film horror indonesia

Perkembangan film horror Indonesia dari tahun ke tahun semakin bagus. Bila dulu banyak menampilkan adegan dewasa sebagai bumbu utamanya, film horor Indonesia sekarang ini sudah bisa memberikan efek kejutan yang lebih.

Tak hanya efek jump scare yang semakin ngagetin, alur cerita film horor tanah air sekarang juga semakin mencekam. Bahkan, beberapa film horor Indonesia bisa meraih penghargaan di luar negeri lho.

Kira-kira apa aja judul film horror Indonesia terseram yang bakal bikin Sedulur merinding seharian? Yuk simak daftarnya di bawah ini.

BACA JUGA: 12 Film Dokumenter Terbaik Sepanjang Masa yang Menarik

1. Pengabdi Setan

Pengabdi Setan
Hypeabis

Salah satu film horor Indonesia terbaik adalah Pengabdi Setan. Film yang disutradarai oleh Joko Anwar ini menjadi awal kebangkitan film horor Indonesia di tahun 2017 lalu. Bahkan, film yang diadaptasi ulang dari film horor tahun 80-an ini berhasil ditonton lebih dari 4 juta orang.

Cerita film ini memang sangat menyeramkan dan intens. Kejadian mengerikan itu bermula dari meninggalnya seorang ibu yang membuat satu keluarga diganggu oleh makhluk gaib tanpa henti. Alur cerita dan kejutan film ini pun sangat tidak tertebak dan memiliki porsi jump scare yang pas.

2. Sebelum Iblis Menjemput

film horror indonesia
Detik

Kalau Sedulur pecinta berat film horor, maka wajib nonton film horor Indonesia berjudul Sebelum Iblis Menjemput. Film ini disutradarai oleh Timo Tjahtjanto. Selain itu, aktor dan aktris film ini juga tidak main-main karena ada nama seperti Chelsea Islan, Pevita Pearce, Samo Rafael, sampai Ray Sahetapy.

Film Sebelum Iblis Menjemput sendiri menceritakan tentang persekutuan seseorang dengan iblis untuk mendapatkan kekuatan ilmu hitam. Namun, persekutuan jahat ini harus menggunakan tumbal seorang anak.

Alvi yang diperankan oleh Chelsea Islan sempat menjadi tumbal tapi berhasil kabur dan selamat. Namun, aura jahat terus mendatanginya sampai akhirnya dia memutuskan untuk menghentikan kutukan tumbal tersebut.

Film ini cukup laris manis di bioskop tanah air sejak dirilis pada tahun 2018 lalu. Bahkan, Sebelum Iblis Menjemput berhasil mendapatkan keuntungan hingga Rp 42 miliar.

3. Perempuan Tanah Jahanam

film horror indonesia
VOI

Film horror Indonesia selanjutnya adalah Perempuan Tanah Jahanam. Film ini konon kabarnya dinobatkan sebagai salah satu film terseram 2019.

Diperankan oleh Tara Basro sebagai Maya dan Marissa Anita sebagai Dini, film ini berhasil mencuri perhatian banyak pecinta horor. Ceritanya yang tidak mudah ditebak hingga banyaknya plot twist yang disajikan oleh Joko Anwar membuat film horor ini begitu sempurna.

Perempuan Tanah Jahanam sendiri menceritakan tentang sebuah desa yang mendapatkan kutukan karena perbuatan kejinya di masa lalu. Maya dan Dini terjebak dalam desa tersebut dan terancam menjadi tumbal agar kutukan tersebut hilang.

4. Ratu Ilmu Hitam

film horror indonesia
Popbela

Film ini memiliki banyak nama beken di jajaran pemainnya, seperti Ario Bayu, Hannah Al Rashid, sampai Adisty Zara. Aura seram film ini tidak lepas dari sejarah film pertamanya yang pernah dibuat pada tahun 1981. Kala itu, Suzanna menjadi pemeran utama dan sukses menjadikan film ini sebagai film horor terbaik.

Kimo Stamboel selaku sutradara pun berhasil mengadaptasi film ini menjadi lebih fresh dan menegangkan. Bahkan, keseraman film ini menjadi begitu mencekam karena efek dan scoring lagu yang disajikan.

Secara singkat, film Ratu Ilmu Hitam menceritakan tentang seorang penjaga panti asuhan yang bermain-main dengan ilmu santet. Praktik tersebut membuat panti asuhan dipenuhi aura jahat dan makhluk astral yang keji.

5. Suzzanna: Bernapas Dalam Kubur

Suzanna
Tirto

Mungkin film satu ini adalah film horor Indonesia terseram yang pernah dibuat. Apalagi karakter yang dimainkan adalah Suzanna, sosok yang selama ini selalu identik dengan peran film horor di Indonesia.

Suzanna: Bernapas Dalam Kubur adalah film yang disutradarai oleh duo Rocky Soraya dan Anggy Umbara. Film ini diperankan oleh beberapa aktor dan aktris ternama seperti Luna Maya, Herjunot Ali, Asri Welas, sampai Ence Bagus.

Film Suzanna sendiri sudah memiliki label legendaris bagi para pecinta film di tanah air. Jadi tidak heran jika film ini wajib ditonton karena ceritanya yang sangat apik dan jump scarenya yang pas. Dijamin Sedulur bakal merinding sepanjang film ini diputar.

6. Sebelum Iblis Menjemput Ayat 2

film horror indonesia
Urbanasia

Sukses dengan film Sebelum Iblis Menjemput pertama, Timo Tjahtjanto akhirnya membuat seri lanjutannya yang diberi judul Sebelum Iblis Menjemput Ayat 2. Film ini sendiri ditayangkan pada tahun 2020 lalu atau 2 tahun setelah seri pertamanya rilis.

Dalam lanjutan film kedua ini, Timo banyak menyajikan aksi horor yang lebih mengarah gore. Banyak aksi sadis dan kejam yang ditampilkan untuk menunjukkan kegelapan film ini.

Karakter Alfie yang dimainkan oleh Chelsea Islan pun tampil tak kalah apik dibandingkan seri pertama film Sebelum Iblis Menjemput. Selain itu, plot twist dan cerita film kedua ini juga tak kalah bagus dengan scoring musik horor yang sangat seram.

BACA JUGA:  20 Rekomendasi Film Perang Terbaik & Seru, Wajib Tonton!

7. Mata Batin

film horror indonesia
Pinterest

Mata Batin adalah film horror Indonesia yang dibuat oleh Rocky Soraya pada tahun 2017 lalu. Film ini menceritakn sosok perempuan bernama Alia (Jessica Mila) yang pulang ke Jakarta usai bertahun-tahun tinggal di Bangok. Namun, kepulangannya ini malah memicu banyak kisah aneh dan mengerikan.

Rumah yang ditempati oleh Alia dan adiknya bernama Abel (Bianca Hello) mengeluarkan aura yang sangat menyeramkan. Belum lagi ada beberapa kali penampakan yang muncul di rumah tersebut hingga membuat Abel dan Alia tak nyaman.

Abel yang memiliki kemampuan lebih dalam melihat hal-hal astral akhirnya harus merasakan kengerian dunia lain bersama kakaknya.

8. Rumah Dara

Rumah Dara
Montasefilm

Satu film yang tidak boleh dilewatkan dalam rekomendasi film horor terseram Indonesia adalah Danur. Meskipun film ini sudah ditayangkan sejak 2009 lalu, namun kengerian yang dirasakan dari film ini mungkin tak akan pernah kamu lupakan.

Film Rumah Dara sendiri berkisah mengenai sekelompok pemuda-pemudi yang terjebak di rumah milik seorang pembunuh misterius yang bernama “Dara”. Berbagai momen dalam film ini begitu mengerikan dan bersifat gore. Rumah Dara sendiri menyajikan tontonan horor yang berbeda dari kebanyakan film horor Indonesia.

Film ini dikerjakan oleh duo Timo Tjahjanto dan Kimo Stamboel. Dimana banyak artis yang juga turut memerankan karakter dalam Rumah Dara seperti Shareefa Daanis sebagai Dara, Julie Estelle sebagai Lidya, dan Ario Bayu sebagai Adjie.

9. Danur

Danur
Cinejour

Danur adalah film horor yang dibintangi oleh Prilly Latuconsina sebagai karakter utama bernama isa. Dalam film ini, Risa diceritakan memiliki kemampuan khusus untuk melihat sosok dari dunia lain.

Kemampuan spesialnya yang didapat sejak kecil ternyata malah membuat dirinya menemui banyak rintangan ketika dewasa. Hal ini setelah sosok hantu perempuan jahat ternyata mengincar Risa sejak dirinya kecil.

Film garapan sutradara Awi Surayadi ini pertama kali ditayangkan pada tahun 2017 lalu. Danur sangat cocok untuk mengetes adrenalin film horor karena cerita film ini cukup mencekam,

10. Asih

film horror indonesia
Brilio

Film horor Indonesia selanjutnya adalah Asih. Film ini merupakan spin off dari Danur yang menceritakan sosok hantu perempuan jahat yang mengincar Risa. Hantu tersebut diketahui bernama Asih.

Dalam film ini, karakter Asih diperankan oleh Shareefa Daanish. Asih merupakan perempuan malang yang harus mengakhiri hidupnya karena banyak kejadian pelik menimpanya. DIa diusir oleh keluarganya usai dihamiliki oleh laki-laki tak bertanggung jawab. Dendam dan amarah Asih membuatnya menjadi hantu gentayangan.

Residu kejahatan dan aura negatif itu membuat Asih menjadi makhluk astral kuat yang begitu mengerikan.

BACA JUGA: 9 Drama & Film Zombie Korea Terbaik dan Terbaru di 2022

11. Makmum

Makmum Film
VOI

Film selanjutnya adalah Makmum. Film ini merupakan adapatasi dari film pendek yang tayang di Youtube dengan judul yang sama.

Makmum menceritakan bagaimana sosok hantu muncul di sebuah panti asuhan di saat para penghuninya melakukan ibadah sholat malam. Bahkan, tidak jarang para penghuni panti tersebut kerasukan.

Rini yang diperankan oleh Titi Kamal yang dahulu juga penghuni dari panti asuhan tersebut lantas datang. Kehadirannya ini ternyata mengungkap banyak kisah pilu di dalam panti asuhan di masa lalu.

12. Rasuk

Rasuk
Tribun News

Rasuk adalah salah satu film horor seram yang cukup mencuri perhatian pada tahun 2018 lalu. Diperankan oleh Shandy Aulia, Miller Khan, Denira Wiraguna, sampai Ninok Wiryono, film ini mengangkat kisah nyata yang diangkat dari novel karangan Risa Saraswati.

Bagi kamu pecinta film horor tanah air, maka Rasuk harus masuk dalam daftar tontonmu karena visual dan cerita seram yang disajikan sangat bikin merinding.

13. Aku Tahu Kapan Kamu Mati

Aku tahu kapan kamu mati
IMDB

Film Aku Tahu Kapan Kamu Mati bercerita soal ketakutan di sekolah akibat salah seorang siswanya mengaku bahwa ia tahu kapan orang di sekitarnya mati. Setelah mati suri, Siena bisa melihat pertanda orang akan mati. Ia ketakutan dan ingin keluar dari situasi yang mengerikan ini.

Film garapan Hadrah Daeng Ratu ini cukup mendapatkan banyak perhatian karena cerita yang disajikan cukup fresh. Belum lagi para pemeran film ini juga sangat menarik seperti Natasha Wilona, Ria Ricis, hingga Al Ghazali.

14. Ghibah

Ghibah film
Pikiran Rakyat

Bila Monty Tiwa dikenal sebagai sutradara yang sering membuat kisah drama romantis dan keluarga. Kali ini lewat film berjudul Ghibah, Monty ingin mencoba membuat film horor yang menyeramkan.

Ghibah sendiri menjadi film horor Indonesia 2021 yang wajib ditonton karena terinspirasi dari Al Quran surat Al Hujarat ayat 12. Dalam surat tersebut, para orang yang suka berghibah diibaratkan seperti orang yang suka memakan bangkai saudaranya sendiri.

Kengerian dari ide tersebut berhasil disajikan secara apik oleh Monty Tiwa bersama dua sutradara muda Riza Pahlevi dan VIdya Ariestya.

15. Surat dari Kematian

Surat dari Kematian - Movieden
Movieden

Surat dari Kematian merupakan film horror Indonesia tahun 2020 yang disutradarai oleh Hestu Saputra. Film ini dibintangi oleh sejumlah bintang muda seperti Carissa Perusset, Endy Arfian, dan Jerome Kurnia.

Dalam film ini menceritakan bagaiaman sebuah pesan misterius datang dari seseorang yang sudah lama meninggal. Pesan ini ternyata menyimpan misteri yang harus dipecahkan.

BACA JUGA: 17 Film Thailand Lucu Dijamin Bikin Ngakak, Terbaik 2022

16. Mangkujiwo

Mangkujiwo - Tagar ID
Tagar ID

Mangkujiwo mengisahkan asal mulanya sosok Kuntilanak muncul. Bahkan, hadirnya sosok kuntilanak juga merupakan akibat langsung dari perseturuan dari dua tokoh Brotoseno (Sujiwo Tejo) dan Cokrokusumo (Roy Marten).

Film ini cukup mencekam karena kisahnya diambil dari legenda hantu paling populer di Indonesia yaitu kuntilanak. Film Mangkujiwo pun wajib ditonton bagi Sedulur pecinta horor.

17. Kajeng Kliwon

Kajeng Kliwon - IMDB
IMDB

Kajeng Kliwon merupakan film yang mengangkat cerita mistis di Bali. Film itu ditulis oleh Baskoro dan Nicholas Raven dan diperankan oleh Amanda Manopo, Chris Laurent, Atikah Suhamie, Indah Kalalo dan Vincent Andrianto.

Secara singkat, film ini menceritakan tentang momen Kajeng Kliwon. Kajeng Kliwon adalah hari dimana makhluk astral akan datang ke dunia manusia.

18. Kafir: Bersekutu dengan Setan

Kafir - Antara News
Antara News

Disutradarai oleh Azhar Kinoi Lubis, Kafir: Bersekutu dengan Setan secara garis besar menceritakan tentang upaya jahat yang dilakukan salah satu tokoh dalam film ini untuk membalaskan dendam lewat ilmu hitam.

19. Pengabdi Setan 2: Komuni

Pengabdi Setan 2 - Suara
Suara

Untuk film horor Indonesia 2022 yang wajib masuk daftar tontonmu adalah Pengabdi Setan 2: Komuni. Film ini merupakan lanjutan dari film Pengabdi Setan yang tayang tahun 2017 lalu.

Dalam beberapa wawancara di tahun ini, Joko Anwar mengaku film Pengabdi Setan 2 akan memberikan banyak kejutan dibanding film pertamanya. Penonton pun akan dibuat merinding dan berteriak sepanjang film diputar.

Sejumlah teaser trailer film ini pun sudah sempat dirilis dan membuat banyak orang penasaran. Namun, film ini baru akan ditayangkan pada akhir tahun 2022.

20. KKN di Desa Penari

film horror indonesia
Pikiran Rakyat

Bila mencari film horor Indonesia terbaru, maka Sedulur wajib memasukkan KKN di Desa Penari. Film ini terinspirasi dari kisah yang sempat viral di media sosial beberapa waktu.

Alur dalam film tersebut yaitu sekelompok mahasiswa yang sedang menjalankan KKN di sebuah desa terpencil. Adat di desa tersebut masih kental dengan kepercayaan mistis. Para mahasiswa yang sedang KKN disana mendapatkan gangguan dari makhluk halus, terutama sosok penari gaib.

Dibalik banyaknya kejadian gaib ini, ternyata ada andil ilmu hitam dan perilaku tercela yang dilakukan para mahasiswa saat berada di desa tersebut.

Demikian 20 rekomendasi film horror Indonesia terseram yang wajib Sedulur tonton. Film-film di atas dijamin bisa membuatmu merinding dan terbayang-bayang, jadi siapkan mentalmu ya.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!
 
Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!