kartun anak muslim

Perkembangan film kartun belakangan ini banyak mendapatkan perhatian dari masyarakat. Kemunculan kartun anak muslim pun jadi salah yang mendapatkan sorotan karena dianggap sebagai pelopor perkembangan kartun yang tak hanya menghibur tapi juga mendidik.

Perlu untuk Sedulur ketahui, bahwa tidak semua film kartun itu cocok ditonton untuk anak-anak. Kamu perlu memilih tontonan yang tepat dan terbaik supaya bisa membantu perkembangan si buah hati. Jika Sedulur merasa bingung, mungkin kartun anak muslim bisa menjadi rekomendasi yang tepat.

Bagi Sedulur yang sedang mencari referensi tontonan kartun anak yang bagus, berikut daftar film kartun anak yang kental dengan nuansa muslim terbaik!

BACA JUGA: Viral! Mainan Pop It Baik untuk Perkembangan Otak Anak

-->

1. Adit & Sopo Jarwo

kartun anak muslim
aktual

Rekomendasi film anak muslim kartun yang pertama ada Adit & Sopo Jarwo. Tentu saja Sedulur sudah tidak asing dengan kartun yang satu ini kan? Unsur Islami yang ada di dalam kartun Adit & Sopo Jarwo memang tidak terlalu kental.

Akan tetapi, ada banyak sekali pelajaran kebaikan yang disampaikan melalui kartun tersebut. Jadi pelajaran tersebut kerap disampaikan oleh tokoh Pak Haji, yang selalu memberi nasihat yang baik untuk Adit dan juga seluruh warga di kampung.

Tidak hanya itu saja, Sedulur juga akan melihat nilai kebersamaan dan keberagaman yang memang harus diketahui oleh anak sejak usia dini. Banyak pecinta film memberikan komentar bagus pada kartun ini, bahkan Adit & Sopo Jarwo termasuk dalam kategori film anak Islami mendidik terbaik. Jadi jangan ragu mengajak si buah hati menonton film ini ya.

2. Nussa

kartun anak muslim
layar

Bisa dibilang bahwa Nussa merupakan salah satu kartun Islami cowok yang memiliki unsur religius yang begitu kuat. Film buatan studio animasi dalam negeri ini juga menampilkan kisah menarik seputar kehidupan sehari-hari dari kakak beradik bernama Rara dan Nusa.

Sedulur akan melihat bagaimana mereka berdua menjalani kehidupan di dalam sebuah keluarga muslim bersama Uma, Abah, dan tokoh-tokoh yang lainnya. Kartun ini akan mengajarkan anak untuk mulai mengenal tentang ibadah seperti sholat, berpuasa, dan juga berdoa.

3. Upin & Ipin

kartun anak muslim
detik

Jika melihat gambar kartun anak muslim di atas, tentunya Sedulur sudah tahu kan? Nah, jadi Upin & Ipin ini adalah salah satu kartun yang terkenal di Indonesia, maupun negara asalnya yakni Malaysia. Seperti yang telah diketahui, kartun ini menceritakan anak kembar beserta keluarga dan teman-temannya.

Nah, jadi diceritakan mereka tinggal di sebuah kampung yang bernama Kampung Dunia Runtuh. Walaupun tidak dikhususkan untuk menjadi film kartun muslim, namun ada beberapa episode yang bernuansa Islami seperti saat lebaran dan puasa.

Tidak hanya disitu saja, namun kartun Upin & Ipin ini juga memiliki episode khusus mengaji bersama ustadz dan juga mengenal huruf hijaiyah.

4. Syamil dan Dodo

kartun anak muslim
facebook/syamil-dodo

Syamil dan Dodo adalah sebuah kartun Islami lucu yang wajib ditonton. Kartun ini bercerita tentang pertemanan Syamil yang baik dengan Dodo yang iseng dan jahil. Akan tetapi, tak jarang juga Sedulur menemui kisah keluarga Syamil di dalam film kartun ini.

Tontonan yang satu ini, sangat baik untuk disuguhkan kepada anak-anak. Mereka bisa mendapatkan wawasan yang luas tentang pelajaran agama Islam dalam kehiudpan. Syamil dan Dodo juga kerap berbagai hal Islami, misalnya seperti shalat berjamaah, berpuasa, dan juga berzakat.

5. Riko The Series

facebook/rikotheseries

Riko The Series adalah kartun yang merupakan karya dari beberapa nama terkenal di tanah air, seperti Teuku Wisnu, Arie Untung dan Yuda Wirafianto. Kartun ini menceritakan tentang kisah keluarga yang terdiri dari Riko, Kak Wulan, Ayah, Bunda, dan juga Qiio, sebuah robot kecil yang menjadi teman akrab Riko.

Dengan menonton Riko The Series, anak bisa mendapat teladan untuk menjadi seorang muslim yang baik dan beriman. Sedulur akan melihat kebiasaan baik yang dilakukan oleh keluarga ini, misalnya saja mengucapkan “Alhamdulillah” saat mendapatkan rezeki dan berkah.

BACA JUGA: 15 Film Kartun Anak Sekolah Terbaik, Menghibur & Edukatif!

6. Omar & Hana

rizkaedmanda

Sama seperti Upin & Ipin, Omar dan Hana juga jadi kartun muslimah yang berasal dari Negeri Jiran. Kartun yang satu ini juga menceritakan kisah kakak beradik dan keluarganya dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Kartun yang satu ini banyak memberikan pendidikan moral pada anak-anak mengenai kebaikan dan empati di dalam sebuah keluarga. Selain teladan Islami, Omar & Hana juga menyediakan lagu-lagu riang yang sangat disukai oleh anak-anak.

7. Ali dan Sumaya

youtube/ali and sumaya

Ali dan Sumaya menjadi salah satu animasi buatan dalam negeri bertema Islami yang wajib untuk ditonton. Ya, bisa dibilang jika tokoh Ali dan juga Sumaya adalah kakak beradir yang sangat haus akan ilmu pengetahuan agama Islam.

Menariknya, kartun ini menggunakan bahasa Inggris sebagai pengantarnya. Jadi selain belajar tentang Islam seperti sholat, wudhu, dan membaca Al-Quran, anak juga akan belajar bahasa Inggris secara tidak langsung.

BACA JUGA: 22 Film Kartun Terbaik dan Update Terbaru 2021

8. Joseph: The King of Dreams

themoviedb

Joseph: The King of Dreams merupakan kartun yang menceritakan kisah para Nabi. Film ini memiliki sentuhan visual yang berbeda dari kartun lainnya. Bahkan, bisa dibilang Joseph: The King of Dreams masuk dalam kategori kartun muslimah aesthetic.

Berkisah tentang sosok Joseph yang sangat disayangi oleh ayahnya. Namun, hal tersebut membuat Joseph malah terjebak dalam masalah karena membuat sang kakak merasa iri.

Pada suatu hari, sang kakak menjual Joseph untuk menjadi budak dari seorang saudagar kaya. Walaupun begitu, Joseph tetap berbesar hati dan memaafkan perbuatan kakaknya. Nah, dari sini si anak dapat belajar untuk bersabar dan memaafkan orang lain.

9. Alif dan Alya

facebook/ptalifalyaindonesia

Sesuai dengan judulnya, kartun ini berpusat pada tokoh yang bernama Alif dan Alya. Kartun anak muslimah lucu ini selalu memberi contoh yang baik kepada anak dalam menjalani kegiatan sehari-hari. Misalnya saja, seperti saling tolong menolong, mengawali kegiatan dengan berdoa, dan lain sebagainya.

Jadi mulai sekarang Sedulur sudah tahu kan, apa saja kartun anak muslim yang wajib ditonton oleh anak-anak. Walaupun terbilang sederhana, namun nyatanya pemilihan tontonan yang tepat bagi anak itu sangatlah penting lho.

Hal ini karena mereka akan mencontoh setiap perilaku yang dilihatnya, termasuk dengan kartun yang ditonton. Oleh karena itu, pastikan kartun yang mereka tonton tidak mengandung unsur-unsur yang berdampak buruk untuk perkembangan anak di masa depan ya.