Tanjiro Kamado

Bagi pecinta anime dan manga Demon Slayer atau Kimetsu no Yaiba, tentu sudah sangat familiar dengan karakter bernama Tanjiro Kamado. Yup, dia adalah tokoh protagonis utama yang menjadi sorotan dalam cerita tersebut.

Tanjiro sendiri merupakan sosok anak laki-laki yang keluarganya dibantai oleh iblis. Dia berhasil selamat bersama dengan adik perempuannya yang bernama Nezuko. Namun, nasib naas belum berhentu dipembantaian itu saja, Nezuko yang berhasil bertahan hidup ternyata terinfeksi dan ikut menjadi iblis.

Konflik batin pun menimpa Tanjiro usai adiknya hendak dibunuh oleh seorang pemburu iblis. Beruntung, Tanjiro berhasil meyakinkan si pemburu iblis agar tidak membunuh adiknya. Sejak saat itu, dirinya pun berjanji akan menyembuhkan Nezuko dan membunuh iblis yang telah membantai keluarganya dengan bergabung bersama Korps Pembasmi iblis.

Melihat cuplikan singkat kisah Tanjiro di atas, tentu Sedulur penasaran dengan biodata dan profil bocah laki-laki satu ini. Untuk itu, yuk mari kita simak bersama ulasan lengkapnya di bawah.

-->

BACA JUGA: 17 Karakter Cowok Paling Keren di Serial Anime

Biodata Tanjiro Kamado

Tanjiro kamado
Anime Soul

Sebelum membahas lebih jauh tentang sosok Tanjiro Kamado, sebaiknya mengenal dahulu biodata karakter utama anime dan manga dari Kimetsu no Yaiba ini. Berikut ini profil lengkapnya.

Nama: Tanjiro Kamado / 竈門 炭治郎

Julukan: Bocah Cahaya, Kakushaku no Ko, dan Oni no Ō

Tanjiro Ras: Manusia

Kelamin: Laki-laki

Tanjiro Kamado umur : 13 tahun (saat awal cerita), 15 tahun (pada ark kedua dan ketiga), dan 16 tahun (pada ark terakhir)

Tinggi: 165 cm

Berat badan: 61 kg

Tanggal lahir: 14 Juli

Warna rambut Tanjiro: Hitam merah

Warna mata: Merah tua

Silsilah keluarga

Tanjiro Kamado
Pinterest

Salah satu fakta yang menarik tentang Tanjiro Kamado adalah keluarganya. Sebagai karakter utama dalam serial Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba, Tanjiro memiliki silsilah keturunan yang unik. Apalagi ada teori yang menyebutkan kakek buyut Tanjiro adalah seorang pengendali pernafasan pertama, yaitu teknik pernafasan matahari.

Fakta tersebut semakin kuat dengan kemampuan pengendalian diri dari adiknya, Nezuko usai berubah menjadi iblis. Dan berikut ini Tanjiro Kamado keluarga:

Tanjiro Kamado ayah: Tanjuro Kamado

Tanjiro Kamado ibu: Kie Kamado

Adik: Nezuko Kamado, Takeo Kamado, Hanako Kamado, Shigeru Kamado, dan Rokuta Kamado

Istri: Kanao Tsuyuri

Penampilan Tanjiro

Tanjiro Kamado
Alpha Coders

Dalam seri Demon Slayer, sosok Tanjiro digambarkan sebagai bocah laki-laki yang memiliki badan kecil tetapi sangat atletis. Dia memiliki fisik yang kuat karena terbiasa hidup di gunung bersama keluarganya.

Tanjiro memiliki gaya rambut yang cukup unik. Potongannya panjang tapi berbentuk acak dengan jidatnya yang lebar. Bila Sedulur memperhatikan dalam film, ada sebuah tanda luka yang muncul di kepala Tanjiro. Konon, tanda itu merupakan bukti Tanjiro adalah keturunan dari ahli pedang legendaris yang membasmi iblis pertama kali.

Sifat Tanjiro juga digambar sebagai anak yang tidak gampang menyerah. Dia juga sangat menyayangi adiknya Nezuko dan selalu berusaha melindunginya apapun yang terjadi. Romansa keluarga antara Tanjiro dan Nezuko dalam cerita ini pun begitu kuat. Begitu juga kekuatan Tanjiro yang banyak terbangkitkan akibat Nezuko serta memori masa lalu tentang keluarganya.

Tanjiro juga sangat setia kawan dan tidak suka mencari musuh. Hal ini terlihat dari semua karakter yang muncul selalu dihormati oleh Tanjiro dan berakhir dengan sebuah pertemanan. Tanjiro Kamado juga memiliki dua orang sahabat yang menemaninya selama berjuang membasmi iblis, mereka adalah Zenitsu dan Inosuke.

Teknik pedang

Kimetsu no Yaiba
Heroscreen

Sebagai seorang pembasmi Iblis, Tanjiro diberi sebuah senjata yang dibuat khusus untuk membasmi iblis. Senjata itu disebut dengan pedang nichirin. Setiap karakter dalam Kimetsu no Yaiba memiliki berbagai macam jenis pedang nichirin, tetapi yang dimiliki Tanjiro cukup unik karena memiliki warna hitam.

Tanjiro sebenarnya tidak memiliki dasar berpedang di awal kisahnya. Namun, sejak bertemu dengan salah satu pilar Korps Pembasmi Iblis bernama Giyuu Tomioka, Tanjiro berhasil menguasai pernafasan air.

Teknik berpedang tersebut juga dikenal dengan nama Mizu no Kokyu. Kemampuan pernafasan air ini membuat Tanjiro bisa meningkatkan kadar oksigen dalam darah sehingga pergerakan dan kelincahan meningkat drastis.

Berdasarkan teknik pernafasan air ini, Tanjiro memiliki 11 bentuk jurus utama yang digunakan untuk membasmi iblis.

  • Jurus pertama: Ichi no kata Minamo giri atau irisan permukaan air
  • Jurus kedua: no Ni no kata Mizu guruma atau tebasan roda air
  • Jurus ketiga: San no kata Ryuryu mai atau tarian arus cepat
  • Jurus keempat: no Shi no kata Uchisio atau pasang yang mencekam
  • Jurus kelima: Go no kata Kanten no jiu atau hujan rahmat di hari kemarau
  • Jurus keenam: oku Roku no kata Nejire uzu atau pusaran air putar
  • Jurus ketujuh: Shichi no kata Shizuku wa Mondzuki atau hujan deras menusuk
  • Jurus kedelapan: achi Hachi no kata Takitsubo atau guci air terjun
  • Jurus kesembilan: Ku no kata: Suiryu shibuki atau percikan air
  • Jurus kesepuluh: Ju no kata Seisei ruten atau naga perubahan
  • Jurus kesebelas: Ju Ichi no kata Nagi atau permukaan air tenang

Jurus-jurus di atas menjadi andalan Tanjiro Kamado untuk mengalahkan semua iblis yang dijumpainya. Namun, dalam beberapa kesempatan Tanjiro juga menggunakan sebuah pernafasan legendaris yang diduga adalah pernafasan matahari. Teknik tersebut dipelajari Tanjiro dari ayahnya yang dahulu sering melakukan tarian Hinokami Kagura atau tarian dewa api.

BACA JUGA: Biodata Gojo Satoru Karakter Jujutsu Kaisen & Fakta Menariknya

Kekuatan

Kimetsu no Yaiba
Everyeye

Diluar kemampuan teknik berpedangnya, kekuatan Tanjiro Kamado cukup banyak. Hal ini tak lepas dari kekuatan tekad serta fisiknya yang sangat apik. Berikut ini deretan kekuatan Tanjiro yang memukau:

  • Memiliki kemampuan pembasmi iblis dari kemunculan tanda atau mark di dahinya. Kekuatan ini membuat Tanjiro berubah menjadi iblis namun masih dalam tahapan manusia.
  • Kemampuan menghentikan luka parah seperti pendarahan, patah tulang dan bekas sayatan. Kemampuan ini merupakan efek dari pelatihan pernafasan yang dilakukan Tanjiro Kamado.
  • Bisa meramal dan membaca masa depan secara sekilas. Kemampuan ini merupakan kekuatan yang diturunkan dari ayahnya.
  • Memiliki indra penciuman yang sangat tajam, terutama dalam mengetahui keberadaan iblis lewat aroma darahnya.
  • Kekuatan kepala yang sangat hebat. Mungkin sedikit lucu, tapi Tanjiro Kamado memilki satu kebiasaan mengalahkan musuh dengan sundulan kepalanya. Jadi tidak heran serangan kepala ini menunjukkan kalau Tanjiro memiliki tengkoran yang super keras.

Kelemahan

Kelemahan tanjiro
CBR

Walaupun diplot sebagai karakter utama dalam cerita Kimetsu no Yaiba, Tanjiro Kamado tetap memiliki kelemahan. Karakternya juga tidak se-overpower tokoh di komik atau anime lain. Namun, hal ini yang membuat Kimetsu no Yaiba sangat menarik ditonton.

Berikut ini deretan kelemahan dari Tanjiro Kamado:

  • Ketika bertransformasi menjadi iblis tingkat atas dengan kemampuan tanda iblisnya. Tanjiro akan rentan dengan sinar matahari. Dia bisa terbakar dan musnah dengan cepat ketika sinar matahari mengenai tubuhnya.
  • Kepolosan dan kejujuran Tanjro ternyata menjadi titik lemah selanjutnya. Hal ini karena menjadi sangat mudah dimanipulasi oleh para iblis yang licik.
  • Meskipun kekuatan Tanjiro Kamado banyak bangkit dari semangat melindungi keluarga khususnya Nezuko. Terkadang membuat Tanjiro lupa diri dan berani mengorbankan segalanya.

Fakta Tanjiro

Kimetsu no Yaiba
Pinterest
  • Namanya memiliki arti mengenai “pengusiran setan”.
  • Mewarisi dahinya yang keras dari ibunya.
  • Salah satu dari sedikit karakter yang bisa mengubah penampilan pedang nichirin.
  • Mendapatkan julukan khusus sebagai Pria Paling Sopan di Akademi Kimetsu.
  • Tanjiro Kamado sosok yang buta nada dan tidak bisa menyanyi.
  • Memiliki band “Stylish Scruffy Democracy” yang terdiri dari Zenitsu, Inosuke , dan Tengen. Posisi Tanjiro sebagai vokalis.
  • Ia adalah karakter yang paling sering bangun di pagi hari setelah Kyojuro.
  • Penciumannya yang tajam membuat penduduk desa terkadang meminta bantuannya untuk menemukan orang hilang.
  • Makanan favoritnya adalah kecambah angelica.

BACA JUGA: Profil & Biodata Zenitsu Agatsuma Berserta Fakta & Prestasinya

Quotes di Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba

Kimetsu no Yaiba
Everyeye

Sebagai tokoh utama dalam Demon Slayer, Tanjiro kerap mengeluarkan kata-kata yang begitu dalam dan terngiang di ingatan pembacanya. Berikut ini beberapa quotes dari Tanjiro:

  • Muzan Kibutsuji! Ke mana pun kamu pergi, aku berjanji kamu tidak akan melarikan diri dariku! Kamu bisa lari sejauh yang kamu mau! Aku akan mengikutimu sampai ke ujung Neraka, dan pedangku akan menjadi pedangku!
  • Ikatan antara Nezuko dan aku tidak bisadiputuskan oleh siapa pun!
  • Maaf, Rokuta! Kita tidak akan pernah bisa bersama lagi. Tapi aku akan selalu memikirkanmu, oke? Aku akan memikirkan kalian semua. Ada banyak hal untuk berterima kasih. Aaku tidak akan pernah melupakanmu! Apapun yang terjadi, hatiku akan selalu bersamamu.
  • Jangan lari! Jangan lari, dasar pengecut! Jangan lari! Korps Pembunuh Iblis selalu melawanmu Iblis di kegelapan malam di mana kamu memiliki keuntungan! Itu benar, kita manusia berdarah dan daging! Luka kita tidak akan menutup secepat itu.
  • Aku mendengar ayah kulahir dengan tanda samar di dahinya tetapi tidak denganku. Aku jelas bukan orang terpilih. Tapi bahkan jika aku tidak memiliki kekuatan orang pilihan, ada kalanya dalam hidup ketika kamu tidak bisa mundur!
  • Membantu orang lain seringkali berakhir dengan membantu diri sendiri.
  • Hidup yang hilang tidak akan pernah bisa kembali. Itu hilang selamanya. Tubuh iblis tidak terbuat dari daging manusia.
  • Semua yang kamu katakan salah. Kehadiranmu di sini sekarang adalah buktinya. Setiap orang adalah bayi yang tidak berdaya ketika mereka lahir. Sama denganmu Akaza. Kamu tidak mengingatnya, tetapi ketika kamu masih bayi, seseorang melindungi dan membantumu juga. Yang kuat melindungi yang lemah. Kemudian yang lemah menjadi lebih kuat dan membantu yang lebih lemah dari diri mereka sendiri. Itu adalah hukum alam!
  • Musuh lebih waspada terhadap orang kuat, maka tembok kewaspadaannya tebal. Jika mereka menganggap seseorang lemah, tembok itu lebih tipis. Jadi jika orang lemah bertindak tiba-tiba dan menerobos tembok, kemudian seketika arah angin berubah dan jalan menuju kemenangan terbuka.
  • Aku selalu ingin menempuh jalan tanpa membuat kesalahan, tapi aku tidak tahu apa yang ada di depan. Seseorang selalu membantuku dan sebagai hasilnya, aku bertahan tanpa membuat kesalahan. Jadi jangan terlalu cepat untuk menghormatiku.
  • Ini adalah tugas yang luar biasa yang pasti akan menempatkanku di neraka. Aku tidak memiliki keterampilan Yoriichi atau ayahku. Aku bahkan tidak tahu apakah bisa tetap hidup sampai fajar. Selain itu, bagaimana aku bisa mencegah Muzan dari melarikan diri? Aky bisa mengerti mengapa seseorang bisa kehilangan kepercayaan diri. Bisakah aku melakukan apa yang Yoriichi sendiri tidak bisa? Meskipun demikian, aku akan melakukan semua yang aku bisa. Aku akan membuat hati saya tetap membara. Aku tidak akan kalah. Aku tidak akan hancur.

Demikian tadi biodata lengkap Tanjiro Kamado dan fakta yang ada padanya dalam seri Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba. Semoga informasi di atas bisa menambah wawasan Sedulur, khususnya kalian yang fans berat Kimetsu no Yaiba.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!
 
Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!