film animasi terbaik

Menonton film merupakan salah satu aktivitas yang mampu memberikan ilmu pengetahuan baru bagi penontonnya. Tidak hanya bagi orang dewasa, anak kecil juga butuh menonton film untuk mulai belajar ilmu kehidupan. Salah satu caranya adalah dengan memilihkan film animasi terbaik.

Menonton film animasi mampu membuat si kecil lebih kritis. Selain itu, film animasi juga memperluas imajinasi anak sehingga mampu belajar mengenai banyak hal. Berikut adalah film animasi terbaik yang dapat Sedulur pilih untuk ditonton bersama si kecil.

BACA JUGA: Biodata & Profil Tanjiro Kamado Beserta Fakta Fakta Menariknya

1. Soul

Film Animasi Terbaik
Ubuy

Film berjudul “Soul” merupakan salah satu film animasi 2020 yang bercerita tentang perjuangan seorang pria yang memiliki mimpi menjadi seorang musisi jazz. Dimulai dari menjadi guru musik di sekolah dan akhirnya mendapatkan kesempatan mengiringi penyanyi idolanya.

-->

Namun, ketika ia mendapatkan kesempatan besar untuk meraih mimpi tersebut, ia terjatuh ke dalam lubang di jalan dan membawanya terjebak di alam jiwa. Dia selalu berusaha kembali ke dunia nyata dan dalam usahanya ia menyadari tubuhnya sedang terbaring di rumah sakit dengan kondisi koma. Film ini cocok ditonton bersama si kecil karena mengajarkan arti perjuangan dalam menjalani hidup.

BACA JUGA: 20 Rekomendasi Film Tentang Penjara yang Penuh Pesan Moral

2. How to Train Your Dragon 

film animasi terbaik
Detik

How to Train Your Dragon bercerita mengenai kisah remaja muda putra pemimpin bangsa Viking bernama Hiccup yang bercita-cita mengikuti tradisi untuk menjadi pembunuh naga. Hal tersebut dilatarbelakangi karena para naga suka merusak dan mencuri ternak serta menyerang desa tempat ia tinggal.

Setelah berhasil menangkap naga pertamanya yang berjenis Night Fury, ia pun segera pergi untuk membunuhnya. Namun, setelah menunggu cukup lama, Hiccup mulai menyadari bahwa dirinya tidak bisa membunuh naga itu. Huccup akhirnya melepaskan naga Night Fury yang terjerat dalam perangkap.

Setelah kejadian itu, Hiccup mulai mengawasi Night Fury dan membantunya dengan ekor palsu. Mereka akhirnya berteman dan bahkan Hiccup menyebut naga itu dengan panggilan Toothless. Toothless kemudian dilatih menjadi naga yang bersahabat dengan seluruh warga desa dan pada akhirnya membantu warga desa menghadapi serangan sekelompok naga yang lain.

Film ini termasuk fantasy film animasi terbaik yang wajib ditonton bersama Si Kecil karena mengajarkan tentang selalu berbuat baik dan membangun persahabatan dengan siapa saja. 

3. Coco

film animasi terbaik
deCode

Film ini bercerita tentang petualangan seorang anak bernama Miguel yang berpetualang ke The Land of The Dead atau dunia roh untuk mencari kebenaran silsilah keluarganya. Ia selalu bertanya-tanya mengapa keluarganya sangat membenci musik dan dia sangat menyukainya. 

Meski menguras air mata, film ini penuh dengan nyanyian yang sangat menghibur. Film keluarga ini semakin apik karena diiringi dengan lagu-lagu indah di sepanjang ceritanya. Film animasi ini sangat cocok ditonton bersama Si Kecil karena mampu melatih semangat pantang menyerah dan jiwa berpetualang untuk mengeksplorasi sekitar.

BACA JUGA: 20 Rekomendasi Film Horror Indonesia yang Bikin Merinding

4. Zootopia

film animasi terbaik
Prime Video

Film Zootopia bercerita tentang Judy Hopps, yaitu seekor kelinci yang bercita-cita menjadi seorang polisi. Namun, karena badannya yang kecil, banyak hewan lainnya meragukan kemampuan Judy tersebut. Sampai akhirnya Judy membuktikan kalau ia bisa bekerja seperti hewan besar lainnya dengan mengungkap kasus besar.

Film animasi ini sangat cocok ditonton bersama si kecil karena mampu melatih semangat pantang menyerah dan berjiwa besar. Jangan biarkan orang lain merendahkan kita dengan mimpi yang kita miliki dan teruslah berusaha untuk menggapai mimpi tersebut.

5. Dumbo

film animasi terbaik
Hotstar

Film ini rilis pada tahun 2019 dan merupakan sebuah film yang menggabungkan animasi dengan live action. Film ini bercerita tentang kisah hidup Holt Farrier, seorang mantan pemain sirkus yang merawat seekor gajah kecil baru lahir.

Gajah tersebut bernama Dumbo, yang ternyata sangatlah unik karena memiliki telinga yang sangat lebar sehingga banyak orang menganggap gajah itu tidak normal karena fisiknya yang berbeda. Meski demikian, hal tersebut justru menarik perhatian pengusaha sirkus karena Dumbo bisa terbang menggunakan telinganya.

Film animasi ini sangat cocok ditonton bersama si kecil untuk menerima kelebihan dan kekurangan yang ada pada diri kita. Buktikan bahwa di balik kekurangan, kita tetap masih bisa berprestasi.

BACA JUGA: 20 Rekomendasi Film Perang Terbaik & Seru, Wajib Tonton!

6. Sing

film animasi terbaik
Movies Anywhere

Film Sing berkisah tentang kompetisi menyanyi yang seru. Sama seperti Zootopia, karakter utama dalam film Sing adalah hewan-hewan. Film ini tidak hanya menyuguhkan kisah tentang perjuangan dan pembuktian diri. Film Sing juga diisi dengan soundtrack lagu-lagu populer yang membuat kita bisa ikutan bernyanyi sepanjang menonton.

7. Ratatouille

film animasi terbaik
Tribun Jateng

Merupakan film yang berlatar di Paris, Prancis, yang bercerita tentang seorang koki baru yang mendapat banyak bantuan dari tikus yang tak sengaja ia temui di dapur. Tikus tersebut jauh lebih pandai memasak dibandingkan dengan dirinya dan membuat reputasinya naik dalam waktu satu malam. Film ini dikemas dengan begitu menarik dan sangat cocok ditonton bersama Si Kecil di rumah.

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Film Disney Terbaik yang Wajib Kamu Tonton

8. UP

film animasi terbaik
Dictio Community

Film ini mengisahkan tentang petualangan seorang duda tua bernama Carl Fredricksen dan seorang anak lelaki berseragam pramuka bernama Russell. Carl yang memiliki mimpi bersama istrinya harus mengikat ribuan balon berisi gas helium di rumahnya untuk membuatnya terbang. Carl ditemani Russell berangkat untuk memenuhi janji yang dibuat bersama mendiang istrinya, Ellie.

Para kritikus menyebut Up sebagai salah satu film animasi terbaik sepanjang masa. Film ini juga memenangkan dua Academy Awards, yaitu termasuk Best Animated Feature dan Best Picture.

9. Raya and the Last Dragon

film animasi terbaik
Sociolla

Film ini merupakan film animasi 2021 yang bercerita tentang perjalanan mencari naga terakhir untuk menyelamatkan umat manusia. Ada sebuah negeri bernama Kumandra yang terkena sebuah ancaman bangkitnya kekuatan jahat yang bisa mengubah manusia menjadi patung. Untuk itu, Raya berusaha mencegah kekuatan jahat tersebut dan berkelana mencari naga terakhir dengan memecahkan berbagai misteri.

BACA JUGA: 14 Rekomendasi Film Tentang Bisnis, Sangat Menginspirasi!

10. The Incredibles

film animasi terbaik
Movies Anywhere

Film ini bercerita tentang petualangan sebuah keluarga yang masing-masing anggotanya memiliki kekuatan super unik. Mereka harus berjuang melawan para penjahat untuk melindungi sekitarnya dengan banyak melibatkan aksi menegangkan. Jika Sedulur merupakan pecinta film petualangan pahlawan super, maka jangan sampai melewatkan “The Incredibles” ini ya.

11. Cars

film animasi terbaik
MogiMogy

Film ini menyajikan kisah tentang mobil balap yang hidup layaknya manusia. Bernama Lightning McQueen adalah mobil balap muda yang memiliki obsesi terhadap piala Piston Cup. Saat perjalanan menuju arena balap, ia malah terjatuh dari truk dan tersesat di sebuah desa.

Karena Ia melakukan kesalahan yang cukup fatal, Ia harus menerima hukuman sebelum dibiarkan pergi mengikuti kompetisi.  Lightning McQueen akhirnya bisa mengikuti kompetisi namun pada akhirnya menyadari bahwa piala dan gelar hanyalah ilusi semata.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Film Keluarga Terbaik, Bikin Menguras Emosi!

12. Grave of the Fireflies

Grave Of The Fireflies
Medium

Grave of the Fireflies merupakan film yang mengisahkan kakak-adik yang menjadi korban Perang Dunia II dan harus bertahan hidup di tengah keadaan sulit. Kehidupan Seita dan Setsuko semakin merana ketika tahu ayah dan ibunya meninggal.

Mereka kemudia ikut menumpang di rumah bibinya. Namun semakin lama bibinya pun berlaku tak adil pada mereka. Seita dan Setsuko kemudian memutuskan tinggal di gua tepi danau yang hanya diterangi kunang-kunang ketika malam. Keduanya yang tak punya makanan harus mencuri dan akhirnya meninggal lantaran gizi buruk.

13. Monster, Inc

Film Monsters, Inc.
Nama Film

Sesuai dengan judulnya, film animasi ini bercerita tentang persahabatan dua monster dalam sebuah perusahaan monster. Para monster dalam perusahaan tersebut harus berusaha menakut-nakuti anak kecil untuk mendapatkan energi yang digunakan menghidupi kota monster.

Namun ternyata, dua sahabat tersebut menemukan bahwa tawa anak-anak lebih banyak memiliki energi daripada tangisannya. Merekapun berusaha membuat anak kecil tertawa dengan penuh perjuangan.

BACA JUGA: 19 Rekomendasi Anime Movie Terbaik & Seru, Wajib Ditonton!

14. Monster University 

MONSTER UNIVERSITY
Daeng Battala

Film ini merupakan prequel dari Monster, Inc. Film ini menceritakan bagaimana para monster belajar sebelum bekerja di pabrik monster. Berbeda dengan Monster, Inc. dengan jalan cerita yang berpusat pada tokoh James P. Sullivan, kisah pada Monster University justru berpusat pada Mike Wazowki, sahabat Sully yang berwarna hijau.

15. Ice Age

 Ice Age
Edwin Dianto

Film ini merupakan film animasi yang bercerita tentang zaman es yang pernah dialami oleh bumi. Pada masa tersebut banyak hewan-hewan purba seperti mammoth, macan gigi pedang, dan kungkang. Karena banyaknya penikmat, film animasi ini akhirnya mengeluarkan empat sekuel lanjutan setelah sukses dengan film pertamanya.

BACA JUGA: 20 Rekomendasi Anime Overpower Paling Seru & Menarilk

16. Spirited Away

Spirited Away
Medium

Film ini merupakan salah satu film animasi terbaik sepanjang masa. Bahkan setelah dua dekade berlalu, penonton masih setia menonton hingga saat ini. Film ini menceritakan pengalaman magis Chihiro setelah kedua orang tuanya berubah menjadi binatang.

Film bermula ketika Chihiro dan orang tuanya dalam perjalanan menuju rumah baru. Namun, mereka terhenti di sebuah tempat gaib. Dibantu sosok misterius, Chihiro berusaha untuk bisa melepaskan kedua orang tuanya dari sihir.

17. The Good Dinosaur

The Good Dinosaur
Hotstar

The Good Dinosaur merupakan film yang menceritakan tentang bagaimana ratusan juta tahun lalu spesies dinosaurus masih hidup bahkan jutaan tahun berikutnya. Film ini menggambarkan dinosaurus layaknya manusia yang memiliki keluarga serta memiliki pekerjaan seperti petani.

Dari film kartun tersebut, anak-anak bisa mengambil pesan moral diantaranya untuk menanamkan rasa tanggung jawab, belajar mengelola rasa takut, serta membantu anak-anak menanamkan kebaikan atas setiap perbuatannya ke orang lain.

BACA JUGA: 18 Film Disney Terbaru & Terfavorit di Tahun 2022, Wajib Tonton!

18. Kung Fu Panda

Kung Fu Panda
Republika

Film ini menggambarkan sosok Po yang tidak hanya memiliki kekuatan fisik, namun juga memiliki impian serta kemauan yang keras untuk menjadi sosok yang luar biasa. Film ini cocok ditonton bersama Si Kecil karena banyak pembelajaran berharga yang bisa ditanamkan. Sedulur dapat memberikan pembelajaran mengenai pentingnya menggapai mimpi dan cita-cita, serta sikap tidak pantang menyerah. 

19. Finding Nemo

 Finding Nemo
Bacaterus

Film ini mengisahkan tentang ikan badut bernama Marlin bersama temannya Dory yang melakukan pencarian untuk anaknya yang hilang di laut lepas bernama Nemo. Hilangnya Nemo ini ternyata disebabkan oleh dirinya sendiri yang tidak mendengarkan nasihat ayahnya.

Pelajaran berharga dari film ini adalah anak-anak bisa mengambil pelajaran bahwasanya penting untuk mendengar nasihat yang baik dari orang tua. Selain itu anak-anak juga dapat menyadari bahwa kasih sayang orang tua kepada anak itu tak terhingga sepanjang masa.

20. Toy Story

Toy Story
Detik

Film ini menceritakan petualangan Woody dan kawan-kawannya yang merupakan sekumpulan mainan milik anak bernama Andy. Woody dan kawan-kawannya selalu dimainkan oleh pemilik mainan dan membuat mereka bahagia. Namun pada suatu waktu, Andi mengabaikan mainannya tersebut dan membuat mereka sangat sedih.

Si Kecil bisa mengambil pelajaran berharga untuk merapikan kembali mainan setelah digunakan dan belajar pentingnya merawat apa yang dimiliki. Film ini juga mengajarkan Si Kecil untuk saling tolong menolong ketika sahabat mengalami kesulitan.

BACA JUGA: 9 Film Kartun Anak Muslim Mendidik Terbaik untuk Si Buah Hati

21. Frozen

Frozen
Jagat Review

Film ini menceritakan tentang Elsa dan Anna, dua orang dari kerajaan bernama Arandelle. Elsa kecil ternyata memiliki kekuatan sihir yang bisa mengubah apapun yang disentuhnya menjadi es sehingga tidak mau bertemu dengan siapapun selain orang tuanya bahkan adiknya, Anna.

Pelajaran yang dapat diambil oleh Si Kecil adalah saling mengasihi kepada saudara, saling terbuka atas permasalahan, dan jangan ragu meminta bantuan orang lain ketika membutuhkan bantuan.

BACA JUGA: 16 Film Komedi Indonesia Terbaik dan Paling Lucu di 2022

22. Hotel Transylvania

Hotel Transylvania
IMDb

Film ini menceritakan kisah Drac, Mavis, Johnny dan juga para monster lainnya yang bertukar badan ini harus beradaptasi dengan tubuh baru yang mereka miliki. Namun perubahan tersebut ternyata membuat mereka merasa tidak nyaman sehingga mereka harus menemukan cara untuk merubah kembali tubuh mereka ke bentuk awal mereka.

Sebelum akhirnya menjadi  perubahan yang permanen, para monster harus melakukan perjalanan dan mencari cara agar mereka bisa kembali ke bentuk semula dan menjalani kehidupan mereka kembali dengan normal. Film ini menjadi film animasi terbaik terbaru yang diharapkan menjadi film animasi terbaik 2022. 

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!
 
Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!