drama jepang terbaik

Sebelum digdaya film drama berkiblat di Korea Selatan, ada banyak sekali drama Jepang terbaik yang selalu jadi pilihan. Apalagi, drama Jepang tak hanya bisa menyajikan cerita yang unik dan mengharukan tapi juga dikombinasikan dengan lagu ikonik.

Bila Sedulur penasaran dan ingin mencari drama Jepang terbaik untuk ditonton, maka artikel kali ini akan membantumu. Kira-kira apa saja judul yang bisa kamu tonton? Simak berikut ini!

BACA JUGA: 32 Rekomendasi Drama Korea Detektif, Seru dan Penuh Teka-Teki!

1. Brush Up Life

drama jepang terbaik
Han Cinema

Drama Jepang terbaik pertama yang wajib Sedulur adalah Brush Up Life. Film satu ini merupakan drama komedi yang berfokus pada kisah seorang wanita bernama Kondo Asami. Dia digambarkan sebagai wanita berusia 33 tahun dengan status lajang yang tinggal bersama kedua orang tuanya.

Kehidupannya digambarkan dengan sangat biasa dan tidak menarik. Namun, suatu hari dirinya terbangun dari tidurnya dengan kondisi tubuh yang sangat diluar dugaan. Asami berubah menjadi seorang bayi yang berada di tempat tidur salah satu klinik di Jepang. Kehidupannya pun berubah drastis dan menjadi petualangan baru untuk Asami.

2. Akuma to Love Song

Drama Jepang ini mengisahkan seorang perempuan cantik bernama Maria Kawai. Ia dianggap sebagai gadis sempurna yang diimpikan semua perempuan. Dia bahkan bersekolah di sekolah yang elite.

Namun, dia memiliki kekurangan yaitu cara bicaranya yang sangat jujur dan blak-blakan bahkan dapat membuatnya dikeluarkan dari sekolah tersebut. Maria Kawai akhirnya masuk ke sekolah SMA Totsuka.

3. Spring is Short, Fall in Love Boys

Drama Jepang ini diadaptasi dari Manga karya Shiiba Nana. Drama ini mengisahkan empat siswa SMA yang berjuang dengan kisah romansanya, namun keempat siswa tersebut tidak memiliki pengalaman dalam percintaan.

Selayaknya teman sepermainan mereka pun sering berkumpul bersama, sampai suatu ketika salah satu dari mereka yang bernama Taiyo Hidaka mendapatkan kemampuan dalam membaca pikiran para gadis. Karena kemampuannya itulah untuk pertama kalinya ia jatuh cinta pada teman sekelasnya bernama Hiiragi Tachibana.

4. From Me to You: Kimi ni Todoke

Drama Jepang ini diadaptasi dari manga dengan judul yang sama. Menceritakan tentang Kuronuma Sawako dijuluki ‘Sadako’ oleh teman sekelas SMA-nya karena gaya rambutnya yang mirip dengan karakter utama dari film horor Ring.

Dia selalu sendiri karena tidak punyai teman, namun diam-diam dia sangat mengagumi teman sekelasnya Kazehaya Shota karena memiliki sifat yang baik kepada teman-temannya. Tanpa diketahui Kuronuma Sawako, Kazehaya juga sering memperhatikannya.

5. Utsubora: The Story of a Novelist

Suatu hari, perempuan cantik yang bernama Aki meninggal secara misterius, sedangkan seorang wanita yang bernama Sakura tiba-tiba muncul dan memperkenalkan diri sebagai saudara kembar Aki kepada penulis novel terkenal Mizorogi.

Ternyata Mizorogi adalah seorang plagiarisme novel, salah satu novel yang dia plagiarisme adalah milik Aki yang berjudul Utsubora, karena itulah Sakura menemuinya karena ia memiliki naskah asli yang ditulis oleh Aki, kemudian ia pun memberikan beberapa saran kepada Mizorogi, di sisi lain seorang detektif masih menyelidiki kasus kematian Aki yang misterius.

6. Ranman

drama jepang terbaik
Clover Blossoms

Ranman merupakan drama Jepang terbaik yang dirilis pada bulan Apri sampai September 2023, drama jepang ini mengisahkan tentang seseorang yang bernama Mantaro berasal dari keluarga kaya di Kochi yang memiliki tempat pembuatan bir namun karena sakit-sakitan, ia menjadi sasaran bullying.

Sebagai seorang anak, dia terpesona dengan tanaman dan memutuskan untuk berhenti sekolah untuk pergi ke Universitas Teikoku di Tokyo di mana dia belajar botani dan bekerja sebagai asisten peneliti dengan visi membuat ensiklopedia tentang semua tanaman di Jepang, dia bekerja keras untuk mewujudkan mimpinya.

7. Tsukuyomi-kun no Kindan Oyasuko

Tsukuyomi-kun no Kindan Oyasoku atau dikenal juga dengan judul Mr. Tsukuyomi’s Forbidden Midnight Snack merupakan salah satu drama Jepang yang rilis di bulan April 2023. Drama yang menceritakan tentang hubungan pria yang bernama Tsukuyomi yang merupakan pencita kuliner dan juga seorang koki ahli, dengan pelatih gym pribadi yakni seorang wanita berusia 27 tahun bernama Soyogi.

Mereka selalu bertemu secara teratur sehingga Soyogi dapat memberi energi kembali pada makanan Tsukuyomi, namun mereka membuat sebuah perjanjian yang melarang tidak boleh jatuh cinta atau hubungan romantis apa pun.

8. Hold My Hand at Twilight

Hold My Hand at Twilight dikenal juga dengan judul Jepangnya yaitu Yugure ni, Te wo Tsunagu merupakan drama Jepang yang digarap oleh Kanai Ko. Drama yang mengisahkan tentang seorang gadis desa yang bernama Soramame Asagi (Suzu) yang memiliki karakter ceria dan penuh semangat.

Suatu ketika dia sedang mengejar tunangannya yang sekaligus teman masa kecilnya di Tokyo. Selama pengejaran tersebut ia bertemu dengan seorang musisi muda yang bernama Oto Umino (Ren), pertemuan tersebut berlanjut dan ternyata takdir membawa keduanya untuk tinggal dalam satu rumah yang sama.

9. Mr Bride, My Darling

Drama yang memiliki judul Watashi no Oyome-Kun ini merupakan drama yang ditulis oleh Shiba Natsumi, drama Jepang yang ditayangkan pertama kali pada bulan April sampai Juni itu mampu menarik minat penonton dengan kualitas akting dari para pemain.

Dibintangi oleh aktris cantik Haru (Hayami Honoka) dan seorang aktor berbakat Takasugi Mahiro yang berperan sebagai (Yamamoto Chihiro). Mengisahkan tentang wanita yang bernama Hayami Honoka yang bekerja di departemen penjualan (sales) di sebuah perusahaan elektronik terkenal.

10. Hide from the Rain: Watashi ga Himo wo Kau nante

Drama Jepang yang mengisahkan seorang wanita yang bernama Sumire. Dia adalah wanita yang memiliki karakter yang baik hati dan mudah jatuh cinta. Akan tetapi, Sumire selalu salah dalam menjatuhkan cintanya pada seorang pria, dia selalu mendapati pria yang jahat.

Di saat sedang patah hati, ia menemukan sebuah merek pakaian dalam dan lantas ia memutuskan untuk mengejar mimpi barunya yaitu sebagai desainer pakaian dalam (lingerie). Setelah sekian lama ia mulai merasakan perasaan jatuh cinta lagi kepada seorang pria yang bernama Soichi namun ia merahasiakan perasaanya itu.

BACA JUGA: 20+ Anime Sad Ending Beserta Sinopsis, Bikin Banjir Air Mata!

11. The Makanai: Cooking for the Maiko House

drama jepang terbaik
The Guardian

Drama jepang ini berkisah tentang Kiyo dan Sumire adalah teman masa kecil dari Aomori yang pindah ke Kyoto untuk menjadi maiko. Selama pelatihan mereka, Sumire dipuji karena bakat dan ketekunannya.

Sementara itu, Kiyo kesulitan mempelajari keterampilan dasar dan akhirnya dikeluarkan. Namun, bakat memasak Kiyo akhirnya ditemukan dan dia mulai dipekerjakan sebagai koki baru di rumah maiko.

12. Kimi to Sekai Ga Owaru Hi ni

Drama yang menggabungkan beberapa genre ini tentang Hibiki yang banyak kehilangan teman-teman dan orang-orang terkasih yang berjuang bersamanya. Bahkan ia kehilangan anak yang dicintainya Mirai. Cerita ini berlangsung selama 20 bulan setelah akhir musim 3, Hibiki terus mengembara sendirian hanya untuk bisa diselamatkan oleh Grup Yayasan Niiyama yang dipimpin oleh Asuha.

Saat ia bertemu dengan mantan rekannya Kanae, dia terkejut ketika melihat Hibiki sebagai orang yang berbeda, di Niiyama Foundation dia pun memperoleh sebuah informasi yang sangat penting tentang keberadaan Mirai. Anaknya itu berada di Utopia yang dikabarkan merupakan kota harapan terakhir bagi umat manusia.

13. Grace no Rireki

Alur drama ini mengikuti sepasang suami istri yang bernama Kikuo dan Minako, suatu hari Minako pergi menggunakan mobil kesayangannya yang diberi nama Grace. Dalam perjalanannya ke Narita Minako mengalami kecelakaan.

Kemudian Kikuo sang suami berhasil menemukan akses ke sistem mobil yang dimiliki istrinya, di sistem tersebut ia menemukan catatan perjalanan yang dikunjungi sang istri. Tanpa pikir panjang ia pun mulai mengikuti catatan perjalanan tersebut karena sangat mencurigakan.

14. Shojo Koi

Drama Jepang Terbaik yang mengambil kisah seorang wanita yang berusia 26 tahun bernama Shoji Shoko. Ia seorang pekerja keras dan digemari oleh semua orang. Salah satu yang menjadi permasalahan dalamm hidupnya yaitu dia masih lajang atau perawan.

Kemudian ia pun memutuskan untuk tinggal bersama orang lain yang dinamakan Rumah Cinta, dalam rumah tersebut dia tinggal dengan tiga laki-laki dan tiga wanita. Namun hubungan ditempat tinggalnya itu menjadi rumit dengan kehidupan percintaannya yang sulit diduga.

15. Hyakumankai Ieba Yokatta

Drama Jepang yang menggabungkan beberapa genre ini sangat menarik dan tentunya berkesan, di mana dalam drama ini bercerita tentang dua sejoli yaitu Soma Yui dan Torino Naoki. Naoki yang sudah berencana melamar sang kekasih pun tiba-tiba saja menghilang dari pandangan Yui, ia menghilang setelah terlibat dalam insiden yang misterius.

Naoki tidak mengetahui bahwa dirinya telah mati pun terus menyusuri di alam yang baru, di sisi lain ada seorang detektif yang satu-satunya bisa melihatnya. Lantas Naoki pun meminta bantuanya untuk menyampaikan perasaanya kepada Yui. Akan tetapi Naoki terputus dan tidak bisa mengungkapkan “terima kasih, selamat tinggal, dan aku mencintaimu” kepada Yui sang kekasih yang sangat ia cintai.

16. On a Starry Night

drama jepang terbaik
Rakuten

Ginekolog berusia 35 tahun, Yukimiya Suzu, bekerja di sebuah rumah sakit di kota tepi pantai yang damai. Sementara dia membantu membawa kehidupan baru ke dunia, dia lelah secara emosional dalam masyarakat yang menyempit dan mencekik ini dan tidak bisa rentan terhadap siapa pun.

Suzu belajar keras untuk menjadi seorang dokter, dan sebagai hasil dari bekerja demi uang dan status, dia tidak hanya kehilangan teman-teman yang bertengkar dengannya, tetapi juga semangat dan impian yang pernah dia miliki. Dia belajar bahwa masyarakat tidak selalu berpihak pada mereka yang benar, dan dia hanya akan lelah jika dia melawan.

17. Wana no Senso

Drama ini mengisahkan Washizu Toru yang merupakan seorang pegawai sipil dengan posisi seorang sekretaris parlemen. Ia sudah bekerja menjadi seorang sekretaris selama kurang lebih 20 tahun.

Namun suatu hari dia ternyata dikhianati oleh seorang anggota parlemen lainnya. Merasa kesal dan terkhianati, Washizu Toru memutuskan untuk mulai balas dendam kepada para politisi yang memiliki kekuasaan di atas posisinya.

18. Shall We Have a Toast for Now

Serial drama Jepang romantis dan komedi ini berkisah tentang Kayama Hanabi, Machi Akebi, dan Shiraishi Wakana adalah tiga wanita yang dipertemukan karena dijodohkan oleh pria yang sama, Yamada.

Setelah menghadapi Yamada, ketiganya cocok dan memutuskan untuk menghadiri pesta perjodohan bersama lain kali. Ini adalah komedi yang mengharukan dari tiga wanita dengan penampilan, kepribadian, dan preferensi yang berbeda, tetapi dihubungkan oleh takdir yang aneh.

19. Ojogiwa no Imi wo Shire

Drama Jepang ini berkisah tentang Ichimatsu Kairo, seorang pekerja kantoran, dihantui oleh kenangan akan mantan pacarnya, Kusakabe Hiyori, yang menghilang tujuh tahun lalu setelah mencampakkannya. Terlepas dari usahanya untuk melanjutkan, dia tetap terjebak di masa lalu, menghidupkan kembali ingatan mereka melalui video dan gambar.

Setelah rumahnya disambar petir dan dia kehilangan segalanya, Kairo berada dititik terendah dalam hidupnya dan mencoba bunuh diri. Namun, nasibnya berubah tak terduga ketika Hiyori tiba-tiba menghubunginya dengan permintaan aneh.

20. Angel Flight: Kokusai Reikyu Sokansh

Drama Jepang yang satu ini menceritakan sebuah tim spesialis atau khusus untuk mengantarkan jenazah pulang ke kampung halamannya. Di sebuah Perusahaan Angel Hearse yang dijalankan oleh Nami Izawa dan Kashiwagi. Dalam drama ini juga menceritakan kisah romansa antara jenazah dan orang yang ditinggalkannya.

Film ini juga memberikan banyak sekali plot twist yang siap membuat emosi Sedulur teraduk. Jadi jangan sampai terlewat menonton drama Jepang terbaik satu ini ya!

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Film Thriller Jepang yang Menegangkan

21. Talking Nonsense About Love

second in a day taling nonsense about love
IMDB

Drama Jepang bergenre romantis ini mengisahkan empat pemuda yang tampan, namun seringkali melakukan hal-hal konyol bersama. Mereka adalah Nishina, Maya, Shiro, dan Aoi. Empat pemuda tampan tersebut bersahabat sejak lama. Mereka kemudian memutuskan membuat klub dan berjanji bahwa tidak akan pernah jatuh cinta.

Klub yang mereka buat bernama Muda-bu yang artinya “Klub tak berguna”. Kegiatan mereka saat berkumpul adalah membahas hal-hal yang tidak penting. Namun, suatu hari mereka tak sengaja jatuh cinta akibat dari hal konyol yang mereka perbuat.

22. Stand Up Start

Kisah berputar pada seorang pebisnis Mihoshi Taiyo, adalah CEO perusahaan investasi Sunshine Fund dan memproklamirkan diri sebagai investor manusia. Dia memegang keyakinan bahwa “Aset adalah manusia. Tidak ada investor yang akan membuang aset mereka.

Mihoshi Taiyo mendekati orang-orang yang mengalami kesulitan dalam kehidupan pribadi atau karir bisnis mereka. Dia berbicara dengan mereka dan mengusulkan untuk memulai bersama, memungkinkan mereka untuk bermimpi lagi.

23. Marry Me

Drama Marry Me ini diangkat dari sebuah komik karya Miku Yuk. Mengisahkan sebuah program NEET ditetapkan pemerintah akibat dari penurunan angka kelahiran dan populasi yang menua. NEET merupakan sebuah singkatan dari Not in Education, Employment, or Training di mana para pekerja yang sudah mapan akan menikah dengan mereka yang belum bekerja.

Di sinilah awal mula pertemuan dari Shin Akiyasu dan Sawamoto Himari. Keduanya secara sukarela mengikuti program NEET ini. Shin Akiyasu yang merupakan seorang pegawai negeri merasa bahwa ia kini lebih baik mengusahakan keberhasilan sebuah pernikahan. Ia lalu dipasangkan dengan seorang wanita cantik bernama Sawamoto.

24. Sweet Moratorium

Berkisah tentang percintaan muda-mudi yang masih belajar di sebuah universitas. Kashiwagi Kokoro adalah seorang mahasiswa. Dia menikmati kehidupan kampusnya dan mulai berkencan dengan Kamijo Sayo.

Suatu hari, mantan pacarnya Omori Ringo, yang memutuskan untuk mengakhiri hubungan mereka, mengunjungi rumahnya dan mulai tinggal di sana. Kashiwagi Kokoro tidak memberi tahu pacar barunya Kamijo Sayo tentang Omori Ringo yang akan tinggal bersamanya.

25. From 5 to 9

Mengisahkan seorang guru les Bahasa Inggris yang memiliki mimpi untuk pergi ke New York. Ia dijebak oleh orang tuanya karena akan dijodohkan oleh seorang biksu. Suatu hari ia dibawa ke sebuah kuil dan tak sengaja malah menumpahkan abu ke kepala seorang biksu yang tak lain adalah Takane Hoshikawa yang merupakan biksu di kuil tersebut. 

Setelah pertemuan yang memalukan itu keduanya mengetahui bahwa mereka dijodohkan dan tak lama mereka menikah. Kehidupan pernikahan mereka yang canggung seringkali dipenuhi kelakuan – kelakuan konyol yang membuat drama romantis ini dipenuhi adegan komedi.

26. Good Morning Call

Good morning call
Clover Blossom

Good Morning Call terinspirasi dari manga berjudul Guddo Moningu Koru karya Yue Takasuka. Drama ini berkisah tentang Yoshikawa Nao yang akan memasuki  Sekolah Menengah Atas atau SMA, tetapi keluarganya memutuskan untuk pindah ke pedesaan.

Nao yang tidak ingin ikut pindah ke pedesaan memilih tinggal sendiri dengan menyewa murah sebuah apartemen. Tetapi betapa terkejutnya ketika ia mengetahui harus tinggal satu atap bersama dengan seorang pria yang merupakan siswa populer di sekolahnya bernama Hisashi Uehara.

27. Mischievous Kiss: Love in Tokyo

Drama yang pernah diadaptasi oleh drama Korea berjudul Playfull Kiss di tahun 2010 ini ternyata terinspirasi dari sebuah karya manga berjudul Itazura na Kiss karya dari Kaoru Tada. Lalu di tahun 2013 dibuat juga versi Jepang berjudul Mischievous Kiss: Love in Tokyo.

Mengisahkan Kotoko yang merupakan siswi dengan akademik yang kurang. Ia suka kepada Naoki, siswa pintar dan terkenal di sekolahnya. Suatu hari Kotoko menyatakan perasaan pada Naoki. Namun sang pria menjawab dengan kalimat yang mempermalukan Kotoko.

28. Black Cinderella

Mengisahkan seorang gadis bernama Kamiya Manaha yang sangat ingin mengikuti ajang Miss Seiran Contest yang merupakan kontes gadis cantik dan pria tampan di sekolah. Namun Kamiya tidak memiliki kepercayaan diri yang cukup. Dia menganggap dirinya tidak layak ikut kontes itu.

Suatu hari ia memutuskan mengikuti kontes tersebut dan bertemu dengan Tachibana Keigo yang ikut kontes sebagai pria tampan dan juga seorang yang misterius bernama Shimamura Sora. Menariknya, ternyata kedua pria tersebut menyukai Kamiya.

Demikian tadi rekomendasi drama Jepang terbaik yang bisa Sedulur tointon di akhir pekan. Jangan lupa siapkan tisu, karena dijamin ceritanya akan sangat seru dan bisa bikin mewek dan baper!