anime movie

Tak hanya dalam bentuk serial, anime juga dibuat dalam format film dengan durasi 90-120 menitan. Ini bisa jadi hiburan seru buat Sedulur yang waktu luangnya terbatas atau ogah dibikin penasaran dengan belasan episode. Mungkin Sedulur sudah sering dapat rekomendasi macam Spirited Away dan The Graves of the Fireflies

Ada banyak genre lain yang bisa dieksplorasi, kok. Mulai dari aksi, fantasi, romantis, sampai yang bisa ditonton segala usia. Ada yang bernuansa komedi, tetapi tak sedikit pula yang dikategorikan tearjerker alias bikin mewek. Langsung saja ke daftarnya di bawah ini. 

BACA JUGA: 20 Rekomendasi Anime Overpower Paling Seru & Menarilk

1. Belle (2021)

Popverse

Belle adalah anime movie terbaru yang sempat jadi Oscar contender tahun 2022 ini. Tak cuma tentang animasi yang menawan, anime ini dengan anggunnya mengangkat isu kesehatan mental dengan simbol-simbol yang akurat dan menarik. Kisah dirangkai dari sosok Suzu, remaja perempuan yang bergabung dengan sebuah meta universe yang memungkinkannya memiliki identitas baru sebagai Belle sang penyanyi yang populer. Namun, di tengah kesuksesannya, ia harus menghadapi sosok Beast yang menghancurkan salah satu konsernya. 

2. Mobile Suit Gundam: Hathaway (2021) 

anime movie gundam
Decider

Film Gundam yang satu ini mengangkat slice of life sosok Noa Hathaway yang bergabung menjadi bagian dari kelompok radikal bernama Mufti. Misi Mufti adalah merusak rencana Earth Federation untuk memprivatisasi bumi pada orang-orang kaya. Meski rilis saat pandemi, anime movie ini jadi franchise Gundam dengan penghasilan kotor terbesar sepanjang sejarah. Sudah nonton?

3. Josee, The Tiger and the The Fish (2020)

anime movie
Institute of Contemporary Arts

Kalau kamu mencari deretan anime movies di Netflix, judul ini mungkin akan langsung terdaftar di deretan pertama. Film ini berkisah tentang Tsuneo, seorang mahasiswa yang tak sengaja bertemu dengan gadis difabel bernama Josee. Lewat pertemuan ini, pertemanan pun terjalin dan Tsuneo yang awalnya pesimis dengan kehidupan mendapatkan banyak perspektif baru dan pelajaran berharga dari sosok Josee. 

4. Violet Evergarden: The Movie (2020)

Netflix

Daftar lainnya yang juga ada di Netflix adalah versi film dari serial anime Violet Evergarden. Berfokus pada sosok Violet, seorang gadis yang bekerja menyediakan jasa menulis surat untuk orang-orang yang kesulitan mengungkapkan perasaannya. Mengambil latar masa di mana surat mulai dilupakan karena perkembangan teknologi, Violet yang mulai merenungi masa lalunya. Bagaimana ia sendiri menyimpan luka dan trauma karena perang. Anime ini adalah perjalanan coming-of-age Violet yang dibumbui kisah romansa menawan. 

BACA JUGA: 10 Anime Sedih Terbaik Paling Sukses Bikin Nangis Wajib Tonton

5. Demon Slayer The Movie (2020)

anime movie terbaik
Netflix

Didapuk jadi salah satu serial terpopuler sejak penayangan perdananya di 2019, Demon Slayer versi film pun menarik perhatian penonton. Tanjiro, sang lakon adalah seorang pemuda yang menjalankan misi menjadi pemburu setan setelah keluarganya dihabisi dan kakaknya berubah menjadi makhluk yang tak ia kenali. Ia bergabung dengan kelompok pemuda lain yang punya misi sama. Anime movie Demon Slayer mendulang sukses besar secara komersial di Jepang hingga mengalahkan Spirited Away yang menggondol gelar tersebut sejak tahun 2001.

6. A Whisker Away (2020)

anime movie terbaik
Loisirfeeds

Buat Sedulur yang mencari rekomendasi anime romantis, A Whisker Away bisa jadi pilihan tepat menghabiskan waktu luang. Ia berkisah tentang Miyo Sasaki yang menyimpan rasa pada teman sekelasnya, Kento Hinode. Berkali-kali mencoba menarik perhatian sang pujaan hati tanpa hasil, ia memanfaatkan sebuah topeng yang bisa mengubahnya menjadi kucing untuk mendekati Kento. Akankah Miyo berhasil berhasil atau ia akan terjebak selamanya dalam bentuk kucing? 

7. Weathering With You (2019)

anime movie terbaik
Polygon

Sempat tayang di Toronto International Film Festival (TIFF) dan sejumlah bioskop di dunia, Weathering With You adalah salah satu romance best anime movies yang tak boleh Sedulur lewatkan. Lakonnya adalah pemuda bernama Hodaka yang memilih untuk pergi meninggalkan kampungnya menuju Tokyo. Di tengah tekanan finansial yang menghimpitnya, ia mendapatkan pekerjaan sebagai penulis lepas untuk sebuah majalah yang membahas hal-hal supranatural. Dari situ, ia bertemu dengan sosok Hina, perempuan yang bisa mengatur cuaca dan menghentikan hujan.

8. Your Name (2016)

anime movie terbaik
SCMP

Sebelumnya, pernah pula dunia dihebohkan dengan romance anime movies berjudul Your Name atau Kimi No Nawa. Ini kisah antara dua murid SMA yang tanpa sengaja memiliki kemampuan bertukar jiwa setiap beberapa hari sekali. Mereka adalah Mitsuha yang ingin merasakan hingar bingar kota dan Taki yang mulai suntuk dengan kesibukannya bersekolah dan bekerja paruh waktu. Pertukaran ini menimbulkan benih cinta di antara mereka, tetapi juga mengajarkan mereka banyak hal yang sebelumnya tak pernah mereka sadari. Manis dan dibumbui humor ringan, cocok jadi teman gabutmu.  

BACA JUGA: 20 Anime Romantis Rating Tertinggi &Terbaik Sepanjang Masa

9. When Marnie Was There (2014)

anime movie terbaik
Variety

Film anime produksi Studio Ghibli ini dilepas ke publik pada 2014 lalu dengan genre misteri drama. Ia bisa ditonton segala usia dan berlaju lambat. Ceritanya diangkat dari sudut pandang seorang anak perempuan bernama Anna yang dikirim orangtuanya untuk tinggal di rumah salah satu bibinya di pedesaan guna pemulihan asma yang ia derita. Anna dikisahkan sebagai sosok yang pendiam dan suka berdiam diri di rumah, sampai ia bertemu dengan sosok Marnie yang mendiami sebuah rumah megah saat ia menjelajah desa. Siapakah sosok Marnie? Plot twist-nya bikin mewek, siapkan tisu, Sedulur. 

10. Giovanni’s Island (2014)

Anime Limited

Dirilis tahun 2014, Giovanni’s Island bergenre fiksi sejarah dengan latar sebuah pulau bernama Shikotan milik Jepang yang berbatasan dengan Rusia. Sesuai dengan fakta sejarahnya, pasca kekalahan dari Perang Dunia II, pulau tersebut pun diakuisisi oleh Rusia dan warga Jepang yang mendiaminya terpaksa melakukan eksodus besar-besaran. Alih-alih sedih dan tegang, peristiwa ini dikisahkan lewat sudut pandang anak-anak yang polos. 

11. The Tale of Princess Kaguya (2013)

BFI

Sempat dapat nominasi Oscar, The Tale of Princess Kaguya juga film anime yang layak ditonton siapa saja, termasuk para newbie yang belum familier dengan gaya penceritaan kartun-kartun Jepang. Ia dibuat oleh Isao Takahata yang pernah sukses dengan sinema My Neighbors the Yamadas. Ini diambil dari sebuah folklore yang mengisahkan sosok bayi perempuan yang lahir seutas batang bambu dan diadopsi sepasang kakek dan nenek. Di masa dewasanya, fakta menunjukkan bahwa ia berasal dari titisan spesial.  

12. Colorful (2010)

anime movie terbaik
Letterboxd

Colorful adalah anime sukses yang menyabet beberapa penghargaan di Jepang dan Asia untuk keberaniannya mengangkat isu kesehatan mental dengan cara yang unik. Sedulur sebagai penonton akan diajak mengikuti kehidupan sesosok arwah penuh dosa yang diberi kesempatan kedua untuk hidup di tubuh seorang remaja usia SMP.

Makoto, sang remaja memiliki kecenderungan bunuh diri dan lewat kisah hidupnya, sang arwah pun diajak melihat hari-hari terakhir Makoto serta apa yang mendasari keputusannya mengakhiri hidup. Meski judulnya ceria, film ini mengangkat topik yang cukup berat dan tabu, termasuk mengkritisi tekanan sosial berlebih hingga depresi. 

13. 5 Centimeters per Second (2007) 

Netflix

5 Centimeters per Second adalah anime movie sedih yang sering direkomendasikan buat para newbie yang ingin menikmati kartun-kartun Jepang terbaik. Kisahnya memang menarik terutama buat penggemar genre drama dan romance. Sedulur akan mengikuti kehidupan Takaki, laki-laki dewasa tipikal yang bekerja untuk menghidupi dirinya sendiri, tetapi juga merasakan kejenuhan akut. Ia kemudian merenungkan masa lalunya saat masih di usia sekolah, di mana ia memiliki sosok teman dekat bernama Akari. 

BACA JUGA: 17 Karakter Cowok Paling Keren di Serial Anime

14. Tekkonkinkreet (2006)

anime movie terbaik
Film at Lincoln Center

Diadaptasi dari manga klasik karya Taiyo Matsumoto, Tekkonkinkreet yang tayang di tahun 2006 memasang benchmark baru dalam animasi Jepang. Anime ini berhasil memadukan animasi 2D dan 3D yang menawan. Tak sampai di situ, plot ceritanya pun tak kalah seru. Penonton akan diperkenalkan pada sosok kakak beradik jambret jalanan di Jepang yang harus melawan komplotan makhluk kuat yang bekerja untuk para pebisnis besar guna meluluhlantakkan kawasan permukiman miskin di sana. Seru dan bermuatan kritik sosial ekonomi, wajib ditonton. 

15. Only Yesterday (1991)

anime movie terbaik
The Verge

Plot dimulai dengan Taeko, karyawan 27 tahun yang memutuskan menyambangi keluarganya di desa. Saat berada di sana, ia teringat momen-momen di masa lalu saat ia dibesarkan orangtuanya di Tokyo. Hangat dengan sedikit sentuhan magical realism, anime ini sempat dirilis ulang di tahun 2016 dalam versi Bahasa Inggris dan sukses selama penayangannya. 

16. Kiki’s Delivery Service (1989) 

IMDb

Buat Sedulur yang ingin tontonan ringan dan menghibur, Kiki’s Delivery Service bisa jadi jawabannya. Ia adalah salah satu karya terbaik Hayao Miyazaki yang diadaptasi dari sebuah novel. Cerita berkutat pada sosok penyihir cilik bernama Kiki yang pindah ke kota baru dan memanfaatkan kemampuannya bepergian dengan sapu terbang untuk mengantar pesanan. Kamu juga akan berkenalan dengan sosok anak laki-laki bernama Tombo yang akan menjadi sahabat baru Kiki. Seru, lucu, dan heartwarming. 

17. My Neighbor Totoro (1988) 

anime movie terbaik
IMDb

Hampir sama dengan film Ghibli sebelumnya, My Neighbor Totoro fokus pada persahabatan dua kakak beradik dengan makhluk menggemaskan yang tinggal di rumah baru mereka. Satsuki dan Mei, nama kakak beradik tersebut tak sengaja bertemu Totoro saat mereka menjelajah tempat tinggal yang baru saja dibeli ayah mereka di sebuah pedesaan. Tak hanya persahabatan, anime ini membawa pesan konservasi lingkungan yang membuatnya jadi masterpiece yang diakui dunia. Bahkan sampai sekarang masih sering dibicarakan.

18. Nausicaa of the Valley of the Wind (1984)

IFC Center

 Dibandingkan Princess Mononoke dan Howl’s Moving Castle, Nausicaa mungkin tidak begitu populer. Ia lahir dari tangan Hayao Miyazaki di tahun 1984 yang dipuji karena berkali-kali berhasil menampilkan karakter protagonis perempuan yang terberdayakan. Nausicaa juga mengangkat isu konflik antara manusia dengan alam yang menarik dan dikemas seru hingga bisa dinikmati segala usia. 

19. Barefoot Gen (1983)

anime movie terbaik
Scraps from the Loft

Meski lawas, Barefoot Gen sering masuk rekomendasi anime movie terbaik. Ceritanya tentang kehidupan sebuah keluarga di Jepang pasca bom nuklir yang menghantam kota Hiroshima di tahun 1945. Meski sebenarnya tergolong tragedi yang nahas, sudut pandang polos anak-anak membuat anime ini punya kedalaman cerita yang menjadi magnet buat penonton. Apalagi sejak awal, keluarga Gen, sang lakon banyak dicemooh orang sekitar karena pandangan mereka yang berbeda tentang perang. Seru dan banyak kritik sosial yang bisa diulik. Namun, hati-hati dengan beberapa grafis yang sedikit gory saat nuklir menghantam warga. 

20. Worlds Bubble Up Like Soda Pop

anime movie
Gwi Gwi

World Bubble Up Like Soda Pop menjadi film pertama dalam daftar rekomendasi anime movie terbaik Jaka kali ini. Film ini bisa kamu tonton di situs nonton anime sub Indo Netflix. Film anime yang satu ini bergenre drama-komedi-romantis yang rilis pada 22 Juli 2021 lalu.

Movie anime yang juga berjudul Cider no You ni Kotoba ga Wakiagaru ini bercerita tentang seorang anak laki-laki pendian bernama Cherry dan juga gadis bernama Smile. Cherry suka menulis lagu dan Haiku, sementara Smile adalah influencer remaja yang terkenal.

Keduanya tidak saling mengenal sampai mereka bertemu dan secara tidak sengaja bertukar ponsel. Mereka pun berteman dan perlahan menjalin kisah cinta musim panas yang hangat.

21. Made in Abyss: Dawn of the Deep Soul

Rekomendasi moive anime selanjutnya yaitu Made in Abyss. Made in Abyss: Dawn of the Deep Soul merupakan film anime ketiga dalam seri Made in Abyss. Dua film yang pertama merupakan ringkasan dari season pertama dan pada film inilah cerita berlanjut lagi.

Ceritanya, Riko sedang mencari ibunya di dasar jurang laut ditemani sebuah robot bernama Regu. Tempat tersebut merupakan tempat yang sulit bagi para penyelam dan mereka menemukan banyak hal baru. Sedulur yang menyukai anime tentang petualangan dan fantasi, anime ini bisa jadi rekomendasi.

22. Digimon Adventure: Last Evolution Kizuna

Anime movie
IMDb

Sedulur penggemar Digimon pasti dan dijamin menyukai movie anime yang satu ini, karena Digimon punya film terbarunya yang berjudul Digimon Adventure: Last Evolution Kizuna. Latar waktu dari anime movie terbaru ini sendiri terjadi lima tahun setelah kejadian di Digimon Adventure tri.

Taichi dan kawan-kawan terancam berpisah dengan Digimon mereka karena telah beranjak dewasa. Di waktu yang bersamaan, muncul Digimon kuat bernama Eosmon yang merampok DigiDestined lain dari kesadaran mereka. Taichi, Agumon, dan semuanya pun berusaha untuk menyelamatkan dunia meskipun tahu itu akan mempersingkat waktu yang mereka miliki bersama.

23. Psycho-Pass 3: First Inspector

Bagi Sedulur yang menyukai anime detektif, movie anime Psycho-Pass ini bisa jadi rekomendasi Sedulur yang akan menawarkan tontonan seru. Ada beberapa cerita di dalam film ini. Setelah peristiwa yang terjadi di Psycho-Pass 3.

Inspektur Kei Mikhail Ignatov menemukan dirinya terlibat dengan sebuah organisasi bernama Bifrost. Istrinya disandera dan membuatnya harus melakukan pengkhianatan kepada Unit One. Sementara itu, Koichi Azusawa mengoordinasikan serangan ke menara Public Safety Bureau. Dengan bantuan hacker bernama Obata, ia berhasil menculik Inspektur Arata Shindo. Azusawa juga meminta gubernur, Karina Komiya, mundur dari jabatannya.

24. Fate/Stay Night Movie

urutan nonton fate
Aniplex USA

Setelah dua filmnya yang dianggap sangat bagus, Fate/stay night Movie: Heaven’s Feel – III. Spring Song akan menjadi film ketiga dan pastinya telah dinanti-nantikan oleh fans. Sama seperti film sebelumnya, film ini akan mengadaptasi rute Sakura dari franchise Fate/stay night.

Kita akan melihat aksi terakhir dari Holy Grail War yang ke-5. Di dalam film sebelumnya, Lost Butterfly, kita bisa melihat pemilik dari Holy Grail War telah terungkap. Sakura dan Shiro pun berencana untuk menjaga mereka. Bukan cuma kisah petualangannya yang seru dan menegangkan, banyak penggemar yang penasaran bagaimana kelanjutan hubungan Sakura dan Shiro.

25. Detective Conan Movie 24: The Scarlet Bullet

Film Detective Conan satu ini tentu saja tidak boleh dilewatkan dalam daftar movie anime terbaik. Berjudul The Scarlet Bullet, film ini akan menampilkan kisah keluarga Shuichi Akai. Adik laki-lakinya, Syuikichi Haneda, merupakan seorang pemain shogi yang terkenal.

Ia hendak mengikuti turnamen World Sports Games atau WSG. Di saat yang bersamaan, sebuah kereta super canggih bernama Japanese Bullet diluncurkan. Kereta ini mampu melaju hingga kecepatan 1000km/jam dengan rute Nagoya-Tokyo.

Lantas, terjadi sebuah insiden aneh dan terjadi sebuah penculikan eksekutif atas. Conan dan kawan-kawan pun beranggapan kalau kasus kali ini memiliki keterkaitan dengan kasus yang terjadi 15 tahun yang lalu.

26. Evangelion: 3.0+1.0 Thrice Upon a Time

The New Yorker

Setelah menanti 13 tahun, akhirnya film-film Evangelion Rebuild ditutup dengan film Evangelion: 3.0+1.0 Thrice Upon a Time. Artinya, anime movie action terbaik ini akan menjadi sesuatu yang sentimental bagi para fans yang sudah menonton anime Neon Genesis Evangelion sejak tahun 1995. Menjadi film keempat dari seri Evangelion Rebuild dan diproduksi oleh studio Khara, film ini sempat ditunda penayangannya karena virus Corona beberapa waktu yang lalu.

Deretan anime movie terbaik di atas hanyalah beberapa dari ratusan bahkan ribuan karya yang layak untuk dinikmati. Jika ada waktu luang, Sedulur sebaiknya menonton beberapa rekomendasi anime movie terbaik tersebut paling tidak satu kali seumur hidup. 

Nah, agar pengalaman menonton jadi semakin seru, Sedulur bisa membeli aneka snack dan minuman ringan di Aplikasi Super. Selain membeli eceran, Sedulur juga bisa langsung membeli secara grosir untuk mendapatkan harga yang jauh lebih murah. Ditambah dengan beragam diskon dan cashback, pastinya stok camilan di rumah untuk nonton film dan dompet tetap aman.

Tak perlu khawatir juga dengan pengirimannya, karena barang pesanan Sedulur akan diantar sampai ke depan rumah dengan voucher gratis ongkir. Mudah dan praktis sekali bukan? Yuk, segera download Aplikasi Super di Google PlayStore sekarang juga!