Jika Sedulur suka dengan film-film yang mengandung banyak pesan moral, maka film tentang penjara wajib untuk ditonton. Bercerita tentang kehidupan di penjara, terdapat banyak sekali pesan moral yang dapat dipetik dan sekelumit fakta yang mungkin belum Sedulur tahu sebelumnya.

Genre film semacam ini memang selalu terasa menarik, karena memperlihatkan kehidupan di dalam penjara yang jarang sekali diekspos media. Sedulur akan diajak melihat para penjahat dari sudut pandang yang berbeda dari sebelum-sebelumnya.

Ya, Tidak semua orang yang ada di lapas itu adalah orang jahat. Sedulur tidak bisa nge-judge mereka lagi dengan pandangan yang sama. Nah, bagi Sedulur yang penasaran, berikut ini rekomendasi film tentang penjara yang wajib untuk ditonton.

BACA JUGA: 20 Rekomendasi Film Perang Terbaik & Seru, Wajib Tonton!

-->

1. Miracle in Cell No. 7 (2013)

VOI

Kita awali daftar ini dengan film asal Korea Selatan, yang berjudul Miracle in Cell No. 7. Sama seperti kebanyakan drama lainnya, film yang satu ini dijamin akan membuat para penonton menangis tersedu-sedu karena kisah yang dihadirkan.

Film keluar dari penjara terbaik ini, mengisahkan tentang seorang pria “spesial” yang dimasukkan ke dalam penjara karena tuduhan pembunuhan. Tidak hanya itu saja, film ini hadir dengan plot yang sangat apik dengan cerita juga menarik.

Dengan akting totalitas dari para pemainnya, bakal membuat penonton ikut terhanyut. Pria yang dituduh membunuh tersebut, dibantu oleh teman-temannya untuk kabur. Namun ending berkata lain, karena ia mendapat vonis hukumam mati karena diancam seorang pejabat di luar sana.

2. The Shawshank Redemption (1994)

Detik

Tidak usah heran jika film tentang penjara yang satu ini mendapat rating tertinggi di IMDb. Ya, alur ceritanya yang kompleks dan detail, akan membuatnya tetap menarik walaupun sudah ditonton berulang kali. Salah satu film penjara terbaik ini, menyoroti ketidakadilan di penjara.

Hal itu membuat pria yang bernama Andy Dufresne, dihukum karena dituduh menbunuh istri dan juga selingkuhannya. Padahal sebenarnya bukan dia pelaku dari kejadian tersebut.

Namun, jalan ceritanya bukan cuma tentang Andy saja. Berbagai macam aspek kehidupan di dalam penjara juga akan membuat para penonton bisa melihat bagaimana suka duka ketika ada di sana. Walau durasinya cukup panjang, tapi dijamin film ini tidak akan mengecewakan.

3. The Next Three Days (2010)

Screen Daily

The Next Three Days layak untuk masuk daftar film penjara terbaik yang wajib ditonton oleh para pecinta film serius. Film ini bercerita tentang dosen yang berusaha keras untuk membantu istrinya keluar dari penjara, karena telah dituduh membunuh atasannya.

Padahal sang istri bukan pelaku yang sebenarnya. Akan tetapi, semua bukti justru mengarah padanya, dan membuat ia dihukum dan dijebloskan ke dalam penjara. Karena sebenarnya tidak bersalah, istrinya pun depresi dan ingin bunuh diri.

Nah, sang suami jadi tidak tega dan berusaha membantu istrinya untuk melarikan diri dari penjara. Ya, berbagai usaha dilakukan hanya untuk mengembalikan kehidupan cinta sejati.

4. Escape from Alcatraz (1979)

Common Sense Media

Film yang bercerita mengenai penjara ini diangkat dari kisah nyata, lho. Nah, jadi diceritakan ada tiga orang narapidana bernama John, Clarence, dan Frank yang berhasil kabur dari penjara paling ditakuti di dunia dengan penjagaan yang sangat ketat.

Penjara ini sangat ditakuti karena letaknya yang berada di tengah laut, sehingga sangat sulit untuk kabur. Namun dengan caranya yang terbilang misterius, ketiganya pun berhasil kabur dari sana. Keberadaan mereka juga menjadi misteri.

Akan tetapi, John pernah mengirimkan surat kepada FBI, yang mengatakan mereka benar-benar berhasil kabur dari penjara mengerikan tersebut. Tentu Sedulur merasa penasaran dengan cerita dari film kabur dari penjara kisah nyata ini kan?

5. Escape Plan (2013)

CNN

Bisa dibilang jika film tentang penjara yang satu ini cukup unik. Hal ini karena pemeran utamanya memang sengaja keluar masuk penjara hanya untuk menguji sistem keamanannya. Jadi, diceritakan seorang jaksa yang memiliki perusahaan keamanan punya misi untuk menguji keamanan dari beberapa penjara.

Seluruh hidupnya dihabiskan hanya untuk keluar masuk penjara dan mencari cara melarikan diri. Beruntungnya, ia selalu berhasil lolos dengan mudah hingga akhirnya ia dijebak oleh temannya. Temannya tersebut memasukkannya ke dalam penjara dengan keamanan tingkat tinggi yang lokasinya di laut lepas.

6. In Hell (2003)

YouTube/Jean-Claude Vandammelibrary

Sesuai dengan namanya, film penjara yang satu ini bercerita tentang keadaan sebuah penjara di Rusia yang keadaannya memang mirip seperti neraka. Seorang pria dijebloskan ke dalam penjara tersebut secara tidak manusiawi setelah ia menembak orang yang membunuh istrinya.

Bukan tanpa karena alasan, ia terpaksa menembaknya karena pelaku pembunuhan istrinya dibebaskan oleh hakim yang menerima suap. Ia dipenjara sampai akhirnya dapat melarikan diri dan memberitahu dunia betapa tersiksanya napi yang ada di dalam penjara tersebut.

Dalam film ini, Sedulur akan melihat petualangan, strategi, dan juga pertarungan di dalam penjara ini. In Hell juga dibintangi oleh aktor senior, Jean-Claude Van Damme.

7. The Green Mile (1999)

Detik

Film yang bercerita tentang penjara berikutnya, ada The Green Mile. Film ini dibintangi oleh aktor ternama, Tom Hanks. Nah, sebelum nonton film yang satu, pastikan Sedulur sudah menyiapkan tisu di samping.

Jadi, The Green Mile berkisah tentang Paul Edgecomb, seorang sipir kepala yang bertugas untuk tahanan hukuman mati. Paul rajin dalam memperhatikan bagaimana perilaku dari orang-orang sebelum ajal menjemput mereka.

Suatu ketika, datang seorang narapidana bertubuh besar yang juga mendapat hukuman mati. Walaupun memiliki perawakan yang sangar, pria tersebut ternyata amat lembut, bahkan takut dengan kegelapan. The Green Mile ini seolah mengajarkan kita untuk tidak menilai orang dari penampilan fisiknya.

8. The Longest Yard (2005)

Wollipop

Apa Sedulur sedang mencari film penjara berbalut bumbu komedi? Maka jangan lupa untuk menonton film The Longest Yard, yang merupakan remake berjudul sama pada tahun 1974. Film ini menceritakan tentang mantan atlet football bernama Paul Crewe yang ditahan karena sering mabuk dan mengganggu sekitar.

Di dalam penjara, Paul Crewe bersahabat dekat dengan seorang napi. Tidak hanya sampai disitu, keduanya bahkan membentuk tim football narapidana yang akan diadu dengan tim football dari pihak sipir penjara.

Selain lucu, The Longest Yard juga mampu memberikan pesan moral apabila kejujuran itu jauh lebih berharga dibandingkan dengan mendapatkan kemenangan dengan cara yang curang.

9. Law Abiding Citizen (2009)

NY Daily News

Hukum itu memang tidak selamanya adil, dan hal tersebut turut dijelaskan dalam film Law Abiding Citizen yang tayang pada 2009 lalu ini. Mungkin pada awalnya, Sedulur akan merasa bahwa tokoh utamanya sangatlah kejam karena telah membunuh sesama penjahat di dalam penjara dengan sadis.

Namun setelah tahu alasan di balik kelakuannya, maka akan membuat Sedulur merasa kasihan padanya. Ya, ia yang kehilangan istri dan anaknya, murka kepada hukum karena pembunuhnya hanya dihukum 5 tahun saja karena kurangnya bukti.

Sedangkan temannya yang hanya mencuri saja, justru dihukum seumur hidup. Ketidakadilan itulah yang membuatnya meneror walikota dengan menggunakan bom.

10. The Great Escape (1963)

Viva

The Great Escape adalah film tentang penjara yang diangkat dari kisah nyata, dan berlatar pada Perang Dunia ke-2. Film ini menceritakan tentang usaha para tentara tahanan perang dari Inggris untuk kabur dari dalam penjara Nazi Jerman.

Salah satu film penjara terbaik ini, merupakan adaptasi dari buku yang berjudul sama karangan Paul Brickhill pada tahun 1944. Di dalam film ini, para tahanan berhasil kabur dari penjara Stalag Luft III di kota Sagan, provinsi Silesia, Jerman.

Ya, bisa dibilang ini The Great Escape termasuk salah satu film penjara paling mengerikan. Sedulur akan melihat kengerian dan juga kejahatan yang diakibatkan oleh perang dunia saat itu.

BACA JUGA: 12 Film Dokumenter Terbaik Sepanjang Masa yang Menarik

11. Cool Hand Luke (1967)

film tentang penjara
Film School Rejects

Cool Hand Luke adalah film yang menceritakan tentang Luke (Paul Newman). Luke yang pernah menjadi seorang patriot bagi negaranya, kemudian dipecat dengan tidak hormat sampai berakhir di dalam penjara.

Luke sendiri memiliki tabiat untuk menentang sistem yang berlaku di negaranya dalam hal apapun, salah satunya yakni sistem dalam penjara. Jiwa dan pikirannya yang bebas, justru menjadi inspirasi bagi tahanan lain untuk mendukungnya, walaupun tidak sedikit pula yang menentangnya.

12. Big Stan (2007)

Jagat Review

Film bertema penjara yang juga dibalut dengan aspek komedi selanjutnya adalah Big Stan. Big Stan ini menceritakan tentang seorang penipu bernama Stan yang akan dipenjara karena kejahatan yang telah dilakukannya.

Namun sebelum dipenjara, ia sempat menyewa guru bela diri untuk belajar melindungi dirinya saat di dalam penjara nanti. Nah, hal itu membuat Stan menjadi napi yang terkenal karena skill bela dirinya hingga semua napi takut dan juga hormat kepadanya.

Bahkan Stan menjadi ketua geng di dalam penjara tersebut. Bagi Sedulur yang sedang mencari film tentang gangster di penjara, maka wajib menonton film ini.

13. Papillon (1973)

film tentang penjara
Taxi Drivers

Papillon sendiri adalah film yang diangkat dari kisah nyata Henri Charriere, seorang terdakwa pembunuhan asal Prancis. Ya, pertamanan antara Henri dan Louis Dega membuat mereka merencanakan untuk melarikan diri dari penjara, tempat mereka ditahan berkali-kali.

Rencana tersebut harus dibuat berulang kali, karena pada akhirnya mereka pasti tertangkap lagi. Daakhir cerita, narator memberitahu apabila Papillon berhasil membebaskan diri dan hidup sebagai orang yang merdeka. Ia menjalani kehidupan barunya di Venezuela dan membuka restoran di dua kota.

14. Gridion Gang (2006)

film tentang penjara
Kompasiana

Film tentang penjara yang berikutnya berjudul Gridion Gang. Film yang satu ini dibuat berdasarkan film dokumenter dengan judul sama pada tahun 1993. Film drama olahraga ini disutradarai oleh Phil Joanou, dan mengisahkan Sean Porter (Dwayne Johnson “The Rock”).

Sean Porter bekerja di Pusat Tahanan Kilpatrick di Los Angeles. Namun, ia merasa frustasi karena tidak mampu membuat anak-anak menjauh dari permasalahan hidup usai dilepaskan dari penjara anak, misalnya saja seperti geng jalanan dan juga penggunaan obat terlarang.

Film yang satu ini juga memiliki nuansa yang realistis, khususnya mengenai anak-anak yang menjadi kriminal di masa muda mereka.

15. Escape to Victory (1981)

film tentang penjara
Mubi

Film garapan John Huston ini, menampilkan deretan aktor ternama, seperti Michael Caine dan juga Sylvester Stallone. Deretan pesepakbola profesional pun juga ikut tampil dan berakting di dalam film ini seperti Pele, Osvaldo Ardiles, Bobby Moore, dan beberapa pesepakbola lain dari klub Ipswich Town.

Pertandingan sepakbola antara tahanan dari camp tim melawan Nazi Jerman menjadi upaya untuk membebaskan diri dalam penjara. Mereka melarikan diri melalui saluran pipa bawah tanah stadion ketika turun minum. Namun uniknya, memilih untuk tetap menyelesaikan pertandingan hingga akhir.

Lantas bagaimana kelanjutan cerita dari film ini? Langsung aja tonton film dan jangan sampai ada yang spoler, ya!

16. Chicago (2002)

film tentang penjara
Into Film

Chicago merupakan sebuah film ‘Oscar Rated’ yang saat itu, kembali membawa kedigdayaan film musikal ke layar lebar. Tidak heran jika pada Academy Award tahun 2003, Chicago mendapat nominasi untuk 12 kategori, dan berhasil membawa pulang enam diantaranya.

Film musikal yang mempunyai genre drama, kriminal, dan juga komedi ini, mengambil setting di Kota Chicago saat masa Jazz Age yakni sekitar tahun 1920-an.

Film ini menceritakan tentang dua wanita, yakni Roxie Hart yang bercita-cita untuk menjadi penyanyi. Kemudian ada Velma Kelly, seorang penyanyi ternama yang bertemu di penjara karena kasus pembunuhan yang mereka lakukan.

17. Harmony (2010)

film tentang penjara
RRI

Harmony adalah film tentang penjara perempuan yang berasal dari Korea Selatan. Ya, ini adalah film yang dijamin mampu membuat mata perih dan tergenang air. Tidak hanya menghadirkan kisah yang menyentuh, film ini juga termasuk salah satu film terlaris di Korea Selatan.

Bagaimana tidak, Harmony berhasil disaksikan oleh 3 juta penonton lebih di negaranya, dan menjadikannya sebagai film yang paling banyak ditonton pada tahun 2010.

Film ini menceritakan tentang Hong Jeong-Hye, yang terpaksa mendekam dalam jeruji besi karena membunuh suaminya yang selalu melakukan kekerasan dalam rumah tangga. Ketika menjalani hukumannya, Jeong-Hye tengah mengandung.

Akan tetapi, sesuai hukum yang berlaku, ia harus menyerahkan anak laki-lakinya itu untuk diadopsi setelah anak tersebut lahir.

18. Brokedown Palace (1999)

film tentang penjara
Empire Online

Setelah keduanya lulus dari bangku SMA, Darlene Davis dan juga Alice Marano memutuskan untuk berlibur ke pulau Hawaii. Tetapi setelah menimbang-nimbang, tujuan mereka pun berubah dan memilih untuk menghabiskan liburan di Thailand.

Namun tak disangka-sangka, seorang penyelundup narkoba yang bernama Nick Parks, menjebak keduanya sampai Alice dan Darlene pun harus mendekam di dalam tahanan dan menghadapi hukuman selama 33 tahun penjara.

Keduanya kemudian berharap kepada seorang pengacara lihai yang bernama Henry Greene, agar mereka bisa lepas dari jeratan hukum tersebut. Film satu ini, dibintangi oleh dua aktris Hollywood ternama, Kate Beckinsale dan Claire Danes.

19. Double Jeopardy (1999)

film tentang penjara
Viva

Film yang satu ini sebenarnya tidak hanya menceritakan tentang kehidupan dalam penjara wanita secara keseluruhan. Tapi yang menarik dari Double Jeopardy, yakni film ini menunjukan penerapan hukum yang ada di Amerika Serikat dan juga tidak ketinggalan, sedikit aksi yang memukau.

Secara singkat, film ini bercerita proses bagaimana seorang wanita yang dijebloskan ke dalam penjara dan harus melalui prosedur hukum. Namun, ia berniat untuk membalas dendam. Nah, acara akhir pekan Libby dan Nick, berakhir dengan tragis ketika Libby terbangun dengan berlumuran darah dalam yacht-nya.

Wanita itupun dituduh telah membunuh suaminya. Tapi kemudian, Libby menemukan kejanggalan saat ia tahu bahwa sebenarnya, suaminya masih hidup dan membuat konspirasi untuk menyingkirkan dirinya. Film ini dibintangi oleh Ashley Judd, dan juga aktor kawakan Tommy Lee Jones.

20. Condition Red (1995)

film tentang penjara
Mubi

Seperti yang sudah dibahas sebelum-sebelumnya, jika film tentang penjara wanita sering kali menghadirkan tema eksploitasi terhadap wanita, terutama dalam film-film klasik. Ya, banyak yang menceritakan dengan gamblang mengenai hubungan sesama jenis atau LGBT.

Namun berbeda dari film yang satu ini, karena menampilkan tema yang sedikit berbeda. Jadi, Condition Red merupakan film hasil garapan sutradara kawakan asal Finlandia, Mika Kaurismaki. Cerita dari film yang dirilis pada tahun 1995 ini memang cukup unik.

Ya, kali ini kita akan dibawa mengikuti kisah menegani napi wanita bernama Gidell Ryan yang pada awalnya seringkali berkonflik dengan para penjaga di penjaranya, Dan Capelli.

Namun rupanya, lama-kelamaan perasaan cinta pun tumbuh diantara mereka berdua. Bahkan, Dan memutuskan untuk membantu Gidell dalam melarikan dari penjara itu.

BACA JUGA: 20 Rekomendasi Film Horror Indonesia yang Bikin Merinding

Nah, itulah deretan film tentang penjara yang wajib untuk Sedulur masukkan ke dalam daftar. Silahkan pilih film mana saja yang ingin ditonton dulu, namun jangan pastikan Sedulur menonton semuanya.

Selain itu, sebelum nonton film-film di atas, jangan lupa siapkan snack terlebih dahulu, ya. Pastikan tempat nonton filmnya juga nyaman, agar Sedulur bisa menikmati film dengan maksimal.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!
 
Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!