah alien dengan tubuh manusia bernama PK (diperankan oleh Aamir Khan) yang datang ke bumi untuk melakukan penelitian.

Sesampainya di bumi, ia kehilangan alat untuk berkomunikasi dengan pesawat luar angkasa yang mengantarnya. Dalam proses pencarian alat tersebut dan pertemuannya dengan banyak orang, film ini mampu mengangkat topik mengenai dogma keagamaan secara satiris dan tetap menghibur penontonnya. PK merupakan film komedia India terbaik yang mengajarkan tentang nilai-nilai keberagaman dalam beragama.

10. Tanu Weds Manu Returns

10. Tanu Weds Manu Returns
indiatvnews.com

Tanu Weds Manu Returns merupakan film India terbaik selanjutnya yang bisa Sedulur tonton. Tanu Weds Manu Returns adalah film komedi romantis India yang merupakan sekuel dari film tahun 2011, Tanu Weds Manu. Empat tahun setelah pernikahan mereka, sepasang suami istri mengalami tantangan yang menyebabkan keruntuhan pernikahan mereka.

Suaminya kemudian mengembangkan perasaan terhadap seorang siswa muda yang terlihat seperti istrinya. Banyak adegan sedih dan romantis dari film ini yang bisa Sedulur tonton.

11. Bajrangi Bhaijaan

11. Bajrangi Bhaijaan
tribunnews.com

Bajrangi Bhaijaan merupakan film India terbaik yang bisa Sedulur tonton. Film ini diperankan oleh aktor terkenal di India, yaitu Salman Khan, dan ditemani oleh aktris cilik yaitu Hashaali Malholtra. Bajrangi Bhaijaan, tayang pada tahun 2015 dan berhasil menjadi film India dengan penghasilan 46,43 Juta US Dollar. Termasuk juga menjadi film India yang masuk sebagai film terbaik India sepanjang masa

12. Dengal

12. Dengal
liputan6.com

Film yang selanjutnya diperankan oleh Aamir Khan adalah film Dengal. film India terbaik ini tayang pada tahun 2016 yang lalu. Film ini menceritakan tentang kisah seorang mantan pegulat Dangal yang bertekad melatih kedua anaknya menjadi atlit Dangal Profesional. Tercatat, film ini memberikan penghasilan sekitar US$ 250 juta. Merupakan penghasilan yang besar dalam skala film India.

13. Pink

13. Pink
indozone.com

Minal, Falak, dan Andrea bertemu Rajveer dan teman-temannya di konser rock. Mereka lalu memutuskan untuk makan malam bersama-sama setelah konser.  Rajveer salah mengartikan hal ini dan mencoba melakukan sesuatu kepada Minal. Minal dalam tindakan membela diri akhirnya memukul Rajveer. Rajveer dan teman-temannya melaporkan Minal atas laporan percobaan pembunuhan.

Film ini menunjukkan pertarungan hukum antara Minal dan teman-temannya untuk membuktikan bahwa mereka tidak bersalah. Film ini juga menggambarkan persepsi masyarakat India terhadap wanita yang tidak mengikuti standar budaya dan moralitas masyarakat.

14. Secret Superstar

14. Secret Superstar
grid.id

Secret Superstar merupakan rekomendasi film India selanjutnya yang bisa Sedulur tonton. Film ini rilis pada tahun 2017 dan berhasil mendulang dana hingga US$ 140 juta, dan juga menjadi film dengan penghasilan terbesar sepanjang sejarah film Bollywood. Film ini disutradarai dan diperankan oleh Aamir Khan.

Film ini menceritakan tentang seorang anak yang berjuang dan menjadi penyanyi profesional dan berusaha menjadi seorang superstar yang terkenal dan mendapatkan ketenaran.

15. Vikram Vedha

15. Vikram Vedha
primevideo.com

Film yang disutradarai oleh Gayatri dan Pushkar ini bercerita tentang kisah perwira polisi bernama Vikram (diperankan oleh Madhavan) dan rekannya, Simon (Prem) yang berusaha menangkap Vedha (Vijay Sethupathi) — seorang penyelundup dan pembunuh.

Terdapat banyak konflik dalam film India ini dan penulisan alur ceritanya juga sangat baik. Penonton akan disuguhkan penampilan yang sangat apik dari semua aktor yang ikut berperan dan juga seakan ikut ke dalam konflik yang terjadi. Salah satu film India berkualitas yang wajib Sedulur tonton.

16. Baahubali

16. Baahubali
pikiran-rakyat.com

Film India Baahubali menceritakan tentang kejadian masa lalu dalam kerajaan Mahishmati dimana Shiva, putra dari Baahubali mempelajari tentang warisannya. Film India ini berhasil menempati posisi keenam film India terpopuler sepanjang sejarah Bollywood dengan penghasilan sebesar 43,74 juta US dollar.

Film India terbaru ini memiliki sequel, Baahubali 1 dan Baahubali 2. Jalan cerita dari film ini yang sangat menarik, tentang kejadian di masa kerajaan di India. Menghidupkan imajinasi masyarakat India terkait masa kerajaan di India dahulu.

17. Tumbbad

17. Tumbbad
fantasticfest.com

Tumbbad adalah film horor psikologis yang menceritakan tentang kisah mistis seorang dewa yang menciptakan alam semesta. Visual dalam film yang diputar perdana di festival film Venice ini dieksekusi dengan sangat apik dan alur ceritanya juga menegangkan sekaligus mengagumkan.

Film Tumbbad disutradarai oleh Rahi Anil Barve dan Anand Gandhi, serta dibintangi oleh Sohum Shah, Jyoti Maishe, dan Anita Date. Nilai yang tersimpan dalam cerita film ini sangat bagus, yaitu bagaimana manusia bisa menjadi “monster” karena nafsu dan keserakahan.

18. Pariyerum Perumal

18. Pariyerum Perumal
indiatoday.com

Film India satu ini bercerita tentang kisah seorang mahasiswa hukum bernama Pariyerum Perumal (diperankan oleh Kathir) yang berteman dengan Jothi Mahalakshmi (Anandhi) yang berasal dari kasta lebih tinggi. Konflik dalam film ini terjadi saat keluarga Jothi mempermasalahkan perbedaan kasta Pariyerum.

Disutradarai oleh Mari Selvaraj dan Prabunath, Parireyum Perumal berhasil menggambarkan kesenjangan sosial di India yang hanya berdasarkan kasta seseorang.

19. Ratsasan

19. Ratsasan
cultura.id

Ratsasan adalah film India yang berkisah tentang Arun (diperankan oleh Radha Ravi) yang memiliki mimpi sebagai pembuat film, tetapi dihadapkan dengan banyak penolakan dan larangan dari keluarganya. Karena pergulatan yang dihadapi, akhirnya ia melepaskan mimpinya dan bekerja sebagai polisi.

Disutradarai oleh Raum Kumar dan berdurasi sepanjang 169 menit, film psycho-thriller ini memiliki alur cerita yang tetap engaging bagi penontonnya dan tidak membosankan sama sekali.

20. Mahanati

20. Mahanati
india.com

Rekomendasi film India terbaik yang terakhir adalah Mahanati. Film ini merupakan film biografi yang diangkat dari kisah nyata. Tepatnya, kisah hidup Savitri, seorang aktris India yang terkenal dari dekade 1950 hingga 1960-an. Film ini disutradarai oleh Naq Ashwin yang diperankan oleh Keerthi Suresh. Film ini dianggap sukse menggambarkan kehidupan Savitri di masa keemasannya secara indah dan baik. Film ini juga diterima dengan baik oleh publik.

Semoga daftar rekomendasi film India terbaik yang telah dijelaskan di atas bisa menjadi rekomendasi bagi Sedulur yang bosan dengan tontonan dari film Korea atau Film Hollywood. Jangan lupa, sambil nonton film, siapkan juga camilan agar nonton film semakin seru. Berbagai camilan seru, bisa Sedulur dapatkan di Aplikasi Super.

Sedulur bisa klik di sini untuk download Aplikasi Super, terutama bagi Sedulur yang belum memiliki Aplikasi Super. Nikmati berbagai layanan dan kemudahan yang ada di Aplikasi Super untuk memudahkan kegiatan sehari-hari Sedulur Super sekalian.