14 Rekomendasi Film Tentang Bisnis, Sangat Menginspirasi!

Butuh inspirasi bisnis secara visual? Sedulur bisa mendapatkannya dengan menonton film tentang bisnis. Apa saja film bisnis menarik? Simak ulasannya di bawah ini.

Film merupakan salah satu media yang bisa memberikan inspirasi. Termasuk juga dalam berbisnis. Terdapat beberapa film pengusaha dan film tentang wirausaha yang dapat memberikan motivasi bagi Sedulur yang akan memulai bisnis. Mulai dari film motivasi bisnis, film inspirasi bisnis, film entrepreneur terbaik, dan film tentang kesuksesan bisnis lainnya.

Superapp.id dalam kesempatan kali ini akan membahas beberapa film pengusaha sukses atau film biografi pengusaha yang dapat Sedulur jadikan inspirasi untuk memotivasi bisnis yang sedang Sedulur geluti. Beberapa film yang memotivasi untuk sukses bisa dijadikan acuan untuk meraih kesuksesan bisnis.

Dimulai dengan film tentang orang sukses hingga film yang menginspirasi bisnis bisa menjadikan Sedulur seorang pengusaha yang super sukses. Pasalnya, dari film kisah nyata pengusaha sukses kita bisa melihat bagaimana naik turun sebuah usaha dan bisnis dijalankan, dan belajar dari hal tersebut untuk diaplikasikan dalam bisnis yang sedang kita tekuni.

Lalu, apa saja daftar film tentang bisnisman yang bisa menjadi rekomendasi? Yuk, mari kita langsung saja simak ulasan dari Superapp.id di bawah ini!

Baca Juga: 16 Film Adventure Terbaik & Seru, Serasa Diajak Berpetualang!

Daftar Rekomendasi Film tentang Bisnis yang Bisa Menjadi Inspirasi!

1. The Founder

1. The Founder
yonulis.com

Film tentang bisnis berjudul The Founder, menceritakan tentang kisah hidup Richar dan Maurice McDonald, pendiri restoran fast food yang memiliki jejaraing terbesar di dunia, yaitu McDonald. Banyak hal tentang bisnis yang bisa Sedulur dapatkan dengan menonton film satu ini.

Pelajaran bisnis mulai dari bagaimana sebuah ide sederhana bisa menjadi sebuah bisnis yang menghasilkan miliaran dolar, hingga pelajaran tentan cara bernegosiasi bisnis dan mendapatkan tujuan yang menguntungkan dalam berbisnis. Setiap pelajaran penting dalam berbisnis, bisa Sedulur dapatkan di film satu ini.

2. Startup

2. Startup
tokopedia.com

Salah satu film atau serial televisi yang bisa memberikan banyak inspirasi bisnis bagi Sedulur, yaitu Startup. Film ini menceritakan tentang perjalanan bisnis dari dua orang sahabat yaitu Kaleil dan Tom, yang memiliki ide membangun sebuah website yang dapat memungkinkan penggunanya untuk berbisnis dengan pemerintah.

Film ini mengajarkan tentang bagaimana menjalankan bisnis di tengah persahabatan. Apakah lebih memilih persahabatan atau bisnis itu sendiri? Dengan menonton film ini, Sedulur akan mendapatkan pelajaran penting tentang bagaimana menjalankan bisnis bersama dengan sahabat atau partner lainnya.

3. Moneyball

3. Moneyball
nytimes.com

Film tentang bisnis satu ini diperankan oleh aktor hollywood kawakan, yaitu Brad Pitt. Film ini menceritakan tentang tim baseball dan manajernya. Manager tim baseball tersebut bernama Billy Beane. Billy kehilangan sebuah pemain hebat yang dibeli oleh klub-klub kaya. Tidak patah arang, Billy mencari pemain kelas dua dengan mental juara kelas satu.

Film ini mengajarkan tentang bagaimana ketekunan dan disiplin bisa mengalahkan uang. Berbisnis memang membutuhkan uang, namun uang hanya sekedar modal bukan segalanya. Sedulur bisa belajar bagaimana ketekunan dan disiplin bisa mengantarkan sebuah bisnis mendapatkan kesuksesan.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Film Keluarga Terbaik, Bikin Menguras Emosi!

4. Joy

4. Joy
i.guim.co.uk

Film tentang bisnis satu ini diperankan oleh Jennifer Lawrence, seorang aktris hollywood terkenal. Memerankan sebagai seorang bernama Joy Mangano, pengusaha perempuan yang memiliki hak paten atas 100 penemuan dan berhasil menjual banyak produk dan mendapatkan jutaan dollar.

Film ini mengajarkan bahwa dukungan keluarga sangat penting bagi kesuksesan seseorang. Banyak hal yang dialami Joy, jatuh bangun dalam menjalankan bisnis bisa diatasi dengan sukses berkat dukungan keluarga yang selalu mendukung setiap langkah dan keputusan yang diambil oleh Joy.

5. The Billionaire

5. The Billionaire
balairungpress.com

The Billionaire ini terinspirasi dari perjalanan hidup seorang penemu camilan yang terbuat dari rumput laut. Camilan ini bernama ‘Tao Kei Noi’. Tentu, nama camilan ini tidak terlalu asing di telinga kita. Kita juga bisa membelinya di toko atau minimarket terdekat.

Camilan Tao Kei Noi ini diciptakan oleh sang penemunya, yakni Top Aitthipat Kulapongvanich. Ia juga sering dikenal dengan sebutan Top Ittipat. Film tentang bisnis ini menceritakan bagaimana awal mulanya Top menjadi seorang pengusaha sukses. Semula, Top memiliki hobi bermain game online. Dari hobi bermain game ini kemudian ia bisa menghasilkan uang. Sayangnya, hal ini dianggap ilegal oleh pihak pemerintah sehingga Top memutuskan untuk berhenti.

6. The Social Network

6. The Social Network
indiewire.com

Film tentang bisnis selanjutnya adalah The Social Network. Film ini telah menjadi blockbuster saat pertama kali dirilis di tahun 2010 silam. Tidak heran karena hampir semua orang yang mengenal Facebook ingin mengetahui bagaimana sang penemu media sosial terkemuka di dunia ini.

Mark Zuckerberg memulai perjuangannya menjadi seorang pengusaha startup di usia yang terbilang muda. Berawal dari kesukaannya bermain dengan kode-kode saat masih menjadi mahasiswa Harvard kemudian meluncurkan aplikasi yang diberikan kepada mahasiswa Harvard.

Kekuatan ide, kreativitas, fleksibilitas, daya saing serta inovasi yang luar biasa akhirnya Mark berhasil membuat dan meluncurkan Facebook yang terinspirasi dari aplikasi yang ia buat saat menjadi mahasiswa Harvard.

7. Office Space

7. Office Space
i.guim.co.uk

Film tentang bisnis selanjutnya adalah Office Space. Film yang satu ini memiliki genre komedi dan rilis tahun 1999. Film ini bercerita tentang Peter Gibbons (Ron Livingston) yang sangat membenci hidupnya yang bekerja sebagai karyawan. Dia harus menerima berbagai perintah dari sang bos yang terlihat menyeramkan yakni Bill Lumbergh (Gary Cole). Film ini layak ditonton oleh semua pengusaha karena setiap pengusaha atau calon pengusaha tentunya bosan menjadi karyawan.

Tentu, kita harus bisa menemukan solusi ketika benci menjadi karyawan dan solusinya adalah dengan menjadi seorang pengusaha. Film tentang bisnis ini sangat cocok untuk menumbuhkan mental pengusaha.

8. Crocodile in The Yangtze

8. Crocodile in The Yangtze
cerdasin.com

Film ini bergenre dokumenter. Film yang bercerita tentang kehidupan guru matematika yang kemudian bertransformasi menjadi pebisnis sukses. Jack Ma, sang guru matematika kemudian menjelma menjadi seorang miliarder Tiongkok usai mendirikan Alibaba Group.

Film tentang bisnis yang bergenre dokumenter ini menceritakan bahwa bisnis lebih dari sekedar menjadi sukses secara lokal, melainkan harus sukses secara global dan internasional. Agar ide yang dibawa dalam bisnis bisa bermanfaat bagi orang banyak. Jack Ma, pria asal Asia pertama bersama dengan Alibaba Group berhasil menembus pasar di negara-negara Barat.

9. Pirates of Silicon Valley

9. Pirates of Silicon Valley
recenzent.org.ua

Mendengar judul film ini mungkin membuat Sedulur mengira bahwa film ini bukan film tentang bisnis, melainkan film tentang bajak laut dengan kapalnya. Namun hal tersebut salah besar, film yang dirilis tahun 1999 ini berkisah tentang persaingan pemimpin sekaligus pebisnis tingkat dunia.

Film yang menjelaskan tentang persaingan antara Bill Gates dengan Steve Jobs. Bill Gates membuat kapal yang diberi nama Microsoft, sedangkan Steve Jobs membuat kapal yang diberi nama Apple. Keduanya sangat serupa seperti bajak laut dengan kapalnya masing-masing yang selalu bersaing, berinovasi serta berubah dengan cepat hingga kita tahu seperti saat ini.

Persaingan keduanya justru memberi dorongan satu sama lain untuk semakin sukses. Film tentang bisnis satu ini wajib Sedulur tonton untuk mendapatkan pasokan motivasi berbisnis.

10. Hijab, Bisnis Ibu-Ibu Arisan

10. Hijab, Bisnis Ibu-Ibu Arisan
tempo.co

Bukan hanya film tentang bisnis dari Hollywood atau negara Asia lainnya. Indonesia juga memiliki beberapa film yang bisa memberikan inspirasi bisnis. Salah satunya film Hijab satu ini. Film Hijab menceritakan tentang sekumpulan wanita yang menjalin hubungan persahabatan dan ingin mendapatkan sebuah penghasilan tambahan dengan cara berbisnis.

Menjual hijab adalah bisnis yang mereka pilih untuk dijalankan bersama-sama dan ingin sukses dengan bisnis tersebut. Namun sayang, bisnis yang mereka pilih malah dinodai dengan sebuah kebohongan yaitu tidak meminta izin kepada suaminya. Alhasil beberapa masalah pun, mulai bermunculan setelah kebohongan tersebut terbongkar.

11. Filosofi Kopi

11. Filosofi Kopi
iradiofm.com

Filosofi Kopi merupakan salah satu film yang diangkat dari antologi cerpen berjudul sama, karya Dewi Lestari. Film yang mengisahkan Ben dan Jody, dua sahabat penyuka kopi dan membangun bisnis kedai kopi bersama yang dinamai Filosofi Kopi. Kedua sahabat ini bisa dibilang mempunyai modal sempurna untuk dapat membuat kedai kopi mereka sukses. Jody yang mempunyai ilmu bisnis dari universitas luar negeri dan Ben pecinta kopi yang juga jago meracik kopi.

Ternyata, mempunyai latar belakang yang bagus pun tidak membuat Filosofi Kopi berjalan lancar. Mereka terlilit hutang besar dan harus berusaha melunasinya secepatnya jika mereka ingin mempertahankan bisnis mereka.

12. 9 Summers 10 Autumns

12. 9 Summers 10 Autumns
ngalam.co

Film tentang bisnis dari Indonesia selanjutnya adalah 9 Summer 10 Autumns. Film ini merupakan kisah nyata Iwan Setyawan seorang pengusaha sukses Indonesia. Mengisahkan kehidupan seorang anak kampung asal Malang yang berhasil kuliah di IPB, hingga sukses bekerja di New York. Perjuangan Iwan kecil hingga dewasa ini secara apik diceritakan melalui film 9 Summers 10 Autumns.

Film ini mengingatkan kita untuk tidak mudah menyerah dan tetap teguh mengejar cita-cita. Meski diremehkan, kegagalan tidak membuat Iwan berhenti melangkah. Dia dapat bangkit dan bangkit kembali sesering dia terjatuh.

13. Merry Riana: Mimpi Sejuta Dollar

13. Merry Riana: Mimpi Sejuta Dollar
merdeka.com

Selanjutnya film tentang bisnis yang menceritakan tentang sosok pebisnis Indonesia, Merry Riana. Diangkat dari perjalanan hidup seorang Merry Riana, perempuan berdarah Tionghoa yang berhasil menjadi miliarder di usia 26 tahun. Film ini menceritakan perjuangan awal Merry yang diperankan Chelsea Islan menghadapi krisis di Indonesia dan kelamnya nasib keturunan Tionghoa saat itu.

Keluarga Merry pun berusaha menyelamatkan anak gadis mereka dengan menerbangkan Merry ke Singapura. Meski secara keseluruhan film cerita hanya sampai Merry berhasil lulus dari universitas di Singapura, tapi perjuangannya cukup dapat menginspirasi kita sebagai penonton.

14. Cek Toko Sebelah

14. Cek Toko Sebelah
liputan6.com

Film film tentang bisnis dari Indonesia adalah Cek Toko Sebelah. Film kedua karya Ernest Prakasa ini bertemakan komedi keluarga. Cek Toko Sebelah merupakan film inspirasi bisnis yang cocok dijadikan motivasi. Dengan cara penyampaian yang ringan dan menghibur, Ernest berusaha menyampaikan konflik keluarga yang menyentuh.

Konflik dimulai saat Erwin yang diperankan Ernest merasa tidak sanggup jika harus mengurus toko kelontong milik ayahnya, Koh Afuk. Di saat karir Erwin sedang menanjak, sebagai lulusan luar negeri dia tentu merasa berat jika harus mengabdikan hidupnya hanya di sebuah toko kelontong.

Sementara, Yohan pun sebagai anak sulung merasa dilangkahi jika toko kelontong ayahnya harus diurus oleh Erwin si adik bungsu. Koh Afuk yang sudah tua dan sakit-sakitan merasa Erwin akan lebih bisa mengurus toko dengan latar belakang pendidikannya.

Konflik keluarga tersebut menjadi tema utama dalam film ini. Sangat cocok sebagai referensi bagi Sedulur yang seorang pebisnis dan menghadapi konflik. Pelajari cara dan solusi yang ada pada film ini.

Semoga daftar film tentang bisnis di atas bisa memberikan inspirasi bagi Sedulur untuk tersebut menjalankan bisnisnya hingga berkembang dan kemudian sukses. Tidak afdol rasanya jika menonton film tidak sambil ngemil. Siapkan camilan yang nikmat, agar setiap pelajaran dari tonton bisa diserap dengan sempurna.

Sedulur bisa mendapatkan berbagai camilan di Aplikasi Super. Namun sebelumnya Sedulur harus download Aplikasi Super terlebih dahulu. Sedulur bisa klik di sini untuk download Aplikasi Super. Selamat mencoba dan selamat menonton!